Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mamaht...   TS 
 
Posts: 6
Default Di Adu Domba Mertua

Hallo bunda... Mau curhat dan minta sarannya nih bun.
Aku sudah menikah dengan suami selama 1 tahun 6 bulan dan sudah dikaruniai satu orang anak. Selama pernikahan aku dan suami ga ada masalah internal bun. Suamiku orang baik2, tidak macem2, pulang kantor langsung pulang, sabar, dan sangat memenuhi tanggung jawab sbg suami. Saya juga sebagai istri berusaha untuk menurut suami dan tidak pernah ada keluhan suami terhadap saya..

Namun saya mempunyai mertua yang suka menyakiti saya bun..
1. Pada saat lamaran pernikahan saya merupakan awal rasa sakit hati saya bun. Saya diberikan barang bekas untuk seserahan. Di dalam seserahan itu terdapat celana dalam dan bra bekas pakai mertua yg dijadikan seserahan. Lalu ada sandal hotel, sikat gigi hotel, lingerie bekas dia, dan banyak lainnya bun. Saya juga diberikan gelang emas sebagai seserahan pernikahan. Lalu karena tidak pernah saya gunakan, mertua saya mengambil gelang itu lagi melalui suami saya dan berkata akan menggantinya dg yg lebih baik, namun ternyata tidak. Orangtua saya awalnya tidak mengetahui hal ini karena saya sembunyikan dan saya tidak mau pernikahan saya batal pada saat itu.

2. Saya sudah mengeluhkan kelakuan mertua saya pada suami saya. Namun suami terlalu takut menegur ibunya agar dapat menghargai saya. Akhirnya saya diam saja dan berusaha melupakan kelakuan si mertua. Tapi makin kesini makin menjadi-jadi. Ia mengirimkan pisang busuk ke rumah inu saya. Dan barang serta makanan bekas lainnya. Saat saya mengeluhkan hal ini dan disampaikan suami ke ibunya, saya malah dibilang tidak tau terima kasih.

3. Ia juga selalu mengeluhkan ke suami kalau saya tidak mau dekat dengannya. Saya memang tidak mau terlalu dekat dengannya karena saya tidak mau sakit hati lagi bun dan malah tambah kebencian saya terhadap dia. Akhirnya ia malah mengadu domba saya dan suami agar bertengkar. Misalnya jika saya jalan-jalan dengan suami, mau bersenang-senang setelah suami sibuk selama weekday di kantor, ia selalu merengek2 pada suami. Ada saja masalah sepele yang dibesar2kan. Ada saja masalah yg tadinya tidak ada jadi ada. Yang jelas ia tak pernah merasa senang jika saya menghabiskan waktu bersama suami saya. Dia ingin saya bertengkar dg suami saat jalan-jalan.

4. Saat saya baru melahirkan, suami meminjam mobil ibunya untuk menjemput saya dan anak pulang ke rumah. Namun saat sebelum pulang, mertua saya memberikan 3 sendok makan air putih pada bayi saya yg baru lahir. Padahal sudah ditegur oleh dokter spesialis anaknya agar jangan memberikan banyak2 karena nanti takut tersedak. Setelah dokter memeriksa dan keluar dr ruangan saya, ia malah memberikan anak saya satu sendok makan air putih lagi. Saya yg baru punya anak merasa khawatir terhadap bayi saya dan akhirnya menegur mertua dengan sopan, "Bu... Setau aku jangan dikasih air putih deh bu kata dokternya. Biar minum asi aja.." Lalu dia langsung berkilah, "Boleh kok boleh kata dokternya..." Setelah ditegur begitu tak berapa lama kemudian aku dan anakku yg baru lahir serta ada ibuku saat itu disitu yg menemani aku disuruh pulang naik taksi karena dia ngambek ditegur seperti itu. Mertua berbohong dengan bilang mobilnya dipakai untuk ke Glodok. Padahal bukan. Saya tahu hal ini karena mertua cerita sendiri ke suami saya bahwa dia memang ngambek pada saat itu...

