Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
nakhla...   TS 
 
Posts: 19
Default balada tinggal drumah mertua, di kerjain adik ipar

Hallo bunda. Salam kenal. Saya sdh
-/+setahun menjadi silent reader..
Saya mau curhat bund, agak bingung juga mau cerita ksiapa, kalo cerita k kerabat takutnya gabisa jaga rahasia.
Saya ibu dr 1 putra berumur 5bln. Sdh 2 bln ini saya tgal drumah mertua, sebelumnya kami ngontrak, dgan penghasilan saya svlm nya menjadi guru kindergarten d jakarta. Dengan gaji yg lumayan dan tabungan, kami bisa kontrak rumah sndiri, suami saya pengangguran bund, semenjak menikah dengan saya. Karena bapa ny datang ke kantor suami saya dan minta suami saya d berhentikan,dengan berbagai alasan,dulu orgtua suami saya tdk setuju dgan pernikahan kami.karena kami berbeda suku. Setelah anak saya lahir mereka mulai merangkul kami, dan apapun perbuatan jahat mertua saya kepada saya selama setahun kebelakang sudah saya coba maafkan. Skrg mereka baik, tapi mereka seperti berusaha ambil asuh anak saya, saya dsuruh kerja lagi secepatnya. Skrg saya sudah resign dr setelah punya anak saya memutuskan untuk full asuh anak. selama drumah mertua semua keperluan anak saya d penuhi, cuma ya saya tidak betah tinggal dsini karena mertua saya punya 6 anak. Suami saya anak yg pertama, suami saya punya 1 adik laki2 dan 4 orang adik perempuan, tapi drumah ini berantakan nya minta ampun bun, cucian sehari aja sampe 3 ember setiap harinya. Adik perempuan nya yg SMA sama yg SMP aja masih ngompol bund. Dan setial hari saya yg cuci semua cucian mereka, semua orang yg ada drumah ini. Belum lagi ru mah yg berantakan bund setiap pagi nya dapur selalu seperti kapal pecah. Bener2 berantakan bund. Slama dsini saya yg cuci pakaian dan membereskan rumah,ngurus anak juga. Saya bingung bund, semua ini hatus saya kerjain atau saya biarinin aj, adik2 ipar saya pun ga ada kesadaran ny sama sekali, pernah sekali saya tegur untuk nyuci bekas ompol ny sendiri, dya malah cemberutin saya. Ihhh kesel nya minta ampun rasanya hati ini bund, akhirnya kadang kalo cape nya udh d ubun2 saya suka nangis sendiri sambil liatin kerjaan yg ga ada abisnya, saya ngerasa kaya pembantu dsini bind, akhirnya saya suka marah2 sama suami. Serba salah bund. Menurut bundasaya mesti gmana, sebelu. Suami dpet kerja kami blm bsa pindah, suami udh ngelamar kmana2 tapi blm ada panggilan bund. Maaf bund kalo cerita ny brantakan, saya gapinter nulis. Hhheee....mudah2an bisa d mengerti.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Aduh, kok gitu ya.. Memang sih keluarga suami adalah keluarga bunda jg, tp bukan tugas bunda untuk mencucikan baju2 adik2 ipar. Trus suami kerjaannya ngapain di rumah? Kalo sy jd bunda, sy akan bekerja kembali, ngontrak lg, n tinggal ber-3 dg suami n anak. Serepot2nya hidup mandiri, sepertinya lebih repot mengurus rumah mertua beserta penghuninya yg segudang n tidak mau mandiri.
 
  #3  
Old
athanu...
 
Location: Semarang
Posts: 157
 
tragis..
mmm kl saya jd bunda cari kerjaan lain lagi lah,,setelah suami dan bunda kerja,,baru ngontrak rumah lagi..masalah siapa yg nanti mengasuh anak,kan bunda bs cari baby sitter..
yaaa kalo adik2 ipar mau bantu sih gapapa tetap bertahan dirumah,,lah kalo seperti itu ceritanya...??bunda bukan robot..untuk sementara ini sabar dl ya bun sampai bunda n suami cepat dpt pekerjaan dan rumah kontrakan
 
  #4  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Kenapa ga disampaikan semua unek2 bunda sama suami? Ga ada salahnya.. Biar suami tau, apa yang bunda rasakan, asal bunda bicara dg halus, jgn marah2 ama suami. mertua bunda masa ga ada bicara sm sekali buat negur anak2nya? Lg pula mertuanya kok lucu, anaknya dah krja bgs2, malah dsuruh berhenti dan skrg mlh jadi pengangguran.
 
