Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Sascha...   TS 
 
Posts: 9
Default Gimana cara mengatasi stress dan sedih saat hamil?

Pagi bunda2... Pengen cerita nih.. Biar legaan dikit.

Saya thun 2017 menikah dengan suami saya, g ada masalah serius sebenernya. Suami saya juga punya dua sumber pemasukan. Saya walapun sudah berhenti bekerja, ada kerja paruh waktu dirumah sampai bulan november tahun 2018, g banyak memang tapi cukup untuk keperluan saya sendiri (belanja) jd g perlu repotin minta jatah bulanan dari suami. Uang kebutuhan sehari2 suami yg pegang. Saya hanya tahu uang yg saya hasilkan, dan uang yg saya belanjakan. Mulai makan, listrik, air, belanja kebutuhan semua2nya suami. Kebetulan suami kerja dirumah, punya gaji pokok, dan ada uang bulanan jg dr kantor + usaha lainya. Jadi kesimpulanya, saya tidak tahu pasti pemasukan suami saya, saya hanya tahu gaji pokok suami saya tiap bulanya. Pengeluaran tiap bulan saya juga tidak tahu karena saya tidak pernah d ajak diskusi.
Keluarga suami saya, mama mertua saya, adik2 ipar saya baik2 semua, saking baiknya sampai suka membantu orang dan hewan2 melebihi batas kempuanya. Untuk keluarga besar suami sejak awal saya dekat dg suami, beeberapa punya kesan negatif trhadap saya. Pernah mama mertua saya disuruh berhati2 dan jgan sampai saya pegang semua uang suami saya. Suami adik ipar saya juga pernah beranggapan demikian mengenai saya. Faktanya, sejak pacaran saya sudah mlai "menitipkan" sedikit uang kepada calon suami saya, untuk keperluan yg tak terduga/persiapan untuk pernikahan. Sampai menikahpun saya berusaha cri uang sendiri untuk belanja sendiri.
Suami saya punya hutang yg saya tidak tahu jumlah tepatnya. Saya pernah tanya akhir2 ini dan suami saya bilang 70an juta. Jujur saya kaget sekali.
Saya tanya, uang apa aja itu, salah satunya untuk uang semacam seserahan saya. Padahal pernikahan saya termasuk pernikahan kecil. Selain itu ortu saya pernah membutuhkan uang dan suami membantu. Di lain sisi, suami pernah ijin untuk menjual emas yg awalnya diberikan kepada saya, dan saya mengizinkan. Kemudian sebelum menikah, suami dapat dari tante2nya yg menurut saya seharusnya cukup kalau sekedar sebesar yg diberikan kepada ortu saya. Yg jelas pemasukan menurut saya tidak sedikit.
Kenapa saya sampai tidak tahu atau tidak mau tanya masalah keuangan? Tiap saya tanya suami menjawab ragu2 dan tidak terlalu jelas, yg saya tahu, CC adik ipar pernah digunakan tdak sebagai mana mestinya sampai hampir 100jt, niatnya ingin membantu krn tantenya sedg sakit keras. Tiba2 adik ipar dapat info dr bank punya tanggungan sekian puluh juta. Dn mau g mau harus cr pinjaman lain. Tante yg sedang sakit keras sudah tidak bs diharapkan untuk membantu membayar hutangnya. Anak2nya yg menurut saya berkcukupan jg seakan2 membiarkan bgtu saja. Alhasil, suami saya dan adiknya yg terakhir yg kerepotan jg cr pinjaman.
Oke, saya maklumi... Akhirnya hutang bertambah lgi.
Yg membuat saya krang berkenan, sebenarnya suami lamayan srg mendapt pemasukan, namun saya tidak pernah merasa ikut menikmatinya dr bonus, dll. Oke, saya ambil kesimpulan untuk membayar hutang2nya. Tapi aneh aja klo sape skrg mash 70jt.
