Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
siwiki...   TS 
 
Posts: 20
Default Sharing berhasil hamil alami setelah gagal insem dan bayi tabung

Sebenernya udah lama mau share ini. . tp slalu ketunda terus. . Saya share pengalaman ini mudah2an bisa jadi penyemangat buat para calon ortu di luar sana yg masih berjuang menantikan kehadiran si buah hati. .

Di awal pernikahan. . wajar klo setiap pasangan pengen segera dapet momongan. . sbenernya saya dan suami ga terlalu ngebet awalnya..cuma udah beberapa bulan lewat kok blm ada tanda2
sama sekali. Iseng saya cek ke dokter kandungan. . ternyata memang ada masalah kista di indung telur saya. . bukan hanya sebelah. . tapi di kedua indung telur saya. . shock? lumayan. . krn waktu itu dokternya bilang kemungkinan punya anak tetep masih ada walaupun harus lebih bersabar. .pd saat itu sya blm blg ke suami krn sya pikir ini bkn masalah besar..

Setiap siklus haid rasanya perut makin sakit. .dan setiap berhubungan sama suami jg kaya ga nyaman di perut. . akhirnya coba ke dokter lain buat periksa kista lagi. . saat itu sya masih sendirian cek tanpa suami.. krn kita emg kerja beda kota waktu itu. . ternyata temuannya makin ngebuat saya shock. . kista2 itu semakin besar. . terutama yg sebelah kiri.. ga cuma besar tp ada beberapa buah yg saling menempel seperti bersekat2..yg bikin saya down saat itu dokter bilang klo melihat bentuk kistanya..sepertinya sifatnya ganas. .harus segera diperiksa dan worst case nya harus diangkat sel telurnya..

Waktu itu rasanya spt dunia runtuh..2 sel telur yg ada kemungkinan bakal diangkat. . waktu itu akhirnya sya tdk bs menahan tangis. . akhirnya suami dan ortu harus sya kasih tahu. .

Akhirnya sya cek ke dokter spesialis yg lebih senior. . beliau adalah consultant spog.. bukan hanya specialist. .setelah diperiksa dg alat yg lebih canggih. .dokter tsb menyatakan klo kista
itu sepertinya tdk ganas. . akan dicoba dg suntik tapros terlebih dahulu untuk menghentikan menstruasi sementara selama 6 bulan agar pertumbuhan kista tersebut bisa dihambat. .rasanya saat itu Allah memberikan kesempatan kedua bagi saya dan suami untuk tetap berharap bisa memiliki buah hati dr rahim saya sendiri. .

Setelah 6 bulan tdk menstruasi. .dan dibantu dg pola makan sehat dan konsumsi herbal2 untuk penyakit kista
Alhamdulillah kista sebelah kanan menghilang. . sekarang tinggal sebelah kiri yg sudah mengecil. . namun setelah siklus haid saya normal kembali. . kista itu kembali membesar. . rasanya hampir putus asa. . akhirnya kami memutuskan untuk melakukan laparoscopy untuk kista sebelah kiri..

Setelah laparoscopy sy disarankan untuk segera hamil sebelum kista tsb tumbuh kembali. .tapi hasilnya masih nihil..dan setelah beberapa bulan.
.benar saja kista tersebut tumbuh kembali..

Sudah hampir 2 taun pernikahan kami. . tapi tanda2 kehamilan blm juga datang. . akhirnya kami memberanikan diri untuk ikut program inseminasi dan bayi tabung agar cepat berhasil hamil sebelum kista yg ada semakin membesar. .sebelum memulai program tsb ada serangkaian test yg harus saya dan suami lewati. .dr serangkaian test tersebut saya baru tau kalau ternyata saluran tuba kiri saya
sudah buntu akibat laparoscopy yg lalu. . semakin kecil harapan kami untuk bisa segera hamil. . kini saya hanya bisa berharap lebih banyak ke sel telur sebelah kanan. . namun krn kista sebelah kiri terus membesar.. akhirnya sya harus menjalani laparoscopy kedua sebelum menjalani program inseminasi. .

Setelah beberapa kali inseminasi yg gagal.. akhirnya dokter menyarankan untuk langsung mencoba bayi tabung. .persiapan nya jauh lebih rumit. .beberapa
kali suntikan dan obat hormon saya jalani selama krg lebih 2 bulan. . semuanya demi kehadiran si kecil. .

Ternyata obat2an hormon tsb kembali menumbuhkan kista saya. . rasanya benar2 pesimis waktu itu.. apa mungkin bayi tabung bisa berhasil dg keadaan ada kista di indung telur saya?

Setelah 2 minggu embrio hasil bayi tabung ditransfer ke rahim saya akhirnya saat2 yg menentukan tiba. .saat
melakukan test pack. .baru kali itu setelah 2.5 tahun saya melihat 2 garis merah di test pack.. walaupun sangat samar.. rasanya msh belum percaya. . akhirnya saya disarankan dokter untuk test hcg untuk memastikan. . dan ternyata benar. . akhirnya saya dinyatakan positif! suami saya sampai sujud syukur saat itu.. rasanya seperti durian runtuh. .hadiah yg kami nantikan selama ini akhirnya dtg juga. .

Namun sampai bulan ke 2 detak jantung maupun janin di rahim
saya tidak juga terlihat. .beberapa dokter sempat kami kunjungi untuk memastikan tp hasilnya nihil. .

akhirnya hal yg kami khawatir kan terjadi. . dokter memvonis bahwa kehamilan saya tdk berkembang dan harus segera dikuret.. saya dan suami saat itu hanya nya pasrah dan mencoba menerima ujian ini. .

Setelah kuret..saya dan suami mencoba mencari tahu apa penyebab kegagalan kehamilan
kemarin. . setelah beberapa kali pemeriksaan disimpulkan bahwa penyebabnya masih krn kista dan ditambah adanya hidrosalping di saluran kiri. . kedua hal itu yg kemungkinan meracuni bakal janin yg ada di rahim saya dan bayi tabung kemarin. . rasanya seperti cobaan terus datang bertubi2..

Akhirnya untuk membuka peluang hamil berikutnya saya kembali menjalani laparoscopy ke-3 untuk menghilangkan kista dan hidrosalping tsb. .setelah itu
kami merencanakan untuk segera menjalani bayi tabung kedua dg sisa embrio beku yg masih disimpan di RS sebelumnya. . rasanya seperti berlomba dg waktu. . sebelum kista itu kembali lagi. . saya harus bisa hamil. . cuma itu satu2 nya yg bisa menyembuhkan kista saya. . itu yg dikatakan dokter. .