Bun.. Dari segala siksaan itu saya sebagai menantu memilih diam. Artinya saya menjaga jarak agar tidak terlampau sakit hati dan malah susah disembuhkan. Namun mertua menginginkan saya menyukai dia. Bagaimana saya bisa suka dan nyaman dekat dengannya jika saya diperlakukan begitu bun. Tapi jika ia memyapa saya lewat bbm saya langsung menjawabnya. Jika ia main ke rumah saya, saya masih menyambutnya dengan senyum. Namun ia meminta lebih dan jika tidak dituruti, ia akan mengompori suami saya agar bertengkar dengan saya.

Kadang masalah sepele juga dibesar-besarkan bun. Dan ia pintar merayu suami saya agar bertengkar dengan saya.

Saya sudah mencoba sabar dengan diam saja. Namun ia selalu mencari kesalahan-kesalahan kecil saya agar suami menegur saya.

Ia juga agamis sekali, selalu update status bbm dengan ayat2 suci al quran. Sehingga jika ada perkara yang sebenarnya ia mulai sendiri, saya lah yg disalahkan orang-orang.

Saya bilang ke suami saya, saya sudah menyerah dan tidak butuh pengakuan dari mertua bahwa saya menantu yg baik. Saya tidak masalah dijelek2an mertua di depan orang lain. Biar suami saja yg menilai saya sebagai istri. Dan mudah-mudahan suami tidak terpengaruh doktrin dari ibunya. Karena saya dan suami sebenarnya tidak ada masalah apa-apa bunda. Apalagi saat ini saya udah punya anak. Seharusnya sebagai mertua tidak memperkeruh suasana rumah tangga. Namun malah di buat ricuh lantaran hal-hal sepele.

Bagaimana pendapat bunda ttg mertua saya. Saya tidak tahan. Masa saya harus bercerai dengan suami saya padahal saya dan suami tidak ada masalah apa-apa...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
Mau blg sabar udh sbr ya ikut pusing ah

soal mertua gak ngerti deh gimana hadapinnya tp gak usah lh smpe mikirin mau cerai segala bun. Lah mertua model gitu mah bnyk bun bnyk bgt memangnya bunda klw cerai nanti"y yakin gak akan nemu mertua model gitu.
Lagian gak ada mslh sm suami masa suami ikutan kena kan kasian. Klw bis ya tegur dgn tegasaja mertuannya jgn suka ikut cmpur ursn RT bunda, klw suami situ bela ibunya srh aja tgl sm ibunya gak usah pny istri sm anak.

ikut ni
 
  #3  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Haduuuh.....masalah mertua lagi.....bunda sabar yaaaa........cuma itu yg bisa kubilang
Dari sikap bunda, saya setuju sama bunda kalo saya jadi bunda saya juga mengambil sikap sama seperti bunda. Jaga jarak ngga deket2 tapi tetap bersikap hormat dan ramah . Dan melupakan impian jadi menantu teladan. Soalnya percuma juga jadi menantu teladan dari mertua yg ngga tau bagaimana menghargai kita.
Masalah sama suami ya bagaimanapun bunda harus memfokuskan diri dekat sama suami gimanapun caranya. Karena kita kan sudah berkomitmen berumah tangga selamanya. Jadi yg penting menjaga keutuhan rumah tangga sama suami.....
Semangat ya bunda sayang!!!!!

---------- Post added at 17:47 ---------- Previous post was at 17:45 ----------

Saya setuju sama paragraf pertama mak winnie.....tapi yg kedua jangaaaan bun....nanti kalo misua kabur kerumah ibunya beneran makin deh diprovokatorin.......pizz mak winnie.....

---------- Post added at 17:48 ---------- Previous post was at 17:47 ----------

Saya setuju sama paragraf pertama mak winnie.....tapi yg kedua jangaaaan bun....nanti kalo misua kabur kerumah ibunya beneran makin deh diprovokatorin.......pizz mak winnie.....
 
  #4  
Old
iis ri...
 
Posts: 950
 
lamaran make cd ma bra bekas???lingerin bekas???sandal hotel??
 
