Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
iqbalf...   TS 
 
Posts: 12
Default Bunda Harus Tau : Vaksin Combo DPT Hib Hepatitis untuk Anak

Vaksin combo DPT Hib Hepatitis sangat penting bagi kesehatan anak. Sayangnya masih banyak anak yang belum menerima vaksin sejak lahir.*Hal ini menyebabkan anak beresiko tertular penyakit akibat tidak adanya sistem kekebalan tubuh alami yang melindungi dari penyakit tertentu.*

Data dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menunjukkan bahwa pada tahun 2014-2016 tercatat sebanyak 1,7 juta orang anak di Indonesia belum mendapatkan imunisasi atau belum lengkap status imunisasinya.

Pentingnya Vaksin Combo DPT Hib Hepatitis
Imunisasi adalah kegiatan pemberian kekebalan pada seseorang agar terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah melalui pemberian imunisasi, yaitu polio, difteri, tetanus, pertussis, tuberkulosis, campak, hepatitis B, hepatitis A, influenza, meningitis akibat haemophilus tipe B.2

Imunisasi mengandung zat (kuman, racun kuman yang telah dilemahkan atau dimatikan) yang merangsang sistem imun untuk memproduksi antibodi spesifik yang dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu untuk melawan kuman maupun bakteri yang menginfeksi ke dalam tubuh dikemudian hari.3

Upaya pencegahan penyakit menular harus dapat dilakukan sedini mungkin. Bayi yang berusia 0-12 bulan harus mendapatkan delapan jenis imunisasi, yaitu BCG, Hepatitis B, DPT, Polio, Hib, PCV dan campak dalam 16 kali suntikan. Dengan banyaknya suntikan maka akan membuat semakin padatnya jadwal vaksinasi yang harus diberikan pada seorang anak. Selain itu, akan bertambahnya jumlah kunjungan yang mempengaruhi besarnya biaya yang harus disiapkan dan menambah rasa kurang nyaman bagi anak dan juga orang tua. Imunisasi kombinasi mengandung sejumlah antigen penyakit yang diberikan dalam satu kali suntikan saja.*

Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) menyetujui penggunaan imunisasi yang dapat digabungkan dengan didukung berbagai bukti klinis dan terbukti tidak mengurangi potensi dan keamanan imunisasi bila diberikan bersamaan.

Imunisasi kombinasi atau disebut juga imunisasi combo, yang terdiri dari DPT-Hepatitis B dan HiB (Haemophilus influenza B) mengandung kuman penyebab difteri, tetanus, hepatitis B rekombinan, haemophilus influenza B.*Imunisasi combo dari vaksin combo DPT Hib Hepatitis dapat memberikan manfaat terhindar dari berbagai penyakit berikut:

Difteri

Infeksi bakteri pada tenggorokan dan saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Jika anak mengalami difteri, akan ada selembar materi tebal dan abu-abu menutupi bagian belakang tenggorokan. Hal ini akan membuat si kecil sulit bernapas.

Tetanus

Penyakit yang menyerang sistem saraf akibat infeksi pada luka yang terkontaminasi bakteri penyebab tetanus.*Tetanus sangat berbahaya. Penyakit ini menyebabkan kontraksi otot yang menyakitkan, terutama pada rahang dan leher. Hal ini dapat mengganggu kemampuan untuk bernapas, dan akhirnya menyebabkan kematian.

Pertussis

Penyakit yang menyerang sistem pernapasan, ditandai dengan batuk berat dan kesulitan bernapas. Gejala berat dan serius akan tampak pada anak berusia dibawah 1 tahun.

Hepatitis B

Infeksi hepatitis B menyerang hati dan ditularkan melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh penderita hepatitis B seperti cairan sperma, vagina, serta dari ibu hamil ke janin.

Haemophilus Influenza B

Infeksi bakteri yang menyebabkan radang pada selaput otak (meningitis) dan peradangan epiglotis di belakang tenggorokan (epiglottitis).

Jadwal Imunisasi Kombinasi DPT Hib Hepatitis
Sahabat Sehat, imunisasi kombinasi DPT-Hepatitis B- Haemophilus Influenza B dapat diberikan kepada bayi dalam tiga dosis yaitu :

Dosis pertama diberikan pada saat bayi berusia 2 bulan
Dosis kedua diberikan ketika sudah berusia 5 bulan
Dan pemberian dosis yang terakhir diberikan ketika bayi berusia 6 bulan
Agar tetap sehat dan memiliki imunitas tubuh yang tinggi, pastikan untuk melakukan vaksinasi. Kini vaksinasi jauh lebih mudah karena bisa didapatkan di klinik terdekat, atau langsung di rumah atau kantor.

Bagaimana caranya mendapatkan vaksinasi agar imun tubuh meningkat? Dapatkan berbagai jenis vaksin yang dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh. Cek: Layanan Vaksinasi dari Prosehat

sumber Vaksin Combo DPT
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
vaksin bikin anak autis..??? -- Diskusi Umum 7
imunisasi combo.... -- Ngobrol Apa Saja 4
Sedang promil bolehkah vaksin hepatitis b? -- Ngobrol Apa Saja 0
Vaksin Hpv untuk anak anak -- Diskusi Umum 5
Vaksin flu anak -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:02.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com