Setelah menjalani laparoscopy yg ke 3..saya dan suami kembali berharap ke program bayi tabung dg embrio beku yg sudah kami
simpan di RS. Namun mgkn karena terlalu bertubi2 saya menjalani laparoscopy dlm pengaruh obat bius dan juga berbagai suntikan obat hormon. . jam tidur saya menjadi kacau. . sya mengalami Insomnia berat yg pd akhirnya berpengaruh ke kesehatan saya. . namun krn bayi tabung sudah terlanjur dijadwalkan dan serangkaian persiapan medis sudah dijalani akhirnya kami tetap melanjutkan proses bayi tabung kedua.

Ternyata memang smuanya adalah hak Allah. .seperti nya tanda2 dari Allah bahwa saat itu belum saat nya kami memiliki anak bermunculan bertubi2.. mulai dr kondisi kesehatan saya yg drop di hari H.. dokter bayi tabung yg tiba2 mengalami musibah keluarga sehingga tdk bs menangani langsung. . dan yg paling ekstrim adalah ternyata setelah embrio beku simpanan kami hendak ditransfer. .terkualitasnya menurun drastis. .dari "very good" menjadi "poor"..dan itu tdk hanya 1..tp dari 5 embrio yg kami punya.
.semuanya rusak..SEMUA. .harapan kami untuk bisa memiliki anak dari program bayi tabung pupus sudah. . saat itu kami benar2 putus asa. .blm lg kami harus menerima kenyataan bahwa kista dan endometriosis saya semakin parah akibat obat2an hormon yg saya konsumsi untuk persiapan bayi tabung ini. .akhirnya sya dan suami sepakat untuk rehat dulu dari semua ini. .kami butuh waktu untuk menata mental dan hati kami terlebih dahulu untuk mengembalikan semangat kami.
Saat itu kami berpikir bahwa kita manusia hanya berencana. . tapi hanya Allah yg akhirnya menentukan segalanya. . kami sadar klo kami terlalu ngotot dan bergantung pada tangan dokter yg sebenarnya hanya manusia. . akhirnya kami coba untuk menata hati kami dg melakukan umroh. . saat itu kami berniat untuk bisa lebih dekat dengan Allah dan menata kembali tujuan hidup kami sebenarnya. .

Di tanah suci kami juga memanjatkan doa agar kami bisa mendapat momongan di waktu yg tepat. . yg terbaik menurut Allah.. tak lupa setiap minum air zam2.. saya selalu berdoa agar diangkat segala penyakit yg selama ini saya alami. . serangkaian ibadah yg kami lakukan di sana benar2 membuka mata kami. . bahwa semua kejadian yg kita alami adalah hak dan kehendak Allah..kami menjadi lebih pasrah dan menyerahkan semuanya hanya kepada Allah..
Di madinah saya sempatkan membeli kurma hijau. . madu..habatusauda..kacang2an dan banyak makanan khas arab lainnya yg dipercaya bisa membantu memiliki keturunan.. rencananya sepulang nya dr sana saya akan menjalani kembali usaha memiliki momongan melalui cara yg lebih alami. . stock untuk di rumah sudah cukup banyak. .

Di hari terakhir di Madinah saya mendapat haid pertama. .tp entah kenapa saat itu rasanya tidak sesakit hari2 pertama haid biasanya. . mgkn krn saya banyak aktivitas fisik..

Sesampainya di Indonesia sya coba kontrol ke dokter kandungan saat masa subur..kista itu masih ada.. namun telur sya tdk ada yg tumbuh. . dokter memperkirakan sepertinya krn sy kecapaian setelah perjalanan jauh. .saya pikir itu hal wajar. .dan krn sya sudah pasrah. .kali ini kami santai saja. .tidak lg mau terburu2..dan berharap siklus
bulan depan bisa lebih baik kualitas telurnya..

Setiap hari saya rajin mengonsumsi kurma hijau. . madu..dll dg harapan sel telur di siklus berikutnya bisa tumbuh subur. . rencananya di awal siklus saya ingin kontrol kembali untuk melihat pertumbuhan telur. .

Ternyata siklus berikut nya tak kunjung datang. .sya pikir mgkn krn kemaren saya kecapean jd mungkin hormon nya agak kacau
yg menyebabkan jadwal haid sy tdk teratur. .saya terus tunggu ternyata sudah 1 minggu lewat dr jadwal. . walopun rasanya ga mungkin. . saya coba test pack iseng2.. dan Masya Allah.. ternyata ada 2 garis samar yg terlihat. . tp saya tdk mau ge-er dulu karena bs saja ini pengaruh endometriosis atau hal lainnya. .selain itu kerjain dokter bilang klo telur saya tidak tumbuh di siklus kemarin. .akhirnya saya dan suami memberanikan periksa ke dokter. .
Setelah di USG.. dokter tidak menemukan tanda2 kehamilan. . dokter malah bilang jangan2 ini mlah kehamilan di luar kandungan. . krn kantung kehamilan tidak terlihat sama sekali. . Astagfirullah. . saya dan suami kembali down.. membayangkan klo sampai benar apa yg dikatakan dokter.. worst case nya adalah saluran indung telur saya sebelah kanan jg harus diangkat jk terjadi pembengkakan sal telur akibat hamil di luar kandungan. .
Saya dan suami coba berpikiran positif dan pasrah kpd Allah. . rencana nya minggu depan akan coba periksa ke dokter lain sebagai second opinion. .

Seminggu kemudian akhirnya kami datang untuk kontrol USG lagi. . seharusnya klo benar hamil. . kantung kehamilan harus sudah terlihat di usia ini. . rasanya deg2an skali. .kami terus berdoa sembari menunggu giliran dipanggil dokter. .

Saat USG itu menempel di perut saya. . sang dokter langsung berkata "ini hamil Bu"..saya dan suami hampir2 tidak percaya. . berulang kali kami meminta kepastian ke dokter tsb.. dan Alhamdulillah kantung kehamilan sudah terlihat di kandungan saya! !

Sejak itu tak henti2 nya saya dan suami bersyukur. . ternyata skenario Allah jauh lebih indah. .saya bisa hamil dg cara normal tepat setelah saya dan suami berkunjung pertama kalinya ke rumah Allah..Manusia hanya berencana tp Allah lah yg menentukan. . termasuk soal anak. . anak hanyalah hak Allah semata. .
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ifsa...
 
