Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yandan...   TS 
 
Posts: 24
Default Tidak ada masalah, tapi sangat sedih :( (curhatan ibu rumah tangga)

Bun permisi ya saya mau curhat.
saya merasa sediiiihh aja.
kalo ditanya sebabnya, bisa dikatakan abstrak bun.
aku bersyukur punya suami yg sangaat sangaat sempurna menurut saya sebagai pria, dan bersyukur sudah dikaruniai putra yg Alhamdulillah sehat skrg sudah berumur 1tahun.

tp emang saya gk ada kegiatan lain selain dirumah saja, dan urus anak. yaa dilanjutkan dengan bersih2 rumah, dan pekerjaan2 rumah lainnya yg saya lakukan kalo sanggup aja. klo lagi gk capek, gk males, dan lagi mood aja. gk pernah ada komplen dari suami yg sangat mengerti beratnya ngurus anak apalagi ibu baru yg masih belajar seperti saya.

hanya saja semua berasa berentetan datengnya. aku kadang ngerasa kesepian sejak memutuskan untuk menikah di usia 23tahun, aku memang rata2 kehilangan teman2 ku, gk ngerti apa mereka segan ngajakin hangout seperti biasa ato gimana, dan teman2 yg lainnya rata2 teman laki2, aku memang membatasi diri utk berteman dengan laki2 dlm rangka menjaga nama baik suamiku dan perasaannya.
sampai sekarang aku merasa gk punya teman lagi selain suami dan anakku.
kadang iri lihat foto2 FB ato instagram yg gk sengaja lewat timeline saya yg memperlihatkan keakraban persahabatan.

aku yg masih punya anak 1tahun, membuat aku gk bisa kemana-mana tanpa bantuan suami buat nganter. aku blm diijinin suami buat kmana2 berdua sama anak saja dimana anak aku msh blm bisa di dudukin sendiri di motor. suami hanya cemas. aku sangat paham kecemasannya.

tapi di sisi lain, aku juga bosen dirumah terus. dan yg aku hadapi hanya anakku aja. rasanya pikiranku buntu. ditambah lagi perasaan bersalah karna aku merasa gk pernah bisa jadi ibu yg baik untuk anakku. kata orang2 anakku banyak kurangnya. telat bisa ini, telat bisa itu. apalagi klo udah dibanding2kan dgn anak si anu. anak si anu aja udah bisa ini itu, masak anak kamu belum?
aku tau secara gk langsung mereka bilang aku ibu yg tidak becus.
ini perasaan bersalah yg selalu tidak dapat aku bendung. aku merasa anakku kurang beruntung mendapatkan ibu yg tidak berguna seperti aku.

aku juga gk bisa cerita ke siapa2 soal yg tidak jelas tapi selalu membuat otakku penuh ini.
suami memang selalu ingin tahu soal ngapain aku dirumah, sudah makan blm, makan apa, dan minta aku selalu cerita tentang apa saja. dan suamiku memang pendengar yg sangat baik.

tapi di sisi lain, aku tau suamiku pulang kerja dlm keadaan lelah, kadang pulangnya udah isya. kadang sabtu juga kepake buat kerja. aku jadi gk tega menambah beban pikiran suamiku yg aku tau sudah penuh gegara pekerjaan dan ingin pulang melihat senyum anak istri yg bisa menghilangkan lelah dlm sekejap. kata suamiku gitu.

aku jd bingung sendiri. kalo cerita sama ortu, ortu juga termasuk yg agak menyalahkan ku atas tumbuh kembang anakku yg katanya telat ini. seolah2 aku tidak mengurus anakku. padahal aku ibunya, bukan baby sitternya. aku sering bgt dimarahi gegara ini itunya anakku. aku gk butuh dimarahi. aku sudah sangat panik dgn keadaan anakku. bukannya dibimbing aku malah dimarahi. ini membuat hatiku benar2 mati. tak henti2nya aku mengatakan betapa bodohnya aku menjadi seorang ibu.

aku benar2 tidak mengerti masalah seperti apa yg sedang aku hadapi. yg membuat aku seolah2 baby blues berkepanjangan ini. aku juga tidak tau apa penyelesaiannya.

maaf ya bun kepanjangan.
jika bunda menemukan kesalahan saya, mohon katakan dimana.
saya sekedar curhat bun.
makasi jika bunda sudah berkenan membaca tulisan yg tidak jelas ini.

semoga Allah selalu menjaga suami, dan putra putri kita.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
dinarv...
 
