Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dovede...   TS 
 
Posts: 21
Default Bayi anencephaly

bunda mau share mungkin ada yg pengalaman sama dengan saya, saya hamil 20w bunda hamil pertama dan kata dokter anak saya harus dikeluarkan, karna dia kena anencephaly (tidak ada tempurung kepala dan pertumbuhan otak tidak sempurna) dan kalau lahir dia bisa bertahan hidup paling lama 48jam saya sudah ke 3 dokter specialis dan 1 prof dan beberapa menyarankan untuk dikeluarkan karna katanya percuma nantinya dia tetap akan meninggal,tp saya dan suami kekeh tidak mau saya mau mengurus bayi dalam perut saya selayaknya bayi2 normal, tuhan yang menciptakan biar tuhan juga yang berkehendak, kita ga boleh mendahului tuhan.. saya mau tanya bagi ada yg pernah mengalami kasus seperti saya siapa tau berkenan buat bagi2 pengalaman dan proses persalinannya.. thx
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
putri8...
 
Posts: 145
 
bun,,aq pnh baca berita ntah dmn lupa aq,,ad d luar negri sm ky bunda gtu,,tp tuh ibu ga mau buang anknya,,n dy berhsl jaga kehamilannya mpe lahir,tp ya itu ga lm trs meninggal bun....kasihan c bun...kl emg bunda mw pertahanin mpe lahir gpp,ya bun hrs kuat aj kan ud tw resiko ny,,maaf ya bun kl ga membantu...
 
  #3  
Old
Nathan...
 
Location: Bali
Posts: 4,457
 
bunda yg sabar ya, saya pernah baca ibu yg melahirkan bayiny yg anencephaly juga. Coba bunda search di google 'ancillo dominic'
ini kisah di indonesia,
ibu ini mempertahankan anaknya,krna dgan mengeluarkan dia sbelum waktunya,sama dgan membunuhnya.
Ibu ini tetap mempertahankan anaknya, karna ketika anaknya lahir,dan biar sendiri ajal datang menjemputnya, dia punya tabungan seorang anak di akhirat.
 
  #4  
Old
Mamaow...
 
Location: Dirumah
Posts: 159
 
Bunda yg sabar ya,,,... Pasti babynya bahagia banget karena dia tau orang tuanya bener2sayang sama dia...
 
  #5  
Old
Yuanit...
 
Posts: 443
 
Saluuut sm bunda, sabar ya bunda syg..
Sy doakan semoga dpt yg trbaik dr yg paling baik dr Yang Maha Kuasa.
Sy jg lg sedih bund, di vonis BO, tp sy g mau lgsg mnerima vonis tsb mentah2 krn sy msh bs meraskn klw janin sy baik2 sj, tp disisi lain sy beranggapan biarlah klw mmg janin sy g brkembang dia akn kluar sndri, kt yg aku tau bgtu. *koq jd curhat.."̮ƗƗɐƗƗɐ"̮ƗƗɐƗƗɐ"̮ "̮ƗƗɐƗƗɐ"̮ƗƗɐƗƗɐ.....
Yaah bund, qt msg2 psti mmg dpt "perhatian" dr-NYA semata2 u/ menguji sbrp kuat qt menghadapinya.
Keep spirit bunda!! *BigHug
 
  #6  
Old
detinc...
 
Posts: 268
 
Bund aku ikut sedih bacanya maaf bund kl blh tau itu ketauannya pas USG brp dimensi bund?
 