Location: Kebumen
Posts: 1,491
 
bunda siwikiwi luar biasa perjuangan bunda...sangat menginspirasi & membangkitkan semangat.
perjuanganku blm seberapa dibandingkan dg bunda.
aku sangat terharu

aku gagal insem aja udah ga kuat rasanya

thanks sharingnya ya...
bunda udah deket hpl nya ya?semoga nanti persalinannya lancar,,baby & bunda sehat...
 
  #3  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Selamat yah.. semoga kehamilannya kali ini lancar dan sehat sampai lahiran. Penuh perjuangan untuk bisa hamil, semoga diberikan kesehatan buat ibu dan anak.
 
  #4  
Old
alyn a...
 
Posts: 18
 
sebelumnya terima kasih sdh berbagi pengalamannya bunda....jd penyemangat buat kami berjuang.

Selamat atas kehamilan bunda ya.

Saat ini kami sdh 1,5 thn menanti momongan. Kemaren suami cek sperma ternyata hasilnya yang normal 1% dan abnormal 99%.
Kesimpulannya asthenozoospermia....rasanya liat hasil itu sedih bgt bun....tp aq berusaha tegar dihadapan suami, biar kami tetap semangat program hamil.
Mudah2an kami di berikan momongan di waktu yg tepat sesuai rencana allah amiin.
 
  #5  
Old
alifka...
 
Posts: 118
 
selamat bunda .. merinding saya bacanya
semoga sehat selalu ya bunda calon debay nya dan selalu dilindungi Allah bunda dan debaynya
 
  #6  
Old
acidha...
 
Posts: 24
 
Masya Allah bunda.. Speechless aq bacanya bund, ngerasa usaha ku masih belum ada apa2nya dr Bunda. Bunda, Alhamdulillah dan selamat buat kehamilannya ya.. Smg bunda dan debay selalu diberi kesehatan sampe lahiran nanti. Amiiin YRA.
 
  #7  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 


Subhanallah bunda siwiKiwi...
tanpa terasa menetes air mata ini membaca bait demi bait tulisan bunda.
Sungguh indah hasil yang buda terima dari begitu besar dan beratnya perjuangan yang bunda lewati...
segalanya terlihat nyata bahwa kebesaran Allah senantiasa akan diberikan pada saat yang memang sudah di tentukanya.
kita hanya bisa berusaha, berdoa dan bersabar untuk mengikhlaskan untuk segala hasil akhirnya, ingin rasanya memeluk bunda dan mengucapkan...selamat untuk kehamilan ini, semoga semua yang telah bunda lewati akan membuka lebih banyak lagi pinti rezeki dan pintu kebahagiaan untuk keluarga bunda kedepanya.... bunda beruntung...karena bunda memang pantas untuk mendapatkanya...

 
  #8  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,397
 
Replying to: View Post
Sebenernya udah lama mau share ini. . tp slalu ketunda terus. . Saya share pengalaman ini mudah2an bisa jadi penyemangat buat para calon ortu di luar sana yg masih berjuang menantikan kehadiran si buah hati. .

Di awal pernikahan. . wajar klo setiap pasangan pengen segera dapet momongan. . sbenernya saya dan suami ga terlalu ngebet awalnya..cuma udah beberapa bulan lewat kok blm ada tanda2
sama sekali. Iseng saya cek ke dokter kandungan. . ternyata memang ada masalah kista di indung telur saya. . bukan hanya sebelah. . tapi di kedua indung telur saya. . shock? lumayan. . krn waktu itu dokternya bilang kemungkinan punya anak tetep masih ada walaupun harus lebih bersabar. .pd saat itu sya blm blg ke suami krn sya pikir ini bkn masalah besar..

Setiap siklus haid rasanya perut makin sakit. .dan setiap berhubungan sama suami jg kaya ga nyaman di perut. . akhirnya coba ke dokter lain buat periksa kista lagi. . saat itu sya masih sendirian cek tanpa suami.. krn kita emg kerja beda kota waktu itu. . ternyata temuannya makin ngebuat saya shock. . kista2 itu semakin besar. . terutama yg sebelah kiri.. ga cuma besar tp ada beberapa buah yg saling menempel seperti bersekat2..yg bikin saya down saat itu dokter bilang klo melihat bentuk kistanya..sepertinya sifatnya ganas. .harus segera diperiksa dan worst case nya harus diangkat sel telurnya..

Waktu itu rasanya spt dunia runtuh..2 sel telur yg ada kemungkinan bakal diangkat. . waktu itu akhirnya sya tdk bs menahan tangis. . akhirnya suami dan ortu harus sya kasih tahu. .

Akhirnya sya cek ke dokter spesialis yg lebih senior. . beliau adalah consultant spog.. bukan hanya specialist. .setelah diperiksa dg alat yg lebih canggih. .dokter tsb menyatakan klo kista
itu sepertinya tdk ganas. . akan dicoba dg suntik tapros terlebih dahulu untuk menghentikan menstruasi sementara selama 6 bulan agar pertumbuhan kista tersebut bisa dihambat. .rasanya saat itu Allah memberikan kesempatan kedua bagi saya dan suami untuk tetap berharap bisa memiliki buah hati dr rahim saya sendiri. .

Setelah 6 bulan tdk menstruasi. .dan dibantu dg pola makan sehat dan konsumsi herbal2 untuk penyakit kista
Alhamdulillah kista sebelah kanan menghilang. . sekarang tinggal sebelah kiri yg sudah mengecil. . namun setelah siklus haid saya normal kembali. . kista itu kembali membesar. . rasanya hampir putus asa. . akhirnya kami memutuskan untuk melakukan laparoscopy untuk kista sebelah kiri..

Setelah laparoscopy sy disarankan untuk segera hamil sebelum kista tsb tumbuh kembali. .tapi hasilnya masih nihil..dan setelah beberapa bulan.
.benar saja kista tersebut tumbuh kembali..

Sudah hampir 2 taun pernikahan kami. . tapi tanda2 kehamilan blm juga datang. . akhirnya kami memberanikan diri untuk ikut program inseminasi dan bayi tabung agar cepat berhasil hamil sebelum kista yg ada semakin membesar. .sebelum memulai program tsb ada serangkaian test yg harus saya dan suami lewati. .dr serangkaian test tersebut saya baru tau kalau ternyata saluran tuba kiri saya
sudah buntu akibat laparoscopy yg lalu. . semakin kecil harapan kami untuk bisa segera hamil. . kini saya hanya bisa berharap lebih banyak ke sel telur sebelah kanan. . namun krn kista sebelah kiri terus membesar.. akhirnya sya harus menjalani laparoscopy kedua sebelum menjalani program inseminasi. .