  #5  
Old
nakhla...   TS 
 
Posts: 19
 
Bunda rikha : suami bantu saya jaga anak drumah klo saya lagi beresin rumah. Saya juga mau nya kmbali bekerja bund. Tapi kalo anak saya mesti d asuh sama mertua,saya lebih baik ga bekerja, krena mertua saya pola asuh ny ga sepaham sama saya bund, anak saya wktu 4 bln mulutnya d lumurin coklat, katanya biar sehat untuk jantung, trus pernah juga anak saya pas nenen ada mangga d mulutny, rupa ny dkasih serpihan mangga sama adik ipar saya yg Klas 2 SMP.

Bunda devina: sudah saya sampaikan bund sama suami, bahkan suami suka larang saya kerjain semuanya, tapi klo ga d kerjain makin numpuk bund, ujung2 nya saya jugayg kerjain. Pernah adik ipar saya d marahin suami ttg masalah ini, tapi ya gtu ga nempel sama sekali, ga dgubris. Saya pun pernah bilang masalah ini pelan2 sama mertua perempuan saya, jawaban nya "biarin aj tugas mereka kan belajar"


Bunda atha: untuk skrg ya paling sabar dlu bund, nunggu suami yg kerja aja, biar saya ngurus drumah, cuma saya ga abis pikir ny ko bisa yah perempuan sudah sekolah menengah atas, tapi ga ada inisiatif untuk bantu orgtua, celana dalem ny aja saya yg cuci, maaf bhkan cd mertua laki pun saya yg cuci
 
  #6  
Old
mamiba...
 
Posts: 49
 
Hah SMP & SMA masih ngompol??
Ya ampun..

Balik kerja bund, anak bisa dititip di day care. Suami cari kerja seadanya dulu yg pntg ada pemasukan. Mgkn pertama bakal berat tapi bisa bund..
Jangan mau jd pembantu kyk gtu, aplg adek ipar bunda resek Dan malas. Plus mertua g mendukung..
 
  #7  
Old
LiiLy...
 
Posts: 647
 
Kl aku jd bunsay, aku ga mau kerjain itu smua, mereka udh gede harus di ajarkan mandiri n tanggung jwb, kl nunpuk n ga ada baju ganti ntar kan mrk yg ribet sdr. Tugas bunsay ngurus anak ga perlu ribet ngurus yg udh ABG mana ngompol kyk gitu, mau di cemberut in mau di diemin Cuekin aja. Kl bunsay lemah mlh makin di tindas.. Harus tegas, Bilang sm mertua kl bunsay itu menantu bukan ART. Jd jng mau diperlakukan kyk ART.
 
  #8  
Old
soezzi...
 
Posts: 363
 
Bunda bagaimana kalau bunda kembali bekerja dan tinggal di rumah orang tua bunda?
Baiknya suami bunda sebagai kepala keluarga yang mengingatkan adik-adik ipar dan orang tuanya untuk tidak memperlakukan bunda seperti pembantu.
Kalau sekarang aja adik ipar masih belum mandiri, bagaimana kalo mereka sudah menikah..
Bunda yang sabar ya...
 
cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
*Pin BB: 7C16D611*
  #9  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
Beuh belagu amat tuh ipar, klo itu ipar sya sdh sy maki2 deh.Syukur slm ini walopun sy benci sm ipar mrk takut sm sy. Tertekan klo sy sdh marah2, pdhl sy lg marahin adik sy, tp mrk jd takut, ipar pnya utang sih sm sy jd gitu deh, tp sy bukan ipar yg nyeremin banget yah, tp lmyan lah para ipar menghormati saya..Yang sy benci jg cuman si kaka monster eh kaka ipar
 
  #10  
Old
lela d...
 
Posts: 849
 
Bunda..coba dhe bunda biariiin saja cucianx numpuk..
yg bunda cuci cuma pux suami+anak+pamer mamer..
tp dalam.anx jgn d cuciin bun..pamali kta org dlu..
trs pakai.an adik ipar bunda biarin ajja..coba dhe reaksi mreka gmna.??klo dy marah" sama bunda..ya bilank ajja..klo bunda bukan pesuruh mereka..toh slama ini udh bunda cuciin..
biar gk ngandalin bunda mllu mreka..
bagi tugas donk..tugas dy hac nyuci bajux sendiriii ajja...urusan lainx biar bunda yg krjain gpp lah untk smentara waktu..
jdi ikutan greget..
 
Ketulusan mu..Kasih sayang mu..Perhatian mu..Tatapan mata mu..Genggaman tangan mu..Belaian lembut mu..dan Tutur kata mu..
•°Itu semua yang membuat ku tetap Kuat Ayah°•
  #11  
Old
nakhla...   TS 
 
Posts: 19
 
Mamybam@ suami ga ngizinin bund kalo d titipin k daycare, mertua juga agak rese.. ngomongnya suka drama gitcuuu.. kayanya malah akan nambah masalah.

