Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #46  
Old
Natasy...
 
Posts: 3
 
Bund kita sama nasibnya, saya tinggal sama mertua dari hamil 5 bulan. Suami saya anak kesayangan mertua saya. Pas lahiran saja, saya pdahal sangat berharap suami saya yg temenin tapi mertua yg ambil alih kebetulan suami tugas malam krna saya lahiran pagi jam 7. Sampai saya lahiran suami saya tdk dtg ternyata disuruh tidak usah dtg sm ibunya. Mertua saya juga sangat sangat over dengan anak saya, anak saya seperti boneka kristal dibuatnya. Tidak boleh kenapa2, kalo kenapa2 dia yg lebhay. Terus mertua suka komen ini itu saat saya mengurus anak saya padahal saya kan ngga bego bego amat walaupun anak pertama, jadi kayak dia ibunya saya babysitter anak saya. Memang dari awal saya ngga mau tinggal sama mertua tp suami memaksa. Saya jadi batin. Belom lagi kalo bayiku tidur mertua kalo ngomong suka pake toa. Pokoknya 90% saya kurang suka dan cocok sm pemikiran dan tingkah mertua. Yg paling saya tidak suka, sifatnya yg suka memaki maki org di belakang (dasarnya mulutnya suka mengeluarkan kata kotor) tapi didepan orang itu dia baik seperti malaikat. Sebenarnya mah banyak lagi kedongkolan terutama suka ngebangkit. Saya pengen pulang mama jauh di manado dan sedang sakit. Sementara saya di medan. :'(

---------- Post added at 23:56 ---------- Previous post was at 23:42 ----------

Dan parahnya lagi selama 1thn 3bulan ini setiap hari saya tidur sekamar dengan suami saya, bayi saya, mertua (ibu) dan adik ipar (cowok umur 20thn) kami tidak punya kamar sendiri pdahal dirumah ada 3 kamar. 1 buat mertua (bapak) 1 lagi tidak bisa dipakai krna dijadikan gudang. Saya batin banget bunda, sudah ajak suami pindah tapi dia tidak mau. Saya bertahan hanya krna tidak mau bercerai dan tidak mau pisah dengan bayi saya. Karena dari nikah, periksa hamil, dan makan saya sehari hari mertua yg biayain. Suami saya kerja tapi selalu tergantung ortunya krna terlalu dimanjakan ortunya.
 
  #47  
Old
BundaF...
 
Posts: 160
 
Bun natasya: bersyukur aja bun mertua syg sama anak bunda, awalnya saya berfikir mertua over bgt ke anak saya waktu masih bayi, kaya mandiin n momong harus sama mertua saya ga boleh mandiin juga, kalo nangis langsung panik dan bawa anak saya di gendong sampe tidur awalnya kesel tapi klo dipikir ngebantu bgt bun buat me time istirahat waktu masih bayi kan perlu penyesuaian kan kita. Pokonya ngebantu banget lah bun mertua yg syg bgt cucu nya walopun over hhee.
Banyak bgt thread bunda yg lain pd ga d perhatiin. Ambil positifnya aja.
Kalo mertua lagi ngomong iya iya aja bun. Anggap aja n harus menganggap ibu kandung sendiri
Sabar n bersyukur ya bun
 
  #48  
Old
Baby I...
 
Posts: 7
 
sabar ya bun,
aku jg seperti bunda, bumer aku sayang bgt sama cucu nya.
ya cm memang suka dongkol sj di hati.
anak aku jg sering bgt di pamerin ke tetangga2 sekitar rmh,, klo anak ku di gendong ak nangis dikit lgsg di ambil alih gendongnya krn kasihan dgr tangisannya pdhl br nangis sebentar. akhirnya sampai skrg ak jd suka ga pede klo anak ak nangis dan sampai skrg jg aku blm bisa pake gendongan kain krn lebih sering bumer yg gendong2.
tp kelebihan punya bumer sprti itu ya klo anak lg rewel ga mau tidur2 jd bisa gantian gendongnya secara suami smpai skrg anak usia mau 3m blm bisa gendong.
jadi saat ini berusaha untuk di bawa enjoy aja bun walaupun kdg msh suka kesel sendiri jadinya..
 
  #49  
Old
Prince...
 
