Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
ininis...
 
Posts: 232
 
Replying to: View Post
Yah bun..... Percaya amat mitos gitu2an bun...

Temen saya bun, waktu lg hamil 3 bulan, suaminya meninggal,,, tiap hari dari mulai jenazah suaminya dimandiin, sampe masuk liang kubur, dia selalu ada disamping suaminya, diciumin jenazahnya, dipeluk,,, skrg anaknya udh umur 1 thn setengah, ga kenapa2 tuh bun...

Lagipula apa hubungannya kehamilan sm acara kematian?? Yg ga boleh adalah, bunda jgn terlalu capek...
Dan bunda jg jgn selalu berfikiran negatif sm mertua terus ah... Namanya jg kakaknya lg meninggal, bunda sedikit pengertian lah sm situasi dan kondisi psikisnya...


Btw, hubungannya sm suami dan mertua yg biayain semua biaya kematian kakaknya mertua itu apa ya bun sama kehamilan bunda.... masih belum ngerti saya...




Hahaaaa....ngikik baca komen yg ini...
 
  #17  
Old
izumi...
 
Posts: 455
 
Replying to: View Post
Selamat malam Bunda...
Bolehkan saya malam ini sedikit curhat dan menumpahkan isi hati serta kekesalan saya terhadap mertua.
Mungkin ada sebagian Bunda2 di sni yang tidak akur sama mertua.
Gini Bun ceritanya.
Kakak mertua ku kan meninggal nah biaya nya dan macem2nya itu mertua yang tangung,
Suami saya yang tiap hari nemenin k tempat kematian sekaligus memberi biaya untuk ini itu, padahal mertua saya tau saya lagi hamil tapi dia tidak memberitahu apa saja pantangan orang hamil.
terutama saat ada acara kematian seprti itu, sedih banget bun sampe keluarga saya yang wanti2 terus padahal saya tinggal sam mertua.
Rasanya Kesel, saya jadi merasa bersalah sama baby nya.
Bila Bunda2 ada yang berkenan memberitahu saya apa aja pantangan untuk ibu hamil dan suami ?
Tolong Bunda...
aq baru tau bund, kalo ada keluarga meninggal ada pantangan buat bumil
seminggu yg lalu nenek dari suamiq jg meninggal, aq ikut jg ke pemakaman,, cuma katanya gak boleh nginap dirumah duka, dan itu berlaku jg buat semua sodara2 yg datang melayat,, selebihnya mertuaq gak bilang apa2 tuh bund
 
  #18  
Old
Calali...
 
Posts: 31
 
hehehehe...

ikutan share ya bunda...

waktu kehamilan 20 weeks kemarin, Papa aku juga dipanggil Tuhan. Aku sebagai anak paling kecil yang deket banget sama Papa, nggak mungkin lah nggak ada di dekat dia.
Kalo mitos, banyak bun yang larang2 aku deket2. Alasannya karena lagi hamil. Tapi emang pada dasarnya aku sama suami gak percaya sama mitos2 begitu, kami hanya percaya sama Tuhan, jadi aku nggak dengerin.
Sampe Papa aku di makamkan, aku juga tetep kok nganter ke pemakamannya.

Nggak ada hubungannya kok bun antara kehamilan sama kematian keluarga/kerabat/tetangga atau siapapun.
Yang penting kita baik2 aja, sehat2 aja, Tuhan pasti tetap lindungi.

Aku sih emang ga pernah percaya mitos2 bun, jadi sama sekali nggak ada pantangan. Pantangannya cuma aku nggak boleh kecapean, itu aja.
Trus suami juga ngelarang aku pake sepatu hak tinggi maupun nyetir sendiri karena usia hamil aku sekarang udah 33 weeks. Larangan itu sih buat aku masih wajar karena suamiku kuatir sama kondisi aku.

Selebihnya, itu cuma mitos bun.

kesian juga mertuanya bunda, kalo cuma gara2 begini aja dibilang nggak perduli bun apalagi cuma gara2 mitos.

aku jadi penasaran, bunda dikasih tau mitos apaan aja ya ???
 
