Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Delanu...
 
Posts: 18
 
Sedih bacanya, tp kesalahan disini bukan krn posisi "working mom" nya. Soalnya byk working mom, yg anaknya sehat , tumbuh kembangnya ok.
Meskipun seorang WM tidak memiliki kuantitas waktu sebanyak IRT, tp kalau seorang WM bisa memberikan Kualitas waktu yg tepat insyaAllah semua berjalan dg baik.
Buat apa kuantitas waktu yg banyak kl kualitasnya rendah, mengingat skrg byk jg IRT yg fulltime tp seharian ga bs lepas dr gadget, nonton sinetron, nonton infotainment.
 
  #17  
Old
eve92...
 
Posts: 731
 
Ceritanya bagus. Tapi sayang terlalu menekankan pada working mom. Padahal.. Masalah yg sama jg bs menimpa IRT kok.
 
  #18  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Waduuuuhhh, sharingnya buda ts bagus bt kewaspadaan semua ibu, tp....knpa ditekankan utk wm???maksud sharingnya bunda ts apa?dan maunya apa??kyk yg sengaja mengadu domba full mom n wm, udh tau di trit sbelah aja gitu, bunda ngeemesin deh kyk c bungsunya sy, cm bedanya c bungsu ngegemesinnya lucu, klo bunda ts ga lucu sama sekali...maaf ya bunda ts atas kt2 sy..gemezzz bgt soalnya kyk yg ga ngerti apa yg trjd di forum atau kesannya lebih ke...pengen nyulut biar situasinya lbh ga enak. Semoga anak2 kita semua selalu diberikan kesehatan dan tumbang yg baik, tidak melalui takdir tragis spt cerita itu, aamiin
 
  #19  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
pandangan islam tentang wanita yang bekerja. ( islam tidak melarang wanita bekerja )

apakah Islam memandang hanya pria yang boleh bekerja dan melakukan kegiatan perekonomian serta mengeluarkan secara keseluruhan kaum wanita dalam masalah ini? Tentu saja jawaban dari pertanyaan ini tidak. Islam tidak berpandangan demikian.

Berikut ini dua contoh dalil mengapa Islam memandang boleh wanita juga bekerja dan melakukan kegiatan perekonomian:

Pertama: Kaum wanita memiliki hak kepemilikan atas harta-hartanya

Allah Swt dalam al-Quran berfirman,

“(Karena) orang laki-laki memiliki bagian dari apa yang mereka usahakan, dan para wanita (pun) memiliki bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs. Al-Nisa [4]:32)


Artinya bahwa sebagaimana apa yang diusahakan oleh kaum pria maka mereka akan menjadi pemiliknya demikian juga adanya bagi kaum wanita apabila mereka memperoleh harta. Ayat ini menjelaskan bahwa di samping mengakui hak kepemilikan bagi kaum wanita – yang dinegasikan hingga abad-abad belakangan pada sebagian undang-undang yang berlaku di Barat– juga menetapkan tentang kebolehan wanita bekerja; karena pada ayat ini, yang diasumsikan adalah kehalalan apa yang diusahakan – yaitu mencari penghasilan – dan juga diungkapkan tentang kepemilikan penghasilan dan pendapatan yang diperoleh.

Kedua: Islam memotivasi kaum wanita dan pria untuk melakukan kegiatan perekonomian

Islam tidak hanya memandang boleh kegiatan perekonomian dan mengizinkan kaum wanita dan pria untuk memperoleh harta dan penghasilan, bahkan Islam memotivasi dan menyeru kaum pria dan wanita untuk melakukan kegiatan perekonomian secara aktif.

Islam menjelaskan ayat-ayat al-Quran yang berkisah tentang mencari dan menuntut karunia Ilahi (fadhluLlah) dan memotivasi masyarakat untuk berperan secara aktif dalam bidang perekonomian. Dalam hal ini, Islam menyeru umatnya untuk memperoleh karunia Ilahi yang tersebar di seantero bumi. Atau ayat-ayat yang menyeru manusia untuk memakmurkan bumi merupakan beberapa contoh atas adanya motivasi dan stimulasi ini.


Patut diperhatikan bahwa tidak satu pun dari ayat-ayat ini menjadikan kaum pria sebagai satu-satunya obyek bicara (mukhatab). Ayat-ayat ini menyampaikan pesannya kepada sekumpulan kaum Muslim atau manusia dan menyeru seluruh manusia untuk mencari karunia Ilahi (fadhlullah) dan salah satu obyek karunia Ilahi ini adalah mencari penghasilan.