Posts: 1
 
Sabar bund, kalo saya malah sebaliknya. Saya sih berharap ini hanya perasaan saya saja krna saya merasa mertua saya tidak excited akan mempunyai cucu. Padahal ini calon cucu pertama di keluarganya.
 
  #50  
Old
mama a...
 
Posts: 202
 
Replying to: View Post
Sabar bund, kalo saya malah sebaliknya. Saya sih berharap ini hanya perasaan saya saja krna saya merasa mertua saya tidak excited akan mempunyai cucu. Padahal ini calon cucu pertama di keluarganya.
Senasib bun sama saya. Tapi bkn karena mertua gak sayang anak yang ada diperutku.cucu bahkan cicit pertama di keluarga besar.tp krna mamer gak tau gmn rawat anak.dulu suami saya dan adiknya yang rawat baby sitter.dan smua pekerjaan rmh tau beres karena pake bnyk pembantu.
Tapi saya gak ambil pusing bun.saya tipe ibu yang over protective ke anak.apa2 hrs sm saya.saya yang hrs asuh dia n sama2 dy terus.
Positifnya lg, saya gak hrs menang lomba masak sm mamer buat jd mantu idaman.gmn gak?saya bikin telur dadar aja mamer blng saya pinter
 
  #51  
Old
Amihel...
 
Posts: 1
 
Bunda-bunda salam kenal semoga ada yg bisa bantu saya.
Sy punya anak laki" usia 10bln, dan anak sy ini adalah cucu pertama di keluarga suami sy. Rumah sy dgn mertua depan belakang, mertua sering sekali kerumah pagi sore malam kadang anak sy pagi br bangun tdur dibawa, sy agak kurang nyaman karena khawatir mau mimi, kmudian cara mengasuhny sgt ekstrim pernah anak sy diberi teh botol, kerupuk kemplang, dan jeruk masam. Itu semakin membuat saya tdk percaya kalau anak saya lama" sm mertua sy, sy khawatir. Bgmn cara mengatasiny ya? Sy makan hati jd ny. Krn kalau cerita ke suami mgkn akan selalu berpihak pd ibunya sndri. Mohon bantu ya bunda". Tks a lot
 
  #52  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Kalo saya saranin tegas tp sopan. Anak itu anak ibu. My kid my rule. Bilang baik2 sama mertua soal "makanan yg ga bener", cerewetin kalo perlu, tp sopan dan ga bosan2. Ga usah simpen dlm hati. Kalo suami bela ibunya, ibu bilang saya bela anak, anak saya kenapa2 apakah suami dan ibu bisa tanggung jawab, kasih artikel pendukung, dan tambahkan kalo ibu negurnya sopan.

Kalo mertua masih keras kepala, mulai terapin "hukuman". Sindir dikit2 sampe kalo ketauan kasih makanan lgs tarik pulang, tunjukan ibu marah tapi sekali lagi sopan (marah dengan elegan). Tunjukan ketegasan ibu. Ga bisa cuma sekali tp ibu mesti konsisten.

Cuma saya mau blg bersyukur ada mertua yg sayang sama anak ibu. Kalo ibu ada keperluan atau urusan mendadak ada bala bantuan siap membantu. Mereka begitu krn kurang pengetahuan. Jangan jauhkan anak dari mertua. Kalo sampe ibu sempet jauhin anak dari mertua kaya saran di atas. Ketika sudah tdk marah datang lagi bawa anak sambil tegasin pake suara anak : oma/eyang aku jgn dikasih mkn teh yah itu ginjal aku kan belum kuat mencerna teh apalagi gula buatan yg ada di teh kemasan. Oma/eyang ga mau kan kalo aku sampe sakit. Aku sayang oma/eyang.

Semoga saran saya bisa berhasil ya bu ts...
 
  #53  
Old
heldab...
 
Location: Kalsel
Posts: 62
 
Alhmdulillah.. Hrusnya bunda bersyukur pny mertua sperti beliau plg gk ya bntu2 lah sdkit ngrus si dede toh jga gk diamblkan msih srmh jga..
Pkox bawa sntai aja bun jgn stress.. Tuh kan bdanny jdi kurus tllu byk pkiran..
 
  #54  
Old
Malika...
 
