Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ennie ...   TS 
 
Posts: 11
Default terdapat cairan pada otak janin!

Bunda dan calon bunda, usia kehamilan saya sudah 6 bulan, waktu masih 5 bulan saya USG kata dokter terdapat cairan di otak janin, terus saya dikasih obat, 2 minggu kemudian saya USG lg, cairannya sudah menyusut, terus skrg udah 6 bulan saya USG lg juga sudah berkurang cairannya, cuma saya disuruh jaga makanan, menurut bunda itu bahaya gak sich??? Mohon bantuannya!!!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bunda ...
 
Posts: 51
 
itu cairan apa ya bund ??
trus kog bisa sampai bgtu.
ma.af bund mlah jd nnya..
 
  #3  
Old
ennie ...   TS 
 
Posts: 11
 
Saya jga kurang tau pastinya cairan apa,, tapi saya dikasih obat ama dokter saya,, ada vitamin, ama antivirusnya!!!
 
  #4  
Old
hafi...
 
Posts: 352
 
Emang bunda gk nanya sama dokternya,.
 
  #5  
Old
bunda ...
 
Posts: 51
 
ada tndanya gag bund klo knag yg kyag gt.
 
  #6  
Old
Vella ...
 
Location: xmantan
Posts: 789
 
Bunda enny, sorry saya ga bisa bantu jawab. Di forum ini ad dokter, saya liat dy sering komentar dan kasi solusi ke bunda2 di forum ini. Coba bunda eni cari dokter ini dan tanyakan saja. Bunda search saja di kolom search, nama dokternya ivander utama. Cm klo mao search itu namanya dy tulis gabung kek gini ivanderutama
 
  #7  
Old
Thaniz...
 
Posts: 876
 
Penah denger cerita ky gini dr temen.. Tp kurang detail si.. Katanya klo ada cairan ky gt bisa jd hidrochepalus..jd cairanya harus di ilangin.. Mgkin salah stunya dgn obat ky bunda..
Bunda dpt pnjelasan dr dkternya gmn bund??
 
  #8  
Old
Vella ...
 
Location: xmantan
Posts: 789
 
Bundaaaa saya cari2 info di inet, silahkan dibacaaa..........

Saat Janin Kelebihan Cairan Otak

Saat hamil, sebaiknya Anda rajin memeriksakan kandungan Anda ke dokter. Karena jika ada kelainan seperti kelebihan cairan otak di kepala janin, bisa cepat terdeteksi.*

Cairan di kepala janin adalah cairan cerebrospinal atau cairan otak. Otak manusia terendam dalam cairan otak. Cairan ini vital sehingga harus diproduksi terus-menerus. Namun, agar tidak sampai "banjir" ada sistem yang menyerap kembali cairan otak. Berkat sistem produksi dan penyerapan yang seimbang itulah volume cairan otak senantiasa tetap, sesuai kapasitas ruang otak. Jika terjadi gangguan, entah produksi berlebihan, penyerapan menurun, atau terjadi sumbatan dalam alirannya, maka cairan yang meredam otak kian banyak.

Pada janin di dalam kandungan, perlu dipantau terus apakah jumlah cairan otak tetap normal. Kelebihan cairan otak sudah bisa dideteksi sejak bayi dalam kandungan melalui USG (ultra sonography). Jika bayi dalam kandungan didiagnosa terkena hydrocephalus, operasi bisa dilakukan saat bayi di dalam kandungan,* minimal di usia 8 bulan, berupa pemasangan selang (shunting) untuk membuang cairan melalui saluran kencing. Pemasangan shunting harus dilakukan secepat mungkin agar tidak terjadi kerusakan otak permanen, sehingga bayi bisa tumbuh normal setelah lahir.

Jika hal ini terjadi pada janin Anda, pastikan dokter memantau terus. Bayi dapat dipertahankan jika tidak ada kelainan mayor (besar) dan* tentu saja ia dapat lahir normal.
*

---------- Post added at 20:25 ---------- Previous post was at 20:20 ----------

Bunda ini ad yang share pengalaman anak kakaknya ttg hydrocephalus, silahkan dibaca

Kunci Keberhasilan Penyembuhan Hydrocephalus | Kompasiana.com
 
  #9  
Old
Sulis...
 
