Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kidipa...   TS 
 
Location: Jakarta Barat
Posts: 30
Default 10 Trik Efektif Mewaspadai Penculikan Anak di Mall

Penculikan anak saat ini memang menjadi hal yang menakutkan bagi orang tua. Apalagi terkadang penculikan itu datang dari orang terdekat. Nah, agar si kecil aman dan terhindar dari penculikan, ada baiknya Moms mewaspadai sebelum hal yang tidak diingakan terjadi.



Moms, ada banyak alasan yang dilakukan penculik, diantaranya karena adopsi ilegal, ekspoitasi ekonomi, tebusan, dipekerjakan sebagai PSK (Pekerja Seks Komersil) bahkan penjualan organ tubuh. Namun, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penculikan anak? Berikut ini 10 trik efektif mewaspadai penculikan anak di mall :

Berani mengatakan “tidak”

Selalu ingatkan kepada anak agar selalu berhati-hati di mana pun si kecil berada, tidak hanya di mall tetapi juga di rumah. Bukan berarti menakut-nakuti si kecil ya Moms. Apalagi jika si kecil diberikan hadiah atau makanan seperti permen atau makanan ringan dari orang yang baru dikenalnya, katakan kepada si kecil untuk menolak pemberian tersebut. Ajarkan kepada si kecil untuk berani mengatakan ‘tidak, terima kasih’ kepada orang yang baru dikenalnya jika diberikan hadiah. Selain itu ajarkan kepada si kecil untuk tidak berbicara dengan orang asing atau orang yang baru dikenalnya.

Jangan lepaskan pandangan dari si kecil

Saat Moms berada di mall, jangan pernah si kecil lepas dari pandangan Moms karena hal ini memberikan peluang kepada orang lain untuk masuk. Biasanya si penculik mengambil kesempatan saat orang tua lengah, disitulah penculik mengambil alih si kecil. Terkadang karena terlalu asyik berbelanja, biasanya Moms lupa dengan si kecil. Ini sering terjadi dari kasus penculikan anak yang terjadi di mall. Jadi, jangan lepaskan si kecil lepas dari pandangan ya Moms.
Selain itu saat si kecil di mall biasanya asyik dengan permainan yang sedang dimainkan ditambah dengan orang tua yang sibuk dengan gadget. Hal ini juga memberikan kesempatan kepada penculik untuk melakukan aksinya. Usahakan ya Moms si kecil selalu berada di dekat Moms!

Berikan identitas orang tua pada anak

Moms sebaiknya memberikan informasi kepada si kecil tentang data diri si kecil, seperti nama si kecil, nama orang tua (ayah dan bunda) dan alamat. Jadi, bila nanti si kecil lepas dari pandangan Moms, si kecil mengetahui namanya, nama orang tua dan alamatnya. Ini memudahkan pencarian bila si kecil lepas dari orang tua saat ditanyakan oleh petugas keamanan atau satpam.

Hindari menggunakan perhiasan dan barang berharga

Ingat ya Moms, penculik melakukan aksi penculikan anak karena ada kesempatan. Nah, disitulah si kecil menjadi sasaran para penculik bila menggunakan perhiasan dan barang berharga. Yang menjadi sasaran biasanya adalah anak-anak apalagi yang menggunakan perhiasan dan barang berharga. Jadi, ada baiknya si kecil tidak memakai perhiasan dan barang berharga saat di mall atau di tempat umum.

Berikan nomor telepon rumah atau nomor handphone orang tua

Ajarkan kepada si kecil agar menghafal nomor telepon rumah atau nomor handphone ayah atau bunda ya Moms karena jika si kecil hilang di mall atau di tempat umum bisa dengan mudah dihubungi.

Kenalkan si kecil dengan petugas keamaan di mall

Saat si kecil akan pergi keluar, si kecil harus mengetahui siapa yang bisa diminta pertolongan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Moms bisa memberitahu kepada si kecil ciri-ciri petugas keamaan atau satpam dan dimana petugas keamanan atau satpam itu berada. Jadi, nanti apabila si kecil terlepas, si kecil mengetahui apa yang harus dilakukan.