  #19  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
bun,kalo hamil mikir positif aj, jangan parno n percaya mitos,kalo percaya malah kejadian lho .pengalaman nyokap,dl wkt hamil kakak pertama,dia demen ngelupasi kaki kepiting,dia g pikir apa2 .lalu ad orang lewat bilang,kalo hamil g boleh ngelepasin kaki gt,nanti anaknya cacat lho. nyokap sempet deg aj. and malah jd worry, pas kakak lahir ,jari kakinya emang agak bengkok semua.tp untung msh kecil jd d terapi sama nyokap tiap jarinya d selipin kayu,alhasil tumbuh normal deh.

yg q baca,jika kita percaya akan terjadi hal buruk,maka pasti akan kejadian . intinya jangan worry , percayakan semua sama tuhan,banyak berdoa aj . g ush percaya mitos2 . hilangin mind set buruk.

apalagi keadaan mertua lg berduka. cb bunda di posisi mertua, anaknya meninggal malah mantunya pengen di mengerti . yg ada mantu hrs mengerti mertua,ksh support bun,jangan malah parno yaa. maaf klo agak kasar. soalnya saya g percaya mitos2 sih . semoga ddnya lahir selamat yah bun , sehat dan sempurnah,aminn
setujuuuuuu harusnya mertua yg mesti dimengertiin ini malah mantu yg mau diperhatikan..aku mlh seneng kali ga diksh tau soal mitos2 gt kan gak tau jd masa bodo kdg ga msk akal juga heheheh tktnya klo dksh tau mlh jd kfkrkn worry kejadian dehh
 
  #20  
Old
Arini2...
 
Posts: 341
 
Nah bund,,,,bunda2 di atas udah kasih pncerahan,jgn trlalu pr cya dg mitos yg akhirx menyesatkan bunda,bunda jd berburuk sangka dg mertua....secara logika ibu2 hamil di larang melawat orang meninggal,krn orang meninggal dunia psti suasana duka yg terasa,tangisan histeris keluarga yg di tinggal,belum lg kedaan jenazah yg trkdang kelihatan menakutkat,,,,nah logikax takutx ibu hamil melawat akan terbawa suasana duka yg mmbuat kpikiran(stres) bs mnjadi ktakutan melihat jenazah,sdngkn ibu hmil gk boleh stres,takutx brdmpak k baby,,,seandaix pula kalo yg meninggal itu orang terdekat sprti misal kan swami,anak atw ortu kita,masa kita tdk boleh hadir mnjenguk (mengurus)jenazah?tega amat!klw itu di lakukan psti di kmudian hari ada pnyesalan gk bs melihat utk terakhir kali.....
Sdngkan swami jg ikut nyumbang utk pembiayaan,ya wajarlah bund sbgai anggota keluarga,sumbang aja seikhlasx lagian kan bunda msh hamil bunda msh ada wktu yg lumayan lama buat mnabung.
 
  #21  
Old
Angell...   TS 
 
Posts: 569
 
Replying to: View Post
masa gara2 mitos trus jdi nethink sma mertua..aku mah masa bodo ga ngarep bgt diprhtikn sma mertua ,lgi pula sbnrnya klo kta hamil kta sebagai cln ibu yg hrs tau baik atau buruknya utk ank kta ga brhrp dr ortu aplgi mertua kecuali SUAMI...
ditmptku jga ad sihh pamali2 gt..lagipula bsa tny sm ortu blh apa egk,klo emg msh ngikutin mitos2 bgtu.. y mgkn mertua pny alasan sndri g mau ksh tau..ad juga yg gak mau ksh tau krna tktnya klo tau mlh kejadian... mkanya aku jg ga tny2 mitos2 org hamil sma ortuku aplgi mertua hoho tp yg umum2 aja yg ku ketahui.. B. kayak ga boleh nyiksa hewan dan klo ad org meninggal g blh pergi klo ga trpksa krna tkt sawan gt..
Ia si Bun...
Saya cuma sedikit parno aja, karna mertua saya tipikal orang yang plin plan dia tidak ingin saya buru2 hamil karna ga mau di repotkan tetapi juga kalo saya belum hamil2 dia sllalu bilang pada suami kalo istri orang lain susah pnya anak sudag di ceraikan. sekarng saya lagi hamil malah di suru pindah.
Sedih aja si.
Makasih atas masukanya bunda.