Posts: 115
 
haii bunda yandaa...
emg bner sihh klo drumah trs lama2 juga bosen.. yg dikerjain cma itu2 aja..
coba deh kmunikasikan ke suami klo lagi libur krja ajak suami dan anak buat jalan2 .. klo mslah fto kan bsa fto sama anak gg hrs sma sahabatt.. krn mereka yg blm menikah blm ada tanggungannya..
klo kita uda ada tanggungannya yaitu anak dan suami..
tumbuh kembang anak beda2 bund.. ada low anaknya temenku uda 3th tpi blm bsa ngomong.. tpi temenku santai aja bund.. sambil diajarii pelan2..
hehe., mAaf ya bund.. gbisa bntu bnyak..
 
  #3  
Old
Alice2...
 
Posts: 394
 
sabar dan lebih banyak.bersyukur bun...
Masih d karuniai suami yg perhatian, anak yg sehat...
Soal tumbuh kembang yg org bilng lambat ya cuek aja.. anak punya waktu sendiri untuk.tumbuh dan tiap anak berbeda...
G usah peduli kata2 org... yang penting bunda slalu menjga anak bunda dan dia sehat..
Soal iri karena ga bs h.o itu wajar.. karena masih ibu baru.. coba alihkan.ke hal lain seperti hating dengan teman dll...
Toh nanti kalau sudah d atas 2 th bs d ajakin jalan
Kalau suami ga bs antar minta jmpt temen aja.. atau kalau d kota besar pakai uber atau taxi aja...
Intinya d bkin enjoy aja bun...
Plus banyak2 brsyukur masih pnya suami yg perhatian dan anak yg sehat...
 
Bismillah, demi Yotsuba apapun pasti bisa kulakukan...
Sehat selalu ya sayangq
  #4  
Old
unacha...
 
Posts: 409
 
Pake aja gendongan kangguru macem ergobaby. Bisa deh motoran sendiri sambil bawa anak. Ga perlu nunggu suami.
 
  #5  
Old
firari...
 
Posts: 169
 
Replying to: View Post
Pake aja gendongan kangguru macem ergobaby. Bisa deh motoran sendiri sambil bawa anak. Ga perlu nunggu suami.
Iyaa bener bun,aku juga klo pengen maen ketempat ortu begitu...aku bawa motor sendiri,kk umur 8 thn di belakang,adenya aku gendong di depan pake gendongan kangguru,ank ku umur 11 bulan lhoo bun,dari ank kedua ku umur 6 bulan,aku suka pergi bertiga...selama suamiku kasih ijin,,yoooo lets goo
 
  #6  
Old
Maybel...
 
Posts: 660
 
kayaknya bunda mengalami kejenuhan yang bunda coba tutupi dari kata hati bunda sendiri
bayi saya sejak usia 5 bulan sudah saya bawa kemana2 pake ergo baby. gendong depan hadap saya. jadi saya tidak bergantung sama suami. sekali itu pernah bawa imun pake becak karena suami g bisa anterin
kenapa bunda g coba ajak temen2 yang sama2 punya bayi utk reunian? g usa banyak2. ber 3 aja misalnya. sekedar tuker cerita.g usa ke resto atau mall. cukup disalah 1 rumah. kayaknya bunda kurang piknik tuh
apa yang bunda rasakan wajar bgt sih menurut saya. bunda butuh me time. biasanya kalo sore atau hari libur bunda kemana? bayi saya juga usia 1 tahun. tiap sore selalu saya bawa jalan2 sekitar rumah.main2 dilapangan berumput atau sekedar putar2 komplek. cari angin sore sepoi2 untuk menyegarkan pikiran atau sekedar say hallo sama tetangga. atau bawa debay pake ergo utk liat rusa peliharaan yg kebetulan ada dideket rumah. bawa si bayi main odong2 dayung kesana. hanya saya dan debay berdua. ngelihat anak senang saya juga ikut bahaagia.
karena terus terang bund. bagi saya setiap hari jika hanya berada diseputaran rumah,rumah mertua,dapur,popok anak --bisa buat saya "kacau" 😥😣
 
