Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: lampung
Posts: 67
Default sakit hati gara gara mertua

saya ingin berbagi pengalam kisah nyata hidup saya yang saat ini saya alami saya harap ada masukan terbaik dari kalian semua yang membaca. tolong saya, tolong kasih pendapat untuk saya !
ini nyata yang saya alami saat ini !
Ga ngerti deh sama jalan pikiran mertua kok tega banget yaa (╥_╥)
gue mati matian kerja bantuin mereka dagang seharian sampe pada sakit semua badannya, kaki berasa mau putus, perut semakin membesar dan bentar lagi mau lahiran masih aja dituntut harus kerja kerja kerja? ga mikir atau emang gimana sih? (╥_╥) pake ngatain gue segala, menghina guelah, ngejelek jelekin guelah, ga mikir kali yaa kalo bukan gue sama suami gue yang bantuin mereka siapa lagi? udah dibantuin bukannya menghargai pekerjaan gue terima kasih kek apa kek malah marah marah teriak teriakan ga jelas? (╥_╥) harusnya mah mikir malu masih selalu ikut campur urusan anaknya, selalu kepoin urusan anaknya, apa apa selalu dikekang emangnya masih anak kecil? bayangin aja yaa orang mau pergi buat refershing aja malah marah, katanya "gausah keluar rumah ngapain didalem aja, dirumah juga sibuk" ??? yang bener aja orang disuruh didalem rumah terus? masa toko ga ada liburnya sama sekali, mau hujan mau badai mau gempa mau tsunami, mau tanggal merah, tanggal biru tetep aja disuruh kerja ? yang dikejar duit terus ga pernah mikirin perasaan orang lain ? sedangkan gue aja ga pernah minta apa apa dari mereka, duit aja gue ga megang! yang gue minta cuma TOLONG LEPASIN gue sama suami gue, kita itu mau hidup mandiri ga mau ikut orang tua terus, TOLONGLAH JANGAN SELALU IKUT CAMPUR urusan gue sama suami, mikir panjang dong jangan selalu nurutin egoisnya sendiri aja! (╥_╥) didepan orang banyak kalian selalu so peduli so baik so pahlawan so malaikat, tapi didalem rumah sifat kalian ga jauh beda dari ibu tiri, kasar, ngebentak, ga peduli, menghina orang, dan ucapan kalian kasar bangeeett (╥_╥) sangat jauh berbeda sama yang diluar rumah? dan kenapa kalo so baik so peduli so malaikat cuma didepan suami gue aja, pas suami gue ga ada kalian kumat lagi kasar, menghina, ga peduli ? (╥_╥) kurang sabar apa coba gue ada disini, harus ngerasain sakit hati yang mendalam, tekanan batin gara gara tingkah kalian, kalian udah ngerebut semuanya, kebahagiaan gue dan suami yang tadinya udah harmonis terus kalian usik? (╥_╥) setiap gue sama suami punya urusan kalian selalu jadi bumerang, selalu masuk dan ingin tau? mendingan gue tinggal digubuk reyot sama suami dan anak gue tapi bagaikan istana termegah dari pada harus tinggal diserba kecukupan dan kaya tapi ga ada rasa bahagia sama sekali (╥_╥) ga gampang jadi gue ada disini dilingkungan ini (╥_╥) rasanya tuh hati teriris banget menahan kesabaran yang ga ada selesainya, capeeeee (╥_╥) harus sampe kapan diginiin terus sama mertua? padahal gue pengen nganggep mertua itu seperti orang tua gue sendiri tapi sifat dan tingkah laku kalian yang bikin gue sakit hati (╥_╥)
yaa allah tolong cepat sadarkan mereka, buatlah mereka sadar dengan apa yang udah mereka lakuin ke saya udah bikin hancur semuanya (╥_╥) saya udah sangat sabar dengan sikap mereka tapi mereka malah makin keterlaluan (╥_╥) saya cape ya allah, hati saya udah terlalu sakit karna sifat mereka (╥_╥) nangis terus kalo lagi disakitin mereka, masa maunya selalu diturutin egoisnya, apa apanya selalu kaya anak kecil!
bayangain aja gue udah cape seharian kerja bantuin mereka dagang, beresin seisi rumah, terus merea malah sibuk ngeberantakin lagi? sedangkan rumahnya aja banyak perabotan, gue harus angkat berat ini itu buat beresinnya, eh malah diacak acak lagi, sampah ga dibuang ke tempatnya malah dibuang sembarangan didalem rumah, baju kotor bukannya ditaro di bak malah dilempar dimana mana? baju yang udah dicuci bukannya dijemur malah ditaro dikamar mandi? dan itu semua harus gue yang ngelakuin, mertua mah ena enakan aja ngeberantakin (╥_╥) padahal dari gue hamil 1 bulan dan sampe sekarang gue mau lahiran harus selalu nurutin apa maunya merea, kerja angkat berat gue mau, kerja bantuin merea dagang seharian gue mau, orang lain aja yang bukan sodara bisa perhatian sama gue "kalo lagi hamil jangan angkat berat hati hati tuh anak pertama" itu orang lain yang perhatian ke gue tapi mertua gue sendiri ga pernah kaya gitu, ini malah dituntut suruh kerja kerja kerja (╥_╥) yaa allah (╥_╥) ini kisah kehidupan apa? kenapa terjadi sama aku? (╥_╥) disaat aku udah menemukan laki laki yang pas dan aku cintai dan aku udah ga mau pacaran lagi aku mau hidup berumah tangga dengannya eh malah diusik sama mertua (╥_╥) sakiiiittt hatiku ya allah (╥_╥) tolong selesaikan semua ini ya allah gakuat rasanya (╥_╥)
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Putri ...
 
