Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Novita...   TS 
 
Posts: 134
Default CIRI-CIRI Wanita Dalam Masa Subur

Apa Ciri-ciri Wanita Sedang Dalam Masa Subur?

Salah satu bentuk usaha untuk mempercepat keberhasilan program kehamilan Anda adalah dapat dengan mengetahui kapan diri Anda (istri) mengalami masa subur. Dalam artikel sebelumnya, yang berjudul “masa subur”, telah kami uraikan cara menghitung masa subur wanita. Ada baiknya Anda membaca artikel tersebut untuk mengetahui kapan hitungan tepat masa subur Anda, karena setiap wanita berbeda, ada yang memiliki siklus haid teratur dan ada yang tidak teratur. Meskipun Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur, bukan berarti Anda wanita yang tidak subur.

Untuk memudahkan Anda mengetahui ciri-ciri wanita (istri) sedang dalam masa subur, berikut ciri-ciri nya:

Peningkatan Suhu Tubuh.
Masa subur wanita dengan siklus haid normal adalah hari ke 12 hingga hari ke 16 sejak haid pertama. Selain dengan hitungan kalender, masa subur wanita dapat diketahui dengan adanya peningkatan suhu tubuh. Peningkatan ini biasa terjadi bukan karena wanita sedang sakit, tetapi dalam keadaan badan sehat. Anda dapat mengetahui peningkatan suhu tubuh dengan meletakkan thermometer dibawah ketiak Anda setiap pagi saat bangun tidur. Peningkatan suhu tubuh biasanya terjadi sekitar 0.2 derajat Celcius setiap hari selama 10 hari berturut-turut.

Bergairah Tinggi.
Saat pasangan melakukan hubungan intim di masa subur, wanita akan terlihat lebih bergairah dari biasanya. Hal ini wajar saja karena gairah sedang meningkat berarti keinginan untuk melakukan hubungan badan juga meningkat.

Cairan Serviks Mengalami Perubahan.
Pada umumnya wanita yang sedang dalam masa subur mempunyai cairan serviks yang mirip dengan putih telur, yaitu cairan serviks cair, kenyal, dan lebih jernih dari biasanya.

Sedangkan dalam kondisi tidak subur, bentuk cairan serviks kelihatan lebih kental, dan terkadang tidak keluar sama sekali.

Payudara menjadi lunak.
Wanita yang sedang dalam masa subur memiliki banyak hormon yang sedang berkumpul dan kondisi ini hampir sama dengan kondisi saat hamil, sehingga payudara akan terasa lebih lunak dari biasanya.

Adanya perubahan posisi serviks.
Saat sedang mengalami ovulasi (masa subur), posisi serviks dapat dijangkau dengan jari. Sedangkan pada saat tidak ovulasi, posisi serviks akan jauh lebih ke atas, sehingga tidak dapat disentuh. Untuk membuktikan hal ini, Anda dapat memasukkan jari Anda secara lurus ke dalam Miss V. Jika Anda sedang dalam masa subur, Anda akan dapat menyentuh bagian ujung serviks, dan rasanya seperti bagian ujung hidung.

Munculnya Flek.
Saat Anda sedang dalam masa subur, biasanya Anda akan meninggalkan bercak-bercak darah yang tertinggal di celana dalam. Amati saat ini terjadi dan ini dapat merupakan salah satu tanda bahwa Anda sedang dalam masa subur.

Perut menjadi berasa kembung.
Anda mungkin pernah merasakan celana Anda berasa sempit walaupun Anda tidak berada dalam kondisi kekenyangan, hal ini merupakan salah satu tanda bahwa Anda dalam kondisi masa subur karena tubuh Anda menyimpan air banyak dalam masa subur.

Menghitung Masa Subur.
Cara menghitung masa subur telah kami uraikan di artikel sebelumnya. Anda dapat baca pada yang berjudul Cara Menghitung Masa Subur Wanita. Setelah Anda mengetahui kapan masa subur Anda, Anda dapat merencanakan hubungan intim di sekitar masa itu.

Menggunakan Alat Test Ovulasi
Alat Test Ovulasi dapat membantu Anda dengan keakuratan 98% untuk memastikan apakah Anda dalam masa subur atau masa tidak subur, namun harga nya memang cukup mahal. Tetapi jika Anda meninginkan kehamilan dalam waktu dekat, ada baiknya Anda berinvestasi menggunakan alat ini demi mendapatkan buah hati Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
di4n...
 
Posts: 233
 
salam kenal bunda novita..
wah bermanfaat skali info.y..trutma bt y
aq yg lg promil..
trmaksh bunda..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ciri-ciri masa subur -- Diskusi Umum 0
ciri-ciri masa subur -- Ngobrol Apa Saja 11
Ciri-Ciri Wanita Sedang dalam Masa Subur -- Diskusi Umum 7
seputar ciri ciri hamil muda dan ciri ciri haid -- Diskusi Umum 66
ciri`ciri fisik ketika sedang masa subur tu seperti apa? -- Diskusi Umum 13


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com