  #7  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
Sebenernya kasus kita sama bu ts, saya sudah 6 tahun menikah, saya tinggal sama suami dan 2 anak, tinggal di daerah yg bisa dibilang sepiii karena gak boleh ada toko bahkan tukang sayur pun tidak boleh masuk, ditambah tetangga yg tidak ada.. ehh ada si tapi cuma 5 itupun jarang sekalii ketemu n ngobrol bisa dihitung jari dalam satu tahun hehehe. Apa saya bosan pasti manusiawi klo bosan, mo keluar bisa aja si ngandelin ojek or taxi. Tapii saya yg males, males diongkos, karena terbiasa kemana mana mengandalkan suami.

Saya juga sebelum menikah termasuk yg aktif dalam berorganisasi tapii semenjak menikah kehidupan saya berubah total, gak punya teman sama sekali, teman ku hanya suami anak ku dan ortu n kk ku, udah itu aja,

Apa yg saya lakukan dirumah sama kaya ibu ts dapur sumur kasur, n urus anak2
Ngeluh bosan sama suami seriing, tanggapannya apa heheh diem aja tuh, karena sudah terbiasa kali ya ngeluh bosen, n saya enjoy aja lagi dicuekin, yaa habis mo gimana lagi, sebenernya anak saya juga sudah sekolah bisa aja si saya nongkrong tiap hari disekolah gaul sama ibu2 hehehe tapii kembali lagi saya yg males.

Waduuh jadi curhat panjang kali lebar yaa bu ts, yaa intinya si bersyukur aja bu, klo bosen bilang ke suami, keluarr hangout bareng anak suami, berkreasi dengan resep masakan, jangan disamakan kehidupan berumah tangga dengan jaman masih gadis ya bu ts, maf klo tidak berkenan
 
  #8  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Bun disykuri aja yang ada

1. Suami yg bisa dibilang sempurna versi bunda. Temen2 bunda yg hang out kian kemari belum tentu punya pasangan hidup yg mantap. Bisa juga mereka pulang dalam kesepian atau suami yg tidak cucok.

2. Anak umur 1 tahun. Kan lagi banyak tuh yg harus dilakukan untuk stimulasi anak umur 1 tahun keatas. Contoh: bermain diluar rumah alias taman bermain. Bunda bisa mangku si dede sambil main ayunan. Bermain air bersama dede. Mengajarkan aneka macam permainan sama dede. Intinya si dede makin hari makin memyenangkan buat di ajak sebagai best friend. Yg pasti saya menemukan mereka itu tulus sama kita. Coba bunda gaul sama si a b atau c. Kadang cuma di foto aja keliatan ceria tapi kadang ada rasa dengki.persaingan dll

3. Coba tambah daftar list yg harus disyukuri .

Dll

Atau kalo bunda punya hobby apa coba tekuni di kala waktu luang. Hobby baca. Hobby nonton drama korea. Hobby bikin craft. Dll

Masalah tumbuh kembang anak yg KATANYA ....SEKALI LAGI KATANYA lho terlambat

1. masalah tumbuh kembang anak satu dg yg lainnya ngga sama. Ada yg bisa ngomong dulu tapi jalannya lama. Ada yg bisa jalan dulu tapi ngomongnya lama. Apakah salah mamanya? Saya bilang belum tentu. Ingat aja looo cerita Thomas Alfa Edison penemu lampu pijar...tidak bisa bicara sampe umur 3 tahun tapi dikenang dunia karena kejeniusannya

2. Maaf ya ...jangan terbiasa membandingkan anak kita dengan anaknya orang lain.....ini kebiasaan buruk dari membandingkan hidup kita dg orang lain......padahal ingat saja ....rumput tetangga selalu terlihat lebih elok padahal waktu kita berada disana? Lagi lagi belum tentu.