  #7  
Old
bunda ...
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Replying to: View Post
bunda mau share mungkin ada yg pengalaman sama dengan saya, saya hamil 20w bunda hamil pertama dan kata dokter anak saya harus dikeluarkan, karna dia kena anencephaly (tidak ada tempurung kepala dan pertumbuhan otak tidak sempurna) dan kalau lahir dia bisa bertahan hidup paling lama 48jam saya sudah ke 3 dokter specialis dan 1 prof dan beberapa menyarankan untuk dikeluarkan karna katanya percuma nantinya dia tetap akan meninggal,tp saya dan suami kekeh tidak mau saya mau mengurus bayi dalam perut saya selayaknya bayi2 normal, tuhan yang menciptakan biar tuhan juga yang berkehendak, kita ga boleh mendahului tuhan.. saya mau tanya bagi ada yg pernah mengalami kasus seperti saya siapa tau berkenan buat bagi2 pengalaman dan proses persalinannya.. thx
sedih banget deh bun baca thread ini.. semoga bunda tabah yaa bun..
ini ada artikel yang aq baca, semoga bs membantu bunda yaa..

Bayi Anencephaly

Semua sempurna kecuali tempurung kepala - mulai alis mata ke atas - tidak ada. Meski kebanyakan berakhir fatal, dengan bekal informasi yang cukup, calon orangtua dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.
Anencephaly adalah suatu keadaan dimana sebagian besar tulang tengkorak dan otak bayi tidak terbentuk. Sisa jaringan otak - biasanya bagian dari batang otak - terlindung oleh selaput yang tipis saja.
Kondisi ini merupakan bagian dari Neural Tube Deffect (NTD) atau cacat tabung saraf. Selain anencephaly atau cacat otak, yang termasuk NTD adalah spina bifida atau cacat tulang belakang. Meski kasusnya jarang, sekitar 1 setiap 1.000 kehamilan, anencephaly adalah kelainan bayi yang paling serius bila dibandingkan dengan NTD jenis yang lain. Kemungkinan yang bisa dialami bayi penderita anencephaly adalah cacat fisik seperti buta, tuli, dan tidak memiliki pergerakan refleks.
Sampai kini, tidak ada perawatan atau penyembuhan bagi bayi anencephaly, dengan keseluruhan kelahiran berakhir dengan kematian bayi. Bila bisa lahir dalam keadaan hidup, biasanya akan meninggal dalam hitungan beberapa jam atau hari.

Deteksi Dini


Anencephaly bisa terdeteksi melalui pemeriksaan menggunakan alat ultrasonografi atau USG pada usia kehamilan sekitar 12 minggu. Dulu pernah dianjurkan deteksi dengan cara melakukan triple blood test pada usia kehamilan 15 minggu. Dengan teknologi yang jauh lebih baik, sekarang anencephaly dapat dideteksi dengan cukup akurat melalui pemeriksaan USG sejak usia kehamilan dini saat kehamilan 18 minggu.


Bila seandainya tidak terdeteksi dini, salah satu ciri khas dari kehamilan dengan bayi anencephaly adalah terjadi post maturitas atau persalinan lewat waktu. Misalnya, belum ada tanda-tanda persalinan padahal usia kandungan sudah 42 minggu. Penyebabnya adalah, karena tidak adanya refleks dari otak bayi untuk memicu terjadinya proses persalinan. Selain itu, perlu juga dicurigai hasil pemeriksaan fisik yang menyebutkan adanya kelainan letak pada bayi, misalnya sungsang atau melintang.


Lahir Normal


Tidak ada yang bisa dilakukan oleh dokter untuk membantu bayi anencephaly. Sehingga, jika kasus ini ditemukan pada kehamilan, calon ibu akan disarankan untuk menghentikan kehamilannya - terminasi atau pengguguran kandungan, dengan alasan medis.
Pertimbangan lainnya dari dokter untuk segera mengeluarkan bayi anencephaly tanpa menunggu usianya lebih besar, adalah:
  • Agar proses pengeluaran bayi lebih mudah, karena bila bayi sudah besar, tidak adanya tempurung kepala bayi untuk membuka jalan lahir, atau karena posisi yang misalnya sungsang, berisiko membuat bayi tersangkut di jalan lahir.
  • Akan ada risiko tambahan bagi ibu pada proses persalinan bayi anencephaly, yaitu terjadinya robekan-robekan pada jalan lahir karena tulang rahang bayi yang tajam. Tidak jarang proses persalinan bayi anencephaly bersifat traumatik bagi ibu.
  • Sekitar 25% wanita yang mengandung bayi anencephaly, terancam mengalami polyhydramnios atau kelebihan air ketuban yang menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi sang ibu.



