Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Nia he...   TS 
 
Posts: 26
Default Yg udh pengalaman hypnobirthing, share doong...

Halo, bunda2
Salam kenal yaa, ak nia dari desa kecil di kab.Purwakarta,jabar. Slma ini ak sering bgt baca2 soal kehamilan terutama ttg pengalaman hamil di forum ini. Krn kbetulan aku baru ngalamin hamil. Tahun lalu keguguran anak pertama di UK 4 bln & alhamdulillah tahun ini dikasi lg sm Allah dan walopun sempet ngflek di UK 3 bln,dan hrs bedrest, tp alhamdulillah kehamilanku terus berjalan lancarrr smpe skrg UK 8 bulan/33 W.
Situasinya saat ini suamiku berlayar jauh di LN & baru taun dpn plng
Sdngkan ortu&mertua smua udh meninggal. Kk pun jauuuh diluar kota. Aku drmh sndrn. Alhasil, menjelang persalinanku HPL 15 maret 2015, suasana hati mulai risau niih, bun...
Gak ada pengalaman melahirkan, ga ada tempat utk bertanya2 / curhat ttg kehamilan/persalinan. Dan ak pun hrs siap dg segala kondisinya jika tiba saatnya melahirkan dan ak hrs sndr jg mengatasinya. Stlh browsing sana sini, ak akhirnya tau ttg hypnobirthing. Nah, adakah diantara bunda2 yg prnh belajar ttg ini dan punya bukunya/CD/artikelnya? Atau pngalaman melahirkan dg metode ini?
Klo boleehh, sharing dong buunn...hehe..maklum di gunung nih,ga bs ke gramedia. Atau..paling tdk ya diceritain dong bun, biar aku bnr2 siap dan relax saat harus menjalani persalinan nanti seorg diri.
Mohon doanya dr bunda2 smua yaa,smga lahiran ini lancarrr..
Boleh jg dong sharing pengalaman melahirkan yg tidak menakutkan hihiii..
Makasiiiih yaa...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Bunda, setau sy hypnobirthing itu harus tetap ada pendampingnya (doula), jd selama prosesnya ada yg memantau dan memastikan bahwa semua berjalan sesuai prosedur dan aman. Hypnobirthing bisa dilakukan jika kehamilan sehat dan memang tidak ada indikasi tindakan medis dr dokter.
 
  #3  
Old
Rhieaa...
 
Posts: 449
 
bun,,hypnobirthing tuh kykx gag da kset/bkux deh..
soalx hypnobirthinh tuh bda dengan SENAM hamil yg ada cdx n bsa di lakukan sendiri drmah.
hypnobirthing tuh qta di rilexsasi n ada yg memandu.
kyk sejenis hipnotis gitu,,qta dsruh ngikutin alunan lagu n instruktur dri pemandu.
pkokx di bkin rilex gitu,,soalx aku dlu hmil ikut hypnobirthing.
 
  #4  
Old
mamili...
 
Location: palu
Posts: 208
 
bunda klo bisa jangan sendirian gitu drumah menjelang melahirkan.
kan kita gak tau nanti klo ada apa2.
saran sy sih coba konsul ke kakak bunda, klopun jauh tpi binda masih bisa kerumahnya kakak, bunda kesana aja deh kayaknyaa.
atau klo disana ada rumah bersalin yang dekat, bisa bunda konsultasi dengan rumah bersalin tsb dengan keadaan bunda yg bgtu apa bisa di bantu, entah klo dah mau melahirkan bisa dijemput atau gmna gitu bun.
 
  #5  
Old
Nia he...   TS 
 
Posts: 26
 
@bun mamiliaa: iyaa bun, ni sdng dlm pertimbangan jg wat krmh kk, tp duuh males jauhnya itu lhoo,ga betahhh..
@bun rhieaa & rikha; owhh gitu yaaa... Setauku ada tuh bun buku & CD nya, jd kupikir bisa dpraktekin drmh sndrn. But thanks anyway
 
  #6  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Iya memang buku tntg gentle birth ada banyak bun, tp untuk praktek pada saat due date nya harus tetap ada pendamping. Sy dulu jg begitu bun, belajar mandiri dg membaca bukunya dan melakukan relaksasi dg sarana CD yg disertakan dlm paket buku tsb, tp tetap berkonsultasi dg yg berkompeten di bidangnya.
 