3. Kembali lagi ......lebih baik fokus mencari pengetahuan tentang tumbuh kembang anak dan stimulasi anaksesuai tahap usia dan mempraktekan dengan seru dengan anak kita. Kenapa saya bilang dengan seru. Prinsip stimulasi balita itu stimulation should be enjoy and fun for both party...parents and children. Hati ibu atau ortu yg bahagia akan membuat stimulasi menjadi suasana yg nyaman dan gembira buat anak. Melihat anak yg sehat gembira dan lucu. Sudah pasti membuat ibu yg mencintai anaknya tersenyum dan tertawa bahagia. Its called synergy. Coba pelajari dan renungi prinsip ini.

Masalah rumah tangga kalo aku lo yaaa

1. Aku memilah ulang teman teman ku setelah berumah tangga karena fokus sama suami . Anak dan masalah rumah tangga. Tapi ngga dipungkiri manusia adalah mahluk sosial yg butuh sahabat.

2. Bergaul dg pria...kalo aku kecuali dalam rangka bisnis atau pekerjaan sama sekali enggak

3. Pikir pelan pelan dan bahas dengan suami apa yg mau bumda tambahkan dalam kehidupan rumah tangga bunda yg sudah baik dan harus disyukurii

Contoh aku habis nikah dilarang bekerja. Aku merasakan bener2 bosan di rumah apalagi setelah anakku lahir. Jadi aku bicara dg suami dan minta ijin untuk bekerja walopun fokus tetep suami anak dan rumah tangga. Karena memang passionku bekerja. Ada kenikmatan tersendiri dan kepuasan yg kitemukan dalam bekerja. Tapi ya dg banyak pengorbanan. Mengirim si dede ke baby school sama bs waktu aku kerja di usia mulai 5.5 bulan. Waktu harus meeting sampe malam kepikiran duh si dede lagi ngapain ya dirumah...dsbnya. dan semua itu ngga ada yg mudah

Akhirnya hidup itu pilihan dan hidup kita. Kita sendiri yg tentukan . Bukan berdasarkan omongan prang lain . Tapi sesuai hati dan pilihan yg mau kita jalani. Dan sekali lagi hidup kita ya hidup kita .....jangan pernah bandingkan dg hidup orang lain. Kenikmatan dan konsekuensinya kita sendiri yg hadapi ketika kita sudah memilih. Jadi pilihlah sesuai dg dirimu sendiri
 
  #9  
Old
novitr...
 
Posts: 734
 
hay bun ts,,,,

kyanya dirimu sdg jenuh krn ga ad kegiatan,,,, hl itu biasa terjdi apalgi klo biasa kerja,, dulu aku jga bun,,, biasa kerja wktu nikah ampe skrg ngejogrok d rumah.,,, lha coba waaktu luang nya d pake buat nyalurin hobby,,, misal ngerajut hehehhe klasik tpi menarik lho,,,, ato jualan yg bisa d smbi ol shop apa yg plg simple jualan snack n minuman macam jus d depan rumah.,,, dll,,, intinya mengalihkan jdi kegiatan positif jdi ga mikir org mo ngomng apa,,,, soal tumbuh kembang anak ga sama bun,,, jdi jgn judge dri bunda dgn kata kata ga becus ngurus anak,,,,

beruntung punya suami yg mau mendengar kn keluhan,,, tpi suami ga selalu btuh keluhan sesekali perlu lihat istrinya cantik penuh senyuman,, mendukung suami penuh semangat,,,,

oh iya menikah d usia 23 menurutku wajar bun hehehe aku nikah umur 20 tahun,,umur 21 udh kemana mana gendong bayi,, ga ush ngiri temen kita bisa hang out,, asal bun tau bnyak org ngiri lihat wanita muda berjalan mesra dgn anak dan suaminya sdg dy bru bisa berharap,,,,
 
  #10  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Maaf kepanjangan
 
  #11  
Old
Phytri...
 
