Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Feput2...   TS 
 
Posts: 6
Wink Menyelami 6 Keunggulan Susu Organik untuk Tubuh

Pangan merupakan hal mendasar yang wajib dipenuhi kebutuhannya untuk manusia. Saat ini pun sudah banyak masyarakat yang peduli akan pangan aman dan sehat untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Salah satunya adalah peralihan pada produk pangan organik. Seperti halnya beras organik, susu organik, sayuran organik, dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling menarik yakni permintaan susu sapi organik yang kini meningkat pesat. Susu sendiri telah kita ketahui banyak memiliki manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai sumber protein hewani, baik dikonsumsi untuk anak-anak maupun dewasa.

Secara umum, pengertian organik sendiri itu adalah dipelihara atau ditanam tanpa menggunakan bahan kimia buatan (sintesis). Jika kasusnya pada susu, artinya susu sapi atau susu kambing yang dihasilkan ini terbebas dari antibiotik atau tambahan hormon reproduksi ataupun hormon pertumbuhan, dan juga pemberian makanan yang terbebas dari pupuk kimia maupun pestisida.
Adapun beberapa keunggulan atau kelebihan susu organik adalah sebagai berikut:

Menurut banyak orang, rasanya lebih enak.

Selain memiliki kandungan gizi yang baik, susu organik diketahui memiliki rasa yang khas dan juga lebih enak. Bahkan menurut sebuah penelitian bahwa organic milk ini memiliki rasa yang lebih kental dan alami. Hal ini bisa jadi juga karena adanya pengaruh dari makanan atau rumput organik yang dimakan oleh hewan tersebut.

Lebih banyak mengandung asam lemak sehat yang seimbang

Susu memang dinilai sebagai sumber lemak dan protein hewani. Sekalipun kandungan susu yang organik dibandingkan dengan non organik ada sedikit perbedaannya. Pada organic milk, kandungan asam omega 3 dan juga alfa-linoleat-nya lebih tinggi dibandingkan susu non organic. Ia memiliki kandungan lebih banyak antara 50 hingga 70 persen.

Peranan asam omega 3 dan juga alfa-linoleat ini sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel di dalam tubuh, ia juga memiliki peranan yang penting dalam perkembangan otak anak. Manfaat lainnya juga berfungsi sebagai pengatur pembekuan darah dan produksi hormon. Hingga dapat mengurangi resiko sakit jantung, peradangan, stroke, dan rematik.
Terbebas dari kandungan antibiotik dan hormon tambahan.

Di zaman yang semakin mengedepankan teknologi ini, pastinya tak luput dari keunggulan akan rekayasa genetika. Yang perlu kita pahami adalah bahwa tidak semua produk rekayasa genetika adalah buruk. Karena fungsi utama dari proses rekayasa genetika adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hingga dicari beberapa keunggulan dan dijadikan satu.

Nah, namun untuk masalah susu hewani organik ini, agaknya dapat dipastikan untuk terbebas dari kandungan antibiotik atau hormon tambahan yang lain-lain sehingga dapat memaksimalkan manfaat susu organik untuk tubuh kita. Terbebasnya dari zat antibiotik ini adalah untuk menghindari adanya residu pada susu, sehingga orang yang memiliki masalah pada kesehatan tidak memicu timbulnya reaksi alergi.

Mendukung gaya hidup sehat

Kelebihan susu organik untuk tumbuh kembang anak adalah menciptakan gaya hidup alami yang sehat. Susu sendiri sangat bermanfaat untuk perkembangan anak secara optimal dengan asupan nutrisi yang ada. Tak adanya pengaruh residu, tentunya dapat mendukung gaya hidup sehat yang berkelanjutan.

Perkembangan kognitif anak semakin baik

Beberapa manfaat dari kandungan omega 3 yang terkandung pada susu, dinilai dapat mendukung perkembangan kognitif pada anak. Sehingga ia akan memiliki kecerdasan dan keterampilan sosial yang juga lebih baik untuk lingkungannya.

Membantu proses pertumbuhan tulang dan juga gigi

Susu sapi atau susu kambing organik juga turut mengandung banyak vitamin D dan juga vitamin K. Vitamin D sendiri dapat membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan juga gigi. Selain itu kebutuhan seseorang akan vitamin K juga diperlukan. Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin D maupun vitamin K akan beresiko untuk memiliki penyakit rakitis, maupun pengeroposan tulang yang lebih cepat pada umumnya.

Demikian beberapa manfaat susu organik yang juga dibutuhkan untuk tubuh. Jadi mulai saat ini, harus rajin-rajin minum susu ya!

Salam sehat.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
susu organik


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Makanan sehat untuk bayi and anak 1tahun+. 100% organik -- Area Promosi 0
jual susu pembersih kulit wajah dan tubuh untuk ibu2 pasca melahirkan -- Area Promosi 0
Bun, Ini Bedanya Susu Tradisional Dengan Susu Organik -- Ngobrol Apa Saja 1
Keunggulan Susu UHT yang Patut Bunda Tahu -- Diskusi Umum 10
Jual Obat Herbal Organik 100% untuk Sakit Maag dan aman untuk ibu hamil -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com