Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
arimbi...
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
nimbrung aah. tp mulai dari mana yaa..

#garukgaruk..
 
" every day is happiness "
  #17  
Old
cindym...
 
Location: Semarang
Posts: 221
 
bunda arganta : mumpung msh 2 bulan baby nya yuk stop sufor kasi asi ajaaa
ini temen2 seperjuangan yg pro asi dateng bantuin aq buay dukung asi bund :* :*
 
  #18  
Old
shakil...
 
Location: Dumai Riau
Posts: 425
 
bunda mochi@: makasiiih info na ya bund.. sgt brmnfaat skaLi... tp bund si debay koq Lapar2 truz yaa.. pngeeen na mimik truz smpai kewaLahan tp dikasih truz ASI siang mLm.. Tp ortu en ttagga pd nyaranin ksih ini Lh itu Lh bund.. disruh ksih pisang ato sun.. pdhaL anak sya br 2 bLn kta na ksihan dy KeLaparan.. Tp sya ttap ksih ASI koq bund.. Lum brani ksih mcm2 dLu..
 
  #19  
Old
andlly...
 
Posts: 1,552
 
Replying to: View Post
nimbrung aah. tp mulai dari mana yaa..

#garukgaruk..
Halo bunda arimbi... Msh ingat dgn sy? Baby kita sama2 lahir dibln agustus pertengahan.. Lahir baby nya kemarin tgl berapa bun? Baby sy tgl 15 agustus..

---------- Post added at 09:39 ---------- Previous post was at 09:30 ----------

SarAn semua bunda di sini semua memang baik buat baby kita.. Yg jelas asi memang terbaik.. Kalau baby dikasih sufor itu jg karna pilihan terakhir dan terpaksa.. Yg jelas sebagai seorang ibu memberikan yg terbaik buat baby Nya..
 
  #20  
Old
cindym...
 
Location: Semarang
Posts: 221
 
jangan kasi makan yaaa
mpasi dini bahaya
dd nya lagi growth spurt mungkin
 
  #21  
Old
Wardah...
 
Location: Pondok Kelapa Jakarta Timur
Posts: 523
 
Bunda shakilla: jangan tergoda bund... No MPASI dini ya sebelum 6 bulan.. Aku copas dari grup sebelah.. Semoga bermanfaat.. (Maap ya emak2.. Eike kopas dokumennya)

Growth spurt*sebenarnya bagian penting dari perkembangan normal bayi. Semua bayi, baik bayi ASI maupun yang minum susu formula pasti mengalamigrowth spurt. Namun yang paling terlihat memang pada bayi ASI karena si ibu jadi merasa keteteran karena jadwal minum bayi yang jadi lebih sering sementara jadwal tidurnya berkurang. Pada bayi yang minum susu formula, setidaknya susu formula lebih susah dicerna jadi bayi merasa kenyang lebih lama. Karena itu perubahan jadwalnya tidak sedrastis bayi ASI.

Itulah sebabnya pada masa ini sering kali ibu mengira ASInya kurang. Soalnya tiba-tiba saja bayi yang tadinya anteng, minum dan tidur berjadwal normal, eh tau-tau maunya nempel nyusu melulu seharian. Bayi juga jadi rewel dan ibu ngga bisa mengerjakan pekerjaan lain.

Jadi, bagaimana caranya membedakan*growth spurt*dengan produksi ASI yang memang kurang?

Selama*growth spurt*bayi akan minum lebih sering dan lebih lama periodenya ketimbang hari-hari sebelumnya. Kadang juga jadi sangat rewel dan pola tidurnya juga bisa berubah jadi tidur terus atau malah ngga mau tidur.
Growth spurt*paling awal terjadi pada usia 7-10 hari atau sekitar masuk minggu kedua, kemudian 3 dan 6 minggu; lalu 3 dan 6 bulan. Selain ini ada juga waktu-waktu random dimana anak juga mengalami semacam*growth spurt*dan ternyata, ini berlangsung sampai usia remaja
Banyak ibu bertanya-tanya, bayinya menyusu lebih banyak apa memang lapar atau sekedar ngempeng?