Posts: 816
 
Iya bund yg pertama syukuri dulu bund, hidup keluarga kecil bunda udh lengkap, ada suami yg sgt mengerti bunda, bandingkan dgn suami yg suka ini itu, baca thread disini yg bermasalah dgn suami pasti bunda langsunh bersyukur punya suami begitu.
Yang kedua, anak bund, bandingkan dgn 16 tj penantian blm kunjung terwujud, berbulan2 bertahun2 bnyak bunda yg masih menanti momongan trmasuk saya, klo baca2 thread yg seperti itu alangkah baiknya bunda bersyukur dlu, bersyukur dgn menjaga dengan baik ap yg udah Allah kasih ke bunda..
Jangan dibikin strea bund, apalgi anak masih 1th lagi gemes2nya,lucu2nya,lagi sgt2 aktif pengen bermain dgn bunda..bisa bunda belajar masak2an yg bagus bergizi buat si kecil,cari2 resep buat sikecil dan bapaknya, pasti deh klo udh bisa pengen bkin ini, bkin itu pasti jadi semangat lagi aktifitas,mulai hoby baru, ga usah dengerin kata tetanggamemang ga ada habisnya klo ngurusin omongan tetangga,tapi jadi bahan renungan, mungjin bunda kurang jam terbang mengajari anak bunda, mungkin ada faktir a, b, c yg bunda ngga lakukan semstinya, klo dirasa sudah semua brti mmg blm waktunya, atau tiap baby kan masing2 sikonya nntinya, anak tante saya dulu juga gtu umur setahunab gmong nya gtu blm bisa jalan juga, kurus gtu lah, tpi skrg udah TK aktif crewet, pinter lagi. Namanya ortu sama kekuarga mikirnya takut juga pa nnti bisa jalan, seiring dilatih dan berumur mungkin baru respon ug bner2..semangat trs jadi ibu muda cerdas, ibu muda kece badai, dan ibu muda kekinian yaa hihi.. Kidding bund
 
  #12  
Old
Biwien...
 
Posts: 24
 
Arghh kita ga jauh beda bund, anak sy baru umur 3 bulan sy sudah setengah mati jenuhnya dirumah.. Sudah hampir setahun sy jd full IRT dan yg sy rasakan hampir sama seperti ibu.

Semenjak hamil sy juga jarang hangout sama sahabat-sahabat sy, teman sy juga banyak berkurang yg dulunya akrab stelah nikah jd bys-bys sja karena kurang komunikasi kali ya, akhirnya temen dket sy ya suami, anak, emak sy, sama adik. Adapun sahabat sy ngumpulnya paling sebulan sekali.

Sy juga jenuh bund tiap hr itu terus yg dikerjain dr bangun ampek tdr lg, pengen banget jalan-jalan tp anak msh baby banget. Tp ya itu sy hibur diri sy ajak anak jalan-jalan sore lumayan ketemu tetangga ada kawan ngobrol juga.

Sy juga kadang envy liat temen-temen sy yg msh gadis-gadis hdpnya enak banget sy liat msh bs bergaya dgn modisnya karena punya penghasilan sendiri, masih bs nongki-nongki cantik, kumpul bareng sama sahabat -shabat. Tapi ya itu obatnya cuma bersyukur.