Posts: 700
 
Replying to: View Post
Penah denger cerita ky gini dr temen.. Tp kurang detail si.. Katanya klo ada cairan ky gt bisa jd hidrochepalus..jd cairanya harus di ilangin.. Mgkin salah stunya dgn obat ky bunda..
Bunda dpt pnjelasan dr dkternya gmn bund??
Yupp benar. kalo ada cairan di otak itu namanya hydrocephalus. kalo yg sy tau itu disebabkan krna adanya virus. kebanyakan virus yg menyebabkan cacat janin yaitu virus toxo.. virus itu bisa menyebabkan terjadinya makrocephalus,mikrocephalus,hydrocephalus atau keguguran berulang
maaf jika penjelasan sy msh kurang atau salah
 
Bund, Bisnis ONLINE dari Rumah Yuk
Sulistioriny - Bisnis Foredi, GASA, Ladyfem, Tisu Majakani, ORIS, Fiforlif Grup ABENETWORK
  #10  
Old
Vella ...
 
Location: xmantan
Posts: 789
 
Andalas Van Java: Cegah Hydrocephalus Sejak Kehamilan
 
  #11  
Old
ayank ...
 
Posts: 100
 
itu knpa bisa gtu yaa bun??
ehh malah nanya aku jg pnasaran, dr mkanan apa yg bsa pngaruh gtu bun??
 
  #12  
Old
Thaniz...
 
Posts: 876
 
Replying to: View Post
Yupp benar. kalo ada cairan di otak itu namanya hydrocephalus. kalo yg sy tau itu disebabkan krna adanya virus. kebanyakan virus yg menyebabkan cacat janin yaitu virus toxo.. virus itu bisa menyebabkan terjadinya makrocephalus,mikrocephalus,hydrocephalus atau keguguran berulang
maaf jika penjelasan sy msh kurang atau salah
Oww gt yah bund... Barusan cari2 info di google jg.. Hmmm bner2 hrs hati2 yaaah
 
  #13  
Old
Vella ...
 
Location: xmantan
Posts: 789
 
HYDROCEPHALUS (HIDROSEFALUS)

DEFINISI DAN KLASIFIKASI1,4,5
Hydrocephalus adalah keadaan patologi otak yang mengakibatkan bertambahnya Cairan Serebrospinalis (CSS) dengan tekanan intrakarnial yang meninggi sehingga terdapat pelebaran ruangan tempat mengalirnya CSS. Hydrocephalus biasanya timbul selama periode neonatus atau pada awal masa bayi. Hydrocephalus yang tampak jelas dengan tanda – tanda klinis yang khas disebut hydrocephalus yang manifes. Sementara itu, hydrocephalus dengan ukuran kepala yang normal disebut sebagai hydrocephalus yang tersembunyi.

