Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mataha...   TS 
 
Posts: 77
Default Retina Prematur pada Bayi Prematur dan Berat lahir Rendah

Para bunda dan calon bunda, izinkan sy berbagi cerita yg mudah2an bisa jd pelajaran untuk kita semua. Tolong abaikan jika terlalu panjang.


Kejadiannya dialami oleh kerabat dekat sy. Dua bulan yg lalu ia melahirkan bayi perempuan prematur 28w. Tiara namanya. Berat lahirnya sy lupa. Baby tiara sempat dirawat dlm inkubator di RS. Setelah debay keluar dr RS, sy tidak dengar kabarnya lg. sy pikir debay sehat aja. kemarin sy dikejutkan oleh telepon dr ibu sy. ibu bilang, debay mau ke jakarta dan kerabat kami itu minta diantar ibu ke jakarta eye center karena ada kelainan di mata debay, Dokter spesialis mata merujuknya ke JEC karena keterbatasan alat di RS daerah (luar jawa). Setelah siang td diperiksa, baby tiara didiagnosa terkena Retinopathy of Prematurity (ROP) stadium 5.



Pada saat menulis ini, sy belum berkomunikasi dengan ibu debay karena pasti ia masih shock. sy hanya dapat info dr ibu sy yg ikut menemani ke JEC. Dokter tidak bisa melakukan tindakan karena stadiumnya sudah 5. seandainya pada waktu umur 2 atau 3 minggu (stadiumnya masih di bawah 3) debay dibawa ke JEC, mungkin masih bisa ditindak lanjut. sy jadi menyesalkan kenapa baby tiara sampai terlambat dibawa ke jakarta.


sy langsung mencari info tentang ROP melalui google. berikut sy kutipkan dr artikel yg sy baca di web JEC, wikipedia, dan medlineplus.
ROP adalah gangguan perkembangan pembuluh darah retina pada bayi yang lahir prematur. beberapa penelitian yang dilakukan di Jakarta mendapatkan ROP pada sekitar 30% bayi prematur; dan umumnya sepertiga kasus memerlukan terapi.


Retina adalah bagian mata yg berfungsi menerima bayangan objek/benda untuk diteruskan ke otak sehingga kita bisa melihat. Retina mulai terbentuk pada usia kehamilan 16 Minggu. Pembuluh darah retina terbentuk sempurna sekitar 2 minggu setelah bayi dilahirkan pada usia kehamilan normal, yaitu sekitar 40 minggu.


Pada bayi prematur, pembuluh darah retina belum terbentuk sempurna. Karena paparan oksigen, terbentuklah semacam garis antara daerah yg sudah terbentuk pembuluh darah dan daerah yg belum sehingga terjadi rangsangan untuk pembentukan pembuluh darah baru yg tidak normal. proses ini bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa juga berkembang menjadi stadium lanjut yg berakibat ambliopia (“mata malas”), strabismus /juling, bola mata mengecil (ptisis bulbi), katarak, glaukoma dan yg terparah adalah retinal detachment atau lepasnya retina yg menyebabkan kebutaan. naudzubillah minzalik ya bund.


Faktor risiko ROP pada umumnya terjadi pada bayi prematur dengan usia gestasi (masa kehamilan) kurang dari 32 minggu dan/atau berat lahir kurang dari 1500 gram, atau bayi-bayi prematur yang lebih “tua” dan “besar” namun memiliki kondisi klinis yang tidak stabil. oleh sebab itu, penting sekali mencegah kelahiran prematur dan menjaga berat lahir normal.


Untuk mendeteksi ROP secara dini, setiap bayi prematur harus diperiksakan ke dokter mata. Direkomendasikan agar pemeriksaan mata pertama kali dilakukan 4 minggu setelah kelahiran, atau pada usia 31 minggu bila usia bayi saat lahir 28 minggu atau kurang.



Tindak lanjut medis pada ROP dapat berupa laser, krioterapi(pembekuan), atau operasi. tergantung stadiumnya (1-5). Semakin dini terdeteksi, semakin besar peluang kesembuhan.