Location: Surabaya
Posts: 372
 
hmmm.....ikut sedih bacanya.

bunda udah pernah curhat ke suami belum tentang perlakukan mertua?

coba beritahu suami...mungkin awalnya dia ga percaya...(niruin sinetron. coba kadang rekam suara ngumpet2 lewat hp gmn kasarnya perkataan mertua ke bunda). sapa tau percaya...

coba juga ngomong ke mertua untuk tidak bersikap kasar,,,ungkapkan kalo bunda memperlakukan mertua seperti ibu kandungnya. minta tolong dihargai dan disayangi sama seperti beliau ke anaknya. apalagi bunda lagi hamil jangan sampe stres lho bun...kasian dedek bayinya....
 
  #3  
Old
Maya A...
 
Location: touyuen.taiwan
Posts: 4,628
 
kalo gua pkir nih yah....
loe ntuh terlalu sabar terlalu pasrAHH,.....
coba deh loe bilang ama suami loe orng tuanya ntuh kyak apa...
kok nganggep loe kyak pembntu ajah... enak bngt ntuh orang....
kasihan ntuh anknya mending plang ke rumh ortu loe dah.. jaga ntuh kesehtan bentar lagi brojol ntuh.....
sekrng yg loe pkirin ntuh ank kgak usah mkir ntuh mertua sinting...
 
  #4  
Old
bunda ...
 
Posts: 618
 
duh bund, turut prihatin yah..
Mertuku jga kdang2 kepo bgt bund,
tpi smenjak aku n suami prnh brantem gara2 hal itu, akhirnya suami mnta mertu jgn ikut cmpur urusan kami.
Soalnya aku ancam akan ninggalin dy klo gni trus..
Alhasil, skrg mertu gg ikut campur urusa kami kcuali klo aku yg mnta ..
Bunda yg sabar ya bund..
Coba bcarain sama suami.
N smoga smua cepet mmbaik
 
  #5  
Old
innake...
 
Location: kudus
Posts: 348
 
sdih deh bun klo da crita2 kya gni.. udh tinggal drumh mertua mo ngpa2in kikuk g bebas msih jg dbntak2in.klo ak sie udh mnding kontrak aj bun.bunda bcrakn lg baik2 ma suami kli aj suami mo dgr.kshn jg dede bayiny bun klo pasca hmil bundany trtekn psti ngaruh ma prkmbgn debaynya.
dlu ak jg pas awal nkah tgal ma mertua bun,t gtu deh mo ngpa2in g bebas,trtekan.aplg klo suami lg krja duh rsany jam kog brputar2.tp mrtuaku sie g jhat bun cma aku nya aj yg g enak klo mo ngpa2in suami suka mnta pndpt dlu ma mrtua.smpe akhrny ku ptusin bwt kntrak aj.adem ayem bun mo ngpa2in,hehe..
 