Adapun berdasarkan waktu pembentukannya, klasifikasi hydrocephalus yaitu:
1.*** Hydrocephalus Kongenital merupakan hydrocephalus yang terjadi pada neonatus atau yang berkembang selama intrauterine.
2.*** Hydrocephalus Infantil merupakan hydrocephalus yang terjadi karena cedera kepala selama proses kelahiran.
3.*** Hydrocephalus Akuisita merupakan hydrocephalus yang terjadi selama masa neonatus atau disebabkan oleh faktor – faktor lain setelah masa neonatus
Dan berdasarkan sirkulasi cairan serebrospinal, dibedakan menjadi:
1.***** Hydrocephalus Komunikans adalah hydrocephalus yang memperlihatkan adanya hubungan antara CSS system ventrikulus dan CSS dari ruang subaraknoid.
2.***** Hydrocephalus non - Komunikans berarti terdapat hambatan sirkulasi cairan serebrospinal dalam sistem ventrikel sendiri
*
* ** ETIOLOGI DAN FAKTOR RESIKO 4,7
Hydrocephalus terjadi bila terdapat penyumbatan aliran CSS pada salah satu tempat antara tempat pembentukan CSS dalam sistem ventrikel dan tempat absorpsi dalam ruang subarachnoid. Akibat penyumbatan terjadi dilatasi ruangan CSS di atasnya. Penyebab penyumbatan aliran CSS yang sering terdapat pada bayi dan anak ialah:
1.******** Kelainan bawaan seperti stenosis aquaductus sylvii, spina bivida dan cranium bivida, sindrom dandy-walker, kista arachnoid, serta anomaly pembuluh darah.
2.******** Infeksi pada selaput meningen dapat menimbulkan perlekatan meningen sehingga dapat terjadi obliterasi ruang subarachnoid. Selain itu, ibu hamil sering menderita beberapa infeksi, infeksi ini dapat berpengaruh pada perkembangan normal otak. Infeksinya antara lain Cytomegalovirus, Rubella, Mumps, Sifilis, dan Toksoplasmosis.
3.******** Neoplasma, mengakibatkan hydrocephalus oleh obstruksi mekanis yang dapat terjadi di setiap tempat aliran CSS.
4.******** Perdarahan sebelum dan atau sesudah lahir dalam otak, dapat menyebabkan fibrosis leptomeningen terutama pada daerah basal otak, selain penyumbatan yang terjadi akibat organisasi dari darah itu sendiri.
Meskipun banyak ditemukan pada bayi dan anak, sebenarnya hydrocephalus juga bisa terjadi pada dewasa. Hanya saja, pada bayi gejala klinisnya tampak lebih jelas, sehingga lebih mudah dideteksi dan didiagnosis. Hal ini dikarenakan pada bayi ubun-ubunnya masih terbuka, sehingga adanya penumpukan cairan otak dapat dikompensasi dengan melebarnya tulang-tulang tengkorak. Terlihat pembesaran diameter kepala yang makin lama makin membesar seiring bertambahnya tumpukan CSS. Sedangkan pada orang dewasa, tulang tengkorak tidak lagi mampu melebar. Akibatnya berapapun banyaknya CSS yang tertumpuk, tidak akan mampu menambah besar diameter kepala.
Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi terjadinya hydrocephalus:7
1.******** Lahir prematur, bayi yang lahir prematur memiliki risiko yang lebih tinggi perdarahan intraventricular (perdarahan dalam ventrikel otak) yang dapat menyebabkan hydrocephalus.
2.******** Masalah selama kehamilan infeksi pada rahim selama kehamilan dapat meningkatkan risiko hydrocephalus pada bayi berkembang. Akibat infeksi dapat timbul perlekatan meningen. secara patologis terlihat penebalan jaringan piameter dan arakhnoid sekitar sisterna basalis dan daerah lain, penyebab infeksi adalah toksoplasmosis.
3.******** Masalah dengan perkembangan janin seperti penutupan yang tidak lengkap dari kolom tulang belakang. Beberapa cacat bawaan mungkin tidak terdeteksi saat lahir, tetapi peningkatan risiko hydrocephalus akan tampak saat usia bayi lebih tua (masih masa anak - anak).
4.******** Lesi dan tumor sumsum tulang belakang atau otak. Pada anak yang menyebabkan penyumbatan ventrikel IV / akuaduktus sylvii bagian terakhir biasanya suatu glioma yang berasal dari cerebelum, penyumbatan bagian depan ventrikel III disebabkan kraniofaringioma. Hydrocephalus Infantil, 4% adalah karena tumor fossa fosterior.
5.******** Infeksi pada sistem saraf. Perdarahan di otak. Hydrocephalus Infantil, 50% adalah karena perdarahan dan meningitis.*
6.* Memiliki cedera kepala berat.

