Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default Gangguan Kesuburan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK)

Banyak hal yang bikin seorang wanita dianggap infertil (kurang subur), salah satunya yaitu dari sel telur yg dimiliki. beberapa bunda di forum ini mengalami sindrom ini, mungkin ada baiknya aq kasih info sedikit tentang sindrom infertilitas ini utk menambah wawasan kita semua.

Bunda sulit hamil dan memiliki gejala-gejala ini:
haid tidak teratur, jarang atau perdarahan banyak, tumbuh rambut berlebihan di muka atau badan, berat badan dan jaringan lemak di tubuh bagian atas meningkat, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan adanya gangguan metabolisme lemak dan hasil pemeriksaan USG menunjukkan adanya gangguan ovulasi atau pematangan sel telur sehingga sel telur yang ada berukuran kecil-kecil
.
Gejala tersebut adalah indikasi gangguan kesuburan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

SOPK atau PCOS merupakan gangguan hormonal, menyerang 10% perempuan di usia reproduksi 12-45 tahun dan dapat menyebabkan infertilitas sehingga sulit hamil. Itu karena gangguan hormonal akan menghambat proses pematangan sel telur. Gangguan hormonal pada SPOK biasanya juga menyebabkan peningkatan kadar hormon pria atau androgen dalam konsentrasi rendah. Itu ditandai dengan timbulnya jerawat dan rambut berlebihan. Yang meresahkan, SPOK meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang, seperti diabetes mellitus tipe 2, gangguan toleransi glukosa, dislipidemia, penyakit kardiovaskular dan penebalan lapisan dinding rahim.

Harus Ngapain?
Masalah utama pada kasus SPOK adalah proses pematangan telur yang terganggu. Ini biasanya berkaitan dengan metabolisme insulin pada tubuh. Prinsip dasarnya adalah bagaimana kita merangsang telur agar dapat matang. Cara paling sederhana adalah dengan olahraga dan diet sehat. Kalau ternyata cara ini tidak berhasil, maka diberikan obat-obatan perangsang telur. Obat-obatan yang digunakan terdapat beberapa golongan dan dosis yang berbeda-beda. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda pula. Kadang-kadang perlu juga dikombinasikan dengan obat anti diabetes. Proses ini biasanya butuh waktu untuk mencari jenis obat dan dosis yang tepat. PCOS terutama disebabkan oleh gaya hidup dan faktor genetik. Gangguan ini dapat diobati –agar bunda bisa hamil– namun dengan tata laksana menyeluruh, yaitu:
  • Bunda harus melakukan perubahan gaya hidup untuk memerbaiki gangguan hormonal.
  • Bunda harus menurunkan indeks massa tubuh 10% agar dapat memerbaiki pematangan sel telur.
  • Bunda melakukan pengobatan resistensi insulin dengan metformin untuk memerbaiki pematangan sel telur.
  • Gangguan haid diatasi dengan memerbaiki siklus haid menggunakan metformin, pil kontrasepsi kombinasi atau preparat progestin. Ini penting untuk mencegah penebalan lapisan dinding di dalam rahim.
  • Infertilitas diatasi, jika telur tetap tidak matang setelah diberikan obat-obatan, pilihannya adalah melakukan laparoskopi ovarian drilling dengan tujuan meningkatkan respon telur terhadap obat yang diberikan, atau langsung ke program bayi tabung.
  • Pertumbuhan rambut dan jerawat berlebihan diatasi dengan pemberian pil kontrasepsi atau anti androgen.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ibu ti...
 
Posts: 11
 
Bund, klo yg disebut2 sbg rahim kecil itu sama ga dg POCS itu?
Soalnya dokter cm blng rahim aq kcil dan dy tdk mnjelaskan apa2 lg
Aq udah nikah 5 bln, dan kpengen cpt pny baby..
 
  #3  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda tika, emang kata dokter ukuran rahim bunda berapa? kalo >7 cm itu masih normal, tapi kalo dibawah itu bunda harus menjalani terapi/pengobatan utk memperbesar rahim. rahim kecil itu akibat kurangnya hormon kewanitaan yg membuat rahim ga berkembang. ini adalah kelainan yg dibawa sejak bunda dalam kandungan, jadi bukan karena faktor makanan dll. ciri2nya bunda ga dapet haid, atau kalau dapet haid hanya sedikit (flek2 aja) n sebentar. kalau bunda kurang hormon, bisa dikatakan bunda juga infertil (sel telur kurang), sementara utk kasus PCOS sel telur banyak tapi ukurannya yg abnormal (kecil) sehingga ga bisa dibuahi.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #4  
Old
ibu ti...
 
