Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dycka ...   TS 
 
Posts: 102
Default ciri`ciri fisik ketika sedang masa subur tu seperti apa?

Bunda,ciri`ciri fisik kalau kita sdang dalam masa subur itu seperti apa bunda?
Soalnya hari ini hari ke`12 dri HPHT.dan aku merasa perut bawah sebelah kiri dari tadi pagi sampai sekarang terasa kaku dan nyeri bund?perasaan seperti ingin (maaf) BAB terus,ingin sering buang air kecil jg,trus kaki 2`2nya pegel bgt,dan 3 hari nie aku mengalami keputihan banyak bgt?!
Apa itu ciri`ciri masa subur ya???
Mohon penjelasannya bunda,,,^_^
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
acea m...
 
Posts: 30
 
salam kenal.. m'f g bsa ksh koment ap''..saya juga pgen tw ciri''masa subur itu gmna?? secara saya juga lagi promil...
 
  #3  
Old
itnasu...
 
Posts: 58
 
Sore bunda, mau bagi2 informasi aja nih kebetulan saya punya sahabat bidan. Dy kasih tau saya juga soalnya hehe, jadi kalau masa subur itu bisa kita ketahui sndiri. pernah ngga bunda waktu buang air kecil ada lendir putih bening gitu? nah itu adalah saat kita lagi subur2 nya, dan bunda saat melakukan baringan dulu 5-10 menit agar sperma bisa masuk.
maaf cuma bisa kasih informasi sedikit, semoga bermanfaat
 
  #4  
Old
dycka ...   TS 
 
Posts: 102
 
Replying to: View Post
salam kenal.. m'f g bsa ksh koment ap''..saya juga pgen tw ciri''masa subur itu gmna?? secara saya juga lagi promil...
gpp bunda,sapa tau ada yg k0men,kita cari tau bareng ea^_^



---------- Post added at 18:50 ---------- Previous post was at 18:40 ----------

Replying to: View Post
Sore bunda, mau bagi2 informasi aja nih kebetulan saya punya sahabat bidan. Dy kasih tau saya juga soalnya hehe, jadi kalau masa subur itu bisa kita ketahui sndiri. pernah ngga bunda waktu buang air kecil ada lendir putih bening gitu? nah itu adalah saat kita lagi subur2 nya, dan bunda saat melakukan baringan dulu 5-10 menit agar sperma bisa masuk.
maaf cuma bisa kasih informasi sedikit, semoga bermanfaat
iya bund,kmren keluar lendir bening agak bnyak dari biasanya ,,,^_^
Ehm,trus siangX berusaha Berusaha dgn Suami ,,,^_^
Sem0ga bulan nie pRomilku berhasil ea bun?
 