Posts: 2
 
Sama bangat sama yang saya alamin sekarang bun,saya baru lahiran juga mereke pengen cucu cwe alhamdulillah anak saya cwe bun,tapi mereka emng over bangat gak boleh si dedek nggis maunya digendong aja dikasih k saya kalau sidedek nggis suruh nyusuin,rasanya nyesek bangat bun kadang kalau lagi saya gondok saya susuin bawa k kamar saya sengaja lama2in sampai sidedeknya bobo,
Saya pikir y biar ajalah mereka begitu saya pendam sendiri rasa kesel nya
Sampai mertua bilang si dedek belum boleh k luar rumah sebelum 6bulan,tambahnya lagi saya mau marah tapi apalah daya bun hanya bisa bersabar & berdoa semoga cepat2 pindah.Biar hidup mandiri cuman bersama suami dan anak.
 
  #55  
Old
cute S...
 
Posts: 1
 
Sama bund mertua ku juga terlalu over over lebay . suka ngomogin aku di depan ipar ipar . bilang Nya gak bisa nenangin anak lah , anak mu gak mau ikut sama Ibu Nya , anak mu lbh sayang bapaknya lah ketimbang ibunya lah .. sakit batin rasa Nya . akhrnya aku minta pindah bund meskipun seakan Akan aku yang jahat alias aku meninggalkan Ibu mertua . menurut aku lbh baik pindah rumah daripada sakit batin
 
  #56  
Old
Krista...
 
Posts: 1
 
Sabar ya, Bund.

Kalau tinggal dengan Ibu Mertua memang lebih besar resiko konfliknya. Kadang mungkin maksudnya baik tetapi karena ada perbedaan pikiran, keinginan, kepentingan dsb sehingga menimbulkan konflik.

Saya kerja di restoran mertua, tidak tinggal satu atap. Tetapi setiap hari ketemu dari siang sampai malam, sampai suami saya pulang kantor dan menjemput. Barulah kami pulang bersama kerumah kami didekat rumah mertua.

Mertua saya sebenarnya baik tetapi saya tidak tahan dengan mulut beliau.

Karena suami saya tipe tegas dan galak maka kalo ada apa2 yang mertua ga suka dengan suami maka saya yang akan dicecer setiap hari karena takut nembak suami, pernah sampai 4jam saya diceramahi, diintimidasi (dengan harapan saya bisa merubah suami saya). Dan dalam kasus ini sejujurnya sy melihat Ibu mertua saya kelewatan. Karena saya juga nyesek dengan perlakuan mertua tetapi tetap berusaha baik pada mertua dan bersikap biasa saja seolah tidak ada apa2. Baru ketika berdua sm suami saya bisa nangis karena nyesek. Ibu mertua saya tidak pernah kerja ikut orang, dirumah dikelilingin banyak pembantu dan tidak suka bersosialisasi. Beliau punya kekuasaan dan juga uang. Sehingga beliau menjadi sosok yang egois. Semua orang harus mengikuti waktu beliau, keinginan beliau dsb, termasuk papa mertua saya kasihan sering dicela dan tsusah bersuara, bisa dicecer. Pernah suami mengemukakan keberatan hatinya tetapi mertua tidak terima. Kemudian besoknya mertua bertanya dengan saya "coba tolong jelasin ke mama apa yang salah supaya mama bs perbaiki." .. Nah saya menjelaskan sebenarnya yang mengganggu perasaan suami saya apa. Baru beberapa kata mertua saya nadanya langsung tinggi dan saya dicecar terus2an. Dan berhari2.

Cara mertua ngomong bikin sy ga tahan. Mengintimidasi, selalu berkata negatif tentang suami saya ketika kesal sama suami. Bagaimanapun saya istrinya, selama seminggu dan berjam2 diceramahi dan diomongin negatif saya sudah tidak kuat kupingnya. Kemudian kasih contoh tentang org2 lain sambil terus menjelek2kan orang lain.

Saya ngga tahan lama2 hawanya disini negatif terus.

Kemudian mertua agak fanatik dan selalu menceramahi. Mungkin maksudnya baik, tetapi cara berbicaranya seolah2 beliau adalah Tuhan yang sedang menghakimi umatnya. Dan yang beliau sampaikan kepada saya, semua hanya teori. Karena saya bertemu tiap hari maka saya tahu bahwa beliau tidak melakukan yang diceramahkan.

