Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rattna...   TS 
 
Posts: 47
Default Inilah Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tentu akan lebih waspada dan memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan tubuhnya sendiri dan kesehatan janin dalam kandungannya. Keadaan tubuh ibu hamil tentunya sangat berbeda dengan keadaan tubuh sebelum hamil. Mengingat ada janin yang sangat rapuh dalam rahim, ibu hamil tentunya akan jauh lebih berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu termasuk untuk melakukan olahraga.

Banyak ibu hamil yang enggan melakukan olahraga sama sekali selama hamil karena beranggapan bahwa olahraga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Padahal olahraga selama kehamilan sangat diperlukan, terutama untuk menjaga stamina dan sistem pernapasan ibu hamil.

Namun, tentunya ibu hamil perlu lebih selektif dalam memilih olahraga kehamilan yang sesuai dan aman. Selain itu, waktu melakukan olahraga juga perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugaran selama hamil sekaligus mempersiapkan diri untuk proses persalinan.

Jalan Kaki dan Relaksasi
Ibu hamil pastinya perlu menjaga kesehatan untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin yang berkembang dalam rahimnya. Akan tetapi, banyak ibu hamil yang mempunyai keterbatasan untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan olahraga yang jauh dari rumah. Sebenarnya ada tips hamil sehat dengan olaharaga yang bisa dilakukan di rumah sendiri atau di sekitar rumah. Olahraga jenis ini tentunya lebih murah jika dibandingkan jenis olahraga lain.

Salah satu olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah jalan kaki santai. Jalan kaki santai sangat mudah dilakukan oleh ibu hamil sekaligus sangat praktis dan murah. Ibu hamil bisa melakukan jalan kaki santai pada pagi maupun sore hari selama tidak lebih dari satu jam.

Selama berjalan kaki, ibu hamil juga bisa menambahkan gerakan peregangan ringan sembari menghirup udara dalam-dalam. Jika ibu hamil tidak bisa melakukan olahraga dengan gerakan yang terlalu melelahkan, ibu hamil bisa melakukan relaksasi ringan berupa latihan pernapasan yang disertai latihan pemusatan pikiran.

Perhatikan Durasi
Selain latihan fisik di atas, ada beberapa olahraga sehat yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Renang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa melakukan olahraga ini selama tidak lebih dari satu satu jam disertai dengan pemanasan dan pendinginan. Olahraga ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam satu minggu.

Olahraga dengan sepeda statis bisa dilakukan oleh ibu hamil setelah usia kehamilan mencapai 16-20 minggu saat plasenta sudah terbentuk secara sempurna. Olahraga ini sebaiknya dilakukan secara bertahap mulai 10 menit dan bertambah, tetapi sebaiknya tidak lebih dari satu jam.
Olahraga selama kehamilan yang sudah cukup akrab bagi kebanyakan ibu hamil adalah senam hamil yang biasanya bisa dilakukan setelah usia kehamilan trimester ketiga. Senam hamil dilakukan selama 30-60 menit tentunya dengan bimbingan dari instruktur yang bersertifikat.
Sumber
 
Attached Thumbnails
Inilah Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil-inilah-olahraga-yang-aman-bagi-ibu-hamil.png  
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
cemilan yang aman bagi ibu hamil muda -- Diskusi Umum 3
Tips Olahraga Bagi Ibu Hamil -- Diskusi Umum 5
buah2an apa Α檪 yang aman bagi wanita hamil??? -- Diskusi Umum 2
Olahraga yg aman untuk Hamil muda -- Diskusi Umum 8
Pembersih Miss V yang 100% aman bagi ibu hamil -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com