Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ratuny...   TS 
 
Posts: 408
Default Sekedar curhat, bayi saya tidak dekat dengan saya, ibunya.

Siapa lagi seorang ibu yg bayi nya tidak dekat dengan dirinya selain saya?? (Khusus ibu bekerja)

Bukan tidak mau resign dari pekerjaan, tapi krn kondisi nya belum memungkinkan untuk saat ini, andai wktu nya sudah tepat saya jamin saya langsung berhenti bekerja dan full jadi momy.

Senin - Jumat saya meninggalkan bayi saya dari abis subuh hingga maghrib tiba dirumah, bertemu my baby hanya paling lama 2 jam. Selama saya pergi my baby bersama ibu ku yg mengasuh nya, tak heran bila my baby lebih dekat dgn ibuku yg ketemu lebih sering ketimbang aku sendiri yg cuma 2 jam dalam 24 jam karena selebihnya my baby bobo.

Sabtu - Minggu saya memang libur, tetapi sabtu minggu kami pergi ke ibu mertua, dan my baby lbh bnyk diasuh ibu mertua ku ketimbang aku. Karena alasan nya ibu mertua ku ga tiap hari cuma seminggu sekali ketemu dan ingin mengasuh my baby juga seperti ibuku. Tak heran pula sama seperti ibuku bila my baby lebih dekat dgn ibu mertuaku.

dan kini usia my baby 1 tahun

Sedih my baby lbh memilih digendong ibu ku atau ibu mertua ku?? Pasti nya. Hati seorang ibu mana yg tidak sedih melihat anak yg dia lahirkan klau menangis lbh memilih orng lain ketimbang ibu nya.

Dilema ingin berhenti bekerja??? Pasti nya. Karena kami bekerja berdua saja, bulanan msih pas2an.

Anak kedua ketika aku sudah full menjadi momy bingung mengasuh anak?? Mungkin. Karena sudah dijelaskan diatas, anak pertama kami diasuh siapa.

Ingin marah??? Iya pasti. Tapi sama siapa???

Cuma bisa menghela nafas, menatap sendu my baby, sambil berfikir benarkah saya ibu nya???
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Nitand...
 
Posts: 35
 
Bunda yg sbar yaa.. jgn mkir yg buruk.. jelas anak bunda doong.. mskipun cuma ada waktu sdkit buat baby tapi pastiin waktu yg ada berkualitas bun..
 
  #3  
Old
qyukii...
 
Location: deepest heart♥
Posts: 650
 
Cuman bisa bilang sabar bunda

hdup emang pilihan . Ceritanya sama persis sama kakakk sepupu sy , dia lebih memilih bekerja dan anaknya dititipin ke mamanya . Dan akhirnya setiap si bunda pulang kerja,si anak ga mau digendong bundanya . Tetep maunya sama si nenek . Skrg anaknya udh 2thn dan jujur dia menyesali krn dulu anaknya ditinggal kerja .

semua pilihan ada resikonya bunda,dan penyesalan selalu dtg di akhir. Klo bunda sdh memilih bekerja,ya emang harus terima resikonya . Skrg adh jd full time momy jg pilihan bunda. Bingung cara asuhnya ? Skrg jaman sdh cangguh bun. Bisa gugling2 cara pola asuh baby dan cara mendidiknya
ga ada kata terlambat bun. Ada yg bilang waktu tdk akan pernah terulang kembali ,manfaatkan sebaik2nya

maap ya bun klo agak ga enak komennya . Krn sy seringgg sekali dengar keluhan dan pengalaman org sekitar sy tentang menyesalnya mereka bekerja disaat sang buah hati sedang tumbuh dan berkembang . Tapi kembali lagiii..semua tergantung individu masing2

tetap semangat bunda
 
An énfriar 👩and full time mommy 💪
  #4  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
coba hr sabtunya atw minggunya bunda full time sm anak.mgkn anaknya bisa lbh mengenal sm ibunya.setidaknya ada quality time meski cm sehari.mudah2an nanti saat dy udah agak gede, bisa bunda beri pengertian ttg keadaannya jd dy lbh bisa menerima kondisi dan berusaha dekat jg dg ibunya.

sbenernya aku jg takut hal ini terjadi bun sm aq.aq wm juga..
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #5  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
Kalau malam si kecil tidurnya sama siapa? Ma neneknya juga?
 
