Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > IbuHamil.com > Kenalan Yuk!

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
devykr...   TS 
 
Posts: 1
Default esthero 0.65 buat apa yaa bund?

Bunda2 semua, salam kenal..
Saya newbie nihh..

Saya sdh menikah 1.5th, siklus haid lancar, hasil darah hormon, HSG, dan sperma suami jg semuanya bagus.. Saat ini saya sudah telat haid 17 hari.
Waktu 2 mgg setelah haid terakhir, dokter bilang sdh terjadi pembuahan, dan diksh obat preabor. Seminggu kemudian, saya demam tinggi smp 40'C, dan mual, muntah, dan diare. Kemudian rawat inap smp 5hr. 5 hari kemudian cek up ke dokter obgyn lagi, dan di beri premaston.

Saat hari ke-12 terlambat haid, cek up lagi, dan hasil test pack masih negatif, saya diksh obat esthero 0.65 (1x1 pagi), primolut N 5mg (1x1 siang, 5hr setelah esthero), dan Lanturol 200 IU (1x1 malam).

Saya browsing di internet, bhw primolut adl obat perangsang haid.
Saya mau tanya, apa bunda ada yg tau tentang obat2an ini, dan kalau ada yg mengalami hal yg serupa, pls share yaa bun.. Bingung bgt nih...

terimkasih bunda semua....
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda devykris,
demi rasa ingin tahuku tentang obat2an yg bunda tanyain aq sampe bertanya2 ma mbah gugel..hehe..!
ternyata, esthero itu hormon estrogen, n primolut itu hormon progesteron. kenapa dikasih kombinasi kedua hormon ini? nah, inilah penjelasannya (akhirnya nemu artikel ini):

Telat haid yang dimaksud disini adalah gangguan haid, bukan kehamilan. Jadi bukan ngajarin gimana caranya aborsi. Karena nggak bakalan ditemukan pada tulisan ini...Tidak datang bulan merupakan hal yang normal pada: pre-pubertas, hamil, menyusui dan menopause. Selain keadaan diatas tidak datangnya haid merupakan hal yang tudak normal, termasuk akibat efek samping kontrasepsi.

Saat ditemukan keterlambatan haid, langkah pertma adalah memastikan bukan suatu kehamilan. Secara sederhana dapat dilakukan dengan test kehamilan dengan pemeriksaan pipis (semua sudah tahu.. ). Jika memang tidak hamil maka dicari penyebabnya. Kalau jelas penyebabnya seperti kontrasepsi tinggal diberikan terapi yang sesuai dengan kontrasepsinya. Seperti karena suntikan Kb 3 bulan maka akan diberikan hormon estrogen seperti lynoral.

Secara sederhana, tanpa pemeriksaan kadar hormon yang tentunya sangat mahal, dapat dilakukan pendeteksian dimana kira2 masalahnya. Dasar deteksi adalah untuk terjadinya haid ibutuhkan kadar hormon estrogen dan progesteron harus ada dan cukup jumlahnya.

Langkah awal adalah dengan pemberian hormon progesteron, disebut Uji P. Salah satu caranya adalah diberikan MPA (merk dagangnya: provera atau prothyra) diberikan 10 mg selama 5 hari. Uji ini dikatakan positif jika haid timbul setelah 3-5 hari obat terakhir yang dimakan. Artinya didalam tubuh wanita terdapat kadar hormon estrogen yang normal. Cuma terjadi kekurangan progesteron. Tindakan selanjutnya untuk mengatur haid adalah dengan pemberian obat yang sama pada hari ke 16 - 25 haid 10 mg perhari selama 2 siklus berikutnya.

Hasil negatif (haid tidak timbul) berarti hormon estrogen rendah atau tidak ada. Untuk hasil negatif dilanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu Uji E + P. Artinya disamping diberikan progesteron juga diberikan estrogen. Obat yang tersedia di apotik yang sudah dalam bentuk kombinasi adalah Cyclo-Progynova. Pada obat ini tinggal makan sesuai tulisan "START". Jumlah pil 21 tablet dimakan satu kali perhari. Uji E+P ini dikatakan positif jika haid timbul 3-5 hari setelah obat terakhir dimakan. Untuk pengaturan haid selanjutnya tinggal makan obat ini lagi selama 2 siklus haid dengan interval 7 hari untuk setiap kemasan obatnya.

Ini yang agak berat masalahnya: hasil uji E+P nya negatif. Arti uji negatif adalah ada yang tidak beres pada rahim, indung telur atau kelenjar hypothalamus-hypofise (ada didalam otak), butuh pemeriksaan lanjutan ke dokter SpOG atau bisa langsung ke konsultan

Read more: Mengatasi 'Telat Haid' ~ Blog Dr Didi K SpOG | Obstetrician and Gynecologist




 
born as a woman. reborn as a mother
  #3  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
bunda aku juga dikasih cyalo pragnova ... seharusnya 3-5 hari udah haid tapi aku ampe 7 hari ru haid itu pun dkit aza ....cuma dikasih 1 siklus aza ... bulan nie ga mnum tu obat ... ga tau lancar or ga krn ga prnah sbelumnya ... mnum obat nie kan hrusnya siklus jadi 28 ( bner ga ) tapi aku mlah jadi 30 ... bulan nie apa balik normal 28 or 30 ya ????
 
  #4  
Old
raisaf...
 
Posts: 50
 
aku juga di kasih obat primolut dan esterogen bun ... lg promil tp ga diminum masih bingung
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mo kenalan dunk bund -- Kenalan Yuk! 28
dipijat boleh ga ya bund?? -- Diskusi Umum 3
Salam knl y bund -- Kenalan Yuk! 0
Share donk bund buat netralisir kb -- Diskusi Umum 9
info nya dong bund -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com