Beliau sering menjelek2kan keluarga ayah mertua saya, tetapi jika ada keberatan disampaikan tentang keluarganya beliau akan murka setengah mati.

Kemudian beliau sering mencecar saya dan sinis kalau saya punya pandangan yang beda dengan beliau soal apapun. Beliau tidak open minded dan senang menggurui seolah cara yang kami lakukan buruk, kami adalah orang yang buruk yang tidak seperti beliau.

Beliau juga berharap suami saya memegang suatu jabatan tinggi dalam suatu organisasi. Tetapi suami saya tidak mau. Dan yang dicecar adalah saya bun. Eneg pisan lama2. Kemudian beliau selalu bercerita tentang suami2 yang tidak sukses dan beliau insist bahwa itu gara2 istri yang tidak support. Eh ketika bapak mertua saya muncul (bapak mertua saya adalah orang yang dicurhatin sama org2 tidak sukses yang diceritakan ibu mertua saya) ceritanya beda. Bapak mertua bilang mereka kaya gt karena ada masalah keuangan dan karena menikah jadi harus cari kerjaan lain bla bla bla. Bukan karena istri. Dan ibu saya selalu nakut2in kalo sy ga support suami buat megang jabatan tinggi itu nanti hidup bahaya, makin mundur, hati2 kamu kalo jadi istri tidak support. Padahal sy udh jelaskan ke mertua berkali2 kalo suamia saya mau, sy pasti support. Kalo ngga mau ya saya ga bisa paksa, Ma nanti dia ga bahagia.

Saya ngga heran suami saya kalo dirumahnya tertekan. Semuanya mau disetir mertua. Bahkan mertua kasih kita rumah tetapi didalam rumahnya semua CCTV dan bisa dilihat di HP mertua. Sehingga suami memutuskan tidak mau tinggal disana.

Kondisi rumah tersebut dibuat sesuai dengan cara mertua hidup. Mertua ingin kami jalani hidup seperti bagaimana dia menjalani hidup. Kalo kita ada keinginan lain, mertua akan mencerca abis keinginan kita.

Akhirnya kami memutuskan membeli rumah dan hidup berhemat. Demi pindah rumah, kami rela berhemat dan sementara keuangan belum mampu untuk menambah anggota keluarga baru. Tetapi demi kebaikan bersama. Saya rela bersabar untuk menunggu rumah jadi dalam beberapa bulan lagi.

Sebelum saya depresi disini. Baru 1tahun nikah rasanya stress abis.

Nah kendala kedua adalah bagaimana kalau saya mau pindah kerja. nanti coba kami pikirkan. Karena takut mertua tersinggung kalo saya ngga kerja lagi di toko beliau.

Buat yang belum nikah khususnya. Lebih baik soal tempat tinggal didiskusikan dari sebelum menikah. Sayang kalo pernikahan hancur karena perkara kaya gini. Sedih amat

Saya masih merasa beruntung karena suami tegas dan kebetulan suami memilih mebeli rumah juga karena mertua banyak meremehkan dan itung2an. Karena mertua kasih saya gaji kan. Mungkin dianggap kita belum mandiri. Padahal sy kan masih bs kerja kantoran hanya takut keluar dan mertua marah besar.

salam ...
 
  #57  
Old
reques...
 
Posts: 34
 
Replying to: View Post
Sabar ya, Bund.

Kalau tinggal dengan Ibu Mertua memang lebih besar resiko konfliknya. Kadang mungkin maksudnya baik tetapi karena ada perbedaan pikiran, keinginan, kepentingan dsb sehingga menimbulkan konflik.

Saya kerja di restoran mertua, tidak tinggal satu atap. Tetapi setiap hari ketemu dari siang sampai malam, sampai suami saya pulang kantor dan menjemput. Barulah kami pulang bersama kerumah kami didekat rumah mertua.

Mertua saya sebenarnya baik tetapi saya tidak tahan dengan mulut beliau.