---------- Post added at 20:42 ---------- Previous post was at 20:39 ----------

Replying to: View Post
Iya bund... kalo ketempat acara kematian mah banyak orang bund, ga perlu takut bayinya kenapa2 Allah selalu menjaga bund, kalo menurutku ga ada pantangan2 begitulah bund, yg penting bunda jngn stres , asupan makanannya yg sehat2 buat calon debay..semanagat ya buund
Memang bukan saya yang pergi bund, tapi suami saya.
Cuma karna tmen suami ksih tau dengan nada seperti menakut2yi saya jadi parno sendiri.
 
  #22  
Old
ismatu...
 
Posts: 766
 
Saya lagi hamil kmrn ikut ke makam sama ngelayat yg meninggal bun, kayanya ga ada masalah deh. Emg ada pantangan apa buat ibu hamil bun? Setau saya yg dipantabg cuma ga boleh kecapean, ga boleh olah raga berat, pantangan yg logis logis aja sih. Heuheuheu
 
  #23  
Old
Angell...   TS 
 
Posts: 569
 
Replying to: View Post
Loh bun saya ketinggalan info, bunda ud hamil? Brp w bun??

Wkt saya hamil 24w jg kk saya meninggal, saya ttp deket2 jenazah, nyium, meluk, shalatin n ke makam, bahkan ud brp x ziarah.
Rencana mgg dpn, smgg sblm lahiran saya jg mau ziarah lagi.
Dan alhamdulillah kandungan saya aman, gak ada hubungannya antara melayat/ziarah sama kandungan.
Paling yg dikhawatirin itu krn klo kerabat meninggal kita sedih sesunggukan, stres jd pengaruh ke janin.
Saya juga sebenernya kurang tau tentang mitos2 seperti itu bunda.
Tapi mudah2an semua baik2 aja, kita ambil positif nya aja dhe Bun.
Makasih Supportnya Bunda.

---------- Post added at 20:47 ---------- Previous post was at 20:45 ----------

Makasih banget buat Bunda2 yang udah kasih pencerahan dan masukan nya membuat saya jadi sedikit lebih tenang, dan tadi nenek saya sudah jelasin sama saya juga.

---------- Post added at 20:54 ---------- Previous post was at 20:47 ----------

Replying to: View Post
[/B]


Hahaaaa....ngikik baca komen yg ini...
Ya ampun Bunda.
Orang lagi cemas koq malah di ketawain, bukan di tenangin.
Karna kaka mertua saya meninggal dan mertua saya tidak mau datang hanya mengirimkan uang kepada suami saya untuk mengurus biaya2 kematian itu.
Memang membantu acara kematian itu pahala nya besar.
tapi karna ada teman suami yang sedikit menakut2in kami kalo ga boleh dekat2 jenazah akan ini dan itu dsb, jadi kami menjadi parno.

Memang apa yang sedang bunda tertawakan di atas penderitaan orang lain ?

---------- Post added at 20:59 ---------- Previous post was at 20:54 ----------

Replying to: View Post
setujuuuuuu harusnya mertua yg mesti dimengertiin ini malah mantu yg mau diperhatikan..aku mlh seneng kali ga diksh tau soal mitos2 gt kan gak tau jd masa bodo kdg ga msk akal juga heheheh tktnya klo dksh tau mlh jd kfkrkn worry kejadian dehh
Bukan saya berburuk sangka dengan mertua Bund, anehnya mertua tidak datang malah wktu kaka nya meninggal dan hanya mengutus suami saya.
kebetulan saya juga tidak tau apa2 tentang mitos dan larangan ibu hamil.
Mangkanya mau tanya di sini.
Karna mertua saya termasuk masih mempercayain mitos2 itu, tapi aneh saat di tanya malah jawab tidak tau.
Saya jadi resah karna banyak orang lain yang bukan siapa2 malah banyak memberitahukan untuk kebaikan kami.