Saya coba memaklumi dan g mau tanya, saya menghindari suami saya berbohong jika saya trll banyak bertanya, saya selalu bilang "y udah gpapa bantu2, selama belum repot dan punya momongan, yg pnting KETIKA BUTUH, kita g kerepotan." hal itu sll saya ingatkan k suami, saya jg g merasa terlalu membebani suami saya untuk kepentingan pribadi. Hingga akhir tahun lalu, mama mertua saya telfon, ada acara keluarga, dan saya disarankan tidak perlu datang krn ada keluarga besar yg beranggapan buruk ttg saya, orang ini cukup berpengaruh dkeluarga besar suami. Saya saat itu dkamar otomatis langsung sedih, dan merasa tidak terima, karena topik ttg saya matre masih di perbincangkan. Walaupun saya orang kampung, sopan santun, adat istiadat, rasa tahu diri sudah ditanamkan sjak kecil. Maka dr itu saya tidak menuntut banyak k suami, dan berusaha cr uang sndiri. Denger mama mertua bilang bgtu, rasanya sakit bgt bun.. Merasa tertolak dan g diharapkan.. (
Hal lain yg bikin saya timbul rasa kesal, adik ipar (yang suaminya pernah bilang saya matre) hampir setiap bulan meminjam uang ke suami saya untuk bayar karyawan/cicil hutang, oke lah, bantu adik. Dimana, adik ipar saya ini kehidupanua menurut saya blm mencerminkan kondisinya skrg. Saya berusaha hidup apa adanya, boro2 liburan, bulan madu saja saya dirumah. Semua pekerjaan rumah yg tidak sharusnya dikerjakan seorang wanita saya kerjain bun, mlai bikin2 rumah2an buat kucing, dandan2 rumah (nukang), pasang batu bata buat ganti paving, sampai motong rumput, saya kerjain sendiri, demi ngirit. Liburan mentok2 nonton film d bioskop, saya sdg hamil jalan 8 bulan. Minta berenang aja sampai skrg g keturutan alasan suami takut airnya kotor, boro2 babymoon yg sampe manjain diri bgt . Yang bikin sedih lagi, saat saya mempersiapkan keperluan melahirkan, dr jauh2 hr saya bilang saya perlu uang biar nyicil perlengkalan bayi, sudah saya susun semuanya, saya minta sktr 600rban untuk baju2nya aj dlu. Saat saya minta suami tidak respon positif, dan menyuruh saya untuk dkurangi lg. Padahal hari2 sebelumnya adik ipar saya bru saja meminjam uang lagi. Rasanya sangat sedih, terabaikan, mrasa tidak berdaya, krn saat itu saya sdh tidak kerj Paruh waktu lg. Jd pengen beli banyak hal, seperti ibu2 hamil lainya semangat banget mempersiapkan kelahiran babynya. Apalah saya, cuman bisa mantengin app olshop tanpa bisa beli apa2. Happy2nya seorang ibu yg mempersiapka kelahiran anaknya loo saya g bisa ngerasain..
Dilain sisi, adik ipar yg banyak hutang masih bisa mmbrkan yg terbaik untuk anaknya, masih bisa jalan2, imunisasi sampai ratusan ribu. Kenapa jg g d puskesmas aja. Rasa iri, kesel, mlai tumbuh nih bunda ( sediiih bgt. Sampai saya ngambek dn bilang biar suami saya yg urus keperluan bayi aja. Yang bikin syok, adik ipar saya menawarkan barang2 anaknya dulu, suami menerima itu, bukan masalah g mau nerima bekas anaknya, seneng bgt bisa dikit ngirit tp senggaknya ttp beli lah dikit, secra ini anak pertama kami, ada budaya, anak pertama tetep harus beli baju2 baru minimal setengah lusin lah, dr popok, baju, celana, dll (udh diwanti2 sama ibu saya), suami pikir saya gengsi aja.
Ini di list belanja saya kebanyakan cuman 3 pasang doank lo..
Saya g kuat sampe akhirnya cerita k ibu saya, wlpun tidak mendetail krn g mau bkin khawatir ortu dn ortu berprasangka yg tdk baik ke keluarga suami. Saat2 dimana merasa nelangsa skali, padahal saya tidak pernah merasa tidak sebersyukur ini. Sekampung2nya keluarga saya, anti banget yg namanya hutang2, kk saya yg punya banyak anak, dan CC jg ada aja g pernah berhutang. Cc g d aktifin. Hidup biasa sederhana dn g mau nuntut aneh2, lalu diposisikan sangat tidak berdaya karena orang lain, dapet omongan yg g ngenakin pula.