Tanpa ragu “bekerja” merupakan salah satu jalan terpenting untuk memperoleh penghasilan dan Islam juga menaruh perhatian khusus terhadap masalah ini. Karena itu, apabila kaum pria dan wanita diajak untuk melakukan kegiatan perekonomian dan juga apabila kerja merupakan salah satu obyek nyata kegiatan perekonomian maka dapat disimpulkan bahwa kaum wanita juga boleh bekerja sebagaiman kaum pria.

kalau Allah saja tidak melarang, suami tidak keberatan, lantas kenapa harus ada yang merasa lebih mulia dari yang lain ? kemuliaan seseorang tidak dilihat dari pekerjaanya namun dari keimananya..... stop saling bantah masalah ini.
 
  #20  
Old
melan ...
 
Posts: 455
 
Bagi saya tidak ada istilah working mom atau full mom.
Yg namanya ibu mau bekerja apa ngga ya tetep sampai akhir jayat dia full menjadi ibu.
Brkerja ga bekerja yg pntg didiskusikan sama suami.
dan menurut saya Kuantitas tidak selalu menunjukan Kualitas.
Contohnya : banyak skali ibu yg tdk bekerja anak2 nya pun sprti ga tr urus. Dan sebaliknya bnyk juga ibu yg bekerja anaknya bnyk yg mmiliki karakter bagus. Tdk smuanya ada jg yg stay d rumah anak2 ny berkarakter sebaliknya lagi juga ada ibu yg bekerja anaknya tidak memiliki karakter.
Intinya balik ke individu ,diri sendiri masing2.
(sy tdk bekerja)
maaf kalo komennya ga nyambung
 
  #21  
Old
rahma2...
 
Posts: 251
 
tergantung emaknya tuh bund,bisa bagi waktu atau engga..

saya produk "working mom"
emak saya kerja sejak sy bayi ampe segede gini masih ngantor belum pensiun
babe kerja juga
pulg sekolah sy drmh nenek
umur 5 taon sy punya adek
tp sy ngga merasa tersisih
sy ngga merasa diabaikan
jaman sy kecil malah sy ngrasa bisa main dgn bebas merdeka. ngga ada yg nyuruh bobo siang
yg penting malem emak sy drmh
sy sehat2 aja
sampai skrg sy juga ngga menyesali kok. udah biasa bund

IRT apa WM itu pilihan
 
  #22  
Old
Bunda ...
 
Posts: 835
 
Replying to: View Post
bener bun... aku sih pas baca emg sedih terharu dan takut,,, karna saya juga working mom... bintang aku titip sma nenek'y... apa yg dia makan saya perhatikan jg ko saya yg sediain nenek'y yg bwt... kdng sblm ngantor aku suapin... baca trit ini aga sdkit cemas,,, tp smoga anak2 qt yg qt tinggal ngantor smoga sllu dberikan kesahatan ya bunda,,, panjang umur...jd anak yg berbakti,,, amiin... karena apapun yg terjadi adalah kehendakNya... manusia hanya bisa pasrah...
Yoi bun. Apalagi anak usia sklh,kl smp ortu gak peduli sm jajanannya,ampun dah,ngeriiiiii. Perhatikan deh jajanan anak sklh jaman skrg ,saosnyaaa,bumbunyaaa.
Untung aja anak sy sklh d sklh yg jajannya diatur sm sklhn,jd sdkt lbh aman. Pas kls 3 sy masukan ekskul dokcil jd dia tau mana yg aman dan gak aman,trs dia bs nilai sndr makanan yg dia mkn berbahaya apa tdk dg kesehatan nya.
Namanya anak kcl kan susah bgt dbilangin bun .
 
  #23  
Old
Anak m...
 
Posts: 608
 
Replying to: View Post
seharusnya ente komen kek gini di trit sebelah mak
copas gih
disana kan IRTnya belaga semua
Wkwkwk.. kalo aa yg request 5 orang baru ane copas...
 
  #24  
Old
adisti...
 
Location: Yg ptg Happy
Posts: 1,946
 
Yg irt mw jd wm

Yg wm mw jd irt

Apapun itu pilihannya mnmnyaa teh gelas yaa


Setau aq sh TB di dapat g sekedar dr org merokok tp bs jd virus jg bs koq
 
“Lihatlah orang yang dibawahmu dan jangan lihat orang yang diatasmu, hal itu lebih baik sehingga engkau tidak menyepelekan nikmat Allah.” (HR Muslim)
  #25  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
buibu, bahas WM VS IRT
ASI VS SUFOR
NORMAL VS CAESAR
GAK ADA HABISNYA buibu
So marilah kasih dukungan aja tuk satu sama lain.
jgn saling menyudutkan
 
Nothing to do~
  #26  
Old
kanata...
 
