Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dwieku...   TS 
 
Posts: 216
Default ciri-ciri masa subur

met malam bunda2..sedikit sharing sekaligus tanya ma bunda2.
saya mengalami PCOS salah satu gejalanya haid tidak teratur kadang 2 bulan sekali kadang bisa lebih. saya sudah menikah hampir 3 tahun tapi belum hamil juga.
yang ingin saya tanyakan ke bunda semua, gimana ya bund ciri2nya kita lagi masa subur sedangkan siklus haid saya tidak teratur sehingga tidak bisa dihitung secara kalender...mohon info dan sharing pengalamannya ya bun...???

Sumber: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/16...#ixzz2DKDAu34E
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
tianri...
 
Posts: 565
 
Aku juga dulu haidnya ga teratur sama kaya bunda..tapi sekarang udah hamil...
Dulu konsul ke dokter dikasih penyubur sama vit E..aku juga bingung ngitung masa subur,jadi ga pernah diitungin..kalo ml teratur insya allah tar juga ketemu sama masa subur...
 
There's another life in my womb, it's the most beautiful miracle
  #3  
Old
dwieku...   TS 
 
Posts: 216
 
makasih bund atas info dan supportnya...mohon doanya ya bund, semoga saya segera menyusul seperti bunda
 
  #4  
Old
bundaK...
 
Location: Kramat Jati, JAKTIM
Posts: 194
 
Bisa dengan alat cek kesuburan, kaya sensitif ato ovutes, kalo gak.. bisa juga dicek melalui lendir yang keluar dari miss v kita.. biasanya kalo lagi masa subur lendir yang keluar itu persis seperti putih telur, warnanya bening.

---------- Post added at 21:03 ---------- Previous post was at 19:57 ----------

Oh yach ralat Bun bukan sensitif, kalo sensitif buat ngetes kehamilan..
kalo buat cek kesuburan namanya fertites.
 
  #5  
Old
bunda ...
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Kenali Masa Subur untuk Mempercepat Kehamilan

Masa subur menjadi hal yang bisa menentukan apakah Anda ingin cepat hamil atau menundanya. Bagi Anda yang tidak mau menunda momongan setelah menikah, sudahkah memahami siklus masa subur? Jika belum berikut ini ciri-ciri wanita memasuki masa subur.

Penentuan masa subur ini penting karena waktu tersebut sangat baik untuk program memiliki anak. Biasanya waktu ovulasi adalah 14 hari dari perkiraan hari pertama Anda haid selanjutnya. Siklus menstruasi ini dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama menstruasi selanjutnya.

Jika masih bingung, berikut ini contoh penghitungannya. Misalnya Anda menstruasi setiap tanggal 15. Kita anggap saja dalam sebulan ada 30 hari, jadi dengan siklus 28 hari maka perkiraan hari pertama menstruasi selanjutnya adalah tanggal 13. Ini berarti ovulasi Anda terjadi 14 hari sebelum tanggal 13 yaitu sekitar tanggal 29.

Bagi pasangan yang tengah menjalankan program kehamilan, disarankan melakukan hubungan seksual pada masa suburnya dan tidak melakukannya 2-3 hari sebelum masa subur. Cara ini dilakukann untuk menjaga kualitas sperma tetap prima karena pembentukan sperma akan matang dalam 3 hari.

Bagaimana sudah paham cara menghitung masa subur? Jika sudah, selain dengan menghitung, Anda juga bisa mengenali kapan masa subur tersebut dari ciri-ciri perubahan tubuh. Berikut ini ciri-ciri yang biasa dialami wanita saat masa subur:

Perubahan Cairan Serviks
Saat masa subur, cairan yang keluar di leher rahim mengalami perubahan. Jika dalam kondisi normal, cairan itu biasanya lengket dan bertekstur 'creamy' (kental). Namun saat masa subur (ovulasi) jumlah cairan akan lebih banyak, dan teksturnya lebih cair dengan warna yang bening.

Meningkatnya Hasrat Seksual
Saat masa subur hormon wanita bergejolak. Keadaan itu akan berujung pada meningkatnya hasrat seksual. Oleh karena itu, ini juga merupakan saat yang tepat untuk bercinta dengan suami.