Posts: 11
 
Kata dokter ukuran rahimku cuma 3 cm..masih bisa diobati kah itu bun?
Berasa ditampar dgr diagnosa dokter.
Klo mens, aq ga dikit2 bgt lah buuun..
Sekali mens bisa 7-10 hari baru bersih..
Tp siklusnya memang ga teratur. Bisa 30 hari - 40 hari..
Aq msh bisa hamil ga yah bun?
(-̩̩-̩̩_-̩̩-̩̩)‎​ bgt neh..
 
  #5  
Old
Bunda ...
 
Posts: 496
 
mengetahui ukuran rahim itu gmn buuun..mohon pencerahan
 
  #6  
Old
nciwin...
 
Location: Balikpapan
Posts: 401
 
Replying to: View Post
mengetahui ukuran rahim itu gmn buuun..mohon pencerahan
Bunda Natalia: Biasa klo pas di usg ...dikasi tau ukuran rahim nya ko bund..kmren aku soalnya bgtu
 
  #7  
Old
Dety...
 
Posts: 14
 
Sy prnah cek ke dokter, katanya sel telur sy trlambat matangnya.. Jd pada hari ke-14 stelah HPHT, sel telur sy masih kecil.
Apa itu jg trmasuk SPOK?
Makasih atas infonya...
 
  #8  
Old
aldill...
 
Posts: 1
 
assalamualaikum bunda2 saya sudah nikah hampir 3thn dan blm di karuniai bayi pada saat pernikahan hampir 1thn kami ke dokter dan dinyatakan ada endometriosis singkat cerita saya sudah sampai di inseminasi hasilnya gagal,merasa capek promil saya rehat dari promil dan skr kembali promil ke dokter yg berbeda dan saya dinyatakan pco sel indung telorku kecil2,dokter ksh obat profertil diminum 1x2 tablet pd mlm hari,dan saya sering baca forum2 ada yg mengkonsumsi bai feng wan ada yg berbentuk pil dan berbentuk jamu di seduh,saya mencoba bln kemarin dan blm berhasil,tetapi adik iparku minum bai feng wan alhamdulilah berhasil dia dinyatakan dokter sel telur nya kecil2 dan gampang pecah,mmg semua kembali lg kepada allah,tp kita sebagai manusia terus berusaha,bunda2 ada yg tau gk info ttg fco kl kita promil ke dokter dan konsumsi bai feng wan juga aman kah?btw umur saya mau ngenginjak 33thn dan sudah kepingin sekali py baby semenjak menikah
 
  #9  
Old
ndien ...
 
Location: Jakarta
Posts: 34
Default mohon pencerahan bunda2 semua

Hai bun aq newbie neh mau tanya

Bunda Kucik2 mohon penceraan dong kmrn aq udh ke dokter untuk cek, di usg ktnya rahim q bagus, ukuran normal trus aq disuruh minum profertil 1x1 selama 5 hari pas mens ke 5 setelah habis besoknya aq di usg lg dan ternyata folikel telur aq cm 9-10mm katanya harus 18mm ya baru bs dibuahi.. Apa aq termasuk PCOS ya? FYI aq haids teratur sekali 32hari siklusnya, tdk berjerawat dan berbulu berlebihan.. Aq msh bs hamil ga ya?
 
  #10  
Old
eni ku...
 
Posts: 4
 
Bunda mohon info nya ya bun...aq dah positif menderita PCOS ato polikistik.aq dah berbulan2 disuruh dokter minum metformin untuk menstabilkan hormon bun.aq disuruh minum 3x sehari metformin 500mg.karna mual aq cm minum pas malem aj 1x sehari.tp menstruasiq jg ttp aj gak normal bun 3bln sekali baru menstruasi.kl knsumsi metformin jangka pjg ap ada efek sampingnya bun?dan menstruasi yggak kunjung normal apakah ini pertanda kl polikistikq semakin parah ya bun?
 
  #11  
Old
diahhe...
 