Setelah beberapa kali inseminasi yg gagal.. akhirnya dokter menyarankan untuk langsung mencoba bayi tabung. .persiapan nya jauh lebih rumit. .beberapa
kali suntikan dan obat hormon saya jalani selama krg lebih 2 bulan. . semuanya demi kehadiran si kecil. .

Ternyata obat2an hormon tsb kembali menumbuhkan kista saya. . rasanya benar2 pesimis waktu itu.. apa mungkin bayi tabung bisa berhasil dg keadaan ada kista di indung telur saya?

Setelah 2 minggu embrio hasil bayi tabung ditransfer ke rahim saya akhirnya saat2 yg menentukan tiba. .saat
melakukan test pack. .baru kali itu setelah 2.5 tahun saya melihat 2 garis merah di test pack.. walaupun sangat samar.. rasanya msh belum percaya. . akhirnya saya disarankan dokter untuk test hcg untuk memastikan. . dan ternyata benar. . akhirnya saya dinyatakan positif! suami saya sampai sujud syukur saat itu.. rasanya seperti durian runtuh. .hadiah yg kami nantikan selama ini akhirnya dtg juga. .

Namun sampai bulan ke 2 detak jantung maupun janin di rahim
saya tidak juga terlihat. .beberapa dokter sempat kami kunjungi untuk memastikan tp hasilnya nihil. .

akhirnya hal yg kami khawatir kan terjadi. . dokter memvonis bahwa kehamilan saya tdk berkembang dan harus segera dikuret.. saya dan suami saat itu hanya nya pasrah dan mencoba menerima ujian ini. .

Setelah kuret..saya dan suami mencoba mencari tahu apa penyebab kegagalan kehamilan
kemarin. . setelah beberapa kali pemeriksaan disimpulkan bahwa penyebabnya masih krn kista dan ditambah adanya hidrosalping di saluran kiri. . kedua hal itu yg kemungkinan meracuni bakal janin yg ada di rahim saya dan bayi tabung kemarin. . rasanya seperti cobaan terus datang bertubi2..

Akhirnya untuk membuka peluang hamil berikutnya saya kembali menjalani laparoscopy ke-3 untuk menghilangkan kista dan hidrosalping tsb. .setelah itu
kami merencanakan untuk segera menjalani bayi tabung kedua dg sisa embrio beku yg masih disimpan di RS sebelumnya. . rasanya seperti berlomba dg waktu. . sebelum kista itu kembali lagi. . saya harus bisa hamil. . cuma itu satu2 nya yg bisa menyembuhkan kista saya. . itu yg dikatakan dokter. .

Setelah menjalani laparoscopy yg ke 3..saya dan suami kembali berharap ke program bayi tabung dg embrio beku yg sudah kami
simpan di RS. Namun mgkn karena terlalu bertubi2 saya menjalani laparoscopy dlm pengaruh obat bius dan juga berbagai suntikan obat hormon. . jam tidur saya menjadi kacau. . sya mengalami Insomnia berat yg pd akhirnya berpengaruh ke kesehatan saya. . namun krn bayi tabung sudah terlanjur dijadwalkan dan serangkaian persiapan medis sudah dijalani akhirnya kami tetap melanjutkan proses bayi tabung kedua.

Ternyata memang smuanya adalah hak Allah. .seperti nya tanda2 dari Allah bahwa saat itu belum saat nya kami memiliki anak bermunculan bertubi2.. mulai dr kondisi kesehatan saya yg drop di hari H.. dokter bayi tabung yg tiba2 mengalami musibah keluarga sehingga tdk bs menangani langsung. . dan yg paling ekstrim adalah ternyata setelah embrio beku simpanan kami hendak ditransfer. .terkualitasnya menurun drastis. .dari "very good" menjadi "poor"..dan itu tdk hanya 1..tp dari 5 embrio yg kami punya.
.semuanya rusak..SEMUA. .harapan kami untuk bisa memiliki anak dari program bayi tabung pupus sudah. . saat itu kami benar2 putus asa. .blm lg kami harus menerima kenyataan bahwa kista dan endometriosis saya semakin parah akibat obat2an hormon yg saya konsumsi untuk persiapan bayi tabung ini. .akhirnya sya dan suami sepakat untuk rehat dulu dari semua ini. .kami butuh waktu untuk menata mental dan hati kami terlebih dahulu untuk mengembalikan semangat kami.
Saat itu kami berpikir bahwa kita manusia hanya berencana. . tapi hanya Allah yg akhirnya menentukan segalanya. . kami sadar klo kami terlalu ngotot dan bergantung pada tangan dokter yg sebenarnya hanya manusia. . akhirnya kami coba untuk menata hati kami dg melakukan umroh. . saat itu kami berniat untuk bisa lebih dekat dengan Allah dan menata kembali tujuan hidup kami sebenarnya. .

Di tanah suci kami juga memanjatkan doa agar kami bisa mendapat momongan di waktu yg tepat. . yg terbaik menurut Allah.. tak lupa setiap minum air zam2.. saya selalu berdoa agar diangkat segala penyakit yg selama ini saya alami. . serangkaian ibadah yg kami lakukan di sana benar2 membuka mata kami. . bahwa semua kejadian yg kita alami adalah hak dan kehendak Allah..kami menjadi lebih pasrah dan menyerahkan semuanya hanya kepada Allah..
Di madinah saya sempatkan membeli kurma hijau. . madu..habatusauda..kacang2an dan banyak makanan khas arab lainnya yg dipercaya bisa membantu memiliki keturunan.. rencananya sepulang nya dr sana saya akan menjalani kembali usaha memiliki momongan melalui cara yg lebih alami. . stock untuk di rumah sudah cukup banyak. .

Di hari terakhir di Madinah saya mendapat haid pertama. .tp entah kenapa saat itu rasanya tidak sesakit hari2 pertama haid biasanya. . mgkn krn saya banyak aktivitas fisik..

Sesampainya di Indonesia sya coba kontrol ke dokter kandungan saat masa subur..kista itu masih ada.. namun telur sya tdk ada yg tumbuh. . dokter memperkirakan sepertinya krn sy kecapaian setelah perjalanan jauh. .saya pikir itu hal wajar. .dan krn sya sudah pasrah. .kali ini kami santai saja. .tidak lg mau terburu2..dan berharap siklus
bulan depan bisa lebih baik kualitas telurnya..

Setiap hari saya rajin mengonsumsi kurma hijau. . madu..dll dg harapan sel telur di siklus berikutnya bisa tumbuh subur. . rencananya di awal siklus saya ingin kontrol kembali untuk melihat pertumbuhan telur. .

