Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
keepsm...   TS 
 
Posts: 42
Default Curhatqu (haruskah aq kembali tinggal dirumah mertua)

bunda..ini sepenggal kisahku..aq sdh 2 thn lbh menikah dan blm diberi keturnan..sejak awl menikah aq tinggal drmh mertua. suamiku ank sulung ia memiliki 1 adk laki2 dan 1 adk perempuan yg jarak usianya tdk terlalu jauh dgn ku..1 thn pertama usia pernikhn kami,adik laki2 suamiku berencana menikah n tinggal drmh mertuaku jga,n secara tdk lngsung dy mulai menunjukkn sikap agar kami pindah dr rmh itu.akhrny kami memutuskan ngontrak rmh wlwpn mertua sempat melarang..1 bln setelah menikah istrnya lngsung hamil..ju2r aq agk sedih bunda krn aq blm jg hamil tetapi aq bhagia mengingt mertuaku sngt mengingkn cucu...semenjak itu perbedaan sikap keluarga suamiku mulai terjadi..aq n suamiku serng mengujungi mertua krn rmh kami tdk terlalu jauh..aq merasa terasing dtengah keluarga suamiku,apalagi saudara2 suamiku sering menyindirku knpa aq blm hml juga..aq pasrah bunda...apalagi beberapa hari stlah istri adk iparku melahirkn,mertuaku memang kurang sehat dgn berbesar hati aq melayani tamu2 yg dtg yg ingin melihat bayi tsbt,wlwpn mereka kerap melempar pertnyaan n tatapan yg menggores hati..sesak rasanya bunda. ..akhrnya diusia pernikahn kami yg ke 2 thn lbh..adk perempuan suamiku menikah n tinggal drmh mertuaku,sekarang adik laki2 suamiku dan istrinya malah ingin pindah dr rmh itu..dan semalam bunda..adk perempuan suamiku memohon kpd kami untk tinggal kembali dirumah mertuaku..ibu mertuaku kondisinya agk lemah apalagi semenjak bapak mertuaku sudah tiada..aq harus gmn bunda?padahal aq sngat tenang n bahagia wlwpn hanya berdua saja dgn suamiku..aq takut tidak kuat bunda jika adk perempuan suamiku hamil apalgi kami tinggal serumah...tp aq juga kasihan dgn ibu mertuaku...aq hrs gmn?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
Mungkin pengalama saya ini bisa jadi pertimbangan Bunda.
Awal April lalu saya dan suami mengunjungi mertua saya. Suami anak sulung, sayapun anak sulung. Mertua (perempuan) sakit sampai di-opname beberapa kali. Adik-adik ipar saya 3 orang, semua di luar kota, satu sudah menikah dan dua masih kuliah. Awalnya saya sempat mengkhawatirkan diri saya sendiri, bisa tidak ya saya ikhlas mengurus ibu mertua saya. Apalagi orang-orang di sekitar saya menakut-nakuti kalau tinggal di rumah mertua semua gak enak. Tapi saya terus bertanya pada diri hati kecil saya. Dan jawabannya selalu "uruslah ibu mertua". Toh setelah menikah mertua adalah orang tua kita juga. Akhirnya saya berangkat dari Palembang ke Riau dengan suami. Sesampai di sini ternyata semua tidak seperti yang kebanyakan orang bilang. Walaupun terasa sepi (tempatnya di desa) tapi semua berjalan baik. Sebulan di sini tanpa disangka-sangka saya hamil. Setelah menunggu hampir dua tahun. Saya yakin kehamilan saya ini "buah manis" dari keikhlasan dan kesabaran saya juga doa dari mertua saya. Tidak sampai di situ saja Bunda, setelah ibu mertua sembuh bapak mertua saya yang sakit. Sampai dua kali opname. Saya yang lagi hamil muda harus mengurus rumah,masak,nyuci dll. Suami pun kerjanya dua minggu sekali baru pulang. Selama beliau opname ibu mertua yang menjaga di rumah sakit, kadang ditemani suami bila sedang off day bekerja. Malam saya sendiri di rumah. Rasanya "luar biasa" Bunda. Tapi sekali lagi saya terus belajar ikhlas dan sabar dengan "ladang pahala" yang disediakan Allah untuk saya. Sekarang kehamilan saya sudah masuk 6 bulan. Insya Allah September ini saya pulang ke Palembang. Ibu saya sudah sangat kangen ketemu saya katanya. hehehe..
Bunda, sebagai anak sulung memiliki tanggung jawab yang lebih dari adik-adik (begitu katanya). Jadi sebagai istri kita harus siap mendampingi suami mengurus orang tua. Kuncinya memang sabar dan ikhlas. Banyak anak-anak yang ketika sudah dewasa dan berumah tangga "mengaku" menyayangi orang tua tapi ketika beliau-beliau mulai renta banyak "alasan" menghindar untuk mengurus orang tua. Saya selalu yakin setiap kebaikan yang kita lakukan semua akan kembali menjadi kebaikan untuk diri kita sendiri. Semoga kelak anak-anak kita sudah menikah nanti memperlakukan kita dengan kelembutan dan kasih sayang terhadap kita sebagai orang tuanya yang sudah tua. Aamiin.
 