** GAMBARAN KLINIS8
Gambaran klinis hydrocephalus dipengaruhi oleh umur penderita, penyebab, dan lokasi obstruksi. Gejala-gejala yang menonjol merupakan refleksi hipertensi intrakranial. Rincian gambaran klinik adalah sebagai berikut:
1.******** Neonatus
a.*** Gejala hydrocephalus yang paling umum dijumpai pada neonatus adalah iritabilitas. Sering kali anak tidak mau makan dan minum, kadang-kadang kesadaran menurun ke arah letargi. Anak kadang – kadang muntah, jarang yang bersifat proyektil. Pada masa neonatus ini gejala-gejala lainnya belum tampak, sehingga apabila dijumpai gejala-gejala seperti tersebut di atas, perlu dicurigai adanya kemungkinan hydrocephalus. Dengan demikian dapat dilakukan pemantauan secara teratur dan sistematik.
b.*** Pada anak di bawah 6 tahun, termasuk neonatus, akan tampak pembesaran kepala karena sutura belum menutup secara sempurna. Pembesaran kepala ini harus dipantau dari waktu ke waktu, dengan mengukur lingkar kepala. Fontanela anterior tampak menonjol, pada palpasi terasa tegang dan padat. Tidak ditemukannya fontanela yang menonjol bukan berarti bahwa tidak ada hydrocephalus. Pada umur 1 tahun, fontanela anterior sudah menutup atau oleh karena rongga tengkorak yang melebar maka tekanan intrakranial secara relatif akan mengalami dekompresi.
c.*** Vena-vena di kulit kepala dapat sangat menonjol, terutama apabila bayi menangis.
d.** Mata penderita hydrocephalus memperlihatkan gambaran yang khas, yang disebut sebagai setting-sun sign, sklera yang berwarna putih akan tampak di atas iris.
e.*** Kadang-kadang terlihat adanya nistagmus dan strabismus. Pada hydrocephalus yang sudah lanjut dapat terjadi edema papil atau atrofi papil. Tidak adanya pulsasi vena retina merupakan tanda awal hipertensi intrakranial yang khas.
2.******** Dewasa
Gejala yang paling sering dijumpai adalah nyeri kepala. Sementara itu, gangguan visus, gangguan motorik/berjalan, dan kejang terjadi pada 1/3 kasus hydrocephalus pada usia dewasa. Pemeriksaan neurologik pada umumnya tidak menunjukkan kelainan, kecuali adanya edema papil dan/atau paralisis nervus abdusens.

** PENATALAKSANAAN MEDIS8
1.******** Terapi Medikamentosa
Hydrocephalus dengan progresivitas rendah dan tanpa obstruksi pada umumnya tidak memerlukan tindakan operasi. Dapat diberi asetazolamid untuk mengurangi sekitar sepertiga produksi CSS, dan terkadang efektif pada hydrocephalus ringan yang berkembang lambat. Pada keadaan akut dapat diberikan manitol. Diuretika dan kortikosteroid dapat diberikan, meskipun hasilnya kurang memuaskan.
2.******** Tindakan Operasi *
***** Operasi berupa upaya menghubungkan ventrikulus otak dengan rongga peritoneal, yang disebut ventriculo-peritoneal shunt. Tindakan ini pada umumnya ditujukan untuk hydrocephalus non-komunikans dan hydrocephalus yang progresif. Setiap tindakan pemirauan (shunting) memerlukan pemantauan yang berkesinambungan oleh dokter spesialis bedah saraf.

*Refferences:
1.************ Assosiation Hydrocephalus.2003. Hydrocephalus Didiagnosis Pada Anak Dan Dewasa. Edisi Kedua. San Fransisco.
2.************ Maryunani, A. dan Nurhayati ., 2009. Asuhan Kegawatdaruratan Dan Penyulit Pada Neonatus. CV. Trans Info Media, Jakarta.
3.************ Alexie S., 2008. Hydrocephalus. Dapat diakses di : Wikipedia
4.************ Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.1985. Ilmu Kesehatan Anak. Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.
5.************ Schwartz, M.W., 2005. Pedoman Klinis Pediatri. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
6.************ Buranda, Theopilus. dkk. 2008. Anatomi Umum. Makassar: Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
7.************ Darsono dan Himpunan dokter spesialis saraf indonesia dengan UGM. 2005. Buku Ajar Neurologi Klinis. Yogyakarta. UGM Press.
8.************ Farina A., 2000. Hydrocephalus. * on Scribd | Scribd
9.* Ristoari, 2012. Neuro Development Treatment (NDT). Available at: http://alatterapi.wordpress.com/2012...treatment-ndt/

