Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Fanny ...   TS 
 
Posts: 2
Default Hamil 5 w Butuh Info dan Tips

haloo bunda , salam kenal semua yaa ..
saya baru bergabung dalam forum ini ,
bund,, mohon bantuan untuk info dan tips selama hamil uk 5w dong ,
karena ini merupakan kehamilan pertama bund ..

Terimakasih
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
ini artikel yg saya baca

Kehamilan Minggu ke-5
Ujung Pena


Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 5 Minggu
Setelah terjadi perkembangan sel yang cepat dalam beberapa minggu, janin Anda mulai lebih jelas rupanya. Berikut adalah apa saja yang terjadi selama kehamilan di minggu ke-5:
Jantung dan sistem peredaran darahnya mulai terbentuk – sebuah tonjolan menunjukan tempat terbentuknya jantung janin Anda. Di akhir minggu ke-5 kehamilan, pembuluh-pembuluh darah pertama si janin sudah terbentuk.
Sekitar minggu ke-5 kehamilan Anda, jantung janin Anda sudah mulai berdetak dan mungkin dapat dilihat dengan gelombang ultrasound.
Tali pusat/pusar mengganti posisi kantong kuning telur (yolk sac). Tali pusar bekerja sama dengan ari-ari (plasenta) membawa nutrisi dan oksigen ke janin Anda dan membuang sisa metabolisme.
Saat Anda hamil 5 minggu, ukuran janin Anda sudah sepanjang ujung pena, sekitar 1.5 mm, dan bertumbuh dengan cepat setiap hari.


Tubuh Anda yang Berubah saat Usia Kehamilan 5 Minggu
Meskipun nantinya kehamilan tampak lebih dramatis di dunia luar, minggu-minggu pertama kehamilan Anda ditandai dengan perubahan-perubahan yang paling dramatis di dalam diri Anda. Semua sistem dalam tubuh Anda yang hamil berubah untuk membantu janin baru Anda berkembang. Selama minggu ke-5 kehamilan Anda, mungkin Anda sudah mulai melihat gejala-gejala berikut ini:
Merasa lelah? Tubuh Anda memproduksi semakin banyak darah untuk membawa oksigen dan zat-zat gizi ke janin Anda. Bertambahnya darah Anda secara khusus mungkin lebih tinggi pada kehamilan minggu ke-5, sehingga memacu peredaran darah Anda. Denyut jantung Anda bertambah untuk mengimbanginya, dan perubahan-perubahan ini mungkin menyebabkan kelelahan, pusing, atau bahkan sakit kepala.
Di usia kehamilan Anda 5 minggu, mungkin Anda merasakan beberapa gejala di masa-masa awal kehamilan yang lainnya. Gejala-gejala lainnya antara lain payudara berubah, mual-mual, semakin peka terhadap bau, sering buang air kecil, atau suasana hati tidak stabil (mood swings).
Wanita pada umumnya mulai merasakan gejala pada usia kehamilan 5 minggu. Tetapi setiap kehamilan itu unik. Beberapa gejala mungkin lama baru muncul atau tidak sama sekali.
Sekitar minggu ke-5 kehamilan, ari-ari (plasenta) yang membantu memberi makan si janin bertumbuh dan menempel pada rahim, yang mungkin menyebabkan vlek (bercak) ringan (light spotting).
Setelah 5 minggu hamil, hal yang mungkin Anda rasakan adalah Anda bisa mual oleh bau-bau dari rutinitas sehari-hari Anda. Mungkin Anda ingin mencari sumber dan menghindari bau-bau yang mengganggu Anda.
Apabila Anda mengalami suasana hati yang benar-benar tidak stabil pada masa-masa awal kehamilan, Anda tidak sendiri. Anda mungkin ingin mencurahkan perasaan Anda dan mendapat dukungan emosional yang Anda perlukan dari pasangan, keluarga, dan teman Anda.