Ternyata siklus berikut nya tak kunjung datang. .sya pikir mgkn krn kemaren saya kecapean jd mungkin hormon nya agak kacau
yg menyebabkan jadwal haid sy tdk teratur. .saya terus tunggu ternyata sudah 1 minggu lewat dr jadwal. . walopun rasanya ga mungkin. . saya coba test pack iseng2.. dan Masya Allah.. ternyata ada 2 garis samar yg terlihat. . tp saya tdk mau ge-er dulu karena bs saja ini pengaruh endometriosis atau hal lainnya. .selain itu kerjain dokter bilang klo telur saya tidak tumbuh di siklus kemarin. .akhirnya saya dan suami memberanikan periksa ke dokter. .
Setelah di USG.. dokter tidak menemukan tanda2 kehamilan. . dokter malah bilang jangan2 ini mlah kehamilan di luar kandungan. . krn kantung kehamilan tidak terlihat sama sekali. . Astagfirullah. . saya dan suami kembali down.. membayangkan klo sampai benar apa yg dikatakan dokter.. worst case nya adalah saluran indung telur saya sebelah kanan jg harus diangkat jk terjadi pembengkakan sal telur akibat hamil di luar kandungan. .
Saya dan suami coba berpikiran positif dan pasrah kpd Allah. . rencana nya minggu depan akan coba periksa ke dokter lain sebagai second opinion. .

Seminggu kemudian akhirnya kami datang untuk kontrol USG lagi. . seharusnya klo benar hamil. . kantung kehamilan harus sudah terlihat di usia ini. . rasanya deg2an skali. .kami terus berdoa sembari menunggu giliran dipanggil dokter. .

Saat USG itu menempel di perut saya. . sang dokter langsung berkata "ini hamil Bu"..saya dan suami hampir2 tidak percaya. . berulang kali kami meminta kepastian ke dokter tsb.. dan Alhamdulillah kantung kehamilan sudah terlihat di kandungan saya! !

Sejak itu tak henti2 nya saya dan suami bersyukur. . ternyata skenario Allah jauh lebih indah. .saya bisa hamil dg cara normal tepat setelah saya dan suami berkunjung pertama kalinya ke rumah Allah..Manusia hanya berencana tp Allah lah yg menentukan. . termasuk soal anak. . anak hanyalah hak Allah semata. .
Alhamdulillah selamat bunda ikut berbahagia..
Sangat menginspirasi sekali.. sehat selalu bunda dan babynya.. semoga aku bisa menyusul bunda ya aamiin..

Oh ya bun aku mau tanya emg pasca laparoscopy ga disuntik tapros lagi sampe itu kistanya tumbuh lagi? Krn aku jg 2 bln lalu baru laparoscopy skrg lagi terali suntik tapros...
 
  #9  
Old
siwiki...   TS 
 
Posts: 20
 
Replying to: View Post
bunda siwikiwi luar biasa perjuangan bunda...sangat menginspirasi & membangkitkan semangat.
perjuanganku blm seberapa dibandingkan dg bunda.
aku sangat terharu

aku gagal insem aja udah ga kuat rasanya

thanks sharingnya ya...
bunda udah deket hpl nya ya?semoga nanti persalinannya lancar,,baby & bunda sehat...
wajar Bun awal2 suka down klo kita gagal. .tp tetep harus optimis klo harapan kita bakal terwujud atas kehendak Allah..

Insya Allah sekitar sebulan lg nih HPL nya
Aamiin.. semoga harapan bunda untuk bisa berhasil hamil segera terkabul ya.. tetep berusaha to yg terpenting pasrahin semua nya ke Allah Bun..

---------- Post added at 15:17 ---------- Previous post was at 15:14 ----------

Replying to: View Post
Selamat yah.. semoga kehamilannya kali ini lancar dan sehat sampai lahiran. Penuh perjuangan untuk bisa hamil, semoga diberikan kesehatan buat ibu dan anak.
Aamiin. . moga2 pengalaman saya ini bisa dicritain nanti juga ke anak saya ini

---------- Post added at 15:21 ---------- Previous post was at 15:17 ----------

Replying to: View Post
sebelumnya terima kasih sdh berbagi pengalamannya bunda....jd penyemangat buat kami berjuang.

Selamat atas kehamilan bunda ya.

Saat ini kami sdh 1,5 thn menanti momongan. Kemaren suami cek sperma ternyata hasilnya yang normal 1% dan abnormal 99%.
Kesimpulannya asthenozoospermia....rasanya liat hasil itu sedih bgt bun....tp aq berusaha tegar dihadapan suami, biar kami tetap semangat program hamil.
Mudah2an kami di berikan momongan di waktu yg tepat sesuai rencana allah amiin.
tetep smgat dan berdoa bun.. itu cuma hitungan matematis manusia. . ga ada yg bisa ngalahin rencana Allah klo itu memang udh jd kehendakNya..

jgn putus asa ya Bun..

---------- Post added at 15:23 ---------- Previous post was at 15:21 ----------

Replying to: View Post
selamat bunda .. merinding saya bacanya
semoga sehat selalu ya bunda calon debay nya dan selalu dilindungi Allah bunda dan debaynya
Aamiin. . mkasih bunda doanya. .

---------- Post added at 15:25 ---------- Previous post was at 15:23 ----------

Replying to: View Post
Masya Allah bunda.. Speechless aq bacanya bund, ngerasa usaha ku masih belum ada apa2nya dr Bunda. Bunda, Alhamdulillah dan selamat buat kehamilannya ya.. Smg bunda dan debay selalu diberi kesehatan sampe lahiran nanti. Amiiin YRA.
Aamiin YRA.. smgat ya Bun buat terus berusaha
 
  #10  
Old
Neeta1...
 
Posts: 1,446
 
Amat sangat senang mendengar kabar baik ini...
Selamat ya bu siwikiwi...
Ketika tidak terlalu ngoyo lg, ketika sudah pasrah, ketika segala usaha nihil, ternyata Tuhan hanya menghendaki Ibu dan suami pergi ke rumahNYA, dan tetap berpengharapan, maka DIA pun menunaikan janji-NYA, bahwa waktu yg tepat sudah ditetapkannya....
Selamat sekali lg ya bu, sehat selalu kandungannya sampai lahiran nanti...
 