  #7  
Old
iayudi...
 
Posts: 24
 
Aku ikutan bunda, dan alhamdulillah aku rasakan manfaatnya dari teknik Hypnobirthing ini.. Selama hamil aku jadi lebih bahagia, tenang, walaupun banyak hal-hal yang kurang nyaman saat hamil tapi aku tetep bisa berpfikir positif. Begitu juga saat proses persalinan bun. Aku bener2 ngerasa tenang dan ga takut, ikhlas pasrah, percaya kepada Allah..
Sebelah aku bun teriak2 nahan rasa sakitnya kontraksi, tapi aku bisa tetap tenang bun, sehingga proses pembukaan jadi lebih cepat. Kalau mau info lebih lanjut bunda bisa hubungi aku di BBM 53D1DAF5 atau Line iayudithia..
 
  #8  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
saya ga ikut kelasnya, tp beli bukunya yg gratis CD panduannya juga; "Keajaiban Hypno-Birthing" oleh ibu Lanny Kuswandi

Intinya itu Hypno-Birthing adalah teknik mensugesti diri (hypno = hipnosis/hipnotis) untuk menjalani kehamilan dan persiapan persalinan yang lebih baik dan bahkan bisa menekan ketakutan dan rasa sakit.

Yg diajari dlm Hypnobirthing adalah teknik2 relaksasi (relaksasi otot, pernapasan dan pikiran)

- relaksasi otot untuk membantu mengurangi ketegangan otot2 yg terlibat pada saat melahirkan normal nanti, sehingga persalinan lebih cepat dan berkurang rasa sakit (krn biasanya klo kita tegang, otot2 panggul dan yg terlibat akan menjadi tegang dan membuat proses persalinan menjadi lebih lama dan sulit)

- relaksasi pernapasan baik utk membantu meredakan ketegangan. dengan tau cara mengatur pernapasan yg baik selama menunggu persalinan yg panjang, bunda jadi tidak cepat kelelahan.
proses persalinan kan bisa bervariasi tiap org antara +/- 8-12 jam utk kehamilan awal. klo bunda tidak pintar atur napas (ngos2an ajah terus), pada saat dibutuhkan napas panjang utk mengejan, bunda udah kelelahan, malah bahaya utk bayi nya.

salah satu teknik relaksasi pernapasan yg bisa bunda coba adalah:
tarik napas dengan hidung hitung sampe 20 dlm hati (klo msh awal2, boro2 20, 10 ajah susah, tp dilatih terus biar semakin meningkat kemampuannya), perut bunda akan mengembang terisi udara. kemudian dihembuskan perlahan2 melalui hidung, itung juga sampe 20.


- relaksasi pikiran, ini yg disebut sugesti, memberikan dan menanamkan niatan2 positif ke dalam pikiran bunda.
bunda seperti meditasi/berdoa, bunda niatkan keinginan bunda selama kehamilan sampe nanti persalinan. boleh diiringi dengan backsound musik classic / musik yg lembut selama melakukan relaksasi pikiran.

contoh sugestinya spt:
- kehamilan ini adalah anugerah terindah dalam hidupku
- aku merasakan kegembiraan selama kehamilan ini
- bayiku tumbuh sehat dan bahagia
- pikiranku rileks dan tubuhku pun rileks
- aku percaya dan yakin dengan kekuatan tubuhku
- persalinan adalah hal luar biasa, tetapi alami dan wajar
- persalinanku berlangsung dengan mudah dan alami
- dll


ya spt itu sih intinya.
memang ada baiknya dengan pendampingan, tp suami juga bisa dijadiin pendamping. yg saya baca dan dengar dr pengalaman teman sih, kadang yaitu pas udah mulai aktif kontraksinya, sering lupa atur napas dan jadinya ngos2an bikin tambah kelelahan. disini peran pendamping/suami dibutuhkan, utk diingatkan lagi / dipandu cara bernapas yg baik, jadi tenaga ibu tidak terbuang percuma di awal2 pembukaan.


semoga bermanfaat ya bunda.
 