Kalau dirasa bayi sudah cukup minum (terdengar suara menelan, payudara melunak dan kosong setelah menyusui dan secara kesuluruhan*bayi nampak lebih tenang), beberapa hal dibawah ini bisa dicoba:

Tawarkan minum lagi, kalau bisa dari payudara yang sama terlebih dulu. Kadang perlekatan suka lepas sebelum bayi betul-betul kenyang. Kalau ini terjadi, ngga lama bayi akan gelisah dan mau minum lagi. Jadi pastikan bayi sudah benar-benar kenyang sebelum mengakhiri penyusuan.
Ajak bayi berjalan-jalan. Bila dirasa asupan sudah cukup banyak, coba bawa bayi jalan-jalan keliling kompleks. Kadang bayi susah memulai tidur, tapi begitu rewel suka diterjemahkan sebagai lapar. Kalau memang dia ngantuk, begitu terkena udara luar rata-rata bayi lebih cepat tertidur. Lebih ampuh lagi kalo jalan-jalannya naik kendaraan.*Somehow*goyangan kendaraan juga bikin bayi cepat terlelap.
Tapi bila bayi tetap gelisah dan rewel, mungkin memang masih lapar.*Tanda-tanda yang biasanya menunjukkan bahwa bayi sedang mengalami*growth spurt*diantaranya:

Cluster Feeding.*Minum nyaris tanpa jeda. Bila jadwal minum biasanya 2-3 jam dan tiba-tiba berubah jadi lebih rapat, kemungkinan besar bayi sedang mengalami growth spurt dan memerlukan asupan lebih banyak.
Bayi tidak lagi tidur semalam suntuk seperti sebelumnya. Mungkin dia mengawali tidur seperti biasa, tapi jadi lebih sering terbangun dan terlihat lapar. Pada dasarnya pola tidur masing-masing bayi berbeda-bed, namun perubahan mendadak pada pola tidur bisa mengindikasikan adanya*growth spurt.
Perubahan jadwal tidur siang. Terbangun lebih cepat dari tidur siang atau jadwal tidur siang yang lebih pendek.
Banyak ibu-ibu mengeluhkan bayinya suka rewel kalo menyusu. Bila bayi menyusu, lalu berhenti atau melepas perlekatan sambil rewel atau merengek ada kemungkinan dia tidak mendapat aliran susu secepat yang dia mau. Bila kesulitan berlanjut, lebih baik konsultasikan pada konselor laktasi.
Lamanya*growth spurt*pada bayi antara 2-3 hari sampai seminggu atau bisa juga lebih. Bila berlangsung lebih dari seminggu, ibu perlu memastikan asupan kalori dan cairannya cukup. Bila pola tidur (siang maupun malam) bayi berubah atau terganggu selama*growth spurt, ini akan kembali normal dalam beberapa hari.

Gabung di grup fb pejuang asi bund.. Bagus lho buat "booster" semangatt ngASI kita... Intinya kita ini seorang ibu.. PASTI punya ASI..( NgASI itu harus "ngotot" (quote))
 
Cantik jiwamu, cantik parasmu saat kau tersenyum..
Doa kami menyertai setiap nafasmu bidadari kecilku..
"Amtaza Izzatunnisa Achmad"
  #22  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
Up Up Up Up Up Up Up..
 
« Muhammad Azka Alfathan my golden boy »
  #23  
Old
cindym...
 
Location: Semarang
Posts: 221
 
ga bisa like ya disini
like post nya izza
muaaacch
 
  #24  
Old
argant...   TS 
 
Posts: 7
 
makasihhhhhhhh ya Bund atas dukungan nya untuk ASI sejauh ini sih usahain ASI tp sekarang sufornya sudah berkurang tinggal 1 atau 2 botol perhari kalau babynya lagi kelaparan banget and terpaksa baru kasih sufor. wah info growth spurt sangat membantu loh, skrg baby ku maunya nempel terus nyusu.
saya sempat stress loh Bund karena ASI nya kurang babynya nangis terus terpaksa ngasih sufor karena nda mungkin MPASI krn baby ku baru 2 bln. tp Bund skrg baby ku pupnya nda tiap hari jadi pusing deh bund
 
  #25  
Old
Nadya ...
 