No more reasons to be unhappy
  #11  
Old
siwiki...   TS 
 
Posts: 20
 
Replying to: View Post


Subhanallah bunda siwiKiwi...
tanpa terasa menetes air mata ini membaca bait demi bait tulisan bunda.
Sungguh indah hasil yang buda terima dari begitu besar dan beratnya perjuangan yang bunda lewati...
segalanya terlihat nyata bahwa kebesaran Allah senantiasa akan diberikan pada saat yang memang sudah di tentukanya.
kita hanya bisa berusaha, berdoa dan bersabar untuk mengikhlaskan untuk segala hasil akhirnya, ingin rasanya memeluk bunda dan mengucapkan...selamat untuk kehamilan ini, semoga semua yang telah bunda lewati akan membuka lebih banyak lagi pinti rezeki dan pintu kebahagiaan untuk keluarga bunda kedepanya.... bunda beruntung...karena bunda memang pantas untuk mendapatkanya...

makasih Bunda doanya..Aamin YRA..

pelajaran yg saya dan suami plg rasain adalah kita cm bisa bergantung ke Allah.. bukan ke dokter atau siapapun. . dan ketika kita pasrahin semuanya ke Allah..insya Allah apapun bisa tercapai. .

---------- Post added at 15:36 ---------- Previous post was at 15:31 ----------

Replying to: View Post
Alhamdulillah selamat bunda ikut berbahagia..
Sangat menginspirasi sekali.. sehat selalu bunda dan babynya.. semoga aku bisa menyusul bunda ya aamiin..

Oh ya bun aku mau tanya emg pasca laparoscopy ga disuntik tapros lagi sampe itu kistanya tumbuh lagi? Krn aku jg 2 bln lalu baru laparoscopy skrg lagi terali suntik tapros...
Aamiin bunda.. semoga Allah mendengar doa bunda. .

pas LO yg pertama2 selalu suntik tapros. . tp pas siklus nya normal lg dan minum obat2an hormon beberapa bulan kemudian kistanya tumbuh lg. . pas LO yg trakir ga boleh suntik tapros lg krn kt dokternya ada dosis max tapros yg pernah diberikan ke pasien. .

---------- Post added at 15:42 ---------- Previous post was at 15:36 ----------

Replying to: View Post
Amat sangat senang mendengar kabar baik ini...
Selamat ya bu siwikiwi...
Ketika tidak terlalu ngoyo lg, ketika sudah pasrah, ketika segala usaha nihil, ternyata Tuhan hanya menghendaki Ibu dan suami pergi ke rumahNYA, dan tetap berpengharapan, maka DIA pun menunaikan janji-NYA, bahwa waktu yg tepat sudah ditetapkannya....
Selamat sekali lg ya bu, sehat selalu kandungannya sampai lahiran nanti...
bener bgt bundaa..persis bgt yg bunda omongin. . klo kita ngotot dan krg sabar. . mgkn kita masih perlu dikasih beberapa cobaan.. kadang kita lupa kalo yg harus kita prioritasin adalah ridho dari yg di Atas.. Maksih bunda doanya. .
 
  #12  
Old
mamafa...
 
Location: medan
Posts: 81
 
Replying to: View Post
Sebenernya udah lama mau share ini. . tp slalu ketunda terus. . Saya share pengalaman ini mudah2an bisa jadi penyemangat buat para calon ortu di luar sana yg masih berjuang menantikan kehadiran si buah hati. .

Di awal pernikahan. . wajar klo setiap pasangan pengen segera dapet momongan. . sbenernya saya dan suami ga terlalu ngebet awalnya..cuma udah beberapa bulan lewat kok blm ada tanda2
sama sekali. Iseng saya cek ke dokter kandungan. . ternyata memang ada masalah kista di indung telur saya. . bukan hanya sebelah. . tapi di kedua indung telur saya. . shock? lumayan. . krn waktu itu dokternya bilang kemungkinan punya anak tetep masih ada walaupun harus lebih bersabar. .pd saat itu sya blm blg ke suami krn sya pikir ini bkn masalah besar..

Setiap siklus haid rasanya perut makin sakit. .dan setiap berhubungan sama suami jg kaya ga nyaman di perut. . akhirnya coba ke dokter lain buat periksa kista lagi. . saat itu sya masih sendirian cek tanpa suami.. krn kita emg kerja beda kota waktu itu. . ternyata temuannya makin ngebuat saya shock. . kista2 itu semakin besar. . terutama yg sebelah kiri.. ga cuma besar tp ada beberapa buah yg saling menempel seperti bersekat2..yg bikin saya down saat itu dokter bilang klo melihat bentuk kistanya..sepertinya sifatnya ganas. .harus segera diperiksa dan worst case nya harus diangkat sel telurnya..

Waktu itu rasanya spt dunia runtuh..2 sel telur yg ada kemungkinan bakal diangkat. . waktu itu akhirnya sya tdk bs menahan tangis. . akhirnya suami dan ortu harus sya kasih tahu. .

Akhirnya sya cek ke dokter spesialis yg lebih senior. . beliau adalah consultant spog.. bukan hanya specialist. .setelah diperiksa dg alat yg lebih canggih. .dokter tsb menyatakan klo kista
itu sepertinya tdk ganas. . akan dicoba dg suntik tapros terlebih dahulu untuk menghentikan menstruasi sementara selama 6 bulan agar pertumbuhan kista tersebut bisa dihambat. .rasanya saat itu Allah memberikan kesempatan kedua bagi saya dan suami untuk tetap berharap bisa memiliki buah hati dr rahim saya sendiri. .

Setelah 6 bulan tdk menstruasi. .dan dibantu dg pola makan sehat dan konsumsi herbal2 untuk penyakit kista
Alhamdulillah kista sebelah kanan menghilang. . sekarang tinggal sebelah kiri yg sudah mengecil. . namun setelah siklus haid saya normal kembali. . kista itu kembali membesar. . rasanya hampir putus asa. . akhirnya kami memutuskan untuk melakukan laparoscopy untuk kista sebelah kiri..

Setelah laparoscopy sy disarankan untuk segera hamil sebelum kista tsb tumbuh kembali. .tapi hasilnya masih nihil..dan setelah beberapa bulan.
.benar saja kista tersebut tumbuh kembali..

Sudah hampir 2 taun pernikahan kami. . tapi tanda2 kehamilan blm juga datang. . akhirnya kami memberanikan diri untuk ikut program inseminasi dan bayi tabung agar cepat berhasil hamil sebelum kista yg ada semakin membesar. .sebelum memulai program tsb ada serangkaian test yg harus saya dan suami lewati. .dr serangkaian test tersebut saya baru tau kalau ternyata saluran tuba kiri saya
sudah buntu akibat laparoscopy yg lalu. . semakin kecil harapan kami untuk bisa segera hamil. . kini saya hanya bisa berharap lebih banyak ke sel telur sebelah kanan. . namun krn kista sebelah kiri terus membesar.. akhirnya sya harus menjalani laparoscopy kedua sebelum menjalani program inseminasi. .