  #6  
Old
Dinny ...
 
Posts: 191
 
Wah..bunda jd ikutan prihatin,
apalagi bunda sedang hamil anak pertama.
mungkin hal yang pertama kali bunda harus lakukan adalah mencari tahu penyebab mertua bersikap seperti itu. apakah dulu beliau tidak setuju suami menikahi bunda? apakah ada yg beliau tidak sukai dari bunda?
kalau boleh tahu apakah suami anak tunggal?anak laki2 satu2nya atau anak pertama?
terkadang secara psikologis orangtua memiliki keterikatan, rasa cinta sekaligus rasa takut kehilangan yang begitu besar, terutama seorang ibu terhadap anak laki2nya. ada kekhawatiran ketika si anak akan lebih cinta kepada istrinya dan menjauh dari orangtuanya. rasa yang berlebihan ini yang sering menyebabkan orangtua "melampaui batas kewenangannya" dengan ikut campur terlalu jauh dalam rumah tangga anaknya.
sikap ini memang tidak bisa dibenarkan bun, tapi ada baiknya kita memaklumi..dan berusaha untuk mendekati mertua dengan cara memahami cara pikirnya.
memang susah dan butuh kesabaran bun, apalagi dari cerita bunda, bunda selalu melakukan yang terbaik untuk keluarga suami dan berbakti tapi balasannya ternyata tidak sesuai harapan.
kalau saran dari saya, suami harus tahu keadaan yg sebenarnya. carilah cara dan waktu yang tepat untuk berdiskusi dengan suami. sekiranya suami memahami perasaan bunda dan mengerti situasinya serta bisa untuk bersikap obyektif, coba duduk bersama dengan mertua dan bicarakan masalahnya. jangan ragu untuk memulai dengan kata maaf (sesalah2nya orangtua, posisi kita tetap sebagai anak dan kita wajib menghormati) mungkin saja ada kesalahan kita yang tidak kita ketahui sebelumnya yang melukai perasaan mereka. mudah2an dari obrolan bersama itu ada solusinya.
jika tidak ada titik terang, ada baiknya bunda meminta sikap tegas suami untuk bisa memulai hidup mandiri tanpa melalaikan kewajibannya sebagai anak (bisa tetap bantu2 di toko tapi tidak ikut tinggal seatap dengan orangtua).
tetap sabar ya bunda, saya ikut mendo'akan masalah bunda segera terselesaikan dan kelahiran si kecil bisa menjadi pelita dan pengikat bagi hubungan bunda dengan keluarga suami agar lebih harmonis lagi
 
  #7  
Old
nitaaa...
 
Location: Bandung
Posts: 588
 
Komunikasikan secara langsung dengan mereka bund . Percuma bunda marah" disini toh mertua bunda gatau kan ? Atau bunda bisa ajak suami buat tinggal terpisah . Harus tegas yaa bilangnya . Suami kan udah jadi imam bunda , kenapa terus"an ngikut ortunya gitu !
 
  #8  
Old
Ratu R...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 686
 
Turut prihatin ya bund,,, ternyata masih ada aja org yg punya sikap n sifat begitu,,,
dengan bunda tulis disini, aku rasa sedikit bisa buat bunda lega,,
tp ada percuma nya juga krna org yg bunda tuju ga mungkin bisa baca,,

masalah yg kek gini, coba bunda bicarakan sama suami,,, apalagi bunda lagi hamil,, kasih pengertian kesuami,,
klo pun suami ga bisa ngomong apa2 ke ortunya, lebih baik bunda tinggal sementara dirumah ortu bunda,, supaya kesehatan n perkembangan debay bisa maksimal,,

maaf ga bisa banyak membantu bunda,, semoga dikasih jalan keluarnya ya bund
 
Hargai dia yg membencimu,
karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.
  #9  
Old
elin k...
 
Location: KP. DIY
Posts: 2,563
 
Turut prihatin dgn apa yg bunda alami tapi untuk masalah seperti ini mending bunda bicarakan pertama sama suami bunda dulu.. kalau siami bunda gak percaya bunda rekam saka waktu mertua ngomel2 dan kadih bukti2 yg meyakinkan.. setelah suami bunda percaya baru deh diadakan rapat kecil ma mertua bunda.. bunda dan suami jelasin kemertua kalau kalian keberatan dg sikap mertua yg terlalu menuntut..dan bicarakan jg kalao kalian ingin mandiri.. dg catatan bahasanya merendah agar mertua bunda tdk tersinggung..
 