Rabbi Habli Minassholihiin..Sehatkan, Kuatkan dan Lindungilah Kami ya Alloh.. Jadikanlah Kami Golongan Orang yang Bersyukur..Aamiin
  #6  
Old
Dienla...
 
Location: karawang
Posts: 249
 
Sama kaya kakak ku.. Sampe skarang udh punya 2 anak tp msih ttep kerja,, anak pertama udh umur 6th blm bsa baca tulis karna gak d sekolahin PAUD alsn gk da yg anter,dia tumbuh bsar sendiri d titip k tetangga nya.. Sdangkan anak kdua skrg msh balita bun.. Itu jg d titip baby sister duh kasian kdua p0nakan ku.. aku gak mau sperti kakak ku.. Makanya sngaja dr awal nikah lgsung brenti krja..
 
  #7  
Old
Novia0...
 
Posts: 250
 
Hidup memang pilihan ya..
Cerita bunda mirip cerita temen kantor ku dulu Bun..
Karena mamanya kerja senin sampai jumat n pulangnya malem malem terus anaknya lebih deket ke pengasuh nya.. Dia dirawat pengasuh dari Baby saat sang ibu habis cuti melahirkan sampai usia sekitar 3th.. Kebetulan pengasuh nya masih saudaranya..
Pas bangun tidur yang ditanyakan Budhe mana..?
Sedih bgt itu temen aku..
Meskipun sabtu minggu temenku libur n full sama anak.. Ternyata blm mengurangi ketergantungan anaknya dg pengasuh nya..
Sering nya suka minta gendong pengasuh nya juga..

Tetapi semakin gedhe anaknya makin ngerti kyky sih..
Mamanya yg mana.. Sekarang udah TK anaknya..
Moga Bunda lebih bisa punya waktu utk mendekatkan dg anak Bunda..
Mungkin itu tadi saat libur sabtu minggu Bunda bagi waktu kembali utk tdk ke tmp mertua dulu.. Mungkin dirubah 1 bln sekali aj.. Kalo bisa sabtu minggu full dg anak dulu.. Anak kyky masih bisa berubah kok Bun..

Oh iya tempat Bunda jauh dr rumah ya.. Sampai berangkat pagi pagi bgt..
Mungkin Bunda bisa cari pekerjaan yg lebih deket rumah Bun.. Shg waktu diluar nya bisa dikurangi.. Nanti kl dede udah agak besar bunda bisa nyari yg lebih baik lg...

Terkadang kita lebih baik memilih pekerjaan dg gaji lebih rendah, tdk terlalu diporsir dg tugas kerja & deket rumah shg lebih byk waktu dg keluarga dibandingkan dg gaji tinggi, posisi yg prestisius tp kita jd mengorbankan keluarga..
Itu yg sering sy denger dari temen temen kantor dulu yg sudah berkeluarga..
Saya doakan semoga Bunda bisa menyelesaikan masalah Bunda & buah hati bunda bisa lebih dekat dg bunda...
 
  #8  
Old
Ratuny...   TS 
 
Posts: 408
 
Dear bunda-bunda,

Terimakasih atas semua saran dan dukungan nya.
Hanya saya tegaskan bahwa disini saya bukan lebih memilih bekerja ketimbang dirumah bersama anak. Sekali lagi ini karena kondisi, seperti yg sudah saya jelaskan bahwa bila waktu nya sdh tepat nanti, saya pasti akan lgsung berhenti.

Memang kondisi ini sangat sulit bunda, mungkin bunda2 lain yg kerja gaji pas2an akan mengerti kondisi ini.

Jujur saya juga ingin nya sabtu minggu libur di rumah saya gunakan untuk full bersama anak saya, tetapi ibu mertua saya juga ingin mengasuh anak saya. Bagaimana saya bisa menolak nya bunda?? Sedangkan suami saya ingin membahagiakan ortu nya, saya pun tidak bisa mencegah nya.