Setelah beberapa kali inseminasi yg gagal.. akhirnya dokter menyarankan untuk langsung mencoba bayi tabung. .persiapan nya jauh lebih rumit. .beberapa
kali suntikan dan obat hormon saya jalani selama krg lebih 2 bulan. . semuanya demi kehadiran si kecil. .

Ternyata obat2an hormon tsb kembali menumbuhkan kista saya. . rasanya benar2 pesimis waktu itu.. apa mungkin bayi tabung bisa berhasil dg keadaan ada kista di indung telur saya?

Setelah 2 minggu embrio hasil bayi tabung ditransfer ke rahim saya akhirnya saat2 yg menentukan tiba. .saat
melakukan test pack. .baru kali itu setelah 2.5 tahun saya melihat 2 garis merah di test pack.. walaupun sangat samar.. rasanya msh belum percaya. . akhirnya saya disarankan dokter untuk test hcg untuk memastikan. . dan ternyata benar. . akhirnya saya dinyatakan positif! suami saya sampai sujud syukur saat itu.. rasanya seperti durian runtuh. .hadiah yg kami nantikan selama ini akhirnya dtg juga. .

Namun sampai bulan ke 2 detak jantung maupun janin di rahim
saya tidak juga terlihat. .beberapa dokter sempat kami kunjungi untuk memastikan tp hasilnya nihil. .

akhirnya hal yg kami khawatir kan terjadi. . dokter memvonis bahwa kehamilan saya tdk berkembang dan harus segera dikuret.. saya dan suami saat itu hanya nya pasrah dan mencoba menerima ujian ini. .

Setelah kuret..saya dan suami mencoba mencari tahu apa penyebab kegagalan kehamilan
kemarin. . setelah beberapa kali pemeriksaan disimpulkan bahwa penyebabnya masih krn kista dan ditambah adanya hidrosalping di saluran kiri. . kedua hal itu yg kemungkinan meracuni bakal janin yg ada di rahim saya dan bayi tabung kemarin. . rasanya seperti cobaan terus datang bertubi2..

Akhirnya untuk membuka peluang hamil berikutnya saya kembali menjalani laparoscopy ke-3 untuk menghilangkan kista dan hidrosalping tsb. .setelah itu
kami merencanakan untuk segera menjalani bayi tabung kedua dg sisa embrio beku yg masih disimpan di RS sebelumnya. . rasanya seperti berlomba dg waktu. . sebelum kista itu kembali lagi. . saya harus bisa hamil. . cuma itu satu2 nya yg bisa menyembuhkan kista saya. . itu yg dikatakan dokter. .

Setelah menjalani laparoscopy yg ke 3..saya dan suami kembali berharap ke program bayi tabung dg embrio beku yg sudah kami
simpan di RS. Namun mgkn karena terlalu bertubi2 saya menjalani laparoscopy dlm pengaruh obat bius dan juga berbagai suntikan obat hormon. . jam tidur saya menjadi kacau. . sya mengalami Insomnia berat yg pd akhirnya berpengaruh ke kesehatan saya. . namun krn bayi tabung sudah terlanjur dijadwalkan dan serangkaian persiapan medis sudah dijalani akhirnya kami tetap melanjutkan proses bayi tabung kedua.

Ternyata memang smuanya adalah hak Allah. .seperti nya tanda2 dari Allah bahwa saat itu belum saat nya kami memiliki anak bermunculan bertubi2.. mulai dr kondisi kesehatan saya yg drop di hari H.. dokter bayi tabung yg tiba2 mengalami musibah keluarga sehingga tdk bs menangani langsung. . dan yg paling ekstrim adalah ternyata setelah embrio beku simpanan kami hendak ditransfer. .terkualitasnya menurun drastis. .dari "very good" menjadi "poor"..dan itu tdk hanya 1..tp dari 5 embrio yg kami punya.
.semuanya rusak..SEMUA. .harapan kami untuk bisa memiliki anak dari program bayi tabung pupus sudah. . saat itu kami benar2 putus asa. .blm lg kami harus menerima kenyataan bahwa kista dan endometriosis saya semakin parah akibat obat2an hormon yg saya konsumsi untuk persiapan bayi tabung ini. .akhirnya sya dan suami sepakat untuk rehat dulu dari semua ini. .kami butuh waktu untuk menata mental dan hati kami terlebih dahulu untuk mengembalikan semangat kami.
Saat itu kami berpikir bahwa kita manusia hanya berencana. . tapi hanya Allah yg akhirnya menentukan segalanya. . kami sadar klo kami terlalu ngotot dan bergantung pada tangan dokter yg sebenarnya hanya manusia. . akhirnya kami coba untuk menata hati kami dg melakukan umroh. . saat itu kami berniat untuk bisa lebih dekat dengan Allah dan menata kembali tujuan hidup kami sebenarnya. .

Di tanah suci kami juga memanjatkan doa agar kami bisa mendapat momongan di waktu yg tepat. . yg terbaik menurut Allah.. tak lupa setiap minum air zam2.. saya selalu berdoa agar diangkat segala penyakit yg selama ini saya alami. . serangkaian ibadah yg kami lakukan di sana benar2 membuka mata kami. . bahwa semua kejadian yg kita alami adalah hak dan kehendak Allah..kami menjadi lebih pasrah dan menyerahkan semuanya hanya kepada Allah..
Di madinah saya sempatkan membeli kurma hijau. . madu..habatusauda..kacang2an dan banyak makanan khas arab lainnya yg dipercaya bisa membantu memiliki keturunan.. rencananya sepulang nya dr sana saya akan menjalani kembali usaha memiliki momongan melalui cara yg lebih alami. . stock untuk di rumah sudah cukup banyak. .

Di hari terakhir di Madinah saya mendapat haid pertama. .tp entah kenapa saat itu rasanya tidak sesakit hari2 pertama haid biasanya. . mgkn krn saya banyak aktivitas fisik..

Sesampainya di Indonesia sya coba kontrol ke dokter kandungan saat masa subur..kista itu masih ada.. namun telur sya tdk ada yg tumbuh. . dokter memperkirakan sepertinya krn sy kecapaian setelah perjalanan jauh. .saya pikir itu hal wajar. .dan krn sya sudah pasrah. .kali ini kami santai saja. .tidak lg mau terburu2..dan berharap siklus
bulan depan bisa lebih baik kualitas telurnya..