***** namanya juga manusia hidup pasti ada masalahnya...
Wong yang udah gak hidup aja kadang masalahnya belum selesai kok..***** ^_^
iyo to lur...
  #10  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: lampung
Posts: 67
 
Replying to: View Post
Wah..bunda jd ikutan prihatin,
apalagi bunda sedang hamil anak pertama.
mungkin hal yang pertama kali bunda harus lakukan adalah mencari tahu penyebab mertua bersikap seperti itu. apakah dulu beliau tidak setuju suami menikahi bunda? apakah ada yg beliau tidak sukai dari bunda?
kalau boleh tahu apakah suami anak tunggal?anak laki2 satu2nya atau anak pertama?
terkadang secara psikologis orangtua memiliki keterikatan, rasa cinta sekaligus rasa takut kehilangan yang begitu besar, terutama seorang ibu terhadap anak laki2nya. ada kekhawatiran ketika si anak akan lebih cinta kepada istrinya dan menjauh dari orangtuanya. rasa yang berlebihan ini yang sering menyebabkan orangtua "melampaui batas kewenangannya" dengan ikut campur terlalu jauh dalam rumah tangga anaknya.
sikap ini memang tidak bisa dibenarkan bun, tapi ada baiknya kita memaklumi..dan berusaha untuk mendekati mertua dengan cara memahami cara pikirnya.
memang susah dan butuh kesabaran bun, apalagi dari cerita bunda, bunda selalu melakukan yang terbaik untuk keluarga suami dan berbakti tapi balasannya ternyata tidak sesuai harapan.
kalau saran dari saya, suami harus tahu keadaan yg sebenarnya. carilah cara dan waktu yang tepat untuk berdiskusi dengan suami. sekiranya suami memahami perasaan bunda dan mengerti situasinya serta bisa untuk bersikap obyektif, coba duduk bersama dengan mertua dan bicarakan masalahnya. jangan ragu untuk memulai dengan kata maaf (sesalah2nya orangtua, posisi kita tetap sebagai anak dan kita wajib menghormati) mungkin saja ada kesalahan kita yang tidak kita ketahui sebelumnya yang melukai perasaan mereka. mudah2an dari obrolan bersama itu ada solusinya.
jika tidak ada titik terang, ada baiknya bunda meminta sikap tegas suami untuk bisa memulai hidup mandiri tanpa melalaikan kewajibannya sebagai anak (bisa tetap bantu2 di toko tapi tidak ikut tinggal seatap dengan orangtua).
tetap sabar ya bunda, saya ikut mendo'akan masalah bunda segera terselesaikan dan kelahiran si kecil bisa menjadi pelita dan pengikat bagi hubungan bunda dengan keluarga suami agar lebih harmonis lagi


iyah bun suamiku anak ke 2 dari 3 bersaudara, tapi perlakuan orang tuanya ke suamiku tuh kaya anak tunggal dan ga mau kalo anaknya tuh jauh jauh dari orang tuanya ?????? iihh kan aneh banget ? harusnya mau kalo orang tua yang baik ga akan selalu ikut campur urusan anaknya kan ? apalagi aku kenal suamiku tuh udah lama banget aku tau sifat dia yang sebenernya, cuma dia takut sama orang tuanya dan terlalu nurut !!
binguuuunng banget bun

---------- Post added at 19:02 ---------- Previous post was at 18:59 ----------

terima kasih banyak yaa bunda bunda smart udah kasih aku saran yang luar biasa keren banget, dan memotifasi aku untuk lebih bersabar lagi dalam menghadapi cobaan ini yaa walaupun terkadang masih sering nangiissss siiiihhhh :'(
masalahnya bun mertuaku tuh pinter banget aktingnya, dia didepan suamiku tuh selalu baik, perhatian, peduli, yaa pokonya so pahlawan gitu deh, tapi pas suamiku ga ada eh malah aya kesurupan ? kan aneh banget buuunnnnn, dan aku suka cerita sama suami pas malem, aku bilang tentang perlakuan orang tuanya ke aku tapi dia ga percaya malah orang tuanya dibelain, iihhh kan sakit hati bun
 
  #11  
Old
novita...
 
