Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
wuland...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 45
Exclamation Waspada Infeksi Saluran Kemih

Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK. Penyebab sakit infeksi saluran kemih antara lain adalah karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri dari alat kelamin, dubur atau pun dari pasangan (akibat hubungan intim) masuk ke dalam saluran kemih.

Sekilas Tentang Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih. Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK. Penyebab sakit infeksi saluran kemih antara lain adalah karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri dari alat kelamin, dubur atau pun dari pasangan (akibat hubungan intim) masuk ke dalam saluran kemih.
Penyebab sakit infeksi saluran kemih antara lain adalah karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri dari alat kelamin, dubur atau pun dari pasangan (akibat hubungan intim) masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut antara lain Escherichia Coli, Klebsiella dan Pseudomonas.
Penyebab lainnya adalah kebiasaan yang kurang baik, misalnya kurang minum, kebersihan dan kesehatan pada kemaluan .



Gejala Infeksi Saluran Kemih

  • Sakit pada saat atau setelah kencing
  • Anyang-anyangan (ingin kencing, tetapi tidak ada atau sedikit air seni yang keluar)
  • Warna air seni kental/pekat seperti air teh, kadang kemerahan bila ada darah
  • Nyeri pada pinggang
  • Demam atau menggigil, yang dapat menandakan infeksi telah mencapai ginjal (diiringi rasa nyeri di sisi bawah belakang rusuk, mual atau muntah)
Selengkapnya ==> Infeksi Saluran Kemih
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Albert...
 
Posts: 224
 
Klo suka nahan pipis bisa kena gak ya.. Jd serem. Soalnya suka skit bgian bwah prut klo saya nahan pipis.
 
  #3  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
Hati2 dengan nahan pipis bund.. salah satu penyebab ISK ya itu, sering nahan pipis.. soalnya dulu pas kuliah saya sering nahan pipis, akhirnya kena ISK, krn selama pipis ditahan, bakteri yang ada di pipis yang kita tahan tersebut menginfeksi saluran kemih kita..
 
  #4  
Old
Albert...
 
Posts: 224
 
saya sring bgt nahan pipis smpe skit. Soalnya tengah malam saya sllu mau pipis.letak kamar mandi jauh .saya takut jdi saya tthan smpe pgi..pginya pipisnya rada ilang.tp skit bgian prut... Gawa klo gttu ya bun. Tthx infonya bun. Trus. Sembuhinnya gmna bun?? Bunda smbuh gak?
 
  #5  
Old
Karmil...
 
Posts: 246
 
@bunda albertha/baiknya jgn ditahan bunda,4 bulan sblm hamil aq kena isk...waduh...kluar darah kental banget pas pipis,rasanya gak lagi2 dech...ampun...,,suami mpe takut gemeteran liat pipis saya,,itu jg krna saya nahan pipis pas diperjalanan...skrg g berani lagi nahan pipisnya
 
  #6  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
ISK kalo dibiarin kena menjalar ke ginjal bund.. lebih baik bunda ke dokter sp urologi buat jelasnya, lebih baik mencegah daripada mengobati bund.. saya dulu sampai kena ginjalnya, saya berobat bund di sp urologi, banyakin minum air putih bunda, pipis jangan ditahan lagi ya..
 
  #7  
Old
Albert...
 
Posts: 224
 
Wduh bunda rayhan dan karmila.. Saya kayaknya uda kena ISG deh...

T__T soalnya prut bwah suka skitt. Trus btw mslah ginjal..aku punya filling ginjalku gak bgus neh.. Bnyak2 minum.malah bnyk kencing bun... Saya soalnya kamar mandi dilantai bwah bun.klo tgah malam.duhhhh sremmnya bun ,wlaupun rumah sndiri.parno bgt..
Tp saya jd tkut mkin parah. Thx ya bun..moga belom trlambatt..
 
  #8  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
Bunda albertha, tujuan banyak minum itu buat 'menggontor' bakteri yang ada di saluran kemih.. ISK bunda, bukan ISG, Khan bunda bisa pipis di pispot dulu kalo misalnya takut ke bawah (takut apaan si bund?). Dulu saya udah termasuk agak parah (kejadian pas kuliah dulu), perut itu sakit dan kencang bahkan buat bangun aja sakit sekali, harus rebahan.. dulu pas kuliah ke dokter umum dulu, disaranin usg abdomen, ternyata ginjal saya dah terinfeksi.. trus waktu si kecil 8 bulanan, kambuh lagi karena setiap kali mau kencing, si kecil bangun dan akhirnya nahan pipis..baru deh ke dr urologi.. gitu bunda.. iya, semoga belum parah ya bund..ISK bisa nyebabin keputihan lho bund, keputihan karena bakteri gram..(makanya pas kuliah keputihan saya lumayan parah)
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip:
    Tools kehamilan:

    Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:08.


    IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
    Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
    © 2024 IbuHamil.com