Walau demikian, cukup banyak orangtua dalam kasus anencephaly di Indonesia, tetap memilih untuk memertahankan kehamilan sampai cukup bulankarena ingin anaknya tetap mendapatkan kasih sayang, apapun yang terjadi.
Persalinan bayi anencephaly umumnya dilakukan per vaginam. Tindakan operasi hanya berlaku bila ada indikasi gawat pada ibu. Berhubung bayi tidak memiliki tempurung kepala, maka leher rahim diupayakan untuk bisa membuka dengan tekanan air ketuban.


Pentingnya Asam Folat!


Salah satu penyebab anencephaly yang paling mungkin diatasi adalah defisiensi asam folat. Untuk itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat, sekitar 30-100 mcg per hari, bahkan sejak sebelum merencanakan kehamilan.
Penyebab lain anencephaly adalah adanya suhu lingkungan yang tinggi atau hyperthermia. Suhu tinggi diduga bisa memengaruhi proses peleburan sperma dan sel telur, dan mengganggu proses pembelahan sel. Untuk itu, ibuhamil dianjurkan untuk memperkecil risiko terpapar lingkungan bertemperatur tinggi, misalnya, dengan mengurangi frekuensi berjemur atau berendam air panas.
Penyakit diabetes yang diderita ibu, juga dikaitkan dengan risiko mengandung bayi anencephaly. Itu sebabnya, untuk memperkecil risiko terjadinya bayi anencephaly pada pengidap diabetes, calon ibu dianjurkan untuk mengontrol dulu penyakitnya sebelum berusaha hamil.

sumber: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/G.../001/1533/58/3
 
SAMMY NUGRAHA ABYASA TAHA
  #8  
Old
jennya...
 
Posts: 76
 
yang sabar ya bunda,,sedih bacanya,,bunda begitu tegar menghadapinya..
ga ada yang GA MUNGKIN di dunia ini bun...Mungkin memang byk setelah melahirkan nantinya tidak bertahan lama..tapi jika Allah berkehendak lain.

Maaf bun jika ada kata2 yang tidak mengenakkan..yang sabar ya Bun...Insya Allah, Allah bersama orang2 yang sabar...
 
  #9  
Old
bhonet...
 
Posts: 81
 
Saluut dgn pengorbnan bunda...
 
  #10  
Old
Athaya...
 
Posts: 235
 
Subhanallah... Allahuakbar... sabar ya bundsay...
hanya turut mendoakan saja, aku setuju bund kalo bunda mempertahankan debay nya... seenggaknya dia juga harus merasakan kasih sayang bunda dan ayahnya. Dia punya hak yang sama dengan bayi normal. Tapi bund... selama itu tidak membahayakan bunda sendiri, banyak konsul dengan dokter aja dan sampaikan bahwa bunda akan mempertahankannya. jadi biar dokternya bisa membantu bunda bertahan tanpa memberi pilihan pengguguran kecuali sangat membahayakan bunda...

Mudah2an bunda kuat dan tetap tabah... insyAllah Tuhan tau yang terbaik bagi bunda...
 