---------- Post added at 20:42 ---------- Previous post was at 20:41 ----------

HYDROCEPHALUS (HIDROSEFALUS)

DEFINISI DAN KLASIFIKASI1,4,5
Hydrocephalus adalah keadaan patologi otak yang mengakibatkan bertambahnya Cairan Serebrospinalis (CSS) dengan tekanan intrakarnial yang meninggi sehingga terdapat pelebaran ruangan tempat mengalirnya CSS. Hydrocephalus biasanya timbul selama periode neonatus atau pada awal masa bayi. Hydrocephalus yang tampak jelas dengan tanda – tanda klinis yang khas disebut hydrocephalus yang manifes. Sementara itu, hydrocephalus dengan ukuran kepala yang normal disebut sebagai hydrocephalus yang tersembunyi.

Adapun berdasarkan waktu pembentukannya, klasifikasi hydrocephalus yaitu:
1.*** Hydrocephalus Kongenital merupakan hydrocephalus yang terjadi pada neonatus atau yang berkembang selama intrauterine.
2.*** Hydrocephalus Infantil merupakan hydrocephalus yang terjadi karena cedera kepala selama proses kelahiran.
3.*** Hydrocephalus Akuisita merupakan hydrocephalus yang terjadi selama masa neonatus atau disebabkan oleh faktor – faktor lain setelah masa neonatus
Dan berdasarkan sirkulasi cairan serebrospinal, dibedakan menjadi:
1.***** Hydrocephalus Komunikans adalah hydrocephalus yang memperlihatkan adanya hubungan antara CSS system ventrikulus dan CSS dari ruang subaraknoid.
2.***** Hydrocephalus non - Komunikans berarti terdapat hambatan sirkulasi cairan serebrospinal dalam sistem ventrikel sendiri
*
* ** ETIOLOGI DAN FAKTOR RESIKO 4,7
Hydrocephalus terjadi bila terdapat penyumbatan aliran CSS pada salah satu tempat antara tempat pembentukan CSS dalam sistem ventrikel dan tempat absorpsi dalam ruang subarachnoid. Akibat penyumbatan terjadi dilatasi ruangan CSS di atasnya. Penyebab penyumbatan aliran CSS yang sering terdapat pada bayi dan anak ialah:
1.******** Kelainan bawaan seperti stenosis aquaductus sylvii, spina bivida dan cranium bivida, sindrom dandy-walker, kista arachnoid, serta anomaly pembuluh darah.
2.******** Infeksi pada selaput meningen dapat menimbulkan perlekatan meningen sehingga dapat terjadi obliterasi ruang subarachnoid. Selain itu, ibu hamil sering menderita beberapa infeksi, infeksi ini dapat berpengaruh pada perkembangan normal otak. Infeksinya antara lain Cytomegalovirus, Rubella, Mumps, Sifilis, dan Toksoplasmosis.
3.******** Neoplasma, mengakibatkan hydrocephalus oleh obstruksi mekanis yang dapat terjadi di setiap tempat aliran CSS.
4.******** Perdarahan sebelum dan atau sesudah lahir dalam otak, dapat menyebabkan fibrosis leptomeningen terutama pada daerah basal otak, selain penyumbatan yang terjadi akibat organisasi dari darah itu sendiri.
Meskipun banyak ditemukan pada bayi dan anak, sebenarnya hydrocephalus juga bisa terjadi pada dewasa. Hanya saja, pada bayi gejala klinisnya tampak lebih jelas, sehingga lebih mudah dideteksi dan didiagnosis. Hal ini dikarenakan pada bayi ubun-ubunnya masih terbuka, sehingga adanya penumpukan cairan otak dapat dikompensasi dengan melebarnya tulang-tulang tengkorak. Terlihat pembesaran diameter kepala yang makin lama makin membesar seiring bertambahnya tumpukan CSS. Sedangkan pada orang dewasa, tulang tengkorak tidak lagi mampu melebar. Akibatnya berapapun banyaknya CSS yang tertumpuk, tidak akan mampu menambah besar diameter kepala.
Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi terjadinya hydrocephalus:7
1.******** Lahir prematur, bayi yang lahir prematur memiliki risiko yang lebih tinggi perdarahan intraventricular (perdarahan dalam ventrikel otak) yang dapat menyebabkan hydrocephalus.
2.******** Masalah selama kehamilan infeksi pada rahim selama kehamilan dapat meningkatkan risiko hydrocephalus pada bayi berkembang. Akibat infeksi dapat timbul perlekatan meningen. secara patologis terlihat penebalan jaringan piameter dan arakhnoid sekitar sisterna basalis dan daerah lain, penyebab infeksi adalah toksoplasmosis.
3.******** Masalah dengan perkembangan janin seperti penutupan yang tidak lengkap dari kolom tulang belakang. Beberapa cacat bawaan mungkin tidak terdeteksi saat lahir, tetapi peningkatan risiko hydrocephalus akan tampak saat usia bayi lebih tua (masih masa anak - anak).
4.******** Lesi dan tumor sumsum tulang belakang atau otak. Pada anak yang menyebabkan penyumbatan ventrikel IV / akuaduktus sylvii bagian terakhir biasanya suatu glioma yang berasal dari cerebelum, penyumbatan bagian depan ventrikel III disebabkan kraniofaringioma. Hydrocephalus Infantil, 4% adalah karena tumor fossa fosterior.
5.******** Infeksi pada sistem saraf. Perdarahan di otak. Hydrocephalus Infantil, 50% adalah karena perdarahan dan meningitis.*
6.* Memiliki cedera kepala berat.