Posts: 1
 
Replying to: View Post
- bunda lilih ASInya kurang sehingga debaynya sering nangis klw ASInya nda cukup jadi di bantu sufor - bunda Andlly debay nya dari lahir ya minum morinaga? trus pupnya hijau terus atw gmana? saya pusing nih Bund soalnya babyku sudah 4 kali ganti susunya pertama dikasih s26 dia diare kata dokter alergi susu sapi hbs itu soya eh babyku tidak pup 4 hari setelah itu ganti NAN HA lg pupnya 2 hari sekali tp setiap buang angin sangat berbau tajam akhirnya ganti morinaga lagi tp pupnya hijau..... jadi pusing deh Bund

Replying to: View Post
Bund.... tolong share dong babyku baru usia 2 bulan. kenapa ya bund baby ku minum sufor morinaga tapi PUPnya agak kehijauan.... tolong share dong

=== Bunda Arganta; Bund sharing donk.. walopun posting ini uda cukup lama.. sy nadya,, Ibu baru bund.. anak saya baru lahir tanggal 3 January 2015, asi juga nda lancar, dan awalnya minum sufor SGM, trs gak cocok dan dokter bilang adek alergi susu sapi, akhirnya aku pake morinaga BMT PHP, uda cocok dan pup nya bagus kuning, tapi tiba2 sekarang berubah jadi hijau gelapp sekali, dan uda 2 minggu lebih ini nda berubah, galau sekali saya bund. saya jg pusing. Bunda adeknya kmrn gimana pulihnya? uda besar ya adeknya..
 
  #26  
Old
Mama A...
 
Posts: 1
 
Bayiku juga bewarna hijau pup πўǟª udah 2 hari ni bund
 
  #27  
Old
meta p...
 
Posts: 2
 
gak papa bu... itu hal biasa minum susu morinaga memang pup nya warna hijau... kata dokter specialis anak q,kan dedek gak makan tapi minum susu jd pup nya begitu,,, normal kok asal 1 hari pup nya 1 kali sampai 2 kali... ndk perlu kwatir...

---------- Post added at 14:33 ---------- Previous post was at 14:28 ----------

yang di bahas kan sufor tu bunda cindy.. jd jangan kluar topik gitu ah,,, kalau yang di bahas ASI ya ASI... paham gak si pertanyaanya... apa perlu saya jelaskan ...hoaakkksss
 
  #28  
Old
karina...
 
Posts: 1
 
bund, tolong info dong
bayi saya umur 3 bln 2 minggu, 1 minggu ini bab ny bewarna hijau terus dan berlendir
bayi saya asix, saya bekerja diluar
setiap pagi mulai jam 9 s/d jam 5 bayi saya mnm asip
apa pengaruh dengan asip ny ya?
mohon share info ya bund...
 
  #29  
Old
Tisna...
 
Posts: 65
 
Bunda karina: frekuensi bab nya masih seperti biasa ato lebih sering dr biasanya bund? Selama g ada darah sih gpp.. Mungkin debay nya kurang hindmilk aja.. Selama dia g rewel sih gpp.. Anakku jg minum asip kok.. Dan kadang suka ijo begitu juga
Selama penyimpanan dan pemberian asipnya udah bener sih biasanya g ada masalah.. Usahain aja kasih asip fresh bun
 
  #30  
Old
Mommy ...
 
Posts: 1
 
Hallo salam kenal
Bunda nadya : sama bun,anak saya konsumsi susu morinaga BMT platinum,awalnya punya kuning terus berubah jadi hijau,kalo saya konsul ke dojter sih katanya msh normal selama anaknya gx rewel,demam dan diare. ��
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
BAB bayi berwarna hijau, normalkah??? -- Diskusi Umum 16
babyku oh babyku -- Diskusi Umum 53
Teh Hijau -- Ngobrol Apa Saja 8
pup anak ku kok hijau ya? -- Ngobrol Apa Saja 12
Rumput tetangga lebih hijau, punya gue lebih hijau dr punya loe -- Ngobrol Apa Saja 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com