Posts: 4
 
Bund mau share ni, aq di diagnosa sel telur kecil2 pdhal kt dokter hari ke 11 haid hrusnya ada slh stu sel telur yg sudah besar n siap dibuahi. Terus aq dikasih vitamin santa-e dan folavit mudah2an bln depan aq berhasil. Badan aku kurus, agak berbulu byk tp di kaki dan tgn saja. Apa itu trmsuk pco juga? Ada tips ga bund mkn buah atau obt tradisional yg bs membantu memperbesar sel telur.

Semoga qt yg sedang mnunggu buah hati segera diberi kepercayaan Amin ya Alloh...
 
  #12  
Old
Yeni A...
 
Posts: 12
 
Aslm....
Bunda2....
Ap ad yg mengalami rahim kecil bun?
Dan kata teman2 harus terapi hormonial....kira2 gmn prosedurny bun ?
 
  #13  
Old
rikot...
 
Posts: 21
 
Replying to: View Post
bunda tika, emang kata dokter ukuran rahim bunda berapa? kalo >7 cm itu masih normal, tapi kalo dibawah itu bunda harus menjalani terapi/pengobatan utk memperbesar rahim. rahim kecil itu akibat kurangnya hormon kewanitaan yg membuat rahim ga berkembang. ini adalah kelainan yg dibawa sejak bunda dalam kandungan, jadi bukan karena faktor makanan dll. ciri2nya bunda ga dapet haid, atau kalau dapet haid hanya sedikit (flek2 aja) n sebentar. kalau bunda kurang hormon, bisa dikatakan bunda juga infertil (sel telur kurang), sementara utk kasus PCOS sel telur banyak tapi ukurannya yg abnormal (kecil) sehingga ga bisa dibuahi.
hai bunda yang cantik
bun mau tanya, dari semua bunda yg mengalami atau punya keluarga yg tidak prn haid seumur hidup nya itu apakah organ lain ny berkembang misalnya apa payudara nya terbentuk(tumbuh) , atau bulu ketiak n kemaluan nya ada ?

krn q jg pny kluarga yg d ponis amenore primer n hipoplasia, skrg dia berusia 25 thn, uda nikah hampir 3 thn
prtama dia konsul k dokter kandungan dia d resepi cyclo proginova slm 6 bln, trus setelah 1 siklus dia haid bun, tp memang tdk sprti wanita normal. haid ny cuma sedikit hnya 3 hri pula, rahim nya brukuran 3,7 n dinding rahim nya sangat tipis.
setelah 2 thn dia konsumsi cp tdk ada perubahan berarti pada payudara nya dan memang bulu2 nya tumbuh.
stlh itu dia ganti dokter dan dokter ny memberikan alerten Q 100, estradiol dan 1 lg q lupa nm obat nya, malah sm sx gak ada perubahan.
akhirnya dia pun berhenti melakukan pengobatan.

stlah stop pngobtanan slm 1 thn dia mulai lg k dokter yg k 3 n dokter mnyrankan unt dtg k dokter SpOG(K)+(FER) itu artinya biaya nya lebih mahal lgi...

dia masih ngumpulin dana ni bun krn untuk pengobtan ny prlu dana yg tdk sedikit, sedangkan dia dan suami nya hanya karyawan biasa

nanti kalo ada info lg q share lg yach

oya bunda - bunda yg lain ada pengalamn sama kayak keluargaku gak yach ??
kalo ada kita saling share ya biar bs bagi pengalaman n mungkin bisa saling memberikan solusi nya

Sumber: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/80...#ixzz3OJcgeA2o
 
  #14  
Old
arie81...
 
Posts: 32
 
Bantu up ,,up,,up,,,
 
  #15  
Old
Ida Ri...
 
Posts: 1
 
Bund...help me please...
Sya(23th) ibu 1 anak umur 18 bulan,
Stlah melahirkan ank pertma sya sya tiap bulan merasakn skit perut yg sngat hebt,dan terjadi stiap seminggu sblum haid,sya sdh berobat ksna sni,hasil nya nol,msih ttp kambuh tiap awal bulan..adakah bund2 dsbbmI mengalami hal yg sm sprti sya? Dan apa obat ny ya bund..?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Gangguan Pencernaan -- Diskusi Umum 2
kista ovarium -- Diskusi Umum 17
Herbal u/yg sulit hamil krn gangguan hormon -- Area Promosi 1
Gimana cara mengatasi sindrom mau punya adik..??? -- Diskusi Umum 2
tes kesuburan -- Diskusi Umum 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:09.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com