Oiya, satu hal lagi, saya melarang suami saya untuk menerima sumbangan ketika anak kami lahir. Dr keluarga saya mmng biasa bgtu, tidak ingin membebani orang lain. Dan karena saya tahu, berapapun besarnya keluarga besar suami memberikan uang k suami saya, uang itu ujung2nya bukan untuk saya. Seperti yg sudah2... Saya yg dikata matre, tapi menikmati uangnya juga enggak. Kan sakit banget bun...
Tanpa harus dapet sumbangan pun kalau dihitung2, pas bgt suami saya dapet komisi tahunan+ ada tabungan.

Perlu g sih bun sebenernya saya blak2an masalah ini k suami? Beberapa masih saya tahan2... Kadang saya marh tanpa alasan krn g mau menunjukan klo kesel saya karena keadaan ini. Pernah saya cuman diem, krn takut kalau marah2 yg keluar kata2 g bagus. Suami malah baper g jelas, terus nangis, bilang dikira saya nyesel nikah sama dia. Terus pas malem tahun baru, kami berdua dirumah aja, saya dikamar sembahyang, suami dibawah main game, sampe jam 1an. Saya kesel bgt, boro2 ikut sembahyang, atau nonton film brg lah dirumah, dr sore sampe mlem asik sndiri. Saya ngambek dan kethuan nangis, saya cmn bilang "gp2 keinget dosa..." saya gantian main game, dia baper dan malah nyalahin saya, menunjukan klo gr2 sikap saya malam itu bkin dia jd gagal, merusak malam tahun baru, bikin kesan tahun baru jd negatif. Langsung saya meledak, sakit banget, udah akhir2 ini ngerasa g dihargain, perasaan g enak, campur aduk, ditanggung sendiri, dibebani baper g jelas suami. Seakan2 saya yg salh krn marah tanpa alasan. Duh gusti ( sedih bgt saya bun... Saya nangis sejadi2nya teriak2 tengah malem, kok suami bisa mikir bgtu, tnpa mkirin perasaan saya. Saya sampe bilang, pengen banget mati klo bukan krn inget anak n ortu saya.
Akhir2 ini saya stress bgt bun, belum lg punggung yg sering pegel, capek, boro2 d elus2 punggungnya, yg ada ditinggal main game. Keadaan kek hni sering terjadi, dimana saya diam krn brsaha pengen maklumin suami, tp ada rasa kesel yg numpuk,menghindari saya berkata kurang ajar kesuami. Tapi suami g ngerti, g pernah ngerti.. Ujung2ny dia baper karena saya diem, eeh bapernya disalahin k sya. Perasaan ini sampe skrg masih bun, saya masih srg sedih, nangis sendiri... Gmn ya cr ngatasinya, g pengen bkin pengaruh g bagus k baby yg masih d perut.



Maaf Ya bunda2 klo ada kesalahan format penulisan.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Riri32...
 
Posts: 89
 
Salam kenal bunda sasha..
Sebelum nya maaf dl ya..sy jg lom pernah hamil..
Tp turut prihatin apa yang bunda rasa, kasian siy debay bun klo bunda setres.
Coba bun ngom baik2 sm suami kalo diliat suami bunda masih lom dewasa .dan lom punya prinsip msh pengaruh keluarga.dan sedikit pehitungan(pelit)..
Dan sedikit ngom aja unek2 bunda dgn baik2 semoga suami bunda bisa mengerti.

Sedikit cerita.dlu suami sy juga diam tdk mau terbuka sm sy .dan akhirnya sy ngom gunanya km punya istri apa .dr situ sy ngom .d dr situ dia mulai terbuka dan jauh lbh baik bun ...
 
  #3  
Old
Sascha...   TS 
 
Posts: 9
 
Replying to: View Post
Salam kenal bunda sasha..
Sebelum nya maaf dl ya..sy jg lom pernah hamil..
Tp turut prihatin apa yang bunda rasa, kasian siy debay bun klo bunda setres.
Coba bun ngom baik2 sm suami kalo diliat suami bunda masih lom dewasa .dan lom punya prinsip msh pengaruh keluarga.dan sedikit pehitungan(pelit)..
Dan sedikit ngom aja unek2 bunda dgn baik2 semoga suami bunda bisa mengerti.