  #5  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Kadang aku suka heran sendiri, knpa ya mertua itu kebanyakan slalu vs sm menantu. Jarang yg bs couple adem ayem gt.. Aku ga bs comment byk bun. Aku s7 dg bunda happy. Kalau mnrtku, y sdhlh. Jdoh kita dpt mertua gt. Yg penting kt sudah hormat dan bersikap baik sm mertua. Orang lain mw menilai apa, y biarkanlah. Toh yg tau kenyataan ny kn kita sendiri. Yg penting bunda sm suami akur aja. Tunjukin sm mertua, biarpun di adu domba, suami ama bunda tetap adem ayem aj. Kalau perlu tambah kompak. Biar mertua gigit jari, udh capek2 adu domba, eh mlh mkin lengket.
 
  #6  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
yowes bun bnr mak happy jgn ditiru tp ah kalau udh keterlaluan dan ngadu domba trs berantem trs piye bun ?
klw bunda da coba yg terbaik, jd mantu yg baik segala yg trbaik lah klw gak dihargai juga, piye bun? pengen tau jg ni gimana bgsnya ngadepin mertua ntuh.
Trs anaknya dikasih" air putih itu pdhl ndk blh, apa mksdnya itu? syg kgak tuh sm cucunya, udh gitu hbs melahirkan disuruh pulang naik taksi lg pake acara ngambek" mau saingan sm cucunya kali ya(kyk anak").
pdhl udh tgl terpisah masih aja kerajinan mau bikin RT anaknya ribut.
Kurang perhatiaan kali ya ? minta diperhatikan tu bund ya kasih aja perhatian jgn dijauhin, ntar makin ngambek.

Maaf klw kasar
 
  #7  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Oh ya, soal celana dalam dan bra bekas itu. Tw dr mana itu bekas mertua? Terus tanggapan suami gmn? Kelewatan banget lah kalau itu.
 
  #8  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
lah iya itu lh lamaran pake cd sm bra bekas gakslh tu dr awal aja udh gak baik kok.
mending yg lain bekas ini cd sm bra bekas. Dunia mau kiamat.
 
  #9  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
He eh........mereka pelit apa suka ngegampangin orang lain, sombong, apa memang ngga punya sih buuun? Maaf kepo....soalnya kok mertua terlalu banget. Mending jgn ngasih kalok ngga mampu
 
  #10  
Old
safaya...
 
Location: jakarta
Posts: 365
 
Cuekin aja bun...klo dia sapa ya sapa baik,klo dia jahat ya diemin aja ga ush hiraukan,klo dia lagi main kerumah ya udh biasa aja...pokoknyaaa ttp memperlakukan mertua seperti mana harusnya dan terserah dia mau menilai kita gimana nanti jga org2 bakal tau siapa yg sebenernya salah..walaupun saat ini org2 menyalahkan bunda,biarkanlahhhh....hahahaha pokoknya dibuat se simple mungkin,biar hidup ini trus berjalan damaiii...
 
  #11  
Old
bunda ...
 
Posts: 4
 
sorry bund,,,,cm mo kasi saran...
menurut sy,sbg seorg muslimah yg baik,menerima cobaan dlm rmh tangga adalah syarat pasti yg harus diterima dan dijalani,krn sprti sabda rosul seorang istri/kaum hawa akan sgt mudah masuk surga jg sgt mudah masuk neraka
surga akan mudah diraihnya bila ia mjd seorg istri,ibu dan menantu yg solehah,termasuk didalamnya bersabar.
dan sebaliknya,neraka akan dihadiahi pd mrk kaum istri,ibu dan menantu yg durhaka.
dan memahami posisi bunda smg bunda seorang istri dan mertua yg tergolong solehah

kadang ada beberapa ujian Allah dlm rt qt yg mgkin diantara qt merasa g mampu melewatinya,tp dg bersabar insyaallah rmh tangga itu akan indah pd akhirnya

pertama cb perhatikan suami bunda,bila diantara cobaan yg bunda hadapi dg mertua bunda masih ada suami yg menguatkan mk tetaplah bertahan dlm rmh tangga itu,krn sebenarnya suami bkn tdk tau siapa yg benar dan siapa yg harus dibela,dia hanya merasa dilema untuk membela bunda,dia sadar bunda benar,tp dia jg tdk mgkin mjd anak durhaka dg melawan dan mengadili ibunya,

dlm islam ( seorang mertua harus lebih dimulyakan sebelum org tua sendiri)
(bagi seorang istri yg wajib dihormati suami,mertua,org tua)

jd lebih bersabarlah bunda menghadapi mertua bunda,wlo kebanyakan seperti itu tp hati manusia lebih lunak dr batu,batu yg bs berlubang pd akhirnya dg tetesan air yg terus menerus pun hati manusia yg keras bs disentuh dg kasih sayang yg terus menerus dan ikhlas,jgn bls dg dendam dan kemarahan,krn smwx Allah yg menilai...