  #9  
Old
Nesimr...
 
Posts: 448
 
Replying to: View Post
Bunda, setau sy hypnobirthing itu harus tetap ada pendampingnya (doula), jd selama prosesnya ada yg memantau dan memastikan bahwa semua berjalan sesuai prosedur dan aman. Hypnobirthing bisa dilakukan jika kehamilan sehat dan memang tidak ada indikasi tindakan medis dr dokter.
Bunda..sorry koreksi dikit..
Yg dimaksud ts itu hypnobirthing yg di hypnotis itu loh..supaya berani dan relaks saat menghadapi persalinan nanti..bukan gentle birth atau waterbirth bun..CMIIW
 
My little Atria,mommy loved u!!!
  #10  
Old
whitel...
 
Posts: 1
 
Halo..ikutan nimbrung...karena saya ingin mengoreksi sebelum pemahamannya terlanjut salah kaprah...

Kebetulan saya seorang certified doula, certified hypnobirthing practitioner, dan prenatal yoga teacher sekaligus Penggiat gentle birth juga.

kita bahas sedikit satu satu.

hypnobirthing merupakan METODE yg digunakan dengan mereprograming alam bawah sadar bagi ibu hamil yg ingin memoersiapkan persalinan dan melahirkan dengan nyaman. Hypnobirthing beda dgn hypnotis spt yg anda liat di TV. Prosesnya lembut dan diawali dgn relaksasi. Untuk jelasnya anda bisa baca di buku2 hypnobirthing yg banyak dijuak di gramedia..

Untuk doula...doula itu adalah pendamping persalinan bun. Siapa saja bs jadi doula. Namun ada doula yg memang sudah tersertifikasi dan memahaki betul tehnik dan cara mendampingi ibu yg hendak melahirkan sehingga si ibu merasa nyaman scara fisik maupun psikis. Doula bisa berasal dari kalangan mana saja termasuk praktisi hypnobirthing, konselor laktasi, bidan ataupun siapa saja yg punya passion disana. Tugas doula hanya mendampingi saja. Tdk memberikan saran medis apalagi melakukan tindakan medis.

Waterbirth. Adalah METODE persalinan normal yg dilakukan dengan air sebagai media transisi bayi yg lahir. Waterbirth masih kontroversial dan jikalau anda memilih metode ini hendaknya dengan seorang yg ahli.

Waterbirth BEDA dgn gentle birth.

Sedangkan gentle birth bukanlah metode. Gentle birth adalah sebuah filosofi dan pemahaman bahwa persalinan bisa dilakukan dengan lembut dimana kita sebagai manusia mampu mendayagunakan tubuhnya, percaya terhadap kemampuan tubuhnya untuk bisa bersalin dgn nyaman, menyadri insting badan dan memandang nyeri persalinan bukanlah sesuatu yg harus ditakuti dan menyadari bahwa proses persalinan yg berlangsung aman, nyaman dan ibu siap lahir batin bukan hanya siap body nya saja namun mind dan spiritnya maka persalinan akan minim trauma baik ibu maupun bayinya....jika tertarik lebih lanjut silahkan bergabung di grup FB Komunitas Gentle Birth Untuk Semua.

Untuk mencapai persalinan yg gentle semua metode bs dilakukan baik normal bahkan SC sekalipun bisa gentle birth....

Dan hypnobirthing bisa dipakai sebagai salah satu metode saja untuk mewujudkan persalinan yg aman nyaman dan minim trauma.

dan tidak disarankan untuk melahirkan tanpa pendamping tenaga kesehatan.

Semoga tidak ada salah anggapan lagi ya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
yg tau + pernah minum blesifen / profertil,share doong... -- Diskusi Umum 6
bundaaa..share infonya doong.. -- Ngobrol Apa Saja 9
Newbiy..mau share doong -- Kenalan Yuk! 9
bingung mempraktekkan Hypnobirthing ,,share yang pengalaman yaa bun -- Diskusi Umum 2
bunda-bunda yang punya pengalaman Endometriosis, share doong.. -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com