Saya berdo'a agar suami saya mendapat pekerjaan baru yg lebih baik, sehingga saya bisa berhenti bekerja, tetapi menurut Allah waktu nya belum tepat untuk saat ini dan masih terus berdo'a semoga waktu yg tepat itu segera datang.

Zaman skrng mencari pekerjaan susah bunda, saya mendapat pekerjaan ini pun dengan usaha kesana kemari. Apalagi dgn status sudah menikah dan pnya anak, semakin sulit saya mendapat pekerjaan lain yg lokasi nya lebih dekat dengan rumah.

Mohon do'a nya bunda, semoga suami saya mendapat pekerjaan yg lebih baik dan saya bisa segera resign.

Kalaupun belum juga mendapat pekerjaan yg lebih baik, saya ikhlas bunda, dengan penghasilan suami saya untuk menghidupi kami, karena saya akan tetap resign, karena tidak ada waktu lagi saya bersama anak. Saya ikhlas menjalani hidup ini demi anak meski rasanya sulit.

Mohon do'a kan bunda
 
  #9  
Old
Tri an...
 
Location: Jambi
Posts: 230
 
Y ampun . . Ap bsok aq jg bkal ky bunda ? Smpt kpikiran gmn bSok klo cuTi sdh hbis :'( jrang ktmu habibieku . . :'(
 
My son My everything
  #10  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
Coba bicarakan sm suami, gmn kalo waktu berkunjung ke mertua jd 2 minggu sekali ?
Kasih alasan jg kalo bunda pgn quality time sm anak, pgn mengasuh anak jg, bukan mamanya aja
Masa gamau ngerti senin-jumat kerja trus weekend pgn bareng2 seharian sm anak ga boleh
Kalo ga, sabtunya aja ke mertua, minggu pulang
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #11  
Old
putriw...
 
Posts: 858
 
Bun,mau tanya donk..
Anak bunda, ASI/sufor?
Malam hari tertidurnya&tidurnya sama bunda ga?
Saya working mom juga,berangkat jam 6pagi sampai rumah jam 6sore
Anak saya jalan 1 tahun masih ASI,dari pagi - sore anak dengan ibu mertua.
Tapi tetap kalau saya sampai rumah,anak saya langsung minta digendong walaupun lagi digendong dengan ibu mertua,sampai nangis2,karena saya tolak dulu untuk bersih2&ganti baju.setelah itu full sama saya,ya paling cuma 2-3 jam saja,selebihnya dia bobo/mlm2 seperti biasa beberapa kali bangun buat nenen.
Sabtu minggu full saya pegang,walaupun sabtu minggu ibu mertua saya tetap datang ke rumah,katanya kangen,tapi anak tetap saya pegang.
Mungkin karena ASI kali ya,jadi ikatan batinnya lebih kuat.
Saran aq sih bun,ada waktu sehari full sama anak,klo misalnya sama ibu mertua jg jangan full dipegang bumer.biar ikatannya lebih erat
 
  #12  
Old
Riana ...
 
Posts: 20
 
Bunda.. Tidak bisakah di hari sabtu atau minggu nya saja bunda ke tempat mertua, setidaknya bunda punya 1hari fulltime bersama anak..

Saya juga baru aja resign dari pekerjaan saya bun.m
Karna memang tidak ada keluarga yang bisa dtitipkan baby saya sementara saya keukeh tidak mau pakai baby sitter. Secara logika sangat tidak mungkin gajih suami saya bisa mencukupi kami bertiga. Tapi sudah tidak ada pilihan lain. Saya pasrah dengan kehidupan yg akan saya jalani bun.. Semoga bunda juga mendapatkan jalan yg terbaik ya.. Semangat
 