Sedikit cerita.dlu suami sy juga diam tdk mau terbuka sm sy .dan akhirnya sy ngom gunanya km punya istri apa .dr situ sy ngom .d dr situ dia mulai terbuka dan jauh lbh baik bun ...
Halo bunda riri, salam kenal jga... Thx bgt udh mau baca.. Hehehe

Btw, mmang blm brncn pny baby kah? Smoga dlancrkan y apapun rencananya..

Klo ngomong sbnre udah bun, klo d bilang pelit sbnre g juga bun, cmn mnrt saya krg peka dan agak nyepelein krn saya jarang minta... Saya srg blang juga sih cmn g blak2an ttg adiknya yg kdg masih agak boros, dia jg sadar klo adikny blm bsa prihatin. Agak lucu, saya smpe skrg jadi keinget omongan suami dia yg bilang saya matre... Padahal skrg dia sndiri msh mnt tolong suami saya, duh bukan mau ungkit2, pas nikahan adiknya ibu saya juga ngasih biarpun dikit,.. Pdahal saya sama suami blm menikah, pas lahiran anak dia ibu saya jg ngasih, embak saya jg kash bingkisan. Sakit rasanya dblang bgtu.. Kadang situasi bgni bkin saya keinget trs yg jelek2 jdnya kesel pke bget..
Serasa g dhargain, suami sndiri jg g ngerti bun, kayanya krn saya sama suami beda suku deh, jd kebiasaaan, budayanya lain...

Saya brasa sndirian, mau crt k ortu, tkut ortu sdih.. Cmn bisa ngarep rasa2 g bagusnya perlahan ilang..
 
  #4  
Old
Riri32...
 
Posts: 89
 
Replying to: View Post
Halo bunda riri, salam kenal jga... Thx bgt udh mau baca.. Hehehe

Btw, mmang blm brncn pny baby kah? Smoga dlancrkan y apapun rencananya..

Klo ngomong sbnre udah bun, klo d bilang pelit sbnre g juga bun, cmn mnrt saya krg peka dan agak nyepelein krn saya jarang minta... Saya srg blang juga sih cmn g blak2an ttg adiknya yg kdg masih agak boros, dia jg sadar klo adikny blm bsa prihatin. Agak lucu, saya smpe skrg jadi keinget omongan suami dia yg bilang saya matre... Padahal skrg dia sndiri msh mnt tolong suami saya, duh bukan mau ungkit2, pas nikahan adiknya ibu saya juga ngasih biarpun dikit,.. Pdahal saya sama suami blm menikah, pas lahiran anak dia ibu saya jg ngasih, embak saya jg kash bingkisan. Sakit rasanya dblang bgtu.. Kadang situasi bgni bkin saya keinget trs yg jelek2 jdnya kesel pke bget..
Serasa g dhargain, suami sndiri jg g ngerti bun, kayanya krn saya sama suami beda suku deh, jd kebiasaaan, budayanya lain...

Saya brasa sndirian, mau crt k ortu, tkut ortu sdih.. Cmn bisa ngarep rasa2 g bagusnya perlahan ilang..
justru tidak peka nya suami bun. kudu blak2an kalo ngom
menunggu pekanya kapan bentar lagi sudah jadi ayah.dan bner kalo bisa jgn sampai org tua sendiri tahu..semoga suami bunda cepat sadarnya krna istri yg terpenting dr pada adik /iparnya..

semangat dan sabar ya bun demi debay semoga sehat slalu

---------- Post added at 15:21 ---------- Previous post was at 15:18 ----------

Replying to: View Post
justru tidak peka nya suami bun. kudu blak2an kalo ngom
menunggu pekanya kapan bentar lagi sudah jadi ayah.dan bner kalo bisa jgn sampai org tua sendiri tahu..semoga suami bunda cepat sadarnya krna istri yg terpenting dr pada adik /iparnya..

semangat dan sabar ya bun demi debay semoga sehat slalu
utk baby baru bln 10 program bun... dl pernah 2014 program tp males ktnya smpat ada kista
 
  #5  
Old
Sascha...   TS 
 
Posts: 9
 
Replying to: View Post
justru tidak peka nya suami bun. kudu blak2an kalo ngom
menunggu pekanya kapan bentar lagi sudah jadi ayah.dan bner kalo bisa jgn sampai org tua sendiri tahu..semoga suami bunda cepat sadarnya krna istri yg terpenting dr pada adik /iparnya..

semangat dan sabar ya bun demi debay semoga sehat slalu

Amiin amiiin.. Makasih banyak bunda riri..