Meningkatnya Temperatur Tubuh
Saat masa subur, wanita akan mengalami kenaikan temperatur tubuh. Hal itu disebabkan oleh munculnya hormon progesterone dalam tubuh saat masa-masa ovulasi.

Payudara Lebih Lunak
Produksi hormon yang cukup tinggi saat masa-masa ovulasi mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh, termasuk payudara. Umumnya di masa ovulasi, payudara wanita menjadi lebih lunak dan lembut.

semoga bermanfaat bun..
 
  #6  
Old
endahr...
 
Posts: 127
 
Iya nih bun, aq jg bingung nentuin masa subur aq. Aq dh 5 bln nkah n blm hamil. Pngenx sh cpt hmil. Kmrn hpht tgl 20 nov. Siklus stlh nkh mlah 36 hr pdhl biasax 28-30 hr. Skrg sm suami lg brsha lagi, smga msa subur bln ini tpat sma saat kami bhub (maap jd vulgar ) sklus pnjng gni bngung nntuin kpn sburnya. Hihi

Saling mendoakan yuk bun, semoga yang sedang ikhtiar dpt momongan sgra dkbulkan oleh Allah swt. Amiiinnn O(∩_∩)O
 
  #7  
Old
dwieku...   TS 
 
Posts: 216
 
makasih bunda key atas infonya

---------- Post added at 19:51 ---------- Previous post was at 19:49 ----------

makasih bunda atas infonya...mohon doanya ya bun

---------- Post added at 19:52 ---------- Previous post was at 19:51 ----------

iya bun, kita saling mendoakan ya semoga Alloh segera memberikan amanah buah hati di tengah2 keluarga kita...aaamiiin ya Robb
 
  #8  
Old
Farsya...
 
Posts: 2
 
Bunda Ami makasih banyak buat infonya nih.. aku juga suka bingung dengan masa suburku karena haid yg ga teratur.
 
  #9  
Old
maya e...
 
Posts: 6
 
Ikut nimbrung jg. ....salam kenal bunda2
Saya curhat dikit jggg......dluu saya teratur mensnya.....tp terakhir nii saya mens hari pertama kluar coklat...hari k'2 perut raa nyeri luar biasa....tys kluar darah bnykk....2hari kmdian berhenti....itu gmn y bun.....mohon ksh masukan atw infonya.......
 
  #10  
Old
adisa...
 
Location: Karawang
Posts: 17
 
makasih infonya bun....mohon do'anya ya...
 
  #11  
Old
dianam...
 
Posts: 181
 
salam kenal; bunda..
ikut nambahin apa yang udah ditulis bunda ami diatas..tanda2 wanita yang dalam masa subur selain yg udah disebutin diatas yaitu adanya rasa ndak nyaman ndi perut, kayak kembung gitu..
dan betul sekali, hubungan sebaiknya dilakukan pas masa subur, cuman untuk nentuin waktu yg bener2 pas itu kan sulit, jadi sebaiknya di intensifkan aja, terutama waktu sebelum dan saat masa subur. kehamilan masih mungkin terjadi jika hubungan dilakukan 3 hari sebelum masa subur, tetapi tidak akan mungkin terjadi jikia dilakukan setelahnya.

o iya bund, kalo tertarik dgn herbal yg bisa meningkatkan kualitas kesuburan pria n wanita bisa diliat di signature saya..itu bener2 pengalaman pribadi saya bun. moga bisa membnantu..
 
  #12  
Old
herisu...
 
Posts: 21
 
terima kasih all untuk saran nya

---------- Post added at 16:31 ---------- Previous post was at 16:31 ----------

ohiya aku lupa langsung ke inbok lagi
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
8 Tanda Umum Ciri-ciri Orang Hamil -- Diskusi Umum 27
Sakit perut seperti apa yang ciri-ciri Hamil? -- Diskusi Umum 48
Ciri-ciri mengetahui jenis kelamin bagaimana sih bun?? -- Diskusi Umum 36
Ciri-ciri janin tidak berkembang -- Diskusi Umum 138
ciri-ciri masa subur -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com