Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ewisee...   TS 
 
Posts: 12
Default 8 Cara Agar Si Kecil Doyan Sayur

Hollaaaa… Heran, deh… si kecil susah banget missal disuruh makan sayur. Padahal sayur sangat baik kan buat kesehatan. Sudah dimasakin sedemikian rupa, eeeh, si kecil geleng-geleng dan gnggak mau makan. Hmmm… mungkin cara kita salah Moms…Si kecil butuh pendekatan terhadap apa yang akan dimakan. Berikut ini bisa lho jadi tips biar si kecil doyan makan sayur.



Kenalkan Sayur Sedikit Demi Sedikit
Jangan terlalu ambisius! Kenalkan satu persatu semua jenis buah dan sayur yang diperbolehkan untuk bayi dan si kecil. Diawali dengan wortel, kemudian pisang, jeruk dan seterusnya. Tak perlu dalam jumlah banyak. Namun lakukan terus menerus. Okey, Moms?

Jangan Memaksa
Ketidaksukaan yang dipaksakan hanya akan menimbulkan penolakan bahkan menjadi trauma. Lebih baik cobalah memotivasinya dengan menjelaskan, manfaat sayuran bagi kesehatannya.

Hidangkan dengan Sederhana
Tak perlu terlalu banyak bumbu atau cara olah yang ribet, Moms. Biarkan lidah si kecil menikmati manisnya rasa wortel kukus atau rasa khas sayur bayam berkuah bening.

Samarkan Sayur Dalam Menu
Tak ada salahnya mencoba menampilkan wortel dalam bentuk bunga, buncis menyerupai bentuk beruang, atau jus sayuran berhiaskan sedotan warna-warni. Sembunyikan sayuran di balik makanan kesukaannya. Semisal dadar telor berisikan daging giling dan bayam.

Jadilah Contoh Bagi Si kecil
Pada dasarnya si kecil akan meniru kebiasaan orang-orang terdekat. Jadikan poin ini sebagai langkah mommies untuk mengajaknya menyukai sayuran. Perlihatkan pada mereka betapa kedua orangtuanya sangat menyukai sayuran.

Mengajak Si kecil Berbelanja
Jelajahilah lorong sayuran di pasar atau supermarket pastilah menarik minta si kecil untuk mengenali segala jenis yang terhidang di sana. Beri kesempatan si kecil untuk memilih sayuran yang diinginkannya.

Sajikan Makanan Favorit Si Kecil
Cari tahu apa makanan favorit si kecil dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Mommies dapat tambahkan sayuran saat menyiapkan makanan favorit si kecil Mommies seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spaghetti dan bahkan es krim. Dengan begitu si kecil susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

Tawarkan Mereka Macam-macam Sayuran
Pada awalnya, si kecil Mommies mungkin menolak sayuran yang Mommies sajikan di atas meja namun hal ini tidak berarti Mommies harus berhenti menawarkan sayuran pada si kecil susah makan tersebut. Sebaliknya, Mommies harus terus menyajikan sayuran setiap waktu makan. Jika si kecil Mommies terbiasa melihat sayuran di atas meja, nanti mereka mungkin akan menyukai sayuran.

8 Cara Agar Si Kecil Doyan Sayur | E Wisee
8 Manfaat Si Kecil Bermain Di Luar Rumah | E Wisee

 
  #2  
Old
BeeLun...
 
Location: Jakarta pusat
Posts: 373
 
Good info bun...kebetulan saya punya anak yang berusia 7tahun dan sulit sekali makan sayur,cara yang saya pakai biasanya adalah memberi contoh langsung.Habis suka gregetan sudah cape"menjelaskan diacuhkan...sudah cape"dikreasikan malah kebuang
 
  #3  
Old
ewisee...   TS 
 
Posts: 12
 
Replying to: View Post
Good info bun...kebetulan saya punya anak yang berusia 7tahun dan sulit sekali makan sayur,cara yang saya pakai biasanya adalah memberi contoh langsung.Habis suka gregetan sudah cape"menjelaskan diacuhkan...sudah cape"dikreasikan malah kebuang
Harus lebih sabar bun

8 Manfaat Si Kecil Bermain Di Luar Rumah | E Wisee
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
apa benar kalau ngga doyan mengkonsumsi sayur dan buah lama hamil? -- Diskusi Umum 3
Hamilnya jd gak doyan sayur & nasi...!! -- Diskusi Umum 0
gak doyan sayur -- Ngobrol Apa Saja 6
mengatasi suami yang gak doyan sayur gmana ya bun??? -- Diskusi Umum 4
6 Cara Siasati Anak yang Sulit Makan Sayur -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:35.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com