  #13  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Sebaiknya sabtu minggu k bumernya jangan tiap minggu bund, sy kira anak bunda spt itu krn sama sekali ga ada waktu full seharian sama bunda, krn klo masalah kerja senin jumat pagi sampe sore mnjelang mlm sy jg seperti itu, malahan kadang sabtu minggu (tidak tiap minggu) klo ada perlu yg tdk memungkinkan bawa baby msh sama pengasuhnya, tp seperti bunda putri, anak sy deket sm sy, klo pulang kerja langsung pd lari nyambut (anak sy udh 2) dan nangis klo ditinggal bentar bt bersih2 ganti baju. Setiap pulang kerja wlpun bentar sebelum mreka tidur selalu diusahakan quality time sama mereka, begitu pun sabtu minggu. Dibicarakan bunda sama mertua dan suaminya agar k mertuanya ga tiap minggu, curhat aja dgn bahsa sopan sprti bunda curhat di forum ini mngenai kesedihan bunda krn ga deket dg anak. Klo bunda blm dekat dg anak Mulai jalin kedekatan dg anaknya pelan2 bunda jangan maksa, klo maksa justru si anak makin ga mau. Dgn bertambahnya umur si anak nanti jg dia akan tau siapa ibunya klo kita memperlakukan dia dg kasih sayang, jangan trlalu sedih ya bunda..sabar dan usahakan
 
  #14  
Old
Ratuny...   TS 
 
Posts: 408
 
Dear all bunda,

Saya sudah pernah bicara dengan suami bunda, skrng memang ke mertua 2 minggu sekali sejak anak saya usia sekitar 7 bulan, tp sudah terlambat bunda, dan itu yg sering saya sesalkan ke suami saya. Sampai skrng sdh 1 thn keadaan msih begini, tiap ke mertua meski skrng sdh 2 minggu sekali kesana tetap anak saya klo kesana minta gendong mertua saya (mgkin sudah terekam oleh anak saya di memorinya klo kesana sama nenek nya). Beruntung bagi bunda bila ada yang ke mertua atau mertua nya datang ke rumah anak tetap bunda yg pegang, kalau saya tidak bunda. Tiap anak saya ketemu mertua anak saya dipegang nya. Saya juga sdh bicara ke suami klo anak saya jangan dipegang mulu, tapi lagi2 itu terlambat, karena anak saya sdh terlanjur dekat dgn mertua. Itu juga yg sering saya sesalkan ke suami.

Saya memang sdh berkali2 marah ke suami atas 2 hal itu, tapi skrng untuk marah2 lagi rasanya saya hanya buang2 tenaga, krn semua sudah menjadi bubur.

Saya ASI anak saya sampai 9 bulan bunda, krn ASI saya tidak keluar lagi sampai saat ini sehingga dgn terpaksa diberi sufor.

Saat ini saya hanya cm bisa belajar ikhlas.
Ikhlas karena hal ini terjadi karena suami berbakti kepada orng tua sehingga suami ingin membahagiakan ibu nya meski dalam hal ini saya yg jadi korban (anak jd kurang dekat)
Ikhlas karena hal ini terjadi karena mertua ingin seperti ibu saya. Yg mengasuh anak saya dan karena mengasuh anak saya, anak saya jadi dekat dgn ibu saya. (Andai tau hal ini dari awal melahirkan saya lebih baik milih tinggal di mertua, karena saya tau klo tinggal di mertua, meskipun tiap minggu kami ke rmh ortu saya, ibu saya pasti tidak akan memegang anak saya terus dan tidak akan iri bila cucu nya dekat dengan besan nya (saya bisa bilang begini karena ibu saya sdh pnya 4 cucu) sehingga sabtu minggu meski ke rmh ortu saya tetap bisa full megang anak.

Tapi....ah sudahlah lagi2 itu semua sdh menjadi bubur. Hanya ada penyesalan, amarah, kekesalan yg ada saat ini.

Hanya bisa sabar sambil menunggu waktu yg tepat untuk segera mengundurkan diri dr pekerjaan.
 
  #15  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Replying to: View Post
Dear all bunda,

Saya sudah pernah bicara dengan suami bunda, skrng memang ke mertua 2 minggu sekali sejak anak saya usia sekitar 7 bulan, tp sudah terlambat bunda, dan itu yg sering saya sesalkan ke suami saya. Sampai skrng sdh 1 thn keadaan msih begini, tiap ke mertua meski skrng sdh 2 minggu sekali kesana tetap anak saya klo kesana minta gendong mertua saya (mgkin sudah terekam oleh anak saya di memorinya klo kesana sama nenek nya). Beruntung bagi bunda bila ada yang ke mertua atau mertua nya datang ke rumah anak tetap bunda yg pegang, kalau saya tidak bunda. Tiap anak saya ketemu mertua anak saya dipegang nya. Saya juga sdh bicara ke suami klo anak saya jangan dipegang mulu, tapi lagi2 itu terlambat, karena anak saya sdh terlanjur dekat dgn mertua. Itu juga yg sering saya sesalkan ke suami.