** GAMBARAN KLINIS8
Gambaran klinis hydrocephalus dipengaruhi oleh umur penderita, penyebab, dan lokasi obstruksi. Gejala-gejala yang menonjol merupakan refleksi hipertensi intrakranial. Rincian gambaran klinik adalah sebagai berikut:
1.******** Neonatus
a.*** Gejala hydrocephalus yang paling umum dijumpai pada neonatus adalah iritabilitas. Sering kali anak tidak mau makan dan minum, kadang-kadang kesadaran menurun ke arah letargi. Anak kadang – kadang muntah, jarang yang bersifat proyektil. Pada masa neonatus ini gejala-gejala lainnya belum tampak, sehingga apabila dijumpai gejala-gejala seperti tersebut di atas, perlu dicurigai adanya kemungkinan hydrocephalus. Dengan demikian dapat dilakukan pemantauan secara teratur dan sistematik.
b.*** Pada anak di bawah 6 tahun, termasuk neonatus, akan tampak pembesaran kepala karena sutura belum menutup secara sempurna. Pembesaran kepala ini harus dipantau dari waktu ke waktu, dengan mengukur lingkar kepala. Fontanela anterior tampak menonjol, pada palpasi terasa tegang dan padat. Tidak ditemukannya fontanela yang menonjol bukan berarti bahwa tidak ada hydrocephalus. Pada umur 1 tahun, fontanela anterior sudah menutup atau oleh karena rongga tengkorak yang melebar maka tekanan intrakranial secara relatif akan mengalami dekompresi.
c.*** Vena-vena di kulit kepala dapat sangat menonjol, terutama apabila bayi menangis.
d.** Mata penderita hydrocephalus memperlihatkan gambaran yang khas, yang disebut sebagai setting-sun sign, sklera yang berwarna putih akan tampak di atas iris.
e.*** Kadang-kadang terlihat adanya nistagmus dan strabismus. Pada hydrocephalus yang sudah lanjut dapat terjadi edema papil atau atrofi papil. Tidak adanya pulsasi vena retina merupakan tanda awal hipertensi intrakranial yang khas.
2.******** Dewasa
Gejala yang paling sering dijumpai adalah nyeri kepala. Sementara itu, gangguan visus, gangguan motorik/berjalan, dan kejang terjadi pada 1/3 kasus hydrocephalus pada usia dewasa. Pemeriksaan neurologik pada umumnya tidak menunjukkan kelainan, kecuali adanya edema papil dan/atau paralisis nervus abdusens.