  #5  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
Ovulasi atau proses pelepasan sel telur matang dari dalam indung telur menuju tuba Falopi dan siap dibuahi sel sperma, merupakan proses yang ditunggu-tunggu oleh Anda yang sedang mendambakan kehadiran bayi. Karena, jika sel sperma dapat membuahi tepat ketika ada sel telur matang yang dilepaskan indung telur, maka kehamilan akan terjadi. Ada 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk mencari tanda-tanda ovulasi pada tubuh.
  1. Menggunakan rumus menghitung masa subur. Bagi Anda yang memiliki siklus haid teratur, masa subur dapat dideteksi menggunakan rumus standar, yaitu, ovulasi rata-rata terjadi pada hari ke-14 sebelum hari pertama dari siklus haid yang akan datang.
  2. Perhatikan perubahan mukosa leher rahim. Saat masa subur, mukosa akan menjadi lebih bening atau tidak keruh, licin, dan kenyal seperti putih telur ayam mentah. Mukosa biasanya tertinggal di celana dalam. Anda dapat mengamati kekentalannya dengan meletakkan lendir pada celana dalam itu di antara ibu jari dan telunjuk, lalu meregangkan kedua jari. Pada masa subur, lendir tidak akan terputus saat Anda meregangkan kedua jari cukup lebar.
  3. Mengalami kram perut. Menjelang ovulasi, terjadi peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. Salah satu keluhan yang dapat menandai ovulasi adalah kram pada otot rahim, yang biasanya terjadi di tengah rentang 2 siklus haid. Jadi, kram ini muncul saat Anda sedang tidak haid.
  4. Mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal manusia berkisar 36-37°C. Saat ovulasi terjadi, suhu tubuh secara alami akan meningkat antara 0,4-1 36-37°C. Kenaikan suhu basal tubuh terjadi ketika indung telur melepas sel telur yang matang, dengan pengaruh hormon progesteron. Puncak masa subur adalah 2-3 hari sebelum suhu basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi.
  5. Melakukan perabaan mulut rahim. Gunakan 2 jari tangan, yaitu telunjuk dan jari tengah, untuk mengetahui keadaan mulut rahim. Jelang ovulasi, mulut rahim akan terasa tinggi, terbuka lebar, dan basah oleh lendir. Bila diraba dengan jari tangan, mulut rahim akan terasa lebih lunak dari biasanya. Ini terjadi akibat pembuluh-pembuluh darah di mulut rahim, terisi darah dengan volume yang lebih banyak. Untuk mengetahui perbedaan kondisi mulut sewaktu ovulasi dan tidak ovulasi, lakukan perabaan beberapa kali pada rentang waktu yang berbeda.
  6. Mengalami perubahan emosi. Jelang ovulasi, kadar berbagai hormon reproduksi akan meningkat yang akan mempengaruhi emosi. Sehingga di masa ovulasi Anda akan menjadi moody. Bila pada hari-hari di tengah 2 siklus haid, emosi Anda tiba-tiba bergejolak, bisa jadi merupakan pertanda Anda berada dalam masa subur.
  7. Payudara menjadi lunak. Dalam mempersiapkan terjadinya proses kehamilan serta kelahiran bayi yang membutuhkan ASI setelah lahir, tubuh secara alami akan mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI. Persiapan payudara akan membuat payudara terasa bengkak, sensitif bila tersentuh, serta menjadi lebih lunak dari biasanya.
  8. Hasrat seksual meningkat. Adanya perubahan kadar hormon yang terjadi ketika tubuh mempersiapkan sel-sel telur untuk mencapai kematangan, dan siap dilepaskan oleh indung telur, akan membuat dorongan atau hasrat seksual meningkat. Ini merupakan hal alami, sebagai bagian dari proses terjadinya kehamilan.
  9. Bibir kelamin membesar. Saat ovulasi, meningkatnya kadar hormon reproduksi di dalam tubuh, juga akan mempengaruhi organ-organ reproduksi lainnya. Salah satunya, pembuluh darah di alat kelamin menjadi terisi penuh oleh darah. Hal itu menyebabkan bibir dalam dan bibir luar kelamin -labia minora dan labia mayora- menjadi lebih besar dari biasanya, sehingga menjadi lebih sensitif!
  10. Tubuh dan organ reproduksi bengkak. Kadar hormon-hormon reproduksi yang meningkat menjelang masa subur, juga berpengaruh terhadap tubuh Anda secara keseluruhan. Anda akan merasa tubuh seperti membengkak, sebab berbagai organ reproduksi memang sedikit lebih membesar dari biasanya, akibat terisinya seluruh pembuluh darah di setiap organ, sehingga seluruh organ reproduksi memang menjadi aktif. Ini semua bagian dari proses persiapan kehamilan.


---------- Post added at 18:53 ---------- Previous post was at 18:51 ----------

semoga bermamfaat ya para bunda yang lagi cari tanda-tanda masa subur itu bagaimana.......
 
  #6  
Old
momy r...
 