Betapa sedihnya ketika mengetahui baby tiara sudah stadium 5, sudah total retinal detachment. sekarang hanya berharap kepada Allah, semoga apa yg dokter ’voniskan’ tidak terjadi. atau ada dokter spesialis mata yg bisa mengobatinya. Baby tiara bs sembuh dan melihat normal.



Keluarga di rumah masih berembuk untuk mencari second opinion atau alternatif lain. Dan sy blm berani bertanya lg perkembangannya, hanya bisa mendoakan dari jauh dan berbagi dengan para bunda di sini.


Sy baca2 thread tentang bayi prematur di forum ini. Alhamdulillah bayi2 tersebut tumbuh sehat, berkat rahmat Allah dan perjuangan bunda2 tersebut membesarkannya. Adik ipar sy yg kembar juga prematur 7 bulan dan alhamdulillah sehat. Mungkin ada bunda yg terlahir prematur dan alhamdulillah juga sehat. Ini memang kasuistik. Sesuai kehendak Allah. Namun ada baiknya kita berjaga.

Nah bunda, semoga Allah melindungi kita semua, memberi kesehatan pada kita dan janin dlm kandungan sehingga debay nanti terlahir sehat tanpa kekurangan. Aamiin yaa Mujibassaailin.


jika ada bunda yg punya pengalaman seperti ini, mohon share ya, baik pengobatan medis atau alternatif, atau cara merawat bayi prematur dengan ROP. Terima kasih bunda
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nengge...
 
Posts: 800
 
aduh...sedih banget dengernya....

semoga cepet pulih ya....
Makasih juga buat infonya untuk pembelajaran kita semua
 
Telah lahir putra pertama kami pada tgl 28 Maret 2014, 3440 gram, 52 cm, by C-section
Ibu dan anak sehat
Terima kasih atas doanya
  #3  
Old
buna...
 
Posts: 277
 
Nice share bund jadi nambah pengetahuan
Smoga baby tiara kembali sehat dan dapat melihat normal..aminnn
 
  #4  
Old
mataha...   TS 
 
Posts: 77
 
aamiin.. bunda nenggeulis dan bunda buna, terima kasih ya
 
  #5  
Old
Anisap...
 
Posts: 1
 
Selamat malam.. Mungkin sudah terlambat saya baru membaca blog ini.. Saya juga penderita ROP. dulu saya juga divonis seperti itu, tapi alhamdulillah saya dioperasi ketika umur 3tahun mata saya yg sebelah kanan bisa melihat walaupun tidak normal dan selama 20 tahun lebih saya hidup dengan mata satu.. Dan saya dapat menyelesaikan studi kuliah saya dengan lancar. Untuk debay dan bundanya semangat ya.. Pasti ada rencana Tuhan yg lebih indah.
 
  #6  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Bunda....jangan sedih....dulu aku bayi yang terlahir dengan keadaan seperti itu....1 mata cumanya dan mata yg lain normal.....dengan terapi bisa kok bun dan ngga terlalu mengganggu karena sejak lahir sudah beradaptasi. Tapi diusia 39 sekarang aku sudah plus 3,5 ........yaaa.......tapi kalo memang sudah nasib, apalagi sekarang jaman sudah canggih pasti banyak terapi lebih baik
 
  #7  
Old
Dian R...
 
Posts: 2
 
mbak Anisapraningdhita dan bundahappy75...bs sharing tentang ROP ini via telp atau pin bb gak...kbetulan saudara saya sedang mengalami itu..jd putranya lahir prematur dan saat ini divonis ROP stadium 5..kami kebingungan untuk tindakan awal yg harus dilakukan...mohon bantuanya..terima kasih
 
  #8  
Old
ratnah...
 
Posts: 6
 
@mb dianrahmawati bagaiman skrg rop nya? sudah membaikkah? anakq jg prematur 31 week. harus cek mata lebih dari sekali.
 
  #9  
Old
diysya...
 