semangaaattt tuk terus bersabar

dan saran terakhir sy,jgn posting ttg masalah mslh rmh tangga di medsos atau ma siapapun bun (ada yg menghukumi haram)
 
  #12  
Old
mamaht...   TS 
 
Posts: 6
 
Replying to: View Post
Oh ya, soal celana dalam dan bra bekas itu. Tw dr mana itu bekas mertua? Terus tanggapan suami gmn? Kelewatan banget lah kalau itu.
Mertua emang gitu bun. Kata suamiku sih dia biasa memberikan barang bekas untuk orang lain. Tapi menurut mertua memberikan barang bekas itu udah suatu effort yang besar, mankanya aku dibilang tidak tau terima kasih pas komplain. Yaa mau ngasih barang bekas jangan pas lamaran juga kali bun.. Sedih loh rasanya kita yang bakal ngurus anaknya (suamiku) sampe mati malah cuma dihargai pakaian dalam bekas.

Lagian bun emang dia selalu membanggakan apa yg dia berikan utk orang lain walaupun itu barang bekas.

Aku pun akhirnya cerita ke ibuku karena udah ga tahan sama perlakuan mertua. Ibuku sampai sedih dan mengelus dada. Tapi ya ga mungkin di sesali. Karena aku sudah menikah, punya anak, masa mau disuruh berpisah. Kan malah kasihan anakku bun.

Walaupun dia sudah menyakiti dan menginjak2 aku dan keluarga dg memberikan seserahan seperti itu, kita gamau bahas lagi. Hanya harapanku dan ibuku cuma jangan perkeruh suasana rumah tangga aku yg sebenarnya baik2 aja. Cukuplah aku sakit hati di awal gara2 seserahan itu dan aku lagi coba ngelupainnya dan itu butuh waktu.

Belum sembuh luka yang lama, ditambah lagi luka yang baru kalo deket2 sama dia...

---------- Post added at 20:17 ---------- Previous post was at 20:11 ----------

Replying to: View Post
He eh........mereka pelit apa suka ngegampangin orang lain, sombong, apa memang ngga punya sih buuun? Maaf kepo....soalnya kok mertua terlalu banget. Mending jgn ngasih kalok ngga mampu
Sebenarnya mertuaku itu keluarga yg cukup mampu. Tapi entah kenapa dia malah suka menghina orang dg memberikan barang bekas. Kalo nganterin makanan ke rumah besan (ibuku) semua makanan bekas dia. Semangka udah di belah dan di gigit dianter ke rumah. Pisang udah busuk dianter ke rumahku. Mamaku sampe ngebatin aja dalam hati. Maksudnya apa sih, kok seperti menghina.

Bun... Aku bilang sama suamiku pas memberikan seserahan. Aku bilang aku ga perlu barang mahal. Yg murah kan banyak, tapi jangan yg bekas.. Tapi aku komplain gitu dibilang gatau diri, gatau terima kasih...

Aku juga bilang sm suami kalo mereka memang keluarga tdk mampu, aku pasti akan maklumin sama apa yg mereka kasih. Tp kan mereka org mampu.