---------- Post added at 15:21 ---------- Previous post was at 15:18 ----------



utk baby baru bln 10 program bun... dl pernah 2014 program tp males ktnya smpat ada kista
Oowh iya.. Saya jg g langsung bun. Hampir satu tahun baru isi... Kistanya brrt dh sembuh y? Semoga lancr n sukses y bunda promilnya,
 
  #6  
Old
Riri32...
 
Posts: 89
 
Replying to: View Post
Oowh iya.. Saya jg g langsung bun. Hampir satu tahun baru isi... Kistanya brrt dh sembuh y? Semoga lancr n sukses y bunda promilnya,
aminnnnn bundaaa... kistanya tdk ada 2018 desember hidrosalping
 
  #7  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Bunda harus sering2 curhat ke suami. Tentang semua yg mengganggu bunda saat ini.
Mumpung hamil...jd mau ngobrol sambil marah2 trus ujung2nya bilang krn hormon biar dimaklumi

Soalnya saya gtu sih dlu.. waktu hamil dan kena baby blues setelah melahirkan....obatnya marah2 ke suami. Mengutarakan isi hati. Setelah reda ya minta maaf...
 
  #8  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
iya bunda... sering-sering diajakin ngobrol suaminya. soalnya saya lihat basicnya masalah lebih kepada masalah hubungan sosial dalam keluarga dan masalah keuangan keluarga inti bunda yg tidak terbuka dan berlarut2 sehingga jadi beban pikiran.

masalah kayak gini jangankan buat ibu hamil, buat yg ga hamil aja bisa bikin stress apalagi kl dipendam aja nga diomongin bs jadi penyakit bun..

pelan2 sering ajak suami bicara soal perlunya keterbukaan soal keuangan dalam keluarga. Masa bunda sebagai istri tidak diberi kepercayaan untuk mengelola keuangan dalam keluarga... salah satu tanggung jawab istri kan termasuk pengelolaan keuangan keluarga. Jadi pemasukan dan pengeluaran selayaknya transparan.

apalagi soal utang2 kudu transparan.. nanti kl suami ga bs bayar kan istri juga ikutan ditagih...

soal sikap keluarga juga sebaiknya disampaikan pada suami bahwa ada rumor/fitnah tentang bunda yang selama ini berkembang ga sehat. Suami juga harus ikut klarifikasi ke keluarganya soalnya kalo yg jelaskan bunda kan pasti ga ada yg percaya..

semangat bun... sebelum ngobrol sama suami berdoa dulu minta petunjuk yang MAHA KUASA biar komunikasi bs lancar dan menyelesaikan masalah
 
  #9  
Old
Bella ...
 
Location: Kuala lumpur
Posts: 2
 
Astagfirullah ((((
 
  #10  
Old
Sascha...   TS 
 
Posts: 9
 
Replying to: View Post
Bunda harus sering2 curhat ke suami. Tentang semua yg mengganggu bunda saat ini.
Mumpung hamil...jd mau ngobrol sambil marah2 trus ujung2nya bilang krn hormon biar dimaklumi

Soalnya saya gtu sih dlu.. waktu hamil dan kena baby blues setelah melahirkan....obatnya marah2 ke suami. Mengutarakan isi hati. Setelah reda ya minta maaf...
Laah.. Ini krn suami saya tahu banget bun masalah kondisi ibu hamil.. Jd klo saya marah2 dia tahu krn hormon, jd malah anggap enteng... Klo pas mau mens aja klo saya habis ngambek bsoknya ngobrol dia jg blang "oowh ya kamu kan mau mens..." jd kesanha kayak nyepelein

---------- Post added at 18:22 ---------- Previous post was at 18:21 ----------

Replying to: View Post
aminnnnn bundaaa... kistanya tdk ada 2018 desember hidrosalping
Semangat y bunda riri.. Jgn lpa suplemenya.. Hehe katanya sih gtu ya, saya sblm hamil mnum asam folat

---------- Post added at 18:36 ---------- Previous post was at 18:22 ----------

Replying to: View Post
iya bunda... sering-sering diajakin ngobrol suaminya. soalnya saya lihat basicnya masalah lebih kepada masalah hubungan sosial dalam keluarga dan masalah keuangan keluarga inti bunda yg tidak terbuka dan berlarut2 sehingga jadi beban pikiran.