---------- Post added at 21:06 ---------- Previous post was at 20:59 ----------

Replying to: View Post
Aku dah 20 week bun...terakhir ketemu di thread apa gitu bunda masih promil......kalo gak salah.selamat ya bundaaaa.....sehat slalu bunda dan debay
Kangen sama bunda happy...
ia bunda akhirnya saya berhasil promil.
bersyukur banget dengan kehamilan ku ini, cuma sedikit parno dkit aja.
tapi udah medingan koq berkat pencerahan para bunda di sini.

---------- Post added at 21:10 ---------- Previous post was at 21:06 ----------

Replying to: View Post
Yah bun..... Percaya amat mitos gitu2an bun...

Temen saya bun, waktu lg hamil 3 bulan, suaminya meninggal,,, tiap hari dari mulai jenazah suaminya dimandiin, sampe masuk liang kubur, dia selalu ada disamping suaminya, diciumin jenazahnya, dipeluk,,, skrg anaknya udh umur 1 thn setengah, ga kenapa2 tuh bun...

Lagipula apa hubungannya kehamilan sm acara kematian?? Yg ga boleh adalah, bunda jgn terlalu capek...
Dan bunda jg jgn selalu berfikiran negatif sm mertua terus ah... Namanya jg kakaknya lg meninggal, bunda sedikit pengertian lah sm situasi dan kondisi psikisnya...


Btw, hubungannya sm suami dan mertua yg biayain semua biaya kematian kakaknya mertua itu apa ya bun sama kehamilan bunda.... masih belum ngerti saya...
Sedikit parno aja Bunda.
Karna kmaren kata temen nya suamiku itu ga boleh deket sama jenazahnya.
kasian sama baby nya gitu kata nya.
karna urusan biaya itu suami jadi sering bolak balik k sna.
karna mertuaku juga ga mau dateng.
jadi bingung sendiri saya.

---------- Post added at 21:14 ---------- Previous post was at 21:10 ----------

Replying to: View Post
setujuuuuuu harusnya mertua yg mesti dimengertiin ini malah mantu yg mau diperhatikan..aku mlh seneng kali ga diksh tau soal mitos2 gt kan gak tau jd masa bodo kdg ga msk akal juga heheheh tktnya klo dksh tau mlh jd kfkrkn worry kejadian dehh
Bukan aku mau di perhatikan Bun, aku cuma jadi bingun kenapa mertua yang kakaknya sendiri tidak mau dateng.
Justru saya tipikal orang yang senang jika diberi pengetahuan jadi menambah pengetahuan juga jadi seneng masih ada yang perhatian sama saya.
 
  #24  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
iyaaaa sama sama bunda.......sehat2 selalu yaaaa jangan kecapekan kerja......trimedster pertama masih rawan bundq....wes bener bunda2 disini.....banyak doa aja bunda ama jaga kesehatan bubda dan debay .....semoga kita selamat sampe lahiran yaaaaa bunda angelaaaa......
 
  #25  
Old
Angell...   TS 
 
Posts: 569
 
Replying to: View Post
Nah bund,,,,bunda2 di atas udah kasih pncerahan,jgn trlalu pr cya dg mitos yg akhirx menyesatkan bunda,bunda jd berburuk sangka dg mertua....secara logika ibu2 hamil di larang melawat orang meninggal,krn orang meninggal dunia psti suasana duka yg terasa,tangisan histeris keluarga yg di tinggal,belum lg kedaan jenazah yg trkdang kelihatan menakutkat,,,,nah logikax takutx ibu hamil melawat akan terbawa suasana duka yg mmbuat kpikiran(stres) bs mnjadi ktakutan melihat jenazah,sdngkn ibu hmil gk boleh stres,takutx brdmpak k baby,,,seandaix pula kalo yg meninggal itu orang terdekat sprti misal kan swami,anak atw ortu kita,masa kita tdk boleh hadir mnjenguk (mengurus)jenazah?tega amat!klw itu di lakukan psti di kmudian hari ada pnyesalan gk bs melihat utk terakhir kali.....
Sdngkan swami jg ikut nyumbang utk pembiayaan,ya wajarlah bund sbgai anggota keluarga,sumbang aja seikhlasx lagian kan bunda msh hamil bunda msh ada wktu yg lumayan lama buat mnabung.
Memang benar juga omongan bunda.
Makasih yah bunda, sebenernya saya jadi menyesal karna sedikit kesel sama mertua.
Doakan aaya di kehamilan ini saya lebih sabar lagi bunda juga baby nya sehat.
aku cuna bingung dan sedikit parno aja.
makasih yah pencerahanya bun.

