Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

View Poll Results: Apakah Tips Ini Bermanfaat?
Ya 2 66.67%
Tidak 1 33.33%
Voters: 3. You may not vote on this poll

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Carlis...   TS 
 
Location: Bali
Posts: 117
Default Tata Cara Menengok Bayi Yang Baru Lahir

Halo Bundaa....

Selamat pagi... selamat menunaikan ibadah puasa ya bagi yang menjalankan. Oiya, saya mau kasih tips ini Bun. Tips nya umum sih sebenernya, cuma siapa tau ada yang kadang suka lupa sama hal-hal semacam ini.

Kalo lagi nengok adek bayi yang baru lahir kan kita suka excited banget ya Bun. Tapi ada dua hal penting yang sebaiknya diperhatikan lho, baik bagi Bunda yang bayinya ditengok sama tetangga atau kerabat maupun Bunda yang hendak menjenguk adek bayi tersebut. Berikut sedikit tips yang ada di blog saya (diolah dari berbagai sumber):

Tata Cara Menengok Bayi Yang Baru Lahir

Menengok bayi yang baru lahir sudah menjadi bagian dari tradisi yang berkembang di masyarakat. Saat anda baru saja melahirkan sang buah hati dan kembali dari rumah sakit, anda pun tidak akan heran jika kemudian ada tetangga, teman dan kerabat datang ke rumah untuk memegang dan menggendong buah hati tercinta.

Dibalik itu semua, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian serius dari anda sebagai tuan rumah, diantaranya:

Cuci Tangan

Saat menjenguk bayi, terkadang masih banyak yang belum menyadari bahwa bayi yang baru lahir memerlukan waktu (setidaknya sampai berusia enam bulan) untuk menyempurnakan sistem ketahanan tubuh.Dengan demikian, anda harus memastikan bahwa ia selalu berada dalam kondisi steril agar terhindar dari penyakit.

Nyatanya, hal ini masih belum sepenuhnya disadari. Saking antusiasnya, terkadang teman, tetangga atau kerabat anda ingin segera memegang dan menggendong tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Untuk hal yang satu ini, anda tak perlu ragu meminta mereka agar memahami hal ini dengan segera membersihkan tangan.

Begitupun saat ada yang sakit, semisal batuk atau flu. Tak ada salahnya untuk mengingatkan orang-orang yang menjenguk agar tidak duduk di dekat bayi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, bayi memang rentan tertular penyakit, sehingga sebagai orang tua anda harus waspada dan peka terhadap masalah ini.

Volume Suara

Selain kondisi steril, bayi juga butuh ketenangan. Terutama di minggu-minggu awal setelah kelahirannya, bayi masih rentan dengan suara-suara baik pelan maupun keras yang ia dengar. Munculnya suara yang tiba-tiba (misalkan suara orang bicara, teriak dan tertawa) akan membuatnya kaget. Jadi, pastikan untuk membatasi volume suara saat bayi sedang berada di sekitar anda.

Terkadang hal ini menimbulkan dilema tersendiri bagi orang tua bayi yang tak lain adalah tuan rumah karena umumnya suasana silaturahmi saat menjenguk bayi yang baru lahir akan dipenuhi dengan keceriaan, canda tawa, dsb. Jika anda berada dalam posisi sebagai orang yang menjenguk, usahakan untuk tidak bersuara keras.

SUMBER

Itu aja tipsnya. Semoga bermanfaat ya Bunda. Kalau ada tips lain yang belum saya sebutkan, share donk di kolom komentar. Makasiiih...
 
Thread lain yang berhubungan:
Jual Teether Untuk Bayi Tumbuh Gigi Dengan Desain Unik Berupa Gelang, Kalung dan Pendant Untuk Dipakai Bunda
  #2  
Old
Carlis...   TS 
 
Location: Bali
Posts: 117
Default Tips Memilih Warna Untuk Kamar Bayi

Dalam minggu ini, anda mungkin sedang berpikir untuk mulai merancang dekorasi kamar bayi. Tentu, pemilihan warna menjadi hal terpenting sesuai dengan tema yang sudah dipilih. Ini memang masalah selera, tapi ada baiknya anda tau warna apa saja yang layak dipertimbangkan.

Biru

Warna ini selalu identik dengan bayi laki-laki dan menjadi simbol sifat tenang, mudah bergaul dan bijaksana. Untuk dekorasi kamar, pilihlah warna biru cerah (biru muda) agar tampak segar dan menarik. Untuk menambah ceria suasana, tambahkan wallpaper yang bertema khas dunia anak, seperti olahraga, hewan, dsb.

Merah Muda

Warna merah muda atau pink kerap kali diidentikkan dengan segala sesuatu yang feminin. Dan warna ini memang sangat direkomendasikan untuk bayi perempuan karena melambangkan kelembutan sekaligus jiwa yang selalu bersemangat. Wallpaper motif bunga atau tokoh dari negeri dongeng bisa menjadi pilihan terbaik.

Netral

Bila kedua warna diatas dirasa kurang pas, warna bernuansa netral adalah alternatif yang patut dicoba. Ada banyak pilihan yang bisa diaplikasikan, seperti coklat muda, krem, abu-abu dan kuning muda. Opsi ini sangat sesuai bila anda mempunyai anak kembar laki-laki dan perempuan atau memang sengaja tidak ingin repot mendekor ulang jika suatu saat menambah momongan lagi dengan jenis kelamin yang berbeda dari kakaknya.

Hijau

Memilih warna hijau untuk kamar anak, why not? Warna yang satu ini memberikan kesan segar, sehat dan ceria. Hijau juga terbilang gampang dipadukan dengan warna lain. Warna hijau untuk kamar bayi juga dipercaya bisa membantu bayi tidur nyenyak.

Putih

Memilih warna putih untuk kamar bayi mungkin terbilang kurang rame atau kurang heboh bagi sebagian orang, padahal warna yang satu ini menawarkan sangat dianjurkan untuk kamar bayi yang tidak terlalu luas. Sehingga kamar tersebut tampak lebih lapang. Putih bisa dikategorikan sebagai salah satu warna netral dan mudah dipadukan dengan warna lain.

SUMBER

Kalo Bunda sendiri suka warna yang mana?
 
Jual Teether Untuk Bayi Tumbuh Gigi Dengan Desain Unik Berupa Gelang, Kalung dan Pendant Untuk Dipakai Bunda
  #3  
Old
sebrin...
 
Posts: 711
 
Klo aq disesuaikn aj dgn warna yg udh ad bund, ga mau trllu repot, hehe...tp kbetulan warna dkmar babyku soft, tggl nnti menata aj deco nya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bayi baru lahir, bayi laki-laki, bayi lucu, bayi perempuan, dekorasi kamar bayi, kamar bayi, menengok bayi, menjenguk bayi, warna kamar bayi


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Perilaku Bayi Baru Lahir -- Ngobrol Apa Saja 40
tentang perawatan bayi baru lahir... -- Diskusi Umum 37
Mitos ttg Bayi Baru Lahir (just info) -- Diskusi Umum 4
bayi baru lahir nga perlu mandi -- Diskusi Umum 1
ingin mengadopsi bayi baru lahir -- Ngobrol Apa Saja 36


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:51.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com