Karena suami saya tipe tegas dan galak maka kalo ada apa2 yang mertua ga suka dengan suami maka saya yang akan dicecer setiap hari karena takut nembak suami, pernah sampai 4jam saya diceramahi, diintimidasi (dengan harapan saya bisa merubah suami saya). Dan dalam kasus ini sejujurnya sy melihat Ibu mertua saya kelewatan. Karena saya juga nyesek dengan perlakuan mertua tetapi tetap berusaha baik pada mertua dan bersikap biasa saja seolah tidak ada apa2. Baru ketika berdua sm suami saya bisa nangis karena nyesek. Ibu mertua saya tidak pernah kerja ikut orang, dirumah dikelilingin banyak pembantu dan tidak suka bersosialisasi. Beliau punya kekuasaan dan juga uang. Sehingga beliau menjadi sosok yang egois. Semua orang harus mengikuti waktu beliau, keinginan beliau dsb, termasuk papa mertua saya kasihan sering dicela dan tsusah bersuara, bisa dicecer. Pernah suami mengemukakan keberatan hatinya tetapi mertua tidak terima. Kemudian besoknya mertua bertanya dengan saya "coba tolong jelasin ke mama apa yang salah supaya mama bs perbaiki." .. Nah saya menjelaskan sebenarnya yang mengganggu perasaan suami saya apa. Baru beberapa kata mertua saya nadanya langsung tinggi dan saya dicecar terus2an. Dan berhari2.

Cara mertua ngomong bikin sy ga tahan. Mengintimidasi, selalu berkata negatif tentang suami saya ketika kesal sama suami. Bagaimanapun saya istrinya, selama seminggu dan berjam2 diceramahi dan diomongin negatif saya sudah tidak kuat kupingnya. Kemudian kasih contoh tentang org2 lain sambil terus menjelek2kan orang lain.

Saya ngga tahan lama2 hawanya disini negatif terus.

Kemudian mertua agak fanatik dan selalu menceramahi. Mungkin maksudnya baik, tetapi cara berbicaranya seolah2 beliau adalah Tuhan yang sedang menghakimi umatnya. Dan yang beliau sampaikan kepada saya, semua hanya teori. Karena saya bertemu tiap hari maka saya tahu bahwa beliau tidak melakukan yang diceramahkan.

Beliau sering menjelek2kan keluarga ayah mertua saya, tetapi jika ada keberatan disampaikan tentang keluarganya beliau akan murka setengah mati.

Kemudian beliau sering mencecar saya dan sinis kalau saya punya pandangan yang beda dengan beliau soal apapun. Beliau tidak open minded dan senang menggurui seolah cara yang kami lakukan buruk, kami adalah orang yang buruk yang tidak seperti beliau.

Beliau juga berharap suami saya memegang suatu jabatan tinggi dalam suatu organisasi. Tetapi suami saya tidak mau. Dan yang dicecar adalah saya bun. Eneg pisan lama2. Kemudian beliau selalu bercerita tentang suami2 yang tidak sukses dan beliau insist bahwa itu gara2 istri yang tidak support. Eh ketika bapak mertua saya muncul (bapak mertua saya adalah orang yang dicurhatin sama org2 tidak sukses yang diceritakan ibu mertua saya) ceritanya beda. Bapak mertua bilang mereka kaya gt karena ada masalah keuangan dan karena menikah jadi harus cari kerjaan lain bla bla bla. Bukan karena istri. Dan ibu saya selalu nakut2in kalo sy ga support suami buat megang jabatan tinggi itu nanti hidup bahaya, makin mundur, hati2 kamu kalo jadi istri tidak support. Padahal sy udh jelaskan ke mertua berkali2 kalo suamia saya mau, sy pasti support. Kalo ngga mau ya saya ga bisa paksa, Ma nanti dia ga bahagia.

Saya ngga heran suami saya kalo dirumahnya tertekan. Semuanya mau disetir mertua. Bahkan mertua kasih kita rumah tetapi didalam rumahnya semua CCTV dan bisa dilihat di HP mertua. Sehingga suami memutuskan tidak mau tinggal disana.

Kondisi rumah tersebut dibuat sesuai dengan cara mertua hidup. Mertua ingin kami jalani hidup seperti bagaimana dia menjalani hidup. Kalo kita ada keinginan lain, mertua akan mencerca abis keinginan kita.