Posts: 1
 
Replying to: View Post
saya ingin berbagi pengalam kisah nyata hidup saya yang saat ini saya alami saya harap ada masukan terbaik dari kalian semua yang membaca. tolong saya, tolong kasih pendapat untuk saya !
ini nyata yang saya alami saat ini !
Ga ngerti deh sama jalan pikiran mertua kok tega banget yaa (╥_╥)
gue mati matian kerja bantuin mereka dagang seharian sampe pada sakit semua badannya, kaki berasa mau putus, perut semakin membesar dan bentar lagi mau lahiran masih aja dituntut harus kerja kerja kerja? ga mikir atau emang gimana sih? (╥_╥) pake ngatain gue segala, menghina guelah, ngejelek jelekin guelah, ga mikir kali yaa kalo bukan gue sama suami gue yang bantuin mereka siapa lagi? udah dibantuin bukannya menghargai pekerjaan gue terima kasih kek apa kek malah marah marah teriak teriakan ga jelas? (╥_╥) harusnya mah mikir malu masih selalu ikut campur urusan anaknya, selalu kepoin urusan anaknya, apa apa selalu dikekang emangnya masih anak kecil? bayangin aja yaa orang mau pergi buat refershing aja malah marah, katanya "gausah keluar rumah ngapain didalem aja, dirumah juga sibuk" ??? yang bener aja orang disuruh didalem rumah terus? masa toko ga ada liburnya sama sekali, mau hujan mau badai mau gempa mau tsunami, mau tanggal merah, tanggal biru tetep aja disuruh kerja ? yang dikejar duit terus ga pernah mikirin perasaan orang lain ? sedangkan gue aja ga pernah minta apa apa dari mereka, duit aja gue ga megang! yang gue minta cuma TOLONG LEPASIN gue sama suami gue, kita itu mau hidup mandiri ga mau ikut orang tua terus, TOLONGLAH JANGAN SELALU IKUT CAMPUR urusan gue sama suami, mikir panjang dong jangan selalu nurutin egoisnya sendiri aja! (╥_╥) didepan orang banyak kalian selalu so peduli so baik so pahlawan so malaikat, tapi didalem rumah sifat kalian ga jauh beda dari ibu tiri, kasar, ngebentak, ga peduli, menghina orang, dan ucapan kalian kasar bangeeett (╥_╥) sangat jauh berbeda sama yang diluar rumah? dan kenapa kalo so baik so peduli so malaikat cuma didepan suami gue aja, pas suami gue ga ada kalian kumat lagi kasar, menghina, ga peduli ? (╥_╥) kurang sabar apa coba gue ada disini, harus ngerasain sakit hati yang mendalam, tekanan batin gara gara tingkah kalian, kalian udah ngerebut semuanya, kebahagiaan gue dan suami yang tadinya udah harmonis terus kalian usik? (╥_╥) setiap gue sama suami punya urusan kalian selalu jadi bumerang, selalu masuk dan ingin tau? mendingan gue tinggal digubuk reyot sama suami dan anak gue tapi bagaikan istana termegah dari pada harus tinggal diserba kecukupan dan kaya tapi ga ada rasa bahagia sama sekali (╥_╥) ga gampang jadi gue ada disini dilingkungan ini (╥_╥) rasanya tuh hati teriris banget menahan kesabaran yang ga ada selesainya, capeeeee (╥_╥) harus sampe kapan diginiin terus sama mertua? padahal gue pengen nganggep mertua itu seperti orang tua gue sendiri tapi sifat dan tingkah laku kalian yang bikin gue sakit hati (╥_╥)
yaa allah tolong cepat sadarkan mereka, buatlah mereka sadar dengan apa yang udah mereka lakuin ke saya udah bikin hancur semuanya (╥_╥) saya udah sangat sabar dengan sikap mereka tapi mereka malah makin keterlaluan (╥_╥) saya cape ya allah, hati saya udah terlalu sakit karna sifat mereka (╥_╥) nangis terus kalo lagi disakitin mereka, masa maunya selalu diturutin egoisnya, apa apanya selalu kaya anak kecil!
bayangain aja gue udah cape seharian kerja bantuin mereka dagang, beresin seisi rumah, terus merea malah sibuk ngeberantakin lagi? sedangkan rumahnya aja banyak perabotan, gue harus angkat berat ini itu buat beresinnya, eh malah diacak acak lagi, sampah ga dibuang ke tempatnya malah dibuang sembarangan didalem rumah, baju kotor bukannya ditaro di bak malah dilempar dimana mana? baju yang udah dicuci bukannya dijemur malah ditaro dikamar mandi? dan itu semua harus gue yang ngelakuin, mertua mah ena enakan aja ngeberantakin (╥_╥) padahal dari gue hamil 1 bulan dan sampe sekarang gue mau lahiran harus selalu nurutin apa maunya merea, kerja angkat berat gue mau, kerja bantuin merea dagang seharian gue mau, orang lain aja yang bukan sodara bisa perhatian sama gue "kalo lagi hamil jangan angkat berat hati hati tuh anak pertama" itu orang lain yang perhatian ke gue tapi mertua gue sendiri ga pernah kaya gitu, ini malah dituntut suruh kerja kerja kerja (╥_╥) yaa allah (╥_╥) ini kisah kehidupan apa? kenapa terjadi sama aku? (╥_╥) disaat aku udah menemukan laki laki yang pas dan aku cintai dan aku udah ga mau pacaran lagi aku mau hidup berumah tangga dengannya eh malah diusik sama mertua (╥_╥) sakiiiittt hatiku ya allah (╥_╥) tolong selesaikan semua ini ya allah gakuat rasanya (╥_╥)
Bunda, apa yg bunda alami sama persis dengan saya, malah saya rasa lebih parah saya. Yg dibilang boros lah, apalah, padahal, suami ku ikhlas ngerjain itu smua. Suami ku 2 bersaudara, tp dia dibuat kayak anak tunggal, semua2 dia, sampai suami ku meninggal juga karna dia. Terlalu sakit hati ku karna perlakuan mereka. Yg sabar ya bunda..
 
