Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Member...   TS 
 
Posts: 73
Default Tidak menggunakan kata "jangan"pada anak? Saya tidak setuju.

Akhir2 ini, saya agak sering mendengar ilmu baru untuk menghindari penggunaan "jangan" pada anak, tp diganti "no". Biarkan anak bereksplorasi, tdk perlu dilarang, cukup dipantau.

Wkwkwk... entah saya kelewat bodoh, atau ibu itu yg kelewat pinter, sampe keblenger. Apa bedanya kata no dan jangan?
Saya sudah mendengar hal ini sejak kira2 beberapa tahun yg lalu. Hasilnya? Yeah, saya lihat anak2 super tsb memang super. Kelas 1 sd, masih memanjat jendela, kursi, meja, saat pelajaran berlangsung. Tidak takut pada guru. Tidak memahami kata2 jangan. Akhirnya, gurupun menyerah. Sang ibu malu luar biasa.. anaknya pindah sekolah.

Kakak saya, datang dengan anaknya kerumah saya. Anak yg cantik dan pintar overdosis, tidak takut apapun, saking pintar dan pemberaninya, tiba2 udah masuk ke kamar saya, dan hanpir mengoyak ijazah saya. Untung ketahuan ibu saya,karena ibu saya sadar, cucu yg 1 ini sangat "pemberani". Goooddddd jooobbbbb girl!. Ibumu berhasil membentukmu sebagai pribadi yg tak beradab!.

So, masih percaya ilmu parenting dari luar atau yg ibu anda ajarkan dahulu? Yeah, saya masih mempercayai ilmu dari ibu saya. Karena sepertinya ilmu dari luar itu, cuma ingin melihat kehancuran di diri anak2 kita dimasa depan.

Ooo nooo... anak yg dibentak milyaran sel otaknya rusak. Pertanyaan saya, sama seperti pertanyaan dari ibu teman saya yg seorang pns guru, kepada teman saya tsb. "Yg gilaknya kamu mama bikin?".
Ketika saya kecil dahulu, saya tidak mendengar ibu saya, ketika memanjat meja, maka saya dibentak! Dan saya tidak gila! Hahahha.
Tak terbayangkan jika ibu saya tidak langsung membentak atau merubah kata "jangan!" dengan lemah lembut "sayang, itu meja tidak untuk dinaiki, ayoo turun... "yg ada keburu jatoh.

Anyway, bay the was, busway (apaaalaaahhhg). Ini cuma opini saya saja. Urusan mendidik anak anda, adalah pilihan anda...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Bunda ...
 
Posts: 291
 
Bukan NO atau Jangannya si bund,krn kedua kata itu maknanya sama kalopun pake kata Jangan ya tdk smbil membentak tp memberitahu dikasih penjelasan spya si anak ngerti alasannya tdk boleh krn apa. Tp beda bunda tentu beda cara
 
  #3  
Old
rnamin...
 
Location: SL
Posts: 314
 
Saya pakai referensi anak saya saja ya bu, yang lain monggo saja. Pada dasarnya upaya untuk tidak mengekang keinginan anak adalah perlu, dalam hal ini batas yg wajar dan menyangkutkeamanan dan keselamatan si anak. Saat anak saya angklung anglkung salah satu kakinya di pager tangga, saya akan bilang Kiki no! (Maaf nih bu, saya mburuh di negeri orang jjadi aku fokus enggris dulu). Alhasil, dia turunin kakinya. Kenapa saya larang, ya pagarnya tdk ada pengaman, bisa gejlungup dia kebawah (apa ya bhs indonesia nya) Intonasi tergantung kondisi, bu. Kasus lain, nangis ngerajuk minta sesuatu yg kami tdk turuti, dibilangin baik baik, nangis ngamuk.....ya biar, di mobil nanti diam kalo sdh capek.
jadi menurut pendapat saya,
- ada tingkatan pe laranga an, tp tergantung kita pribadi. Misalnya anakku maen panjat, so far tak biarin meski aku ngawasi terus dibelakangnya. Ada orang tua yg lain mgkn melarangnya. Soalnya kulihat dia suka hal panjat panjat begonoan, siapa tahu besok gede dia ada minat wall climbing...misalnya.
- cara kita ngomong ke anak juga, halus saya bisa, tegas sering, stengah teriak pernah...lha wong día gigit lenganku sampai memar dan lecet, sakiit je.


