Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
KellyK...   TS 
 
Posts: 33
Default 6 Cara Siasati Anak yang Sulit Makan Sayur

Bunda, pastinya sayur sangat penting untuk anak2 kita ya,
gimana ya cara supaya mereka makan banyak sayur =D

yuk share, sambil aku kasi articlenya yahh.....


Saat menyajikan masakan, apakah anak Anda termasuk yang hanya memakan daging-dagingan dan mengeyampingkan sayurannya? Jika ya, keadaan ini harus segera diatasi karena pertumbuhan anak sangat memerlukan gizi sayuran.

Berikut 6 cara menyiasati anak yang sulit makan sayur:

1. Sajikan masakan semenarik mungkin
Contohnya; memasak sup dengan wortel yang diiris menyerupai bunga dan makaroni berbentuk spiral, atau bisa juga sayuran dibentuk seperti gambar-gambar atau huruf-huruf di atas menu. Lalu pada saat penyajian di atas meja makan dapat menggunakan mangkok dan sendok bergambar tokoh kartun kesukaan anak.

Pilih sayur yang benar-benar segar dan kreatiflah mencoba berbagai menu yang dapat memunculkan warna kontras dari sayur-sayuran seperti hijaunya brokoli, merahnya tomat, oranyenya wortel, dan lain-lain, agar terlihat begitu menggugah nafsu makan anak.

2. “Sembunyikan” sayuran dalam menu favorit anak =)
Saat ini banyak dijual snack yang berbahan dasar sayuran. Contohnya snack seperti biskuit sayur-sayuran atau keripik bayam. Ajak anak untuk mencobanya. Yang terpenting adalah snack tersebut memang direkomendasikan baik untuk dikonsumsi anak. Lebih baik lagi, jika Anda bisa membuatnya sendiri agar lebih terjamin kandungannya. Misalnya Anda bisa membuat tempura brokoli dengan saos mayonaise atau keju.

Anda juga bisa jus sayur-sayuran dengan dicampur buah kesukaannya. Pada saat penyajian dapat menggunakan gelas bergambar tokoh kartun kesayangannya atau gelas bening dengan hiasan gula pasir dan beri sirup cokelat/buah agar bisa menempel dan mengalir di sekeliling bibir gelas.

Selain itu, Anda juga bisa siasati dengan mengolah sayuran agar bisa “masuk” ke dalam menu favorit anak misalnya pizza atau sandwich.

3. Makanlah sayur bersamanya
Tunjukkan juga ekspresi yang meyakinkan anak bahwa sayuran memang benar-benar lezat saat memakan makanan yang disediakan, namun pastinya tidak berlebihan. Bahkan lebih baik lagi jika ada kakak/adik/sepupu yang usianya dekat dengan anak yang ikut makan bersamanya. Hal tersebut dapat memperlihatkannya bahwa sayur-sayuran memang lezat dan dinikmati semua orang termasuk anak-anak sebayanya.

4. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
Jangan paksa keras dan terburu-buru dalam proses belajar makan sayuran ini. Paksaan justru dapat membuat anak takut dan semakin enggan untuk memakan sayuran. Cobalah di awal-awal dengan porsi yang sedikit, misalnya 2 sendok makan, lalu hari berikutnya naik menjadi 3 sendok makan dan seterusnya. Anda bisa juga membuat aturan “segigit demi segigit mendapat poin/sticker”. Setelahnya, akumulasi poin tersebut bisa Anda tukar dengan hadiah menarik untuknya.

5. Buat suasana makan menyenangkan
Selain menyajikan makanan di peralatan makan dengan tokoh kartun atau gambar-gambar kesukaan anak, Anda bisa mulai ajak anak makan sayur dengan obrolan yang menyenangkan. Bisa juga ajak anak memasak/menyiapkan masakan bersama sebelum makan atau adakan “lomba” makan sayur dengan saudara/temannya dengan hadiah poin atau sticker, dan sebagainya.

6. Beri vitamin berbahan dasar sayuran sebagai suplemen makanan
Namun, jangan jadikan vitamin tersebut sebagai pengganti total sayur-sayuran yang ada dalam masakan. Tempatkan suplemen sebagai dukungan agar jumlah gizi dari sayuran yang harus dikonsumsi anak.

Mari dipraktekkan dan semoga berhasil, moms!


Toothsie.com
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara Terbaik Untuk Membuat Anak Nafsu Makan dengan vitamin -- Area Promosi 0
muak makan sayur pinginnya makan mie atau baso teruuus -- Diskusi Umum 51
Suami yang pemakai shabu apa sulit punya anak, saya capek -- Ngobrol Apa Saja 0
pilihan yang sulit meninggalkan ibu demi suami dan anak-anak -- Ngobrol Apa Saja 9
Cara Efektif Memberi Makan Saat Anak Sakit -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com