masalah kayak gini jangankan buat ibu hamil, buat yg ga hamil aja bisa bikin stress apalagi kl dipendam aja nga diomongin bs jadi penyakit bun..

pelan2 sering ajak suami bicara soal perlunya keterbukaan soal keuangan dalam keluarga. Masa bunda sebagai istri tidak diberi kepercayaan untuk mengelola keuangan dalam keluarga... salah satu tanggung jawab istri kan termasuk pengelolaan keuangan keluarga. Jadi pemasukan dan pengeluaran selayaknya transparan.

apalagi soal utang2 kudu transparan.. nanti kl suami ga bs bayar kan istri juga ikutan ditagih...

soal sikap keluarga juga sebaiknya disampaikan pada suami bahwa ada rumor/fitnah tentang bunda yang selama ini berkembang ga sehat. Suami juga harus ikut klarifikasi ke keluarganya soalnya kalo yg jelaskan bunda kan pasti ga ada yg percaya..

semangat bun... sebelum ngobrol sama suami berdoa dulu minta petunjuk yang MAHA KUASA biar komunikasi bs lancar dan menyelesaikan masalah
Iya bunda mei.. Saya sih g keberatan ya klo keuangan yg handle suami, y saya mikirnya, slm saya masih dkasih makan aja gp2... Pertimbangan saya y mngkin karena msh punya tanggungan hutang, nggak papa bun iklas.. Cuman saya kesel nya kalau suami bantu2 orang lain/ hewan melebihi porsi yg seharusnya.. Terus lebihan yg shrusnya bisa buat disimpen2, sukur2 bisa buat nabung bangun rumah malah g ada... Kan nyesek ya, suami ini baik bgt bun, saking baikny y gtu, misal kerja sama sm orang, ujung2nya rugi, orangnya bkin crt entah bohong apa beneran, trs iklas gt aja... Lah klo smpe amit2 g ada simpenan kan aki sedih bun... Rumah juga blm punya, ada jg pny ortu sm mertua, saya sih g mau ngarep dr yg dksih ortu, pgnya pny sndiri, bgun sndiri...

Klo rumor, suami saya tahu bun, malahan suami saya awalnya yg ngasih tahu.. Cmn dah lama g d omongin lg.. Eh tb2 kmrin saya dger pas mama mertua telfon...

Saya sih masih brsh nahan y, g mau trlalu blak2an, ngomongnya pelan2...
Hubungan saya sama adik ipar jd tambah berjarak bun, pgen bget lah mikir positif,... Tp klo inget omongan suaminya dn sikapnya dlu k saya jd kesel...
 
  #11  
Old
nnisav...
 
Posts: 160
 
Aku bacanya semngat banget dari awal sampai akhir

Aku pengantin baru bun
Baru 1 bulan menikah

Jadi masih banyak belajar dari bunda bunda sekalian

Kalau menurut aku, bunda terbuka aja keluarin unek uneknya ke suami

Sebelum ngeluarin unek uneknya

Di baik baikin dulu suaminya bun

Nah pas mood suami udah bagus baru deh bunda ngomong dari hati ke hati
 
  #12  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Oalah...klo aku sih emang jarang marah2...jd sekalinya marah...langsung suami stress haghaghag

Ya pokoknya intinya komunikasi bund. Ajak ngobrol suami. Lha kan paham wanita hamil sering stress...ya utarakan aja yg di pikiran bunda...minta pendapat suami gmn enaknya. Yg penting bunda ga pendem2 sendiri itu masalah hati.

Klo masalah keuangan ya harus tahu bund...coba ajak suami bikin jurnal keuangan. Jurnal besar...jurnal kecil. Jd suami tahu timpangnya dimna...klo saya dlu juga pernah marah2 soal keuangan...awal2 nikah suami masih bantu2 sodara...masih ada hutang. Jd kdang klo duitnya ga ada aku tanya2. Untungnya sih suami saya terbuka soal keuanganj
 
  #13  
Old
Sascha...   TS 
 
Posts: 9
 
Replying to: View Post
Aku bacanya semngat banget dari awal sampai akhir

Aku pengantin baru bun
Baru 1 bulan menikah

Jadi masih banyak belajar dari bunda bunda sekalian

Kalau menurut aku, bunda terbuka aja keluarin unek uneknya ke suami

Sebelum ngeluarin unek uneknya

Di baik baikin dulu suaminya bun

Nah pas mood suami udah bagus baru deh bunda ngomong dari hati ke hati
Waah.. Selamat menempuh hidup baru ya.. Smg sgra d beri momongan

Samaa.. Saya jg msh belajar bundaa... makasih banyak masukanya..

