Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
anty...   TS 
 
Posts: 6
Default vaksin bikin anak autis..???

vaksin bikin autis anak, perlambat pertumbuhan anak, sering sakit n haram bagi umat muslim karna mengandung minyak babi.. aku baca diberbagai artikel banyak sekali yg menyatakan bahkan semuanya kalo vaksin/imunisasi sangat bahaya bgi anak karna akan manjadikan autis.. dan banyak juga pernyataan dari orang tua bahwa anaknya tidak pernah di imunisasi n sehat2 saja jarang sakit malah dngan syarat tdak kurang ASI sampai usia tertentu n gizi cukup.. jadi takut sendiri n bingung.. mumpung blum terlanjur.. dikasih ngga yaw ntar klao dedekku udah lahir.. bagi bunda2 yg dedekya ngga pernah diimunisasi ato diimunisasi bagi crita donk gmana pertumbuhan si dedek..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Ailyna...
 
Location: Batam
Posts: 607
 
wah, masa sih bund ada artikel gitu? boleh tau link-nya...?.

Setau saya kalau vaksin itu yah terbuat dari virus tersebut yang sudah dilumpuhkan, bukan dari babi.
Ehm,,, kalaupun memang haram/ ada indikasi dari Babi gitu, masa MUI tidak ada tindakan ttg hal ini. So, saya rasa aman2 n halal aja tuh...
 
  #3  
Old
anty...   TS 
 
Posts: 6
 
ada bund baca ajah buku"Children with Starving Brains” karangan Jaquelyn McCandless, MD yang diterjemahkan dan diterbitkan oleh Grasindo.
ato ini yg udah ngalamin bahaya vaksin.. aku juga bingung bund.. tapi kok dlm hati yakin kalo ngg akevaksin kok malah lebih baek.. tapi ASI jalan sesuai waktunya.. yaw ngikut cara org dulu bund.. malah sehat2..

---------- Post added at 18:13 ---------- Previous post was at 18:12 ----------

ni bund ketinggalan..bahaya vaksin
 
  #4  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda anty, aq udah lama denger berita tentang vaksin itu bikin anak autis n haram. dulu waktu anak pertamaku, aq sempet bingung n ragu apakah harus memberi vaksin MMR pada anakku. soalnya banyak yg bilang vaksin itu bikin anak autis. tapi dari beberapa artikel yg aq baca di majalah, dokter2 anak dg tegas mengatakan bahwa tidak ada hubungannya antara vaksin dg autis. so, akhirnya aq vaksin deh anakku.
sekarang, untuk anak kedua pun aq tetap memberi vaksin. ada teman kantorku yg mengatakan ia tidak memvaksin anak keduanya (anak pertama udah terlanjur divaksin tapi utk yg kedua dilarang oleh suaminya) dg alasan vaksin itu haram dll.
tapi kalo aq pribadi, tetap akan memvaksin anak2ku. bukan apa2, jaman sekarang beda dg jaman dulu yg mungkin lingkngan n alamnya masih bersih n belum banyak penyakit aneh2. sekarang ini rasanya aq kok merasa ga aman aja klo anak2ku ga divaksin, secara banyak banget virus n bakteri baru di sekitar kita. menurutku, selama belum ada vaksin pengganti vaksin yg sudah beredar lama ini, kayaknya masih diperbolehkan deh oleh agama. soalnya kan itu penting utk menangkal penyakit. alhamdulillah, isu bahwa vaksin MMR bikin anak autis ga terbukti buat anakku. sekarang umurnya udah 3,5th n tumbuh kembangnya normal2 aja. paling2 klo sakit ya batuk pilek doank (mudah2an selalu sehat, amiiin!)
 
  #5  
Old
Ailyna...
 
Location: Batam
Posts: 607
 
Ngebaca artikel itu jadi agak ngeri juga sih bund,
tapi perlu mikir2 lagi... sekarang ini kan aneka macam virus yang ada, beda banget dengan era dulu. Kalau tdk divaksin malah lebih ngeri lagi bund.
Ehm,, mungkin untuk yg hepatitis itu aja bund yg berpengaruh ke autis. Dan itupun saya rasa telah ada sistem screening tersendiri dari depkes RI untuk vaksin2 yang masuk ke Indonesia. Kalau tidak, tentunya hampir semua anak di Indonesia yang udah di vaksin hepatitis akan mengidap Autis dong...

Yang saya tau Autis ckp bervariasi penyebabnya, So.. untuk case yg dialami oleh penulis artikel tersebut bisa jadi autis yang diderita anaknya bukan karena vaksin tsb namun karena penulisnya telah membaca buku tersebut jadi beliau mengkait-kaitkan.
Tentang hukum 'Haram', kembali lagi kita harus memikirkan tentang manfaat dan mudharat-nya bagi kita sebelum melakukan justifikasi bahwa sauatu hal itu dikatakan haram. 'wallahu a'lam'....
 
  #6  
Old
MomKya...
 
Posts: 1
 
Bunda kucik klo boleh aku tau anak bunda di imunisasi apa saja?
 
  #7  
Old
lois...
 
Posts: 246
 
setau aq untuk vaksin mmr itu kalo anak tsbt sudah bisa berbicara ya/ yah udah bisa ngomong baru boleh vaksin mmr tapi kalo anak tsbt lum bisa bicra barru gak boleh vaksin mmr karna akn menyebabkan ank autis...
 
  #8  
Old
maryam...
 
Posts: 615
 
anakq dari lahir gak q imunisasi sama sekali,minum asi cuma 1bulan selanjutnya sufor sampe sekarang usia 3,5th. alhamdulillah sehat jarang sakit2an,klo lg ngumpul sama temannya yg gy sakit ntah itu flu/diare jg gak ketularan(asalkan anakq dalam kondisi yg fit).
malah anak sepupuq yg usianya sama ma anakq,dia dari lahir minum sufor yg lebih mahal dari sufor anakq...minum vitamin tyap hari...rajin imunisasi lengkap...malah lebih gampang sakit n opname 2 kali karena diare,1 kali karena flu singapure.
q bisa bandingin karena styp hari ketemu cz dkt rumah,n sepupuq sendiri yg ngajakin buat uji perbandingan anak yg imunisasi dgn anak yg gak(coz dy tau anakq g imunisasi). semoga comentq nie gak di bikin jadi berantem ya bundaa...(masih rada parno) yg masih te2p mau imunisasi anaknya ya monggo silahkan...q gak ada hak buat ngelarang kok,ini cuman sekedar sharing aja
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Anak Pertama Ceasar anak kedua Bisakah Normal -- Diskusi Umum 35
Air es bikin baby besar....??????? -- Diskusi Umum 20
Lagu Lulabi Yang Bisa Bikin Anak Langsung ngrrooook..... -- Diskusi Umum 1
Susu anmum bikin ndut gak seh??? -- Diskusi Umum 9
bumil ngemil permen bikin gigi c baby rusak? -- Diskusi Umum 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com