Setiap hari saya rajin mengonsumsi kurma hijau. . madu..dll dg harapan sel telur di siklus berikutnya bisa tumbuh subur. . rencananya di awal siklus saya ingin kontrol kembali untuk melihat pertumbuhan telur. .

Ternyata siklus berikut nya tak kunjung datang. .sya pikir mgkn krn kemaren saya kecapean jd mungkin hormon nya agak kacau
yg menyebabkan jadwal haid sy tdk teratur. .saya terus tunggu ternyata sudah 1 minggu lewat dr jadwal. . walopun rasanya ga mungkin. . saya coba test pack iseng2.. dan Masya Allah.. ternyata ada 2 garis samar yg terlihat. . tp saya tdk mau ge-er dulu karena bs saja ini pengaruh endometriosis atau hal lainnya. .selain itu kerjain dokter bilang klo telur saya tidak tumbuh di siklus kemarin. .akhirnya saya dan suami memberanikan periksa ke dokter. .
Setelah di USG.. dokter tidak menemukan tanda2 kehamilan. . dokter malah bilang jangan2 ini mlah kehamilan di luar kandungan. . krn kantung kehamilan tidak terlihat sama sekali. . Astagfirullah. . saya dan suami kembali down.. membayangkan klo sampai benar apa yg dikatakan dokter.. worst case nya adalah saluran indung telur saya sebelah kanan jg harus diangkat jk terjadi pembengkakan sal telur akibat hamil di luar kandungan. .
Saya dan suami coba berpikiran positif dan pasrah kpd Allah. . rencana nya minggu depan akan coba periksa ke dokter lain sebagai second opinion. .

Seminggu kemudian akhirnya kami datang untuk kontrol USG lagi. . seharusnya klo benar hamil. . kantung kehamilan harus sudah terlihat di usia ini. . rasanya deg2an skali. .kami terus berdoa sembari menunggu giliran dipanggil dokter. .

Saat USG itu menempel di perut saya. . sang dokter langsung berkata "ini hamil Bu"..saya dan suami hampir2 tidak percaya. . berulang kali kami meminta kepastian ke dokter tsb.. dan Alhamdulillah kantung kehamilan sudah terlihat di kandungan saya! !

Sejak itu tak henti2 nya saya dan suami bersyukur. . ternyata skenario Allah jauh lebih indah. .saya bisa hamil dg cara normal tepat setelah saya dan suami berkunjung pertama kalinya ke rumah Allah..Manusia hanya berencana tp Allah lah yg menentukan. . termasuk soal anak. . anak hanyalah hak Allah semata. .
subhanallah..jadi netes air mata saya membaca perjuangan bunda..manusia hanya bias berusaha tp Allah swt juga yg punya hak. mudah2an bunda dan cadebay sehat2 smpe lahiran ya bun..aamiin yaa rabb..jaga kesehatan ya bun
 
  #13  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,397
 
Replying to: View Post
makasih Bunda doanya..Aamin YRA..

pelajaran yg saya dan suami plg rasain adalah kita cm bisa bergantung ke Allah.. bukan ke dokter atau siapapun. . dan ketika kita pasrahin semuanya ke Allah..insya Allah apapun bisa tercapai. .

---------- Post added at 15:36 ---------- Previous post was at 15:31 ----------



Aamiin bunda.. semoga Allah mendengar doa bunda. .

pas LO yg pertama2 selalu suntik tapros. . tp pas siklus nya normal lg dan minum obat2an hormon beberapa bulan kemudian kistanya tumbuh lg. . pas LO yg trakir ga boleh suntik tapros lg krn kt dokternya ada dosis max tapros yg pernah diberikan ke pasien. .

---------- Post added at 15:42 ---------- Previous post was at 15:36 ----------



bener bgt bundaa..persis bgt yg bunda omongin. . klo kita ngotot dan krg sabar. . mgkn kita masih perlu dikasih beberapa cobaan.. kadang kita lupa kalo yg harus kita prioritasin adalah ridho dari yg di Atas.. Maksih bunda doanya. .
Aamiin YRA.. Oh iya ya kalo tapros max 6x ya..
Ah bunda bnr" aku jd semangat baca postingan bunda..
Emg Allah Maha Baik... Allah tau apa yg terbaik buat hambanya
 
  #14  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
Replying to: View Post
makasih Bunda doanya..Aamin YRA..

pelajaran yg saya dan suami plg rasain adalah kita cm bisa bergantung ke Allah.. bukan ke dokter atau siapapun. . dan ketika kita pasrahin semuanya ke Allah..insya Allah apapun bisa tercapai. .


terimakasih bunda ....
saya suka sekali dengan kalimat itu....
ya betul, Hanya kuasa Allah....
 
  #15  
Old
siwiki...   TS 
 
Posts: 20
 
Replying to: View Post
Aamiin YRA.. Oh iya ya kalo tapros max 6x ya..
Ah bunda bnr" aku jd semangat baca postingan bunda..
Emg Allah Maha Baik... Allah tau apa yg terbaik buat hambanya
klo ga salah dosis tapros yg dkasih max menghentikan haid selama 6 bulan. . klo dosis taprosnya sekali suntik buat brentiin satu bulan, berarti bener 6 kali. . klo sy kemarin per suntik buat brentiin 3 bln. .jd max nya 2 kali suntik. .

iyah Bun.. skenario Allah pasti yg terbaik buat kita. . nikmatin aja setiap episodenya..

---------- Post added at 16:27 ---------- Previous post was at 16:18 ----------

Replying to: View Post

terimakasih bunda ....
saya suka sekali dengan kalimat itu....
ya betul, Hanya kuasa Allah....
iyah Bun.. dokter spesialis pun bisa salah. . mereka jg cm manusia biasa tp dipilih Allah sbg perantara. .
Semoga Allah meridhoi semua usaha kita. .Aamiin..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Persiapan bayi tabung setelah gagal inseminasi 3 x -- Diskusi Umum 5
Azoosperma berat berhasil bayi tabung -- Ngobrol Apa Saja 10
Salam Kenal semua ... saya new member dgn pengalaman insem n Bayi Tabung -- Kenalan Yuk! 17
Berhasil hamil alami setelah gagal bayi tabung? -- Diskusi Umum 10
Varikokel, oligo, vonis BT, gagal insem, justru bs hamil alami tanpa diduga -- Diskusi Umum 53


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:45.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com