---------- Post added at 21:20 ---------- Previous post was at 21:18 ----------

Replying to: View Post
iyaaaa sama sama bunda.......sehat2 selalu yaaaa jangan kecapekan kerja......trimedster pertama masih rawan bundq....wes bener bunda2 disini.....banyak doa aja bunda ama jaga kesehatan bubda dan debay .....semoga kita selamat sampe lahiran yaaaaa bunda angelaaaa......
Amin Bunda...
Gi mana kabarnya Bunda ?
Jaga terus baby nya yah bunda.
Mari kita sama2 terus bahagia.
Peluk Bunda...
 
  #26  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
Saya juga sebenernya kurang tau tentang mitos2 seperti itu bunda.
Tapi mudah2an semua baik2 aja, kita ambil positif nya aja dhe Bun.
Makasih Supportnya Bunda.

---------- Post added at 20:47 ---------- Previous post was at 20:45 ----------

Makasih banget buat Bunda2 yang udah kasih pencerahan dan masukan nya membuat saya jadi sedikit lebih tenang, dan tadi nenek saya sudah jelasin sama saya juga.

---------- Post added at 20:54 ---------- Previous post was at 20:47 ----------



Ya ampun Bunda.
Orang lagi cemas koq malah di ketawain, bukan di tenangin.
Karna kaka mertua saya meninggal dan mertua saya tidak mau datang hanya mengirimkan uang kepada suami saya untuk mengurus biaya2 kematian itu.
Memang membantu acara kematian itu pahala nya besar.
tapi karna ada teman suami yang sedikit menakut2in kami kalo ga boleh dekat2 jenazah akan ini dan itu dsb, jadi kami menjadi parno.

Memang apa yang sedang bunda tertawakan di atas penderitaan orang lain ?

---------- Post added at 20:59 ---------- Previous post was at 20:54 ----------



Bukan saya berburuk sangka dengan mertua Bund, anehnya mertua tidak datang malah wktu kaka nya meninggal dan hanya mengutus suami saya.
kebetulan saya juga tidak tau apa2 tentang mitos dan larangan ibu hamil.
Mangkanya mau tanya di sini.
Karna mertua saya termasuk masih mempercayain mitos2 itu, tapi aneh saat di tanya malah jawab tidak tau.
Saya jadi resah karna banyak orang lain yang bukan siapa2 malah banyak memberitahukan untuk kebaikan kami.

---------- Post added at 21:06 ---------- Previous post was at 20:59 ----------



Kangen sama bunda happy...
ia bunda akhirnya saya berhasil promil.
bersyukur banget dengan kehamilan ku ini, cuma sedikit parno dkit aja.
tapi udah medingan koq berkat pencerahan para bunda di sini.

---------- Post added at 21:10 ---------- Previous post was at 21:06 ----------



Sedikit parno aja Bunda.
Karna kmaren kata temen nya suamiku itu ga boleh deket sama jenazahnya.
kasian sama baby nya gitu kata nya.
karna urusan biaya itu suami jadi sering bolak balik k sna.
karna mertuaku juga ga mau dateng.
jadi bingung sendiri saya.

---------- Post added at 21:14 ---------- Previous post was at 21:10 ----------



Bukan aku mau di perhatikan Bun, aku cuma jadi bingun kenapa mertua yang kakaknya sendiri tidak mau dateng.
Justru saya tipikal orang yang senang jika diberi pengetahuan jadi menambah pengetahuan juga jadi seneng masih ada yang perhatian sama saya.
ya mertua mau dtg ap egk itu kan urusan dia knp dipusingkn? kalo aku jd bnda biar deh bumer mau plin plan y aku tetap jlni hdpku dg keinginanku..hal2 baik dr beliau dihrgai klo yg buruk gk ush difikirin,kasian si baby klo ibunya bnyk fkrn aplgi fkrn nethink kalo suami ikhlas bantu y biarkn aja kan dpt pahala suamiku jg tiap hari bolak balik dipanggiln ibunya mnt tlg ini it.. y aku anggp it bntk bkti keibunya.. mlh sng pny suami msh peduli n bntu ibunya.. suami jg gk prnh ngeluh
kalo lg hamil fkrn hrs yg positif2 ga ush aneh2 biar babynya jga seneng gk ikutan puyeng
 
  #27  
Old
Bela T...
 