Dilarang, perlu bu...untuk case case tertentu, ada anak kerabat yg over thik thik an, semua pengin di obrak abrik.dan ibunya ketawa saja. Tapi ada juga anak kerabat yg minder, bu...karena ortunya melarangnya ..banyak hal...ngga reti saya.

Kesimpulan dan pendapatku, bu.....biarkan anak tumbuh dan berkembang se alami mungkin, dengan koridor pembatas/larangan yg sewajar dan sepantasnya. Aku juga orang biasa, nggak sekali dua kali ya dibuat gregeten dg ulah anakku bu. Tapi in the end, aku berharap dan berusaha menjadi funky trendy mommy bagi anakku.
 
  #4  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Saya hidup di luar bu, negara yg perlindungan anak nomor 1 di dunia pulak. Tapi kok perkumpulan emak2 ga ada yg heboh sama ketabuan bilang "no" (disini "nee"). Karena anak harus paham kata yes and no, yg mana diterjemahkan ke bahasa masing2.

Sejauh saya belajar psikologi duluuuu pas jaman batu, mmg kalimat positif mmg lbh bagus drpd kalimat negative. Contohnya lagi jalan sore sama anak, cara memberi tau anak yg baik spy ttp berjalan di trotoar adalah "Nak, jalannya selalu di trotoar ya, supaya aman." (kalimat positive). Kalau yg negative "Jangan berjalan di jalan raya, nanti ketabrak mobil."
Kalau ini saya setuju memilih kalimat yg positif.

Tapi kalau anak nakal dan melanggar peraturan ya ttp harus kenal kata tidak/jangan. Lha kalau punya anak laki nakal suka mipisin temannya (ada lho yg hobinya begitu) masak emaknya bilang "gooood joooob". Mau jadi apa ntar tuh anak

Anak saya umur 7bln, punya masalah eksim dan kdg kalau kumat suka garuk2. Saya tetep bilang "Ga boleh garuk2, nak.". Dan dia udah ngerti lho. Ga protes juga, lgs deh maenan yg laen. Skrg dia lg demen jumping around di boxnya yg kadang2 gubrak, hilang balance trus kepala nabrak jeruji box dan nangis bentar, habis itu lompat2 lagi. Kalu yg ini saya ga bilang "nee" tapi "goed zoooo" (good jooooob) hahaha. Biar ga kapokan en cengeng.

Jadi penggunaan kata "no" tergantung fungsi kalau cara saya mengasuh anak saya. Itu pendapat saya.
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #5  
Old
lutfy...
 
Posts: 128
 
up up up

info bermanfaat bunda.
maaf ya bunda member2012 aku belum pengalaman, tapi pengen nyimak karna baru akan jadi calon mommy butuh info dalam mengasuh anak, bunda yang berpengalaman share yaa bagi ilmu
 
  #6  
Old
Neeta1...
 
Posts: 1,446
 
saya blm dikaruniai anak, tetapi melalui thread ini, sy bisa bertambah ilmunya, bagaimana cara menyikapi tingkah polah anak di masa mendatang...
saya nyimak dulu ah...
 
No more reasons to be unhappy
  #7  
Old
Member...   TS 
 
Posts: 73
 
@bundaminda dan @bundapip,
Nah ini beda case lah bu.. kan tinggal di sana, memang gada penggunaan jangan, yg ada no. Hahahah... tapi ttep aja, ada pelarangan hal yg berbahaya.
Makasih sharingnya. Sehat2 disana yah bu. Jangan lupa ajarin si dedek tentang nenek moyangnya di indonesia ya.. heheheh.
@bundapip, apakah anda member kaskus yg sempat eksis di fwd ?
 
  #8  
Old
rnamin...
 
Location: SL
Posts: 314
 
Replying to: View Post
@bundaminda dan @bundapip,
Nah ini beda case lah bu.. kan tinggal di sana, memang gada penggunaan jangan, yg ada no. Hahahah... tapi ttep aja, ada pelarangan hal yg berbahaya.
Makasih sharingnya. Sehat2 disana yah bu. Jangan lupa ajarin si dedek tentang nenek moyangnya di indonesia ya.. heheheh.
@bundapip, apakah anda member kaskus yg sempat eksis di fwd ?
Oh pasti, bu. Mau bobo sambil nenen liyer liyer..baca doa dan aku nyanyi ilir ilir, gundul gundul pacul....he he..ben ora ilang jowo ne......
 