  #12  
Old
gita a...
 
Posts: 17
 
mertua qu jg suka kepo bun...smpe hmpir typ hri brantem gr" mertua
duh maaf bun gak bsa ngasih masukan..q ajah juga mau pecah rsax klo mkir mertua
 
  #13  
Old
Imel Y...
 
Location: Lippo Karawaci
Posts: 60
 
"Saya sakit hati dengan mertua saya. Setiap kali saya teringat saat ia membentak saya bertahun-tahun yang lalu, saya rasanya mau marah dan masih kesal! Hati saya rasanya sakit setiap kali saya mengingat atau teringat-ingat kejadian itu. Hal itu membuat saya setiap kali melihat mukanya (mertua) saja sudah kesal dan mau marah!".

Tahukah Anda kenapa ada banyak menantu yang merasa kesal, benci, marah, sedih, tertekan dan sakit hati dengan mertuanya?

Tahukah Anda kenapa banyak sekali mertua yang memperlakukan menantunya begitu buruk sampai menantunya sakit hati dan berlinang air mata selama bertahun-tahun bahkan hingga berpuluh-puluh tahun?

Tahukah Anda saat kita marah, benci, kesal, dendam, kecewa, sedih, dsj dengan seseorang maka sesungguhnya kita sedang mengalami “kebocoran energy?” itu sebabnya kita menjadi begitu mudah lelah dan rentan terkena penyakit karna daya tahan tubuh juga ikut menurun. Itu diluar secara LOA (Law of Attraction) ternyata kita otomatis “menarik” problem yang sejenis.

Tahukah Anda, ternyata sakit hati dengan mertua selama bertahun-tahun, terbukti bisa sembuh dengan cepat dan tuntas hanya dengan teknologi… https://goo.gl/UqVJzd

Baca kisah nyata bagaimana seorang menantu baik hati yang terluka hatinya karna perlakuan buruk mertua, berhasil menyembuhkan luka batin di hatinya dan melanjutkan hidupnya dengan bahagia, hanya di… https://goo.gl/UqVJzd
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Gara-gara bunda sembarang makan, Baby kena batunya... -- Diskusi Umum 2
gara-gara forum ibuhamil.com saya jadi kebelet mau punya debay... -- Ngobrol Apa Saja 6
Sakit gara-gara makan durian -- Diskusi Umum 2
sakit hati gara-gara ipar :aaah: -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com