Dari itu sy putuskan mau kerja lg, sy blg sama suami sy ga bs jd IRT, sy bosan dirumah terus yg terkadang suami pergi kerja sy msh pakai daster lecek berkeringat karena ngerjai pkerjaan IRt yg ga ada habisnya begitu suami plg kadang sy blm mandi sore dn msh pakai daster lecek karena anak sy yg rewel ga bs d tinggal. Sungguh sy skrg lumayan sttress ditambah usaha suami lesu pendapatan pas-pasan deh itu jg sih sebenernya alasan sy knp mau kerja lg.

Untungnya suami paham dan ijinkan sy utk keeja lg. Bagi sy dgn bekerja sy bs gnti-ganti suasana yg berbeda setiap harinya.
Maaf ya bun sy gantian curhat buakannya kasih saran
 
  #13  
Old
Mislia...
 
Posts: 540
 
Bunda,,sy kadang2 juga gitu,,dulu waktu awal2 nikah sy kan tipe org yang pendiam,jd gak suka ngobrol2 atau nongkrong2 sore sama tetangga,,tp seiring berjalanya waktu,,,sy beraniin diri ajak anak jalan2 sore,kumpul2 sama tetangga,lumayan buat me time juga, o iya, sy juga berkeluh kesah sama suami kalau sy jenuh n bosen di rumah terus, apalagi kalau libur kerja yg panjang, alhasil, kalau ada uang n ada waktu, suami sy selalu sempetin ngajak jalan2,,ntah itu makan,,atau belanja beli popok n susu pun sudah termasuk refreshing bagi sy, lumayan ngilangin kejenuhan aktivitas jd IRT..

o iya masalah tumbang anak,sy sering lo curhat dimari, anak sy termasuk lambat tumbangnya,,bisa duduk umur 9 bulan, tumbuh gigi umur 11 bulan,,jalan umur 18 bulan,,lambat banget kan, awalnya juga stres tp karna banyak nasehat saran masukan dr suami,bunda2 disini,sy bawa enjoy aja.. Sekarang anak sy bisa lari2 loh, aktif n pinter dibanding anak seusianya (maaf,,bukan mau menyanjung anak),,
 
musuh tak kucari,,ketemu musuh ku takkan lari.
  #14  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Haiii bunda ts@
Kalo bunda ts seorang muslim.... Dzikir nya di banyakin lagi deh.... Itu hati bunda yg perlu ........
Klo muslim lo yaaaa...

Ini pengalaman saya saja.....
Saya menikah lulus SMA pda umur 17thn... Suami saat itu 21 thun....
Saat ini saya sudah 7 tahun mnikah....
Selama 7 thn saya ikut ke kota suami yg jauh dari kota tmpat tinggal saya.... Saya juga jadi ibu rumah tangga sejati....
Saya punya anak cewe berumur 6 thun.... Dia ga bisa jalan.... Ga bisa berdiri... Ga bisa duduk... Ga bisa ngomong....
Tp saya tidak pernah menyalahkan siapapun dgn keada'an anak saya....
Saya berfikir ini yg terbaik.... Ini adalah tabungan akhirat saya ...
Apa lagi saya lagi hamil anak ke dua 13week.... Saya full seharian di rumah to... Ga kmana2 ... Karena mau jalan pun harus gendong2 anak saya yg berat nya 11kilo lebih....
Soal suami... Suami saya adalah pria terhebat dan ayah terbaik bagi anak saya... Mka nya saya bersyukur....
Belum tentu cewe yg lain dapat pria yg sama seperti saya...
Jadiiii......
Bunda ts yg cantik....
Tiap orang beda2 masalah rumah tangga nya..... Ada yg jenuh dgn kgiatan sehari hari.....
So...
Syukuri apa yg ada di bunda hari ini.... Banyak loh keada'an anak yg lebih parah dari ank bunda... Contoh nya anak saya (tp saya tidak pernah membandingkan anak saya dengan siapa pun)
Soal jenuh di rumah....
Saya kalo jenuh bikin kerajinan tangan.... Bikin bunga di kerudung eh bisa di jual deh...
Atau yg lain nya....
Bersyukur adalah hal paling utama.....
Ga usah mikiri dunia luar mah.....
Saya hanya mikiri bagaimana rumah tangga saya adem dan saya bahagia....