Akhirnya kami memutuskan membeli rumah dan hidup berhemat. Demi pindah rumah, kami rela berhemat dan sementara keuangan belum mampu untuk menambah anggota keluarga baru. Tetapi demi kebaikan bersama. Saya rela bersabar untuk menunggu rumah jadi dalam beberapa bulan lagi.

Sebelum saya depresi disini. Baru 1tahun nikah rasanya stress abis.

Nah kendala kedua adalah bagaimana kalau saya mau pindah kerja. nanti coba kami pikirkan. Karena takut mertua tersinggung kalo saya ngga kerja lagi di toko beliau.

Buat yang belum nikah khususnya. Lebih baik soal tempat tinggal didiskusikan dari sebelum menikah. Sayang kalo pernikahan hancur karena perkara kaya gini. Sedih amat

Saya masih merasa beruntung karena suami tegas dan kebetulan suami memilih mebeli rumah juga karena mertua banyak meremehkan dan itung2an. Karena mertua kasih saya gaji kan. Mungkin dianggap kita belum mandiri. Padahal sy kan masih bs kerja kantoran hanya takut keluar dan mertua marah besar.

salam ...
Kurang lebih sama kayak mamer aku bund. Sebenernya baik tapi gak tahan sama mulutnya. Suka banget ngomentarin orang, dan kebanyakan komentarnya negatif semua. Jadi kayak ngga pernah positif thinking gt loh. Bukan komen negatif ke aku sih, lebih kayak ke orang2 gt. Org gak kenal aja di komenin. Udah gitu suka ngeluh dan kalo ngomong suka pake nada tinggi. Lama-lama kan kuping ini risih juga

Mau sebaik-baiknya mertua pasti ada kurangnya jg bund, dan gitu juga sebaliknya. Lebih baik emg tinggal jauh aja
 
  #58  
Old
keynar...
 
Location: bandung
Posts: 147
 
Replying to: View Post
Kurang lebih sama kayak mamer aku bund. Sebenernya baik tapi gak tahan sama mulutnya. Suka banget ngomentarin orang, dan kebanyakan komentarnya negatif semua. Jadi kayak ngga pernah positif thinking gt loh. Bukan komen negatif ke aku sih, lebih kayak ke orang2 gt. Org gak kenal aja di komenin. Udah gitu suka ngeluh dan kalo ngomong suka pake nada tinggi. Lama-lama kan kuping ini risih juga

Mau sebaik-baiknya mertua pasti ada kurangnya jg bund, dan gitu juga sebaliknya. Lebih baik emg tinggal jauh aja
Itu kalo mertuanya punya tabiat keras yang kaya gitu yah bund.. beda halnya sama ibu mertua saya, ibu mertua saya itu dasarnya baik. Beliau sangat lemah lembut, tidak pernah memprotes saya, tidak pernah berbicara kasar, selalu baik-baikin saya, kalo soal kerjaan juga tidak itung-itungan..(Itu di depan saya yah bund)..

Tapi di belakang bund, karna saking baiknya ibu mertua saya ke saya.. Jadi di kira orang saya ini berkuasa atas mertua saya bund, terutama adik ipar saya.. Saya gak tau apa memang asal omongan ini dari mertua saya atau bukan, tapi kemungkinan besar sih memang dari beliau yah.. Mereka mengira saya menguasai aset semua milik mertua saya.. Karna saya tinggal di rumah mertua dan semua peralatan kan milik ibu mertua, saya masak dll pake peralatan punya mertua. Mereka suka bilang ke saya dan suami kalo kami dirumah ibu itu numpang dan harus tau diri. Banyak bullyan-bullyan setiap harinya dari keluarga besar suami yang membuat kami tertekan..

Pernah satu kali ibu mertua main ke rumah adiknya, dan sudah bilang juga ke saya.. waktu itu saya sedang hamil dan memang gak pengen kemana-mana jadi saya gak ikut. karna ada perlu saya coba hub adik ibu mertua disana menanyakan apakah ibu mertua ada disana. Pas saya tanya tante saya bilang ibu udah pulang karena takut ninggalin saya dan suami saya marah ke beliau. Padahal suami saya itu gak pernah marah ke ibunya apalagi soal saya.. Tante jadi sinis ke saya karna omongan ibu mertua saya yang kaya gitu, dan ternyata memang selalu begitu kata tante dan sodara-sodara yang lain. Kesan saya di mata keluarga jadi jelek bund, apalagi hal ini selalu sampe ke telinga adik ipar.