  #9  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Replying to: View Post
@bundaminda dan @bundapip,
Nah ini beda case lah bu.. kan tinggal di sana, memang gada penggunaan jangan, yg ada no. Hahahah... tapi ttep aja, ada pelarangan hal yg berbahaya.
Makasih sharingnya. Sehat2 disana yah bu. Jangan lupa ajarin si dedek tentang nenek moyangnya di indonesia ya.. heheheh.
@bundapip, apakah anda member kaskus yg sempat eksis di fwd ?
Haha kalau jowonya pasti masih nemploklah, lha wong nama tengahnya nama mbah utinya nanti juga bakal dijejelin dongeng rakyat dr Indonesia. Rencana pas balik Indonesia mau beli congklak ama bekel haha

Ooppsss aku ketahuan
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #10  
Old
Martin...
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
Sama seperti bunda yang lainnya bund..
Tergantung situasi dan kondisi..
Sering saya pakai kata "gak boleh", " jangan", apalagi kalau si kecil udah mengarah ke hal² berbahaya..
 
  #11  
Old
Bunda ...
 
Posts: 835
 
wah tritnya menarik ini bun. kalo saya pribadi masih memakai kata jangan. setuju pada 'jangan' untuk situasi tertentu. misalnya anak sudah merusak barang orang lain, mengganggu dll.saya sendiri suka enek sm anak oranglain yg ngrusakin barang2 di rumah saya tp ibunya gak mau negor.aku yang negor dikira gimana namanya tamu. tp kl gak ditegur barang di rumah saya abis semua di rusak. beberapa kali saya dpt tamu spt itu. yg pertama anaknya nakal, mau manjat lemari buku py anak saya dibiarin ma ibunya, terpaksa saya yg larang.yg kedua anaknya cwe2, juga sama gak dilarang, alhasil koleksi souvenir pernikahan2 yg saya kumpulkan di bawa pulang sm tuh anak. rasanya enekkk bgt.
kl sy terhadap anak sy, anak gak sy larang kl dia tidak berbahaya.msly, hujan2an, justru sy suruh dia hujan2an. mainan diberantakin d rmh ga pp, atau dinding rumah dicorat coret juga gak saya larang. mainan di sawah kl pas main k rmh mbahnya juga. mainan bola, panjat2an dll.mecahin sesuatu scr gak sengaja juga gak kena marah. cm anak yg gede yg tekankan, usianya 9.5 tahun, sy ksh tau dia, kl kamu mecahin gelas, mbaretin mobil, atau apapun yg gak sengaja, ayah bunda gak marah, gak sayang sm barangnya. tapi kl kamu sengaja, itu konyol namanya. berarti km gak sayang barang2 kita.dan ayah bunda pasti marahin kamu. gitu aja bun. soalnya krn anak sy tau sy gak akan marah kl barang atau apa pecah dsb jd tkty dia mlh gak berhati2 dlm menggunakan brg.
oya ada nih kejadian di tetangga, dia juga kakak kelas anak sy. ceritanya ortunya tuh anggota dprd (mksd sy org2 berpendidikan), ibunya jg aktif di kegiatan keagamaan. mgkn mereka mau menerapkan yg tidak ada kata 'jangan' trhdp anak ini. jd kl anak ini marah, bakar2 baju umminya juga umminya diam aja. baju sisa dibakar itu disimpan kty buat nunjukin nanti kl gede, dan semua yg dia lakukan. akhirnya di rumah dia mgkn kan merasa superior, semua org hrs manut sm dia. nah pas d sklh kan ga semua tmnnya nurut sm dia,maunya dia aja yg jagoan. bahkan ada yg lebih pemberani kan, disitu dia gak tahan. merasa tertekan, akhirnya mnt pindah tp yg jauh dr rumah tp umi abinya hrs ikut. smtra anak2nya 5. di sekolahin d sekolah umum gak mau. akhirnya home schooling. di home schooling juga sy dgr terakhir gagal. anaknya tuh ingin maunya sendiri gt. pdhl semua normal, bukan ada kelainan.

itu aja sharing dr saya bun. mhn mf kl kepanjangan
 
My afnan n my althaf,anugrah termesra dariNYA. love u
  #12  
Old
vivac...
 
