Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
KellyK...   TS 
 
Posts: 33
Default 7 Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi saat Merencanakan Kehamilan

Hello Moms buat yang sedang merencanakan kehamilan nih, Moms harus memperhatikan berbagai asupan zat gizi. Hal ini dibutuhkan agar Moms selalu dalam kondisi subur. Persiapan baik tentunya akan membuahkan hasil yang baik juga, bukan? Vitamin-vitamin penting seperti vitamin A, D, E, B6, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesuburan.

1. Vitamin A ada pada hati, mentega, margarin, telur, susu, ikan berlemak seperti salem dan makarel, brokoli, wortel, bayam, tomat.

2. Vitamin B6 dapat menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Vitamin B6 bisa didapat dari ayam, ikan, beras merah, kacang kedelai dan tanah, pisang, kol.

3. Vitamin C berperan penting untuk fungsi indung telur dan pembentukan sel telur. Vitamin C banyak terdapat pada jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, mangga, sawi, dan tomat.

4. Vitamin D diproduksi di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari, selain itu dapat diperoleh dari telur, mentega, minyak ikan, tuna dan salmon.

5. Vitamin E dapat mencegah keguguran. Vitamin E terdapat pada minyak tumbuh-tumbuhan, bekatul gandum, kecambah, tauge.

6. Seng berperan penting dlm pertumbuhan organ seks. Terdapat pada makanan hasil laut, daging, kacang-kacangan, padi-padian, produk olahan susu.

7. Selenium brperan penting dalam kesuburan Anda. Terdapat pada antara lain beras, kuning telur, seafood, daging, bawang putih, tomat, susu.

Itulah beragam makanan yang harus Anda konsumsi jika sedang merencanakan kehamilan. Semoga berhasil ya program perencanaan kehamilannya!


Regards,
Toothsie | Mom's Interactive Guide | Home |Toothsie
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
- Zat besi dalam gizi ibu hamil
Zat besi bersama natrium, kalium serta air membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Beberapa sumber zat besi diantaranya sayuran berdaun hijau, yang disajikan 2-3 porsi/ hari. Contoh bayam, kol hijau, selada, dan kol. Sumber zat besi juga terdapat pada roti, sereal dan oatmeal serta beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hitam. Walau demikian, Ibu perlu ingat bahwa saat mengolah sayur hijau yang kaya akan zat besi, sebaiknya tidak memasaknya terlalu lama karena kadar zat besi dalam bahan makanan dapat rusak.


- Asam folat dalam gizi ibu hamil
Asam folat berperan penting dalam pembentukan sistem saraf pusat, termasuk otak, sehingga asupannya dapat mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada janin (Spina bifida). Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 600-800 mikrogram asam folat. Sumber asam folat dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kol hijau, bayam, selada, dan kol. Sedangkan dalam buah-buahan dapat ditemukan pada jeruk, stroberi, lemon, manga, tomat, dan melon. Selain itu, juga dapat ditemukan pada gandum dan kelompok makanan kacang-kacangan. Anjuran banyaknya konsumsi sayuran per hari sebanyak 2 porsi


- Vitamin C dalam gizi ibu hamil
Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat membantu penyembuhan luka, pertumbuhan gigi dan tulang serta meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Ibu tentu tidak asing lagi dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, lemon, mangga, tomat, melon, dan kentang yang dianjurkan dikonsumsi sebanyak 3 porsi dalam sehari


Berikut info tentang nutrisi ibu hamil yang harus dikonsumsi ya bun. Semoga membantu.
 
  #3  
Old
bundav...
 
Posts: 53
 
thanks bun buat info nutrisi ibu hamil nya, bermanfaat sekali
 
  #4  
Old
Stephz...
 
Posts: 5
 
thanks infonya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
makanan yang dikonsumsi saat trimester 1 -- Diskusi Umum 23
makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil -- Diskusi Umum 2
8 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Merencanakan Kehamilan -- Diskusi Umum 6
Asupan Nutrisi Yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan -- Diskusi Umum 2
7 Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi saat Merencanakan Kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com