---------- Post added at 20:22 ---------- Previous post was at 20:17 ----------

Replying to: View Post
sorry bund,,,,cm mo kasi saran...
menurut sy,sbg seorg muslimah yg baik,menerima cobaan dlm rmh tangga adalah syarat pasti yg harus diterima dan dijalani,krn sprti sabda rosul seorang istri/kaum hawa akan sgt mudah masuk surga jg sgt mudah masuk neraka
surga akan mudah diraihnya bila ia mjd seorg istri,ibu dan menantu yg solehah,termasuk didalamnya bersabar.
dan sebaliknya,neraka akan dihadiahi pd mrk kaum istri,ibu dan menantu yg durhaka.
dan memahami posisi bunda smg bunda seorang istri dan mertua yg tergolong solehah

kadang ada beberapa ujian Allah dlm rt qt yg mgkin diantara qt merasa g mampu melewatinya,tp dg bersabar insyaallah rmh tangga itu akan indah pd akhirnya

pertama cb perhatikan suami bunda,bila diantara cobaan yg bunda hadapi dg mertua bunda masih ada suami yg menguatkan mk tetaplah bertahan dlm rmh tangga itu,krn sebenarnya suami bkn tdk tau siapa yg benar dan siapa yg harus dibela,dia hanya merasa dilema untuk membela bunda,dia sadar bunda benar,tp dia jg tdk mgkin mjd anak durhaka dg melawan dan mengadili ibunya,

dlm islam ( seorang mertua harus lebih dimulyakan sebelum org tua sendiri)
(bagi seorang istri yg wajib dihormati suami,mertua,org tua)

jd lebih bersabarlah bunda menghadapi mertua bunda,wlo kebanyakan seperti itu tp hati manusia lebih lunak dr batu,batu yg bs berlubang pd akhirnya dg tetesan air yg terus menerus pun hati manusia yg keras bs disentuh dg kasih sayang yg terus menerus dan ikhlas,jgn bls dg dendam dan kemarahan,krn smwx Allah yg menilai...

semangaaattt tuk terus bersabar

dan saran terakhir sy,jgn posting ttg masalah mslh rmh tangga di medsos atau ma siapapun bun (ada yg menghukumi haram)
Iyaa bun, mksh buat sarannya.

Mamaku juga bilang gitu, tiap rumah tangga pasti ada ujiannya. Kalo ga dari internal (suami atau si istri) pasti dari luar. Ya mertua salah satunya.

Bener bun, aku ga pernah posting masalahku di sosial media.
Ini aku curhat di forum ini juga karena minta pendapat kok bunda, apakah aku berlebihan jika msh sakit hati gara2 soal lamaran dan agak menjaga jarak dengan mertua.

Butuh saran bun karena dirumah yg bs aku aja ngobrol cuma mama doang. Tapi setiap aku obrolin ini dan minta pendapat malah kasihan aku jadinya sama mama karena ia merasa dirinya dan anaknya sudah diinjak2
 
  #13  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Lebih baik gk ush di ingat2 la bun kelakuan mrtua, cm bikin sakit hti kn? Tp gk merubah keadaan jg. Mdh2n dg bunda sabar, suatu saat mrtua akn paham, matanya bs terbuka dn ngeliat ap yg slh dr perilakunya. Skrg tgl sm mrtua atw sm ortu bun?
 
  #14  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
kalo hub bnda sma suami baik2 ngpain cerai???cuexin aja bun .... yg pntg suami tau gmn keadaan sbnrnya,tetap brbuat baik sma mertua dn jgn trlalu dkt klo cm bkin skt hti
 
  #15  
Old
Indah ...
 
Location: denpasar
Posts: 476
 
Cuekin aja bund. Yg penting bunda harus adem ayem ma suami. Jng smp suami kemakan doktrin emak nya. Wah...wah.. mertua kelewatan tuh . Jaga jarak aja bund. Biar ga makin skt ati.
Tp tetep hormat dan say hello kl bertemu. Tp ga deket2 bgt. Susah ya jaman skrng . Bnyk mertua jelous ma menantu nya sndri....sy jg di PMI bund. Pondok mertua indah. Lbh ruwet lg bund. Coz tiap hr ketemu bumer....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pusat Layanan Domba Aqiqah -- Area Promosi 0
Pelayanan Terdepan Domba Aqiqah di Bandung -- Area Promosi 0
PAKET SUSU DOMBA (untuk kulit putih alami dan sehat) -- Area Promosi 0
teman yg aku sayangi ternyata serigala berbulu domba..... -- Ngobrol Apa Saja 4
jual kambing atau domba untuk aqiqah/qurban. -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com