Posts: 36
 
Replying to: View Post
[/B]


Hahaaaa....ngikik baca komen yg ini...
Hmmm, bun malah ngikik bukan prihatin atau ksih pencerahan.
aneh, apa bunda tidak punya rasa empati.
 
  #28  
Old
ininis...
 
Posts: 232
 
Replying to: View Post
Hmmm, bun malah ngikik bukan prihatin atau ksih pencerahan.
aneh, apa bunda tidak punya rasa empati.
Hai bun, sorry ya kl banyak yg anggep gak punya empati...abis cerita awalnya kan emg ga runtut....jd bingung juga apa hubungannya suami keluarin biaya ama kehamilan.....owh ternyata,,,,gara gara suami si bunda angel ini ikut nanggung jd sering wara wiri n ketemu jenazah gt


Dan sepenangkepan saya TS nya bukan berduka yg gmn, tp lebih ke parnonya akan mitos mitos n kekecewaannya ke mertua nya kan...jd mau empati jg bingung bun, kk sy pribadi yg namanya mitos gak usah dipikirin lah...ini jaman udh modern, drpd bikin stress kasian si baby...

Sorry ya
 
  #29  
Old
Angell...   TS 
 
Posts: 569
 
Replying to: View Post
Hai bun, sorry ya kl banyak yg anggep gak punya empati...abis cerita awalnya kan emg ga runtut....jd bingung juga apa hubungannya suami keluarin biaya ama kehamilan.....owh ternyata,,,,gara gara suami si bunda angel ini ikut nanggung jd sering wara wiri n ketemu jenazah gt


Dan sepenangkepan saya TS nya bukan berduka yg gmn, tp lebih ke parnonya akan mitos mitos n kekecewaannya ke mertua nya kan...jd mau empati jg bingung bun, kk sy pribadi yg namanya mitos gak usah dipikirin lah...ini jaman udh modern, drpd bikin stress kasian si baby...

Sorry ya
Ya sudah lah, setelah sekian lama akhirnya saya berberhasil hamil jadi mau sllu yg terbaik buat baby nya.
Mungkin karna saya sedikit berlebihan, jadi bunda menilainya jadi lucu.
Maaf banget kalo thread saya mengangu Bunda.
 
  #30  
Old
DianW...
 
Location: Bandung
Posts: 27
 
Malam bunda2,

Kalo menurutku, memang mungkin ada pengaruhnya kehamilan dengan pergi melayat.
Kalau bunda muslim, di dalam islam juga diatur tentang tata cara berta'ziyah(melayat) untuk ibu hamil. Kalo ada tata caranya brarti ada yg harus dijaga. Tapiiii setau aku itu ga berhubungan sama mitos2 nanti anaknya akan kenapa2. Lebih ke arah psikologi ibu hamil yg melayat, ntah bisa cape atau suasana sedih itu bisa pengaruh ke janin. Nah kalo dlm islam, hukum melayat itukan sunnah, jd demienjaga kesehatan ibu dan bayi, gak melayat juga gpp kok

Yg jelas percayakan semua sama yg di Atas bun, semua penyakit dan kesembuhan datangnya dari Tuhan semata. Percaya mitos apa lagi yg negatif sama aja kayak kita ga yakin 100% sama Tuhan. Rasa parno itu wajar dan kadang ga bisa dikendalikan, tp dengan yakin sama Tuhan dan banyak berdoa yg baik2, semua pasti baik2 aja
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
salam kenal dr calon mama yg br kehilangan calon bayinya.. -- Kenalan Yuk! 9
nenek ngga suka cucunya? -- Ngobrol Apa Saja 6
PCOS! padahal H2C bulan ini :( -- Diskusi Umum 18
Mual+Pusing padahal blm telat -- Ngobrol Apa Saja 2
Nenek Cerewet Saat Cucunya Sakit -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com