Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ipak g...   TS 
 
Posts: 19
Default curhat: pilih ortu atau suami?

halo para bunda, pengen curhat, tapi maaf curhatnya panjang, maksudnya biar detail dan bunda paham kondisinya secara keseluruhan,...aku nikah di akhir tahun 2010, setelah nikah itu aku ikut suami ku yang kota tempat kerjanya 5 jam dari daerah tempat tinggal orang tua kami (tempat tinggal ortu ku dan mertua ku dekat, dalam satu kota), awalnya ortu nggak ngizinin aku ikut suami karena kota tempat suamiku kerja tu kota kecil, dan jauh dari rumah ortu, 5 jam, tapi kami memohon2 karena kan nggak mungkin udah nikah tapi pisah2, alhamdulilah diizinkan, trus pertengahan 2011 aku lanjut s2 di luar provinsi, selama aku kuliah suami datang skali tiap bulannya, itupun cuma 2 malam, di tengah kuliah ternyata aku hamil dan tidak lama kemudian ternyata ayahku diturunkan jabatannya dari t4 kerjanya, akibatnya penyakit gula ayahku kumat, badan ayah kurus, beberapa bulan kemudian aku melahirkan, jadi aku harus cuti 1 tahun untuk ngurus anakku, awalnya aku tinggal di rumah ibuku, kan ngurus bayi mesti ada mama yg bantuin, aku belum ada pengalaman, sekarang bayi ku udah 3,5 bulan, penyakit ayah masih sama, badan ayah kurus, semua tulang rasanya lemas, jadi ayah nggak bisa banyak gerak lagi, paling nonton tv, jalan2 pagi keliling komplek perumahan, gendong cucu pun nggak kuat, selama ini suami pulang tiap jumat trus minggu siang balik lagi ke kota tempat kerjanya, tapi kemudian suami minta aku dan bayiku ikut ke tempat dia kerja, kayak dulu lagi, karena dia nggak kuat tiap minggu bolak balik dengan sepeda motor, apalagi beberapa kali dia nyaris kecelakaan, dan lagi sekarang kantornya lagi sibuk banget, kemungkinan besar nggak bisa lagi pulang tiap minggu, karena hari jumat-minggu tetap di pake kerja, cuma ortu ku nggak ngizinin, karena ayahku sakit, aku mesti gimana bund? ikut suami atau ortu....?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
baliyu...
 
Location: N-A
Posts: 4,524
 
klo aq jadi bunda yaaa....
aq akan ikut suami... kenapa.... karna tempat seorang istri mmang disamping suaminya....
pernah denger ceramah ustad maulana.... "kalian istri2 tidak boleh meninggalkan suami selama lebih dari 3hri,walau seijin suami"
apalgi suami bunda yg nyuruh bunda balik,, stlah menikah mmang panutan qt adl suami,bukan ortu lgi...
karna setlah menikah qt lepas dri tanggung jawab ortu bun
tuk ayah bunda yg sedang sakit,,dinasehatin aja pelan2 bun,, suami sndirian disana,suami jga perlu ditemanin istri...
mlah suami bunda termasuk org yg baik lho... kan ada se suami2 yg ditinggal istri nya malah "JAJAN" diluar,,ato suami mengalami musibah saat bolak balik kbunda... nah sblom itu terjadi,mnding qt yg sigap...
bukannya gak sayank ma ayah,,tpi ayah kan sudah ada ibu yg merawat..
lgian klo ank sudah usia 3,5bulan kan pasti bunda jga uda bsa merawat sndiri kan,,
tpi klo sudah tinggl ma suami jga hrus ttep jenguk ortu bun,min 2minggu sekali lah,,karna mmang 5jam perjalanan...pkoknya sesering mgkin bunda tlp/komunikasi dng ortu tuk menanyakan kabar..
bunda bilang dech ke ayah pelan2,,ortu pasti ngerti kok..
mana ada se ortu yg suka lihat ank nya bersediiih...
klo aq bun pling gak bsa pisah ma suami,begitu pun suami aq.. jadi seminggu sekali qt nginep krmah mertua,minggu dpan nya krmah ortu aq.. kebtulan se mertua n ortu masi sekota...
 
  #3  
Old
Nathan...
 
Location: Bali
Posts: 4,457
 
Rumit ya bun.
Pilihan yg sulit.
Coba ortuny d beri pgertian, bhwa stelah menikah, hdup istri trgantung ridho suami. Aplg bg muslim.
Tanpa ridho atau izin suami ,keluar rumah unt ke rumah ortu pun g boleh.
Harus ny ortu jg ngerti dnk,,
 
  #4  
Old
Adhist...
 
