Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Zeeva ...   TS 
 
Location: Karawang
Posts: 248
Question Bener g sh bunda??klo.....

Tahu Tempe menurunkan kesuburan Pria..?

Tahu, tempe, susu kedelai dan makanan olahan kedelai lainnya memang terkenal baik bagi tubuh. Membantu mencegah gejalaosteoporosis, menopouse,diabetes dan kanker. Tapi, makan banyak kedelai juga bisa menyebabkan kemandulan pada pria.

Seberapa sering anda makan tempe mendoan, tahu gejrot, susu kedelai atau makanan olahan kedelai lainnya. Kedelai mengandung protein tinggi dan mengandung sedikit lemak tak jenuh yang bebas kolestrol dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Namun, khasiat makanan sehat super ini tidak berlaku bagi pria. Seperti yang dikulas Menshealth dalam sebuah penelitian Harvard study in 2008, menyatakan laki-laki yang makan kedelai atau olahanya bisa mengganggu kesuburan pria.

Penelitian yang dilakukan Harvard di tahun 2008 ini menunjukan hubungan antara asupan kedelaidengan jumlah sperma yang berkurang. Dalam studi tersebut diketahui jika seorang pria makan setengah porsi kedelai per hari, memiliki 32% lebih rendah sperma yang dihasilkan daripada yang tidak.

Selain itu, kedelai juga dapat menyebabkan kasus awal disfungsi ereksi. Penelitian lain yang dilakukan olehJorge Chavarro, MD, Sc.Dini telah dipublikasikan dalamJurnal Human Reproductiontahun 2008, menunjukan bahwa makan banyak kedelai termasuk susu kedelai bisa mengurangi konsentrasi sperma dan meningkatkan hormon estrogen pada pria. Sehingga terlihat lebih feminim.

Walaupun begitu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesuburan seumur hidup, salah satunya dengan melakukan diet sehat dan olahraga secara teratur. Sebab, dua hal ini penting untuk mengurangi asupan lemak dan jumlah lemak berlebih dalam tubuh.

Menurut seorang ahli urologiLarry Lipshultz, MDmengatakan bahwa jaringan lemak dalam tubuh dapat mengganggu produksitestoteron, sehingga memperlambat produksi sperma. Selainitu, merendam dengan air panas atau hangat juga bisa merusak sperma.

Sebab, sperma yang diproduksioleh testis dikenalmemiliki temperatur yang lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya. Maka itu, intensitas panas bisa secara langsung diterima oleh testis sehingga menyebabkan terjadinya masalah kesuburan. Hal ini diketahui bahwa perendaman selama 1-5 jam per minggu dalam air panas atau hangat bisa menurunkan jumlah sperma.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Fariha...
 
Location: Makassar
Posts: 831
 
Aku prnah baca artikel itu juga bund...
Tapi lupa dapetnya dimana.
Waktu itu saya sempat mewanti2 suami utk tdk makan tempe, tahu, pokoknya produk olahan kedelai. Nyatanya gak hamil2 juga bund

Tapi ketika udah pasrah (suami doyan banget dgn tempe goreng), yah kubiarin aja suamiku makan makanan kesukaannya, eh saya malah hamil.
Heehehee...


Jadi kesimpulannya??
Mungkin asal tidak berlebihan aja konsumsinya bund.
Kan segala sesuatu yg berlebihan, walopun itu bernilai gizi tettap gak bagus buat tubuh

---------- Post added at 10:43 ---------- Previous post was at 10:36 ----------

Kalo masalah suhu panas, bisa jadi itu memang benar bund...
Tapi saya gak ada dasar utk bilang gitu...sekedar perkiraan aja..
Maaf bund... heeheee
 
  #3  
Old
BundaA...
 
Posts: 253
 
asalkan dikonsumsi tidak berlebihan,ndak apa-apa bund..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mitos... bener ga yah bunda -- Diskusi Umum 14
bener gak siiiii... menurut bunda??? -- Diskusi Umum 40
Bener Gak Calon Debay bisa ngerasain apa Yg Bunda Mau??? -- Diskusi Umum 14
buat bunda yg udah lahiran, hasil usgnya bener atau salah nih....???? -- Diskusi Umum 41
bener ga bunda bb anak k2 akan lbh besar dr yg pertama? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:58.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com