Kondisi lbh jelek kalo ibu mertua lagi tinggal di rumah adik ipar, sampe pernah suaminya adik ipar marah-marah ke suami saya karna katanya suami saya gak pernah mendengarkan ibunya tapi lbh mendengarkan saya dan keluarga saya. Padahal saya dan keluarga saya g pernah ngebahas apapun tentang ibu dan gak pernah ngusik sama sekali kehidupan kami. Keluarga saya tiap hari tlp cm nanya kondisi kesehatan saya dan gak pernah ngatur apapun tentang kami apalagi ibu. Saya gak tau waktu itu ibu bilang apa ke adik ipar saya yang jelas sampe sekarang hubungan kami sangat tidak baik.

Ibu mertua saya ini gak punya sikap, cm mau nyari aman di depan orang gak mau kena salah orang lain jadi bikin orang-orang di sekitarnya kesusahan. Ibu mertua saya ini cenderung diem dan ngbathin kalo ada apa-apa, jadi bingung ke kitanya kalo beliau udah gak enak hati. Ibu jadi sakit-sakitan dan pasti yang di marahin itu ya suami saya sama keluarga. Tiap hari suami saya di panggil sama tante-tante, om-om nya buat nyeramahin kondisi ibunya yang katanya gak bahagia tinggal dg kami.. Fokus utamanya saya lagi saya lagi.. sAYA benar-benar membathin bund..

Yaaa memang lebih baik pisah dg mertua, karna sebaik apapun pst konflik ada kalo intensitas ketemunya sering..
 
  #59  
Old
reques...
 
Posts: 34
 
Replying to: View Post
Itu kalo mertuanya punya tabiat keras yang kaya gitu yah bund.. beda halnya sama ibu mertua saya, ibu mertua saya itu dasarnya baik. Beliau sangat lemah lembut, tidak pernah memprotes saya, tidak pernah berbicara kasar, selalu baik-baikin saya, kalo soal kerjaan juga tidak itung-itungan..(Itu di depan saya yah bund)..

Tapi di belakang bund, karna saking baiknya ibu mertua saya ke saya.. Jadi di kira orang saya ini berkuasa atas mertua saya bund, terutama adik ipar saya.. Saya gak tau apa memang asal omongan ini dari mertua saya atau bukan, tapi kemungkinan besar sih memang dari beliau yah.. Mereka mengira saya menguasai aset semua milik mertua saya.. Karna saya tinggal di rumah mertua dan semua peralatan kan milik ibu mertua, saya masak dll pake peralatan punya mertua. Mereka suka bilang ke saya dan suami kalo kami dirumah ibu itu numpang dan harus tau diri. Banyak bullyan-bullyan setiap harinya dari keluarga besar suami yang membuat kami tertekan..

Pernah satu kali ibu mertua main ke rumah adiknya, dan sudah bilang juga ke saya.. waktu itu saya sedang hamil dan memang gak pengen kemana-mana jadi saya gak ikut. karna ada perlu saya coba hub adik ibu mertua disana menanyakan apakah ibu mertua ada disana. Pas saya tanya tante saya bilang ibu udah pulang karena takut ninggalin saya dan suami saya marah ke beliau. Padahal suami saya itu gak pernah marah ke ibunya apalagi soal saya.. Tante jadi sinis ke saya karna omongan ibu mertua saya yang kaya gitu, dan ternyata memang selalu begitu kata tante dan sodara-sodara yang lain. Kesan saya di mata keluarga jadi jelek bund, apalagi hal ini selalu sampe ke telinga adik ipar.

Kondisi lbh jelek kalo ibu mertua lagi tinggal di rumah adik ipar, sampe pernah suaminya adik ipar marah-marah ke suami saya karna katanya suami saya gak pernah mendengarkan ibunya tapi lbh mendengarkan saya dan keluarga saya. Padahal saya dan keluarga saya g pernah ngebahas apapun tentang ibu dan gak pernah ngusik sama sekali kehidupan kami. Keluarga saya tiap hari tlp cm nanya kondisi kesehatan saya dan gak pernah ngatur apapun tentang kami apalagi ibu. Saya gak tau waktu itu ibu bilang apa ke adik ipar saya yang jelas sampe sekarang hubungan kami sangat tidak baik.

