Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
syaqin...   TS 
 
Posts: 21
Default Pentingnya ASI Bagi Bayi Prematur dan Cara Memberikannya

Pentingnya ASI bagi bayi prematur adalah untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuhnya. Bayi prematur lahir di usia kehamilan kurang dari 37 minggu, sehingga perkembangan organ tubuh dan berat badannya belum sepenuhnya sempurna. Untuk itu, Moms perlu merawat sang buah hati dengan sangat khusus agar berat badannya cepat bertambah.


Pemberian ASI merupakan hal yang sangat penting untuk menambah berat badan dan perkembangan organ bayi prematur. Untuk itu, sebaiknya Moms diwajibkan untuk selalu memberikan ASI lebih sering kepada bayi prematur dibandingkan bayi cukup bulan (normal). Makin kecil tubuh sang bayi, makin sering nutrisi perlu diberikan dan dengan begitu makin banyak pula ASI yang harus diberikan.
Tentunya tidak ada seorang ibu yang menginginkan buah hatinya lahir sebelum waktunya. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kelahiran bayi prematur, ada baiknya Moms untuk mengetahui cara memberikan ASI bagi bayi prematur. Berikut tips yang dapat Moms lakukan :


Pompa lebih awal dan sering
Sebaiknya Moms harus sering memompa ASI untuk pertama kali selang 6 jam setelah kelahiran. Rencanakan untuk memompa sekitar 8 kali dalam sehari. Moms harus memompa setiap 2 sampai 3 jam pada siang hari, dan setiap 3 sampai 4 jam pada malam hari atau selama bekerja. Moms bisa menggunakan pompa ASI manual atau pompa ASI elektrik sesuai kebutuhan.
Pemberian ASI pada bayi prematur
Pemberian ASI dapat dilakukan dengan cara menyusui si buah hati langsung dari payudara Moms, atau dapat pula dengan memberikan ASI perah menggunakan cangkir khusus (cup feeding) dan dengan selang (orogastric tube). ASI perah juga dapat disimpan pada wadah ASI yang aman apabila tidak langsung diberikan untuk si buah hati.
Mencari informasi
Meskipun kegiatan menyusui adalah sesuatu yang alami, tapi tidak selamanya hal ini dapat berjalan lancar. Pelajari sebanyak mungkin segala sesuatu hal tentang cara menyusui selama hamil ya, Moms.
Gunakan metode kanguru
Metode kanguru adalah sebuah metode perawatan bayi baru lahir dengan cara meletakan si buah hati di dada Moms (skin to skin) untuk menyalurkan kehangatan padanya. Metode perawatan ini juga dapat membantu mempermudah Moms dalam memberikan ASI kepada si buah hati. Bahkan banyak yang percaya jike metode ini dapat meningkatkan pasokan ASI.
Nah, pentingnya ASI bagi bayi prematur tentunya sangat banyak, meskipun ia mengalami gangguan oral motor sehingga dapat berdampak pada kemampuan menyusui. Beberapa bayi prematur tidak pernah belajar untuk menghisap dengan baik. Walaupun demikian Moms jangan patah semangat untuk terus memberikan ASI bagi si buah hati ya! Semoga bermanfaat.

Mau tau lebih banyak , Pengetahuan Untuk Baby
Yuk kunjungi blog nya disini : Blog Perlengkapan Ibu Hamil, Bayi Dan Anak

Semoga Bermanfaat
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bayi prematur


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pentingnya Parenting Bagi Non-Parent -- Diskusi Umum 1
pentingnya imunisasi TT bagi ibu hamil -- Diskusi Umum 30
Tips Merawat Bayi Prematur -- Diskusi Umum 2
Bagi ibu Hamil, Malas Gosok Gigi Bisa Picu Kelahiran Prematur -- Diskusi Umum 5
Retina Prematur pada Bayi Prematur dan Berat lahir Rendah -- Diskusi Umum 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com