Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Mama U...   TS 
 
Location: Bekasi Timur
Posts: 442
Smile Pengalaman pertama ikut hypnobirthing

Hai bunda-bunda semua, sesuai thread saya sebelumnya, akhirnya tanggal 25 Desember kemarin saja ikut juga kelas hypnobirthing untuk yang pertama kalinya.

saya ikut kelas hypnobirthing ini di klinik bidan patmah-tambun dengan instrukturnya bidan Yuli (@Yulimekanik). kelasnya dimulai dari jam 9-11 siang. khusus kelas hari itu ada 5 pasang suami-istri yang ikut. jadi ini kelas untuk couple disebutnya.

sebelum mulai kelas hypnobirthing nya, bumil" ditensi dulu & didengerin detak jantung dedenya gtu bund, awal mau masuk kelas aku diperiksa sama tante Devi asistennya bidan Yuli, setelah selesai kelas, dedenya kenalan sama tante bidan Yuli-nya, di tensi lagi & dengerin detak jantungnya lagi. seneng deh, bidannya friendly sekali. pas mau cek dede, ngucapin salam dulu "Assalamuallaikum dede, kenalin nih sama tante" eeh, lagi di cek si dede malah nendang" jadi tante bidannya ketawa, eeh gak bisa diem nih nendang", Alhamdulillah kata tante bidan nya air ketuban banyak & dede sehat.

di kelas hypnobirthing, ini beberapa ilmu yang saya tangkap :
1. Bagaimana menghadapi proses persalinan nanti dengan tenang. entah nanti normal / berujung caesar, dengan mempelajari hypnobirthing kalau normal maka Ibu bisa lebih tenang menghadapi persalinan & meminimalkan trauma selama persalinan dan setelahnya. dan jika dengan SC maka proses penyembuhannya lebih cepat.
2. Peranan Ayah selama hamil & proses kelahiran nanti ternyata sangat juga sangat penting. di kelas hypnobirthing ini para Ayah juga diajari bagaimana men-treatment Ibu kalau lagi mengalami namanya pegal kaki, sakit punggung, dan juga cara memberikan sugesti" positif u/ istrinya.
3. memasukkan sugesti baik & positif selama kehamilan. yang bermanfaat untuk ketenangan, kebahagiaan, dan kesehatan Ibu & Bayinya.
4. diajarkan juga posisi" menjelang kelahiran yg berguna untuk mempercepat turun nya dede ke jalan lahir, baik yang bisa dilakukan sendiri / dengan bantuan alat (gymnastic ball, kursi, dll) atau dengan bantuan suami
5. mulai mempersiapkan birth planning, ini penting juga lho bu ibu. masa buat persiapan nikah planningnya jor joran. untuk mempersiapkan kedatangan kehidupan yang baru malah gak punya planning sama sekali


saya dapat fotocopy modul dari kelas hypnobirthing hari itu. Insyaallah nanti saya share, sebetulnya tante bidan juga memberikan soft copy buat music selama hypnobirthing di rumah (kita bisa lho bund, hypnobirthing dirumah) asal sudah tahu ilmunya tapi sayang waktu mau minta soft copynya eeh laptop tante bidannya ngehang jd nnti minta lewat email saja ah.


itulah pengalaman saya mengikuti kelas hypnobirthing untuk pertama kalinya, maaf kalau ada yang kurang jelas / ada yang mau menambahkan boleh bund Insyaallah nanti lanjut dengan kelas prenatal yoga dan yang lainnya. semoga bisa melahirkan normal, kalaupun terpaksa SC syg penting Ibu & Bayi semua sehat & selamat Aamiin...
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
salam kenal bun,share pengalaman kuret dong pengalaman pertama nih -- Diskusi Umum 6
Buat bunda yang ingin ikut kelas hypnobirthing di Bandung, bareng yuuuks.. -- Diskusi Umum 23
Ada yg pernah tau atau ikut metode Hypnobirthing ? (gentlebirth) -- Diskusi Umum 7
bingung mempraktekkan Hypnobirthing ,,share yang pengalaman yaa bun -- Diskusi Umum 2
Yg udh pengalaman hypnobirthing, share doong... -- Diskusi Umum 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com