Saya memang sdh berkali2 marah ke suami atas 2 hal itu, tapi skrng untuk marah2 lagi rasanya saya hanya buang2 tenaga, krn semua sudah menjadi bubur.

Saya ASI anak saya sampai 9 bulan bunda, krn ASI saya tidak keluar lagi sampai saat ini sehingga dgn terpaksa diberi sufor.

Saat ini saya hanya cm bisa belajar ikhlas.
Ikhlas karena hal ini terjadi karena suami berbakti kepada orng tua sehingga suami ingin membahagiakan ibu nya meski dalam hal ini saya yg jadi korban (anak jd kurang dekat)
Ikhlas karena hal ini terjadi karena mertua ingin seperti ibu saya. Yg mengasuh anak saya dan karena mengasuh anak saya, anak saya jadi dekat dgn ibu saya. (Andai tau hal ini dari awal melahirkan saya lebih baik milih tinggal di mertua, karena saya tau klo tinggal di mertua, meskipun tiap minggu kami ke rmh ortu saya, ibu saya pasti tidak akan memegang anak saya terus dan tidak akan iri bila cucu nya dekat dengan besan nya (saya bisa bilang begini karena ibu saya sdh pnya 4 cucu) sehingga sabtu minggu meski ke rmh ortu saya tetap bisa full megang anak.

Tapi....ah sudahlah lagi2 itu semua sdh menjadi bubur. Hanya ada penyesalan, amarah, kekesalan yg ada saat ini.

Hanya bisa sabar sambil menunggu waktu yg tepat untuk segera mengundurkan diri dr pekerjaan.
Maaf bunda klo sy kurang setuju dgn pendapat bunda ini, tidak ada kt terlambat untuk dkt dg anak, justru dgn bertambahnya usia anak, c anak akan semakin mengerti siapa ibunya asal kita terus menunjukan kasih sayang kita kpadanya dgn tulus dan sabar, kita yg mengandunt dan melahirkan bunda, ikatan batin ibu anak sangat kuat, lgian bunda yg dimaksud dekat dgn anak bkn berarti kita harus nempel terus seharian bahkan ada baiknya tdk trlalu nempel k ibu akan membuat anak lebih mandiri, kita jg ada kalanya hrs meninggalkan c kecil krn suatu keperluan(walaupun ga bekerja, klo c anak sngat 'anak mami' kita ga akan bisa bergerak leluasa, meninggalkan ank yg nangis krn mau ikut sangat tdk enak dan tdk tenang, klo saran sy bunda jgn tlalu pesimis spt itu, ga perlu ada penyesalan krn prosesnya msh brjln hanya tinggal kita sabar dan usaha memperbaiki sesuai keinginan bunda, jangan dongkol saat ank dgn mertua, jangan dongkol jg dg suami, klo ada selah/kesempatan bs lbh dekat dg anak manfaatkan, jika bunda punya hati ikhlas ceria akan terasa sama anak, penuh kasih sayang tdk memksa Insya Alloh akan memperbaiki hub bunda dg c kecil, semangat ya bunda, mohon maaf jiga kurang berkenan, sy hanya memberi saran bunda yg lebih tau situasi dan kondisinya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Curhat jika suami terlalu patuh dengan ibunya. -- Ngobrol Apa Saja 50
bunda trimakasih banyak,saya ingin curhat perasaan saya skrg -- Ngobrol Apa Saja 6
suami saya masih ragu dengan anak yg saya kandung sampai mau di tes DNA -- Ngobrol Apa Saja 73
Permisi bunda2 semuaa .. Saya hanya sekedar curhat -- Ngobrol Apa Saja 102
haii ada yang bsah curhat dengan saya.....assis TLS -- Kenalan Yuk! 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com