** PENATALAKSANAAN MEDIS8
1.******** Terapi Medikamentosa
Hydrocephalus dengan progresivitas rendah dan tanpa obstruksi pada umumnya tidak memerlukan tindakan operasi. Dapat diberi asetazolamid untuk mengurangi sekitar sepertiga produksi CSS, dan terkadang efektif pada hydrocephalus ringan yang berkembang lambat. Pada keadaan akut dapat diberikan manitol. Diuretika dan kortikosteroid dapat diberikan, meskipun hasilnya kurang memuaskan.
2.******** Tindakan Operasi *
***** Operasi berupa upaya menghubungkan ventrikulus otak dengan rongga peritoneal, yang disebut ventriculo-peritoneal shunt. Tindakan ini pada umumnya ditujukan untuk hydrocephalus non-komunikans dan hydrocephalus yang progresif. Setiap tindakan pemirauan (shunting) memerlukan pemantauan yang berkesinambungan oleh dokter spesialis bedah saraf.

*Refferences:
1.************ Assosiation Hydrocephalus.2003. Hydrocephalus Didiagnosis Pada Anak Dan Dewasa. Edisi Kedua. San Fransisco.
2.************ Maryunani, A. dan Nurhayati ., 2009. Asuhan Kegawatdaruratan Dan Penyulit Pada Neonatus. CV. Trans Info Media, Jakarta.
3.************ Alexie S., 2008. Hydrocephalus. Dapat diakses di : Wikipedia
4.************ Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.1985. Ilmu Kesehatan Anak. Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.
5.************ Schwartz, M.W., 2005. Pedoman Klinis Pediatri. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
6.************ Buranda, Theopilus. dkk. 2008. Anatomi Umum. Makassar: Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
7.************ Darsono dan Himpunan dokter spesialis saraf indonesia dengan UGM. 2005. Buku Ajar Neurologi Klinis. Yogyakarta. UGM Press.
8.************ Farina A., 2000. Hydrocephalus. * on Scribd | Scribd
9.* Ristoari, 2012. Neuro Development Treatment (NDT). Available at: http://alatterapi.wordpress.com/2012...treatment-ndt/
 
  #14  
Old
Sulis...
 
Posts: 700
 
Replying to: View Post
Oww gt yah bund... Barusan cari2 info di google jg.. Hmmm bner2 hrs hati2 yaaah
iya bund.smga kita terhindar dari hal2 yg tdk diinginkan.. Amiinn
 
Bund, Bisnis ONLINE dari Rumah Yuk
Sulistioriny - Bisnis Foredi, GASA, Ladyfem, Tisu Majakani, ORIS, Fiforlif Grup ABENETWORK
  #15  
Old
yucess...
 
Posts: 679
 
Sэ♍őģą debaynya baik2 saja bund dan lahir dengan selamat dan sεћαƭ jasmani dan rohannya
آمِّينَ,jangan makan yg setengah matang ya bund,sayuran jgan yg mentah,semuanya harus matang ya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual minyak ikan salmon u/pertumbuhan otak janin,kesehatan,dsb -- Area Promosi 1
Kurang Vitamin C Saat Hamil, Otak Janin Terancam Rusak -- Diskusi Umum 4
ada cairan di otak janin sekitar d=1.18cm bahayakah?? -- Diskusi Umum 31
terdapat cairan di otak janin pada uk 37minggu -- Ngobrol Apa Saja 9
bagus gx ia cairan keluar di PD pada UK 30 Minggu ? -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:00.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com