Berteriak ‘tolong’

Ajarkan kepada anak untuk berteriak ‘tolong’ jika ada orang asing atau yang tidak dikenal yang berusaha mendekati. Selain itu bila ada orang yang memaksanya ikut, ajarkan kepada si kecil untuk berteriak ‘tolong’ agar terhindar dari penculikan anak.

Simpan kartu nama

Ada baiknya Moms memberikan kartu nama atau identitas orang tua kepada si kecil. Bila nanti si kecil terlepas dari orang tua, si kecil bisa dengan mudah ditemukan identitasnya. Moms bisa menyimpannya di pakaian atau di tas si kecil.

Hindari pakaian atau tas dengan nama si kecil

Bila penculik mengetahui nama si kecil kemudian memanggilnya, maka dengan mudah si kecil akan percaya kalau orang asing tersebut adalah orang yang mengenalnya. Moms sebaiknya jangan mengenakan si kecil pakaian atau tas yang bertulis nama si kecil. Sekarang banyak sekali kaos atau tas yang bertulis nama si kecil, lucu memang ada nama si kecil di kaos atau tas tersebut, tetapi ini membahayakan si kecil bila berada di mall atau di tempat umum karena orang asing mengetahui namanya.

Pujian dan hewan peliharaan

Ajarkan ya Moms kepada si kecil untuk tidak tergoda dengan pujian yang diberikan kepada orang asing atau orang yang baru dikenalnya. Hal ini penting karena cara penculikan anak berbeda-beda, satu diantaranya dengan memberikan pujian. Ada baiknya Moms memberikan nasihat ini kepada si kecil agar si kecil selalu waspada apalagi saat berada di mall atau di tempat umum.

Selain itu hewan peliharaan juga bisa menjadi daya tarik untuk si kecil agar ikut dengan penculik. Anak-anak biasanya suka dengan hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, burung dan binatang lainnya. Binatang yang lucu pastinya membuat si kecil menjadi senang dan akhirnya ikut dengan penculik. Nah, sebaiknya ajarkan kepada si kecil agar tidak ikut dengan orang asing walaupun orang tersebut memberikan hewan yang lucu dan menggemaskan.

Ada banyak trik mewaspadai penculikan anak di mall. Namun, hal yang sangat penting dilakukan adalah komunkasi antara si kecil dan orang tua ya Moms agar si kecil terhindar dari penculikan anak.
- See more at: 10 Trik Efektif Mewaspadai Penculikan Anak di Mall
 
  #2  
Old
hong p...
 
Posts: 383
 
info bagus, sekarang kudu waspada, banyak kejahatan pada anak di mana-mana
 
  #3  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
up...up....up.....
 
  #4  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Bagus bgt bunda info nya, terimakasih. Sbg ibu dari 2 anak kecil hal ini jd momok yg menakutkan. Semoga anak2 kita selalu terlindungi dari hal2 demikian, aamiin.
 
  #5  
Old
kidipa...   TS 
 
Location: Jakarta Barat
Posts: 30
 
Replying to: View Post
info bagus, sekarang kudu waspada, banyak kejahatan pada anak di mana-mana
Yup..sebagai orang tua jadi harus hati-hati, gak boleh lengah sedikit.



---------- Post added at 10:54 ---------- Previous post was at 10:52 ----------

Replying to: View Post
Bagus bgt bunda info nya, terimakasih. Sbg ibu dari 2 anak kecil hal ini jd momok yg menakutkan. Semoga anak2 kita selalu terlindungi dari hal2 demikian, aamiin.
Iya betul apalagi kalau belanja di mall, kadang-kadang lupa karena asyiknya belanja.

Aaamiin.


---------- Post added at 10:55 ---------- Previous post was at 10:54 ----------

Replying to: View Post
up...up....up.....
Thanks sudah di up..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kidipal.com, mainan anak


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bunda, Ada trik-trik supaya bisa dapet anak laki-laki gak? -- Diskusi Umum 7
tips n trik seputar menyapih anak.. -- Diskusi Umum 4
5 Trik Cerdas Hentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol -- Diskusi Umum 7
Cara Efektif Memberi Makan Saat Anak Sakit -- Diskusi Umum 2
kursi refleksi yg ada di mall mall -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com