  #11  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Replying to: View Post
bunda mau share mungkin ada yg pengalaman sama dengan saya, saya hamil 20w bunda hamil pertama dan kata dokter anak saya harus dikeluarkan, karna dia kena anencephaly (tidak ada tempurung kepala dan pertumbuhan otak tidak sempurna) dan kalau lahir dia bisa bertahan hidup paling lama 48jam saya sudah ke 3 dokter specialis dan 1 prof dan beberapa menyarankan untuk dikeluarkan karna katanya percuma nantinya dia tetap akan meninggal,tp saya dan suami kekeh tidak mau saya mau mengurus bayi dalam perut saya selayaknya bayi2 normal, tuhan yang menciptakan biar tuhan juga yang berkehendak, kita ga boleh mendahului tuhan.. saya mau tanya bagi ada yg pernah mengalami kasus seperti saya siapa tau berkenan buat bagi2 pengalaman dan proses persalinannya.. thx
Bunda yang sabar ya...Bayi yg ada di kandungan bunda saat ini pasti sangat bangga punya ibu seperti bunda...
Aku pernah baca kisah perjuangan seorang ibu yg mangalami hal yang sama dengan bunda.Search aja dgn keyword "ancillo dominic" dia pasienya dr tjien Ronny...*Big Hug bunda...*
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #12  
Old
nora a...
 
Posts: 77
 
yang Sabar yah bun,...
Saluuuut sama keputusan bunda dan suami,Dede bayi pasti merasa sangat senang sekali karna kedua orang tua nya,membiarkan ia bertahan sampai ajalnya..Semoga dede bayi kelak membawa kedua orang tua nya ke Surga NYA Allah,,,aamiiin
Maaf gk bisa bantu bunda
 
  #13  
Old
Ryanti...
 
Location: jakarta dan di hati suamiku
Posts: 1,044
 
hemmmm sedih bgt, bunda semangat aych salut sm bunda yg tetep bertahan demi si buah hati,,, bunda harus semangat semoga Allah beri mukjizat sm bunda yach. semoga bunda dikuatkan
 
"berkembang dan tumbuhlah dengan sempurna di rahim ibu ya nak,, Allah selalu menjagamu sayang"
  #14  
Old
Nafiss...
 
Posts: 4
 
Putraku jg di vonis dokter ANENCHEPALI bund, lahir akhir bulan april 2013 lalu. tapi alhamdulillah sampai sekarang ia sehat, tumbuh, dan aktif seperti bayi2 normal lainnya.
skrg sudh hampir usia 2 bulan. meskipun begitu, kesedihan masih terasa bund...melihat keadaan si kecil yang seperti itu, apalagi waktu hamilnya, q USG sampai 4 kali tidak terdeteksi....

sabar ya bunda...pasrahkan sama TUHAN.
 
  #15  
Old
dovede...   TS 
 
Posts: 21
 
Bunda ak balesnya skaligus aja yah hehe.. makasih ya bunda2 semua uda mensupport, waktu itu ak uda usg yg biasa sama 4D, dktr yg ak prg dr.azen salim , dr.tjien ronny n dr.maria .. mereka bilang ga ngerugiin apa2 k ak ny ga membahayakan, rasanya terpukul dan sedih bgt bun pas tau, cm dipikir2 kalo ak sedih terus kasian dede nya nnt ngerasa ditolak padahal dia kan butuh kasih sayang.. lagian dedenya lucu bunda kalo ak cuekin dia nendang2 terus tapi kalo d ajak ngomong trus d elus2 dianya anteng hihi.. kadang ak diemin aja kalo dia nendang soalny seneng n terharu kalo dia nendang2.. maaf ya bunda2 ak cerewet maklum masih kecil hahahaha..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perlengkapan bayi dan baju bayi murah-promo gratis ongkos kirim -- Area Promosi 0
baju bayi|selimut bayi|tas bayi|perlengkapan bayi aneka harga -- Area Promosi 1
Pucebebe.com - Baby Girls SALE, baju bayi cantik utk bayi cewe -- Area Promosi 1
HOT SALE! Kasur Bayi, Bantal Guling Bayi, Matrass Bayi, Perlak Bayi -- Area Promosi 0
WTS perlengkapan bayi : baju & aksesoris, botol bayi, teether, dll ^^ -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com