Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
desiar...   TS 
 
Posts: 1,042
Default Kurang Vitamin C Saat Hamil, Otak Janin Terancam Rusak

Vitamin C diyakini dapat meningkatkan sistem imun dan kaya antioksidan. Ditambah dengan imagenya yang lekat dengan buah jeruk yang enak dan menyegarkan membuat vitamin ini digemari banyak orang. Penelitian menemukan bahwa vitamin C juga amat diperlukan bagi perkembangan otak janin.

Para ilmuwan dari University of Copenhagen baru-baru ini menemukan bahwa kekurangan vitamin C pada ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan otak pada janin yang dikandungnya. Yang lebih berbahaya, kerusakan ini tidak dapat diperbaiki dengan memberi suplemen vitamin C setelah bayi dilahirkan.

"Kekurangan vitamin C pada ibu hamil dapat menghambat pertumbuhan hippocampus, pusat memori yang penting pada janin sebanyak 10-15 persen, sehingga mencegah otak berkembang secara optimal," kata peneliti, Profesor Jens Lykkesfeldt seperti dilansir Medical Xpress, Senin (19/11/2012).

Prof Lykkesfeldt memimpin sekelompok ilmuwan meneliti marmut jenis gunea pig yang hamil beserta bayinya. Seperti halnya manusia, marmut guinea pig tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Oleh karena itu, marmut ini dianggap sebagai model penelitian yang tepat untuk dapat dibandingkan dengan manusia.

Penelitian yang dimuat jurnal PLoS ONE ini menemukan bahwa vitamin C amat berperan dalam perkembangan bagian otak yang penting untuk daya ingat. Dalam penelitian, anak marmut yang lahir dengan kekurangan vitamin C dibagi menjadi 2 kelompok. Salah satu kelompok diberi suplemen vitamin C, sedangkan kelompok lainnya tidak.

Saat marmut berusia 2 bulan atau setara dengan manusia remaja, penelliti tidak melihat adanya perbaikan otak pada kedua kelompok marmut, termasuk kelompok yang diberi vitamin C setelah dilahirkan. Sayangnya para ilmuwan belum begitu memahami kapan tepatnya masa kehamilan yang dapat mempengaruhi perkembangan otak janin.

"Orang-orang dengan status ekonomi rendah yang memiliki pola makan buruk dan mungkin juga merokok sering menderita kekurangan vitamin C. Anak-anaknya berisiko terlahir dengan daya ingat yang kurang berkembang. Anak-anak ini mungkin mengalami masalah belajar," kata prof Lykkesfeldt.

Prof Lykkesfeldt menjelaskan bahwa dalam konteks sosial, sejarah anak-anak yang terlahir kekurangan vitamin C ini berulang karena anak-anak merasa lebih sulit untuk melepaskan diri dari lingkungan tempat ia dilahirkan. Kekurangan ini dapat dicegah jika ibu hamil makan berbagai jenis makanan bergizi, tidak merokok dan mengambil multi vitamin harian selama kehamilan.

detikHealth : Kurang Vitamin C Saat Hamil, Otak Janin Terancam Rusak
 
Thread lain yang berhubungan:
Pengecut hanya membuat diri nya berlindung di ketiak teman-temannya
  #2  
Old
thyape...
 
Location: sukabumi
Posts: 1,694
 
nice info bundsay...
 
*....Robbi habli minashsholihin.... *
  #3  
Old
desiar...   TS 
 
Posts: 1,042
 
biar rajin makan buah vit c ya bun thyaaa...hehehee
 
Pengecut hanya membuat diri nya berlindung di ketiak teman-temannya
  #4  
Old
thyape...
 
Location: sukabumi
Posts: 1,694
 
uokeyy...selalu bund, aku seneng maem jeruk malah... sama mangga.. xixixi (up's bahaya ngomongin yg seger2...nanti takutnya bunda atau bunda yg lain ngiler... hheheheh )
 
*....Robbi habli minashsholihin.... *
  #5  
Old
fatima...
 
Location: ungaran, semarang
Posts: 561
 
nice info bunda desi...
tmbah suka deh dg jeruk...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual minyak ikan salmon u/pertumbuhan otak janin,kesehatan,dsb -- Area Promosi 1
Tensi darah kurang saat periksa hamil.. -- Diskusi Umum 1
Share vitamin saat hamil -- Ngobrol Apa Saja 6
lupa minum vitamin dan susu hamil, pengaruh ke janin kah? -- Diskusi Umum 16
saat hamil rambut jadi kurang sehat,, ada hubungannya ga sih ? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:42.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com