Posts: 3
 
hallo bunda smua, ank ak lhir prematur 34 mnggu dgn BB 1700 gram. Udh cek ROP bbrp kli smpai di dkter spesialis retina di RS Yogya. Alhamdulillah msh normal, dlm mlhat pun smpai umur 1 thun September ini ga da mslh, cm dibgian putih mta na ga sebersih byi2 lain, yg sblh kiri. Mhon info na bunda klo postif ROP cri na pa ya? terima kasih banyak sebelumnya.
 
  #10  
Old
Siska ...
 
Posts: 1
 
Selamat malam bunda2 semuanya,memang menyakitkan saat mendengar dokter memponis ROP stdadium 4 5 pada ade abay anak saya yg terlahir prematur 9bln yg lalu,tepatnya 3hari yg lalu saya dan suami ke Rs cicendo di bandung,dunia seperti berhenti di saat dokter memponis ade abay seperti itu,dgn tangis yg tiada henti kami pulang dan sampai sekarang pun setiap kali melihat ade abay pasti selalu menangis tidak percaya. Semoga Dan kami berharap ada keajaiban dan ponis dokter tidak benar adanya,jika bunda ada yang tau cara menyembuhkan ROP ini saya mohon infonya,dan bisa sharing di 082177287111 , terimakasih sebelumnya...
 
  #11  
Old
siti t...
 
Posts: 1
 
aslm..bisakah berbagi info tntg pengobatan RoP karna anak saya skrg 9bln divonis buta karna ROP sejak umur 3bln..saya sudah berobat tp dokter vonis tdk ada kemungkinan buat sembuh..
mohon infonya..
atau juga ada komunitas ibu dgn anak yg ROP bs tlg hub saya 085695034989 karna saya ingin anak saya bisa sembuh...
 
  #12  
Old
nurul ...
 
Posts: 857
 
Teman saya anaknya juga lahir prematur dan matanya seperti itu. Waktu itu dilaser di RS Cicendo Bandung. Perawatan di RS Kariyadi semarang, tapi pas perawatan mata dirujuk ke bandung. Alhamdulillah skrg udh sehat matanya, cuma masih terapi untuk CTEV. Waktu itu dilaser usia sekitar 3 bulanan.
 
  #13  
Old
rose55...
 
Posts: 1
 
assalamualaikum
keponakan saya juga mengalami ha yang serupa. dia di diagnosa rop stadium 5,,
baagi ibu yang memiliki pegalaman dengan hal serupa tolong hubungi saya di nomor 085641926505, saya butuh sekali bantuan ibu2 sekalian, karena kami ingin sekali keponakan kami sembuh
 
  #14  
Old
agnes ...
 
Posts: 1
 
Anak saya lahir usia kandungan 30 minggu berat badan lahir hanya 1200 alhamdulillah sampe skrng sehat sudah hampir 1thun tapi yaaa dia diagnosis ROP stadium 5 hati rasanya hancur . Domisili saya di surakarta usia 4bulan dirujuk ke rs YAP jogja tapi disana alat tidak lengkap untuk bayi . Lalu 1minggu kmudian dirujuk ke rs cicendo bandung tapi dokter spesialis retina pun bilang sudah tidak bsa di tangani oprasipun akan membahayakan nyawa si kecil jadi yaa saya dan suami hanya mengharap keajaiban dari Allah . Alhamdulillah smpe skrng 3bulan sekali masih kontrol mudah*an ada jalan kluar lain untuk masalah ini . Bunda yg punya masalah serupa kita bisa saling sharing yaa 089531362457
 
  #15  
Old
Kirein...
 
Posts: 1
 
@Mba Anisapraningdhita. Blh sharing via tlp?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tips menghindari lahir prematur -- Diskusi Umum 13
takut kalo bakal lahir prematur :( -- Diskusi Umum 9
Minuman manis bisa membuat bayi lahir prematur -- Ngobrol Apa Saja 0
Lahir prematur -- Diskusi Umum 11
usia kandungan brp yah br gaa disebut lahir prematur? -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com