Posts: 57
 
Replying to: View Post
tergantung emaknya tuh bund,bisa bagi waktu atau engga..

saya produk "working mom"
emak saya kerja sejak sy bayi ampe segede gini masih ngantor belum pensiun
babe kerja juga
pulg sekolah sy drmh nenek
umur 5 taon sy punya adek
tp sy ngga merasa tersisih
sy ngga merasa diabaikan
jaman sy kecil malah sy ngrasa bisa main dgn bebas merdeka. ngga ada yg nyuruh bobo siang
yg penting malem emak sy drmh
sy sehat2 aja
sampai skrg sy juga ngga menyesali kok. udah biasa bund

IRT apa WM itu pilihan
Saya jg produk working mom.. Alhamdulillah saya dan adik saya baik baik saja. Ayah saya pkrjaannya krg menghasilkan.. Entah jadi apa saya kalo ibu saya nggak kerja.

Tp saya pribadi kapok kerja kantoran.. Capek dan macetnya itu lho.. Berantem mulu jg sm suami yg mmg ga suka sy krja kantoran. Pas udh nikah saya resign dan bkin usaha sendiri sama suami.. Tp memang sih selama kerja saya udh mulai rintis usaha.. Pas omset udh di atas dr gaji baru deh resign. Jadi ga gegabah juga bund suami saya ga bolehin resign dia hrus ttp krja kantoran. Namanya jg bisnis kan ga ada yg tau bakal trus bagus atau engga

Cewek mnurur saya jgn 100% tergantung sm suami. Kita hrus punya bekal.. Dan hrus punya skill.. Jadi pengusaha slh satu cara.. Jgn cuma skdar jadi istri pengusaha tp kita jg hrus bs jadi pengusaha.. Jadi mandiri ga hrus krja kantoran ko bun..
 
Ya Allah.. Terima kasih atas rejekimu.. semoga anak hamba Rafassya selalu sehat dan tumbuh menjadi anak yg sholeh.. Aminn
  #27  
Old
Bunda ...
 
Posts: 835
 
Replying to: View Post
buibu, bahas WM VS IRT
ASI VS SUFOR
NORMAL VS CAESAR
GAK ADA HABISNYA buibu
So marilah kasih dukungan aja tuk satu sama lain.
jgn saling menyudutkan

yang menyudutkan itu yang IRT ke WM loh bun.sampe ada trit begini. yang wm kan tadinya adem2 ajah. udah tau ada hot trit di sebelah malah bikin trit begini dan ditujukan jelas2 di judulnya untuk working mom. apa coba maksudnya????
tp tsnya sekali komen doang trs kaburrrrr
 
  #28  
Old
dwi150...
 
Location: somewhere on earth
Posts: 1,216
 
Misi.... "trit sebelah" yang disebut bunda2 di atas itu trit yang mana ya? Kayaknya saya ketinggalan update-an


Btw, saya setuju klo artikel ini harusnya bukan cuma buat working mom. Klo ibunya bukan wm pun belum tentu gak bakal ada masalah kayak yang diceritain di artikel yang dishare bun ts. Mungkin si daffa agak telat penanganannya (selain tentunya emang umur manusia gak ada yang tau). Adik bungsu saya dulu kena flek paru waktu masih kecil, tapi alhamdulillah sembuh, sekarang udah kelas 3 SMA dan alhamdulillah masih sehat.

Pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini mungkin semua ortu (bukan cuma ibu, tapi bapak+ibu) harus lebih peka sama anak2nya, terutama klo ada kondisi yang sekiranya gak wajar. Udah gitu aja.
 

♡ ㅇㅅㅇ ♡
Let's make this world a better place to live
  #29  
Old
wiwin ...
 
Posts: 158
 
....threadnya bikin galau
 
  #30  
Old
al fit...
 
Posts: 743
 
Replying to: View Post
seharusnya ente komen kek gini di trit sebelah mak
copas gih
disana kan IRTnya belaga semua

bunda... tread sebelah yang mana sie bun... ?
jadi keppooo
 
*Shakila Asilah belahan jiwa Ibun*
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Berbagi info dan pengalaman yuk buat working mom & asi eklusif -- Diskusi Umum 7
AMAZING!!!! CERITA Penyemangat buat yg lagi promil,BACA YUK.... 1 -- Diskusi Umum 2
AMAZING!!!! CERITA Penyemangat buat yg lagi promil,BACA YUK.... ke 2 -- Diskusi Umum 6
lebih prioritas ASIP beku atau ASIP segar ? (terutama buat working mom) -- Ngobrol Apa Saja 7
Cerita Biaya cek kandungan 1,6 juta buat kaget -- Diskusi Umum 71


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com