Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
KellyK...   TS 
 
Posts: 33
Default 5 Fakta baru mengenai bayi baru lahir

Bagi Moms yang baru jadi ibu pemula alias baru melahirkan anak pertama, mungkin masih banyak yang belum diketahui dan masih kewalahan mengurus bayi. Informasi-informasi mengenai bayi memang banyak sekali yang kadang bisa membuat bingung bagi wanita yang belum berpengalaman. Agar Moms tidak bingung harus berbuat apa, kali ini akan diberikan beberapa fakta mengenai bayi yang baru lahir.
Bayangan seperti apa yang ada di benak Moms ketika bayi baru lahir keluar dari rahim?

1. Bayi yang baru keluar dari kandungan rupanya memang tidak secantik bayi-bayi yang ada di foto. Bayi yang baru lahir bentuk kepalanya akan sedikit lucu karena tengkorak bayi yang masih lunak dan harus melewati saluran rahim yang sempit. Selain itu kulitnya merah dan dipenuhi dengan bulu halus yang disebut dengan lanugo. Wajahnya juga bengkak dan matanya sering membuka dan menutup. Jangan panik karena ini adalah hal yang wajar, nanti rupa bayi akan cantik seperti bayi lainnya setelah beberapa waktu.

2. Bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Bayi bisa tidur selama 18-22 jam sehari yang kebanyakan dihabiskan pada pagi dan siang hari. Hal inilah yang menyebabkan bayi terjaga di malam hari dan meminta perhatian orang tuanya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengatur waktu tidurnya dengan mengurangi jam tidur siangnya sehingga pada malam harinya ia akan lelah dan tidur lebih lama.

3. Meskipun memiliki lambung yang kecil, namun bayi makannya termasuk banyak. Sekali makan ia bisa minum ASI sebanyak 100 ml yang diulangi setiap 2-3 jam sekali. Bayi yang sudah kenyang tandanya ia akan berhenti menyedot ASI, atau memalingkan wajahnya dari payudara Anda. Tetapi untuk mencegah obesitas, sebaiknya Moms juga mengontrol jumlah makanannya.

4. Merawat bayi memang membutuhkan kesabaran karena bayi yang baru lahir cenderung sangat rewel dan selalu minta diperhatikan. Bayi yang baru lahir juga belum bisa tersenyum kepada Moms sampai usianya melewati 6 minggu. Tidak tersenyum bukan berarti ia tidak suka kepada Anda, jadi sabarlah menunggu sambil terus memberinya kasih sayang sehingga senyum yang ia berikan bisa menjadi harta karun bagi Moms.

5. Bayi identik dengan kulitnya yang lembut dan halus, tetapi bayi yang baru berumur beberapa hari kulitnya bisa mengering karena belum terbiasa terkena udara bebas setelah 9 bulan di dalam kandungan. Untuk menjaga agar kulit tetap lembab, Moms bisa mengoleskan lotion tanpa pewangi ke kulitnya setiap habis mandi.

Menjadi ibu baru memang melelahkan, tetapi bayi yang tumbuh dan berkembang dengan baik dan mencintai Moms adalah penghargaan yang tak ternilai harganya.

Share yuk moms! pengalaman kalian =D
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Thya S...
 
Location: Pondok Indah, Jakarta Selatan
Posts: 887
 
duuuuh jadi ga sabar bun hihihi anyway makasi ya bun infonya
 
  #3  
Old
nia no...
 
Posts: 1
 
jadi gak sabar bun...
 
  #4  
Old
MamahZ...
 
Posts: 576
 
Setelah baca info dri bunda, dan mengingat pengalaman setahub yg lalu memang sama bun, hihi duh jd serasa flash back bayangin nak zahra waktu bru lahir
 
  #5  
Old
Happyl...
 
Posts: 38
 
^^ Nice Info Bun, thank u
 
  #6  
Old
KellyK...   TS 
 
Posts: 33
 
Halo bunda2,

iya nih aku dapet sharean dari temenku kupikir bagus utk dibagikan ke bunda2 sekalian, Semoga bermanfaat ya =)
 
  #7  
Old
mamary...
 
Posts: 5
 
nice info Bun.. thankyou ya..

dapat info menarik ini darimana Bun? Ada websitenya kah atau pengalaman pribadi Bun?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Perilaku Bayi Baru Lahir -- Ngobrol Apa Saja 40
Dot untuk bayi baru lahir -- Diskusi Umum 6
perlengkapan bayi baru lahir, baju bayi merk libby, miyo, nova -- Area Promosi 0
bayi baru lahir -- Diskusi Umum 2
pengen adopsi bayi yg baru mau lahir atau baru lahir -- Kenalan Yuk! 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com