Kalo jalan2 bisa bikin bunda ts bahagia.... Klo begitu stiap week end aja suami bunda jalan2 sama anak bunda... Itu bagi saya lebih seru dari pda kumpul bareng teman2.....
Teman2 hanya pelengkap... Saya lebih mengutamakan anak dan suami saya.....
 
  #15  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Hai bu..
Sebaikbya kedepankan dulu rasa syukur sudah punya suami sebagai ladang surga kita, sudah punya anak sebagai penghibur dan anugrah luar biasa.
Kalo kira kedepankan rasa syukur, insya Allah gak ada keluhan2 lain.
Sayapun menikah usia 23, banyak yg lebih muda usianya malah saat nikah. Dan sejak nikah sayapun langsung diboyong suami keluar pulau, disana cuma sendiri, gda keluarga apalagi temen karna kami bener2 merantau berdua. Sepi? Banget. Tambah waktu itu saya harus nunggu waktu untuk hamil, jenuh sekali rasanya karna memang bener2 sendiri.
Tapi setiap wiken ya kadang memang sabtu suami saya dituntut untuk lembur, jadi cuma bisa bebas di hari minggu, itu langsung kami manfaatin keluar. Gak perlu mahal, cukup keliling kota pake motor, mampir ke warteg buat makan siang/malem seengganya biar saya liat dunia luar gak jenuh. Coba sampaikan ini ke suami.
Sampai akhirnya saya punya anak, bersyukur luar biasa. Walaupun dibalik kesenangan juga ada kesedihan karna anak saya lahir setelah kakak saya meninggal, padahal dia yang selalu menanti hadirnya ponakan. Setelah punya anak, liat tingkahnya, luarr biasa sangat menutupi kesedihan saya setelah kehilangan kakak ditambah setahun kemudian kehilangan ponakan. Segala perkembangannya saya ikuti, sambil belajar menjadi seorang ibu. Anak saya juga termasuk yang lambat motoriknya. Lebih lama untung tengkurep, duduk, ngerangkak, jalan. Bahkan jalan baru bisa di usia 16m jarang sekali anak sampai usia itu baru bisa jalan. Omongan orang? Banyak. Tapi saya gak peduli, mereka gak biayain kami, buat apa saya peduli. Yang penting saya lihat di tabel perkembangan anak masih wajar terlebih setiap ke dokter kalo imunisasi, dokter selalu bilang wajar gak perlu dikhawatirkan, jadi singkirkan kata2 orang
Saya sama anak juga dilarang naik motor kemana2 sendiri, tapi kalo pergi saya selalu naik angkot gendong2 anak dan alhamdulillah suami ngerti. Itupun diizinin setelah anak usia 8m baru boleh pergi berdua dengan syarat gak bawa motor sendiri
Masalah temen2, itu mah tergantung temennya bun. Saya juga termasuk yang duluan nikah dibanding temen2 saya. Tapi mereka tetep aja ngajak hangout. Bahkan kalo saya lagi di kota asal, mereka langsung ngajak ketemuan gak mau sia2in waktu. Entah sejak sebelum hamil, hamil sampai skrg punya anak tetep aja diajakin. Kalo temen bunda punya pikiran begitu, udah nikah gak diajakin hang out, yang salah ya temennya, kenapa ambil jarak. Lagipula gakusah sedih bu ngeliat kehidupan mereka, kita sebenrnya yang lebih bahagia, untuk mendapat syurga udah di depan mata dengan patuh sama suami. Mereka??
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Masalah pembersih rumah tangga -- Diskusi Umum 0
Masalah pembersih rumah tangga -- Diskusi Umum 0
masalah dalam rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 17
Share masalah rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 0
Rumpi masalah rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:57.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com