Ibu mertua saya ini gak punya sikap, cm mau nyari aman di depan orang gak mau kena salah orang lain jadi bikin orang-orang di sekitarnya kesusahan. Ibu mertua saya ini cenderung diem dan ngbathin kalo ada apa-apa, jadi bingung ke kitanya kalo beliau udah gak enak hati. Ibu jadi sakit-sakitan dan pasti yang di marahin itu ya suami saya sama keluarga. Tiap hari suami saya di panggil sama tante-tante, om-om nya buat nyeramahin kondisi ibunya yang katanya gak bahagia tinggal dg kami.. Fokus utamanya saya lagi saya lagi.. sAYA benar-benar membathin bund..

Yaaa memang lebih baik pisah dg mertua, karna sebaik apapun pst konflik ada kalo intensitas ketemunya sering..
Iya bund bener, mamer saya sifatnya keras dan nggak mau kalah.

Kalo denger dr cerita bund keynarra tuh ngeri ya mertuanya. Termasuk kategori adu domba bukan sih? Dan justru tipe mertua kyk gitu yang bikin bahaya rumah tangga bund. Bukan nakut-nakutin sih, bisa jadi suatu saat bund key yg dijelekin di depan suami saking mamer gamau keliatan salahnya.

Sulit juga, kalo mau ngelak yg dituduhin keluaarga besar ntar dikira bela diri doang ya kan. Ada baiknya keluarga inti dikumpulin deh (suami, ibu, adik ipar) buat ngomongin apa yang sebenernya terjadi, dan tanyain mamer juga sebenernya bund key dan suami pernah punya salah apa kok ngomongnya di luar rumah beda. Itu kan bisa bikin bund key dan suami stess juga lama-lama.
 
  #60  
Old
keynar...
 
Location: bandung
Posts: 147
 
Replying to: View Post
Iya bund bener, mamer saya sifatnya keras dan nggak mau kalah.

Kalo denger dr cerita bund keynarra tuh ngeri ya mertuanya. Termasuk kategori adu domba bukan sih? Dan justru tipe mertua kyk gitu yang bikin bahaya rumah tangga bund. Bukan nakut-nakutin sih, bisa jadi suatu saat bund key yg dijelekin di depan suami saking mamer gamau keliatan salahnya.

Sulit juga, kalo mau ngelak yg dituduhin keluaarga besar ntar dikira bela diri doang ya kan. Ada baiknya keluarga inti dikumpulin deh (suami, ibu, adik ipar) buat ngomongin apa yang sebenernya terjadi, dan tanyain mamer juga sebenernya bund key dan suami pernah punya salah apa kok ngomongnya di luar rumah beda. Itu kan bisa bikin bund key dan suami stess juga lama-lama.
Hehee saya juga pikir begitu bund, pernah dulu beliau menjelekan saya di depan suami saya jg sih. Cm suami saya orangnya cuek emang bikin saya sm suami berantem hebat jg waktu itu bund.. Pernah jg saya kumpulin keluarga termasuk orangtua saya dan kaka saya, malah setelahnya nama saya makin jelek lho bund. Apalagi setelah ketauan kalo bumer alzheimer jadilah sikap apapun beliau di benarkan semua orang. Abis dr situ sih sikap saya cuek aja ngadepin sikap mertua banyakin doa aja supaya di kasi jalan bund, dan emang doa saya di ijabah bund,, hehee..

Saya dan suami akhirnya bisa pisah dari mertua saya bund, sekarang saya jg g ada perasaan gmn2 sama bumer saya setelah pisah. Malah saya yang kasian bund, pengen rawat bumer tp ngeri saya bund kejadian kaya dulu lagi. yaaa sekarang sih fokus sama kami bertiga aja, saya suami dan anak..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mertua -- Ngobrol Apa Saja 18
pernah ga cemburu sama mertua ataw mertua merasa cemburu sama kita??? -- Ngobrol Apa Saja 39
mertua oh mertua -- Ngobrol Apa Saja 12
batasan mertua dan keluarga (ayah mertua, adik ipar perempuan) sampai mana? -- Ngobrol Apa Saja 10
mertua ku oh mertua ku -- Diskusi Umum 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com