Bunda lily@ aku juga udh pernah bilang sama suamiku, adik2 kamu ajarin lah.. mreka udh besar, udah ngerti pacar2an masa masih ngompol,apa gamalu sama kasur yg bulukan. Kerjaan rumah juga kerjain, ya minimal cuci baju sendiri lah.. suami udh sering ingetin adiknya juga. Tapi ya gitu, bebal.. abg x yah, tapi perasaan saya waktu abg ga bgtu2 bgt. Itu mah kebangetan . Berasa kaya ratu aja.

Bunda soezi@ suami saya udh berbusa bun teriakin mereka mulu, ampe bosen kaya nya neriakin mereka, tapi bebel nya kelewatan. Mungkin efek salah asuh atau bawaan saya ga ngerti. Tapi semuanya bgtu. Pernah sekali nyuci, tapi setelah itu ga d bilas, d biarinin smpe 2hr ga ada yg nerusin, akhirnya saya juga yg nerusin. Sedihh kann.... adik2 ipar saya bilang saya cereweret. Pdahal ya bener apa kata bunda, biar untuk mreka juga kalo sdh berkeluarga nanti, ya sukur2 klo mreka punya uang untuk sewa pmbantu sih gmasalah.

Bunda zano@ mertua perempuan saya pernah cerita sambil nangis,krena anak2 nya yg perempuan dmarahin tante nya , krena pas tante ny suami main, rumah berantakan. Anak2 ny dmarahin,d ajarin gtu biar bantu2 drumah. Tapi mertua cwe sensitif, malah nangis. Saya pikir klo saya maki2 ade ipar, mertua saya bisa ngomongin saya kmana2.. hahahaa. Makanya saya diem aja dehhhh.... biar mereka sadar sndiri.. tapi kalo lg kesel kdang saya marahnya jadinya aama suami. Kadang klo anak lg rewel, jadi kena marah juga, sambil nangis cape rasanya, kadar stressnya luar biasa dsini.

Bunda lela@ peenah bund saya diemin, malah waktu itu sempet baju dinas mertua laki2 ga d cuci, pdhal hari itu mau dpake, bunda tau ga, beliau marah2 teriak2.. percuma saya punya anak perempuan banyak, punya menantu perempuan juga kalo rumah msih berantakan dan baju saya 1 biji aja ga ada yg nyuciin.pagi2 bund marah2 nya. Dbilangnya saya gabisa ajarin adik2.. aku mah apa atuhhh hanya bisa nangis sambil bershower dan ngadu aama suami, suami belain saya tapi jawaban mertua lebih nyakitin. Makanya saya sama suami milih diem gangelawan, krena omongan mreka bisa ratusan dan gakaruan. Bikin sakit ati doang.... huhuhuuuuu sedih nya
 
  #12  
Old
mamany...
 
Posts: 509
 
aduh aduhh kok gitu amat sii bunn.. gregeten akunya baca cerita bunda..
bunda dket ga rumahnya ama ortu bunda? kalo deket sih mending anak bunda dititipin ke ortu kandung bunda trus bunda kerja lg??
trus bun selama di rumah mertua semua kbutuhan bunda sapa dong??
untuk urusan ipar2 sih aku setuju ama bunda2 lain.. ga usah "dimanja" gt bun.. kl ada baju kotor biariiin aja.. sampe numpuk busuk juga kalo aku ogah deh nyuciin.. biar tanggung jawab bun udah gede juga kok.. kl masi balita ya maklum.. kl smp sma ihh amiit2 deh.. tegasin bun.. secara bunda kan jadi anak tertua di keluarga bunda.. hehe.. masak kalah ama adik2nya??
maap kalo komen ga berkenan
 
  #13  
Old
LiiLy...
 
Posts: 647
 
Replying to: View Post
Mamybam@ suami ga ngizinin bund kalo d titipin k daycare, mertua juga agak rese.. ngomongnya suka drama gitcuuu.. kayanya malah akan nambah masalah.

Bunda lily@ aku juga udh pernah bilang sama suamiku, adik2 kamu ajarin lah.. mreka udh besar, udah ngerti pacar2an masa masih ngompol,apa gamalu sama kasur yg bulukan. Kerjaan rumah juga kerjain, ya minimal cuci baju sendiri lah.. suami udh sering ingetin adiknya juga. Tapi ya gitu, bebal.. abg x yah, tapi perasaan saya waktu abg ga bgtu2 bgt. Itu mah kebangetan . Berasa kaya ratu aja.

Bunda soezi@ suami saya udh berbusa bun teriakin mereka mulu, ampe bosen kaya nya neriakin mereka, tapi bebel nya kelewatan. Mungkin efek salah asuh atau bawaan saya ga ngerti. Tapi semuanya bgtu. Pernah sekali nyuci, tapi setelah itu ga d bilas, d biarinin smpe 2hr ga ada yg nerusin, akhirnya saya juga yg nerusin. Sedihh kann.... adik2 