Posts: 277
 
Bun, ini pendapat profesional saya sebagai calon ibu dan juga psikolog, bukan ingin menggurui tapi hanya ingin share dan mengclearkan saja. Silahkan dipahami masing2

Dari ilmu psikologi dan parenting, memang kata jangan dan no yang sama aja artinya itu sebaiknya dihindari. Kenapa? Alasan ilmiahnya adalah otak sama sekali ngga bisa memproses arti kata negatif seperti no atau jangan. Loh kok anak nya ngerti aja kok dibilang no atau jangan, itu hanya karena pembiasaan (conditioning) karena seringkali kata no atau jangan disertai dengan nada tinggi, pukulan atau apapun sesuatu yang tidak mengenakkan. Akhirnya anak belajar dari sesuatu yang negatif bahwa kata no dan jangan berkaitan dengan perilaku tersebut sesuatu yang dihindari, bahkan mungkin membuatnya ketakutan kalau sampai ekstrim diikuti dengan pukulan dan nada melengking.
contoh nya keponakan suami saya setiap hari dibilang no dan jangan sama ibu nya yah hasilnya sama aja perilaku itu akan diulang, jadi anaknya di bilang bandel ngga nurut karena sebenarnya karena otak ngga bisa memproses kata no/jangan dan anak ga tau perilaku yang diinginkan ibunya itu apa karena dia tau nya mau main dengan suatu benda tapi kena feedback negatif terus.

Nah dari ilmu psikologi positif. Kita selalu mengajarkan anak perilaku apa yang kita inginkan untuk anak lakukan dengan tidak/menghindari menggunakan kata no dan jangan. Misalnya saat anak sedang lari2, kita perintahnya "jangan lari2!" karena yang diproses otak hanyalah "lari2" nya saja anak juga gak akan gubris perintah kita sampai kita mukul atau nahan dia. Tapi akan berbeda dengan perintah "berhenti dan duduk manis" anak tau saat dia lari2 dan ibunya beri perintah, perintahnya jelas apa yang harus ia lakukan yaitu berhenti dan ia harus duduk.

Memang teorinya sih seperti itu, pelaksanaan juga sulit. Saat saya dulu mengajar di kelas playgroup sangat sulit sekali menerapkan nya tapi sebisa mungkin kata no dan jangan tidak saya gunakan, kalo memang urgent ya dan kadang keceplosan juga. Tapi selalu saya serta dengan perintah berikutnya. Misalnya jangan lari, berhenti dan duduk.
Terkadang saya juga habis kosakata akhirnya saya lebih menggunakan tindakan, misalnya saat saya ingin murid saya duduk diam ya saya peluk dan duduk kan dia di kursinya sambil beri perintah apa yang harus dikerjakan.

Manfaat nya buat saya pribadi sih, saat saya menghindari kata jangan dan no. Saya cenderung lebih bisa kontrol emosi, ngga sampe marah2 emosi tinggi gitu. Karena bete juga kan kalo anak di omongi ngga ngerti2. Hahaha.. jadi saya lebih cenderung memilih untuk menggunakan gerakan secara langsungnya

Maaf ya bun kalau kepanjangan. Semoga bermanfaat
 
  #13  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
Saya masih menggunakan kata jangan dan larangan..

Karena dlm agama pun ada anjuran dan larangan..

Saya juga terkadang marah atau berkata dengan nada tinggi.. Agar anak tidak kaget nanti saat menghadapi lingkungan sosialnya.. Dan anak mengenal emosi.. Oh ini marah, sedih, kecewa, senang, bahagia, jijik dll dan oh ekspresinya seperti itu.. Dan inginnya anak bisa memanage emosi.. Bagaimana ketika dilarang.. Ketika harus menahan diri.. Minta maaf.. Dan memaafkan..

Pe er jadi ibu itu banyak.. Harus terus menerus belajar.. Lagi dan lagi.. Tapi tetap harus disaring.. Mana yg memang pas untuk anak da mana yg tidak..
 