Posts: 381
 
hmm...sulit jg ya bund...tapi aq juga hampir punya cerita yg sama…
jadi aq anak pertama, adikq ada 2. Dulu rumahq rame bgt bund. Tapi mendadak dalam bbrp bulan semuanya menghilang satu persatu. Adikq menikah dan tinggal bersama mertuanya, adikq yg paling kecil kuliah di luar kota, dan papaQ meninggal dunia, dan aq saat itu bekerja di luar kota. Bisa dibayangkan tiba2 mama harus kehilangan suami dan anak2nya. Aq disuruh mama pulang rumah, nemeni mama. Q mengalah bund, aq keluar dr kerjaanQ di luar kota tersebut, aq balik lg k rumah mama.
Padahal calon suamiq saat itu kerja di luar kota. Aq bingung bund, masak aq menikah tapi beda kota (hampir sama ky bunda). Aq hampir aja mau nyusul suamiq, tp kok ya kasian mama, hidup sendirian….
Pokoknya bunda harus percaya pd keajaiban dan kuasa Yang Di Atas. Selalu berdoa bund, pasti ada jalan… aq mengalaminya sendiri.. suamiq susahhh bgt cari kerja di kotaQ ini, tetapi dia dimudahkan jalannya, saat seleksi kerja ini seharusnya dia gagal, tp karena saingan yg seharusnya masuk malah mengundurkan diri, akhirnya suamiq kerja di tempat yg sama dg aq, 1 kantor tp beda divisi. Skrg qta bisa bersatu bund, tanpa ada pihak yg merasa kecewa…
Percaya saja bund, pasti ada jalan, entah bagaimana jalannya, walau kliatannya mustahil tp pasti diberi jalan............
Semangatt!!
*maaf klo kepanjangan, malah jd curhat
 
ku akan selalu menjagamu....
  #5  
Old
Amalia...
 
Posts: 1,537
 
Hmm,, iya si, memang pilihan yg sulit ya bunda, tp ttp bund bnr kta bunda2 di atas, suami bunda jg butuh bunda,,
Omongin baik2 ya bund ke orang tua,, semoga dikasih pilihan yg terbaik, aamiin!!
 
  #6  
Old
suci m...
 
Posts: 520
 
seorang istri, bila sudah nikah maka terputuslah nazab ke ortu, berganti ke suami. makannya setelah nikah surga istri ada di telapak suaminya, bukan di telapak ibunya lagi. saran aq ikut suami aja bun, selagi yg diminta suami ga melanggar syari'at kita.
 
semangat bikin dede soleh/solehah
  #7  
Old
ipak g...   TS 
 
Posts: 19
 
makasih banyak ya bund atas sarannya, tapi aku juga baru tau ternyata temen2 ayah dan ibuku pada berpandangan negatif sama aku, rata2 mereka bilang "ayah lagi sakit kok ditinggal? kalo ibumu ke pasar kan nggak mungkin ayahmu sendirian di rumah, kalau ada apa2 sama ayahmu gimana? suamimu kan masih muda, masih bisa bolak balik....udah kamu di sini aja jagain ayahmu"
trus tante2 dan paman2ku juga pada nyuruh aku tinggal di rumah ortu ja buat jagain ayah.....
aku mesti gimana donk bund????? hiks..
 
  #8  
Old
anie c...
 
Posts: 708
 
kyk hitam putih bun,,,,,,suami to ortu,,,,bingungg sihh bun tp jwbna pzt mnk dah suami krn kt yg dah nkh tggung jwb suami bkn ortu lg,,,bunda tny baek" y ke ortu na,,,ngomongin soal ayah jd ngett bun ma alm ayah aq,,,,hiiikkkssss,,,,kangennnnn
 
ya ALLAH anugrahkanlah kpd kami buah hati yg tlaH lamA kami nantikan
  #9  
Old
mielau...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 226
 
Y suami d0nk bunda,
inget g bun ad ksah se0rag istri yg dtinggal pergi suamix? Suamix brpesan jgan keluar rmah sblum aku dtang, dan ad s0dra istriny ngsh kbr lok ibux skit, tp istr gmw plang njenguk ibuny, krna ingt pernth suamix, ampe ibu waft, istri gmw keluar rmah,, ad shbt yg brtanya bgaimn skap ank trhadap ibux it?
R0sul bilg ibuny akn masuk surga, krna phala anakny yg patuh kepada suami,

hehehe, mf kepnjangn.
 
  #10  
Old
moppie...
 
Posts: 385
 
Bunda Ipak Gayo,

kalo alternative ortu juga ikut pindah ke kota suami gimana?
khan bisa tetep lain rumah/tetanggaan...trus rumah exisiting dikontrakin

Sabar, solusi akan muncul bersamaan dengan waktu...semoga nga perlu pake klimaks pilih salah satu.
 
  #11  
Old
alinfa...
 
Location: cianjur kota
Posts: 479
 
Harus ikut suami bun. Jd inget,dl wkt awal merid,aq hrs pindah kluar kota smntara ibuku sakit d rawat pula, d jln mnuju luar kota nangis trs hehe.. Smpe nyampe rmh. Tp krn qt hrs nurut suami, jd gkan dosa ko ninggalin ortu demi suami,slagi msh d jln Allah.
 
  #12  
Old
wikans...
 
Location: depok-jogja
Posts: 320
 
Replying to: View Post
makasih banyak ya bund atas sarannya, tapi aku juga baru tau ternyata temen2 ayah dan ibuku pada berpandangan negatif sama aku, rata2 mereka bilang "ayah lagi sakit kok ditinggal? kalo ibumu ke pasar kan nggak mungkin ayahmu sendirian di rumah, kalau ada apa2 sama ayahmu gimana? suamimu kan masih muda, masih bisa bolak balik....udah kamu di sini aja jagain ayahmu"
trus tante2 dan paman2ku juga pada nyuruh aku tinggal di rumah ortu ja buat jagain ayah.....
aku mesti gimana donk bund????? hiks..
ada saudara yg bisa ikut bantuin jaga? atau pakai jasa pramurukti saja...
 
  #13  
Old
baliyu...
 
Location: N-A
Posts: 4,524
 
bunda ank tunggl kah??
klo gak.. masa gk ada sodra yg sekota ma ortu bunda..?
mmang berat se diantara dua pilihan yg sgt pnting,tpi itulah ujian bunda tuk bijaksana memilih mana yg dlam syariatny lbih pnting..
 
  #14  
Old
Nita86...
 
Posts: 20
 
wahhhhh.....hampir sama nih kita bund................aq juga merasakan seperti apa yang bunda rasakan saat ini, aq juga bingung mau pilih mama atau suami

Banyak konflik terjadi disaat aq n suami baru membangun rumah tangga kami, saudaraku laki2 dua sangat tak setuju bgt untuk hubungan saya n suami sampai saat ini setahun lebih saya berkeluarga....hingga bayak hal yang membuat suami saya berkecil hati.....tapi dibalik itu semua disaat mama menasehati saya n suami
dengan konflik yang terjadi antara suami saya dengan abg saya..mama hanya menyalahkan kami...memojokkan suami saya hingga membuat hati suami saya sakit dan gak terima dengan perkataan mama bahwa ( mama bilang " Anakku (saya) in i yang menafkahinmu jadi kamu harus sadar ya) mama bilang gitu dan kamu harus hargai semua saudara2nya...pokoknya semua nya deh perkataan mama menyakitkan padahal hingga saat ini suamiku tidak seperti yang difikirkan mama....hingga suamiku mengambil keputusan gak usah komunikasi lagi sama ma2 n saudara2 yang lainnya dari pada rumah tangga kita hancur, habis kita terus bertengkar hany karena mereka.... n sejak saat itu sampai sekarang saya gak dibolehin sama suami telfon mama.......

Jujur aq sedih banget.....so please bunda kasih aq solusi harus gimana ?
 
  #15  
Old
moppie...
 
Posts: 385
 
Dear Bunda Nita,

Yang sabar n mandiri ya, sementara mungkin bagus kalo nga kontak-kontak dgn mama agar rumah tangga bunda solid dulu. Suami dan bunda ambil waktu untuk membangun jati keluarga.

Khan Bunda Nita tahu sendiri apa yang menjadi kuatir saudara dan mama Bunda Nita sehingga kurang menyukai suami Bunda Nita. Masa yang mendatang yang akan membuktikan apakah kuatir keluarga beralasan ato engga, kalo tidak beralasan, pasti hilang sendiri konfliknya. Alhamdullilah suami Bunda Nita dengan sendirinya sembuh dari sakit hati tersinggung.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mencari ortu asuh/adopsi bayi -- Ngobrol Apa Saja 37
Bunda, Anak kita dlm Bahaya (WAJIB baca bagi Ortu & cln ortu yg syg Anak) -- Diskusi Umum 20
Suka Pilih-Pilih Makanan Ketika Kanak-kanak, Membuatnya Mudah Alergi Ketika -- Ngobrol Apa Saja 2
Bayi LAki2 butuh ortu angkat (bdg) -- Diskusi Umum 32
bingung bun...Pilih Puskesmas atau Bidan dekat Rumah yaa??? -- Diskusi Umum 24


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com