Kesehatan dan Gizi di Usia Kehamilan 5 Minggu
Manfaatkan Sebaik-baiknya Kunjungan Anda ke Dokter
Perawatan prakelahiran secara rutin tetap merupakan bagian terpenting dalam memantau kesehatan Anda dan kesehatan janin Anda selama kehamilan Anda. Sekarang adalah waktunya untuk membuat jadwal Kunjungan Prakelahiran pertama Anda. Dokter umumnya akan membuat jadwal dengan Anda saat kehamilan Anda antara enam sampai sepuluh minggu.
Kunjungan Prakelahiran pertama Anda ke dokter akan menjadi salah satu dari hal-hal yang mendebarkan Anda. Dalam kunjungan ini, dokter Anda akan memastikan kehamilan Anda dan mencatat riwayat medis Anda. Mungkin dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes-tes rutin lainnya untuk memastikan Anda dan janin Anda sehat.
Komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Apabila ada hal yang tidak Anda mengerti saat kunjungan ke dokter, jangan lupa minta penjelasan atau keterangan selengkapnya.
Dapatkan informasi dan lengkapi diri Anda. Semakin banyak yang Anda tahu maka Anda akan semakin bisa membuat pilihan-pilihan terbaik selama kehamilan Anda.
Perhatikan area lain selain perut. Jangan lupa untuk imbangi area-area lain dari seluruh kesehatan Anda. Buat jadwal rutin ke dokter gigi dan segera atasi keluhan-keluhan lain apabila terjadi.
Olahraga: Mencari Rutinitas yang Tepat Bagi Anda
Olahraga meningkatkan kesehatan Anda dan janin Anda. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sehat hari ini merupakan fondasi bagi hari esok saat Anda mengejan dan melahirkan si janin. Lihat beberapa petunjuk yang mungkin membantu Anda untuk mencari rutinitas yang tepat:
Bicarakan kepada dokter Anda tentang perubahan dalam program olahraga Anda atau rutinitas kesehatan.
Lengkapi diri Anda agar olahraga Anda berhasil yaitu dengan memakai sepatu yang tepat dan BH (bra) khusus olahraga yang banyak topangannya.
Jangan lewatkan bagian peregangan! Mulai dan akhirilah setiap olahraga dengan peregangan supaya tidak kejang otot.
Bangun pelan-pelan jika dalam posisi berbaring atau duduk supaya tidak merasa pusing atau pingsan.
Usahakan untuk melakukan kegiatan fisik selama 30 menit atau olahraga hampir setiap hari dalam seminggu.
Mungkin nantinya Anda ketahui ternyata ada beberapa jenis olahraga yang bisa meringankan rasa sakit atau ketegangan otot yang berhubungan dengan kehamilan. Coba lakukan peregangan, jalan-jalan, berenang, aerobik dalam air, mengayuh sepeda statis, aerobik ringan atau senam jantung ringan. Bereksperimenlah untuk mencari rutinitas yang paling baik manfaatnya buat Anda.
Catatan Tentang Gizi
Kehamilan merupakan salah satu waktu terbaik untuk memompa asupan gizi Anda, karena pilihan-pilihan yang Anda buat sekarang akan berpengaruh terhadap Anda dan janin Anda. Selama kehamilan minggu ke-5:
Teruskan makan makanan yang seimbang.
Ingat, keseimbangannya bukan dalam masing-masing makanan. Gunakan piramida makanan dari USDA Food Pyramid sebagai panduan gizi,dan lihat bagian untuk ibu hamil saat Anda berada di sana.
Karena Anda akan semakin merasa kelaparan, mulailah menambah sedikit tambahan kalori yang dipilih dengan baik dalam makanan Anda. Selama trimester pertama Anda, Anda belum perlu menambah kalori tambahan pada makanan Anda.


semoga bermanfaat ya bun
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Anda Butuh Info dan Tips Pendidikan Kreatif Terbaru Untuk Anak? GRATIS -- Area Promosi 0
Ibu hamil muda lg butuh info nieee... -- Diskusi Umum 18
bunda mohon saran ya aku baru hamil anak pertama butuh info nih -- Ngobrol Apa Saja 4
hamil 18w pas, butuh info bgt, share ya bunda2 syg... :) -- Diskusi Umum 10
Info Tips Program Hamil -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com