Rabbi Habli Minassholihiin..Sehatkan, Kuatkan dan Lindungilah Kami ya Alloh.. Jadikanlah Kami Golongan Orang yang Bersyukur..Aamiin
  #14  
Old
Member...   TS 
 
Posts: 73
 
@bunda afnan= wahahah, sepertinya saya diposisi bunda saat terfikirkan mebuat trit ini. Kesal rumah saya diberantakin sama anak2 yg emaknya diem aja, bahkan hebatnya emaknya alias kk saya santainya berkata "kata diinternet, ini memang harus dibiarkan dek, ini adalah cara dia menunjukkan kepintarannya". Dan ibu saya malah menyeletuk "iya, bagus, biarkanlah biarkan biar anakmu dikatai orang2 gak beradat. Kamu udah salah ini, anakmu udah gak tau mana benar mana salah. Kamu dulu mama marahin kalau salah, apa kamu sampe mati mama bikin?"

@bunda vivac=jangan pembiasan dari konotasi negatif? Bagaimana dengan "jangan menyerah?", case close. Saya tidak ingin berdebat. Trimakasih atas sharingnya.

@bunda rayhan= nah itu bun, takutnya karena dirumah kebiasaan dibiarkan, sampe diluar, yaahh begitulah....
 
  #15  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
saya masih menggunakan kata jangan kok....tapi dg nada lembut dan biasanya saya berusaha kasih penjelasan kenapa jangan.

tapi kadang saya biarin juga biar jatuh terus nangis.....ta kasih tau...tuh kan kalo ngga nurut sama mama...mama kan sayang arkha ....sambil ta peluk.....

intinya saya tetep percaya kata jangan. tapi kadang saya juga ta biarin supaya belajar langsung akibatnya. selama itu ngga membahayakan.

malah kadang saya juga ta slentik....pukul lembut ......ganti tone ke nada tegas dg jari telunjuk . contoh kaki dinaikin keatas kalo orang jawa bilang metingkrang.....nendang supirku.....tarik rambut susternya......hal hal yg memang sangat ngga baik. akibatnya kalo saya udah ganti nada dan mengeluarkan telunjuk sakti.....dia diem liatin saya kalo ngga diem ya nangis.....tapi ya ta biarke aja.....srkarang sudah ngerti kalo mau pencet2 radio mobil dia lihat ke supirku seolah olah tanya boleh nggak?

saya masih menjunjung tinggi etika dan norma ketimuran.....saya masih percaya anak perlu mengerti tentang peraturan....menghargai orang lain.....karena semua ini akan membantu dia menyesuaikan diri di lingkungannya.

walopun saya percaya anak dibebaskan untuk berkembang ...bereksplorasi.......brlajar dari pengalaman....

tinggal bagaimana kita ortu pandai pandai tarik ulur tali kekangnya

dan yang sangat saya percayai....anak melihat contoh langsung dari kita.....contoh ...mau anak rapi? jadilah orang yg rapi....mau anak rajin...contohkan sebagai ortu yg rajin....mau anak sholeh....jadilah ortu yg sholeh dulu...beri teladan langsung bagaimana nikmatnya hidup soleh.....mau anak berkata kata sopan....biasakanlah berkata kata sopan dimanapun kita berada sebagai ortunya. ....dstnya....8nyinya perbaikin diri kita dulu juga.....

---------- Post added at 10:30 ---------- Previous post was at 10:18 ----------

dan satu lagi.....anak anak mengambil contoh dari ortunya.....mau anak ngga berantakan....biasakan hidup di rumah rapi.....buat peraturan untuk dibiasakan supaya rumah rapi dan beri contoh nyata.

salah satu keberhasilan yg terus terang buat aku bangga sebagai seorang ibu. dari kecil selalu ta tekankan ....walopun ada anak kecil ngga boleh rumah berantakan......aku berusaha rapi.....nah sekarang anakku bisa mencontoh.....dia selalu ambil 2 atau 3 mainan dari lemari....kalo bosen dia bisa balikin lagi dan ambil yg lain....walopun balikin lagi ngga rapi di lemari tapi usahanya ta hargai dan rumahku ngga ada berceceran mainan.

---------- Post added at 10:31 ---------- Previous post was at 10:30 ----------

maaf kepanjangan bu ts.....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
"kenali masalah makan pada anak" -- Ngobrol Apa Saja 1
"Ayam arak" atau "Máyóu jī " ("麻油雞") boleh tidak ya? -- Diskusi Umum 31
Kaget "Pemutih wajah tidak boleh untuk ibu hamil " -- Diskusi Umum 8
"Janin Tidak Berkembang", hampir divonis BO (blighted Ovum) ??!!?? -- Diskusi Umum 27
"Walau Cacat, tidak pernah terlintas untuk mengaborsi" -- Ngobrol Apa Saja 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com