---------- Post added at 01:49 ---------- Previous post was at 01:34 ----------

Replying to: View Post
Oalah...klo aku sih emang jarang marah2...jd sekalinya marah...langsung suami stress haghaghag

Ya pokoknya intinya komunikasi bund. Ajak ngobrol suami. Lha kan paham wanita hamil sering stress...ya utarakan aja yg di pikiran bunda...minta pendapat suami gmn enaknya. Yg penting bunda ga pendem2 sendiri itu masalah hati.

Klo masalah keuangan ya harus tahu bund...coba ajak suami bikin jurnal keuangan. Jurnal besar...jurnal kecil. Jd suami tahu timpangnya dimna...klo saya dlu juga pernah marah2 soal keuangan...awal2 nikah suami masih bantu2 sodara...masih ada hutang. Jd kdang klo duitnya ga ada aku tanya2. Untungnya sih suami saya terbuka soal keuanganj
Lebih k sering ngambek sih bunda... Biasanya klo kesel, atau ada yg krg berkenan, aku diem, g aku omongin, ditahan gtu.. Nnt suami tahu nih aku ngambek, eeh dia ikut baper

Iya nih musti mlai d biasain y, kmrn dh smpet diskusi.. Ya ada drama2 dlu gtu.. Aku bilang pgn kerja lg nanti shabis lahiran pas anak udh agak gede. Agak debat lg krn bidang kerja yg aku mau sama yg dia saranin lain.

Sbnrnya aku sh gp2 bun klo dia masih bantu2.. Toh diganti juga... Cmn y itu kesel, ketika istri sndiri butuh eeh disepelein, kmrn aku bahas jg nih masalah ini, dan dia minta maaf sm jelasin, dia malah g tahu kapan aku minta uang buat belanja, padahal sampe berntem.. Trs dia blng lg dia lg g fokus waktu itu, salah satunya karena lg MAIN GAME. parah bgt g sih alesanya, pdhal ngobrol panjang lebar wktu itu. Berasa sangat d sepelein bgt.. Y udah lh... Huhuhu

Aku pgn bgt tuh bun ikut tahu doank duit dr mana aja, trus kmn aja.. Cmn msh agak sungkan klo bahas2. Tahunya cmn sbtes yg gaji pokok, yg lain2nya g ngrt krn mmng besarny tiap blan g sll sama. Smga deh ada saat yg tepat buat ngomongin lg.
Btw makasih banyak


*maaf2 klo bahasanya masih campur aduk
 
  #14  
Old
Candra...
 
Posts: 3
 
Astaga bunda saya ga kuat baca cerita nya ... �� baru setengah smpe keprluan baby saya ga lanjutin baca gak tega .... sabar bun dekatkan diri dg Tuhan ���� Jika tdk ada seorang pun yang mau membantu Tuhan slalu akan membantu kita aminn����
 
  #15  
Old
Yuliaw...
 
Posts: 129
 
Maaf Bun ikut nimbrung. Aq juga akhir2 ini sering stress nih sering marah2 gak jelas ma suami. Apa lgi kalo dicuekin dikit aja aq langsung marah tapi suami gak pernah peka . Padahal dia tau apa yg aq mw tapi dia kaya yg gak peduli gtu . Malahan dia kesel aq kaya gni terus . Maaf ya aq gak bisa ngasih saran ma bunda Sasha . Aq malahan ikut curhat . Sekali lgi maaf.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Gimana ya cara mengatasi sulit buang air kecil saat hamil ?? -- Diskusi Umum 17
mengatasi stress saat hamil -- Diskusi Umum 9
Mencegah dan mengatasi stress saat hamil -- Diskusi Umum 0
gimana cara ngilangin stress untuk ibu hamil??? -- Ngobrol Apa Saja 2
Gimana Mengatasi Flu Saat Hamil -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com