Location: surabaya
Posts: 162
 
Oo..jadi benar ya bun klo lg masbur qta jd moody bgt pantesan 2 hari ini hoby bgt ngamuk2...heheheh kirain moody tuh pas mau haid aza...
Wah thx ya bunda infonya..
 
  #7  
Old
ratna ...
 
Posts: 4
 
Bun,mau tanya neh apakah klo dlm masa subur kondisi tubuh jd tdk sehat seperti pinggang pd pegel2,dr paha smpai kaki sakit2 trus bdn juga seperti demam gt,mohon bantuannya ya bun.​Ťђάηκ•⌣•ў☺ϋ
 
  #8  
Old
d3n1s...
 
Posts: 25
 
Bunda ratna nikah udah brapa lama?
 
  #9  
Old
dianam...
 
Posts: 181
 
secara umum ciri fisiknya sbb bund:
1. Suhu tubuh meningkat di banding biasanya
2. Cairan miss V lebih banyak n elastis/mulur
3. gairah meningkat
4. kadang ada rasa kurang nyaman di bagian perut bawah..

Kayaknya itu bund gejalanya, dan kalo mo menghitung, bagi yang haidnya teratur masbur itu sekitar 16-13 hari sebelum haid.
 
  #10  
Old
itavit...
 
Posts: 19
 
itu bund yg lg aku alami skrg sama persis dgn ciri2 yg bunda2 sebutkan di atas. apa mungkin aku mengalami masa subur sdgkn aku telat haid udh 7 bln. krn pengaruh KB, tp skrg udh stop krn lg promil. mdh2an bsa hamil. thx bunda
 
  #11  
Old
dhefa1...
 
Posts: 2
 
Yahhh,,, kl ciri2nya ky gt brti kmrn masa subur aq kali yaaa
Tp aq gk HB abzny perutnya agk kram jd tkut gk enk kl pas HB ...
 
  #12  
Old
mining...
 
Posts: 48
 
Bunda2 aku lg ngalamin pinggang kaku ky nyeri gitu trus perut kram ky mau mens gth . Apa efek dari semalam abis HB tau aku lg masa2 subur ???

Mohon solusinya ya bund...
 
  #13  
Old
Ummu A...
 
Posts: 214
 
Replying to: View Post
Bunda2 aku lg ngalamin pinggang kaku ky nyeri gitu trus perut kram ky mau mens gth . Apa efek dari semalam abis HB tau aku lg masa2 subur ???

Mohon solusinya ya bund...
Bunda siklus mestruasi nya brp lama? Kalau normal slama 28 hari brrti masa subur nya dihari ke 14, jd bunda sebaiknya hb dihari ke 12 atau 13 ditambah dihari ke 14 atau 15, bunda amati jg lendir servik nya, kalau mendapati lendir sprti putih telur dan bs direnrangkan sepanjang 2cm brrti bunda lg subur subur nya, bs jg dg mengukur suhu basal tubuh, suhu basal tubuh akan turun ketika ovulasi setelah ovulasi suhu akan naik, bs jg pakai alat test kesuburan bun.. Smoga bunda segera diberi tiket H ya.. Aamiin
 
  #14  
Old
mining...
 
Posts: 48
 
@bunda ummu aisyah : aku siklusnya dlm 1 bln tuh 2 x haid bund.,,
Pas kemaren tgl 14 baru berhenti bund...tp masa haidnya 2 minggu bund...

Sekarang pinggangku kaya kaku pegal gth bund...
Leher bibir kaya demam gth...
Trus bagian V ky becek bund biasanya engga....
Trus lendirnya kyai putih telur gth bund , elastis....
Amiiinnn bunda..,,
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ciri-ciri masa subur -- Diskusi Umum 0
ciri-ciri masa subur -- Ngobrol Apa Saja 11
Ciri-Ciri Wanita Sedang dalam Masa Subur -- Diskusi Umum 7
seputar ciri ciri hamil muda dan ciri ciri haid -- Diskusi Umum 66


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com