« Muhammad Azka Alfathan my golden boy »
  #3  
Old
keepsm...   TS 
 
Posts: 42
 
Makash bunda ats masukannya...duh...aku pngen bngt bisa kyk bunda pengertian,sabar dan ikhls bngt...mdah2n aku bsa mengambl keputusan yg bijak...aamiin..
 
  #4  
Old
yenti...
 
Posts: 1,012
 
Betul kata bunda Dewati.. Cerita bunda Dewati hampir sm dgn cerita sy..
Cm bedanya yg saya rawat adalah nenek saya yang sudah tua 80thn.
Pd bln Desember nenek sy sakit diopname di rmh sakit, nenek punya 11anak dan cucu 30an org..tetapi nenek hanya ingin sy yg merawat dia,menemani dia di rmh sakit. (Krna sy cucu terdekat nenek)
Dalam hati jujur saya agak menggerutu karena sy pikir knp harus sy?? Nenek kn punya banyak anak perempuan dan cucu lainnya..sy pikir pst sangat repot mngurus org tua apalagi tua renta yg jalan saja mesti dituntun pelan2,makan disuapin,mandi dimandi'in.
Akhirnya sy berusaha ikhlas dan sabar merawat nenek di rmh sakit. Nenek sempat bilang prihati/kasian sm sy ud nikah 4thn tp blm punya anak,tp sy sblm nya pernah hamil 3x tp keguguran,hamil di luar kandungan jg.
Mungkin berkat doa nenek, wkt bulan depannya, Januari trnyata aku hamil, dan sampai sekarang udah masuk 35w. Kesabaran dan keikhlasan sy berbuah manis.
Mungkin dari cerita bunda dewati dan sy ,bs membuat bunda termotivasi utk merawat mertua bunda..apa yg kita tanam pasti akan kita tuai ya bund.
 
  #5  
Old
RatRio...
 
Posts: 421
 
Bener kata bunda Dewati.. Anak sulung emang rasa tanggung jawabnya lbh besar..
Suami aq anak pertama, aq jg anak pertama.. Suami aq gk boleh kerja jauh dr ortu, karna anak yg plg diandelin yah suami aq.. Dy rela bantuin usaha ortu, pdhl klo dy mw cari kerja yg lbh layak bs..
Baru nikah aja, nenek n kakeknya ikut tgl di rmh qta.. Aq sm suami ikhlas aja ngerawat mereka, pdhl klo dipikir anak n cucunya byk tp mau-nya tgl di rmh qta..
Aq jg masih tiap hari bolak-balik ke rmh mertua ngurus ade ipar yg msh kecil klo ortu n suami lg kerja..
Butuh rasa sabar n ikhlas tuk bs jalanin semuanya bun.. Aq cuma mikir saat aq nikah sm dy, keluarganya yah keluargaku jg.. Sbg istri aq hrs bs mengerti posisinya n dukung apa yg jd tanggung jawabnya..
Bunda lbh baik diskusi suami dulu, mau dy gmn.. Jika tmpt tgl bunda dkt mertua, kan msh bisa tiap hari ke tmpt mertua tanpa hrs tgl disana..
 
  #6  
Old
fat zh...
 
Posts: 289
 
aku jadi terharu dan mau nangis beneran ne denger cerita bunda dewati, selama ini saya begitu membenci mertua (laiki-laki) karena mulutnya yg kejam.....apakah karena rasa benci ku ini membuat aku belum hamil2 soalnya dr awal hingga skrg saya masi membencinya. bagaimana ya bunda bs mamaafkan kesalahan dia terhadap saya.....
 
  #7  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
Replying to: View Post
aku jadi terharu dan mau nangis beneran ne denger cerita bunda dewati, selama ini saya begitu membenci mertua (laiki-laki) karena mulutnya yg kejam.....apakah karena rasa benci ku ini membuat aku belum hamil2 soalnya dr awal hingga skrg saya masi membencinya. bagaimana ya bunda bs mamaafkan kesalahan dia terhadap saya.....
Memaafkan itu mudah (menurut saya). Tapi melupakan perbuatan buruk yang seseorang lalukan terhadap diri kita itu yang tidak mudah. Sehingga tanpa kita sadari itu menimbulkan kebencian dan dendam dalam hati. Bila ingin membenci "cukuplah" membenci perbuatan buruknya. Jangan membenci orangnya. Hidup ini proses pembelajaran untuk terus menuju yang lebih baik. Saya, Bunda dan orang-orang di luar sana masih terus belajar. Yang namanya belajar pasti masih banyak yang belum diketahui. Sesekali salah dalam menjawab "soal ujian" itu masih wajar. Yang penting kita sudah berusaha agar terus naik kelas. Yakin kalau kita pasti bisa.
 
« Muhammad Azka Alfathan my golden boy »
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tinggal sama mertua . . . -- Diskusi Umum 28
tinggal di rumah mertua -- Ngobrol Apa Saja 0
dirumah mertua atau rumah sendiri ?? :'( -- Ngobrol Apa Saja 22
melahirkan dirumah mertua atau rumah ibu sendiri ya? -- Diskusi Umum 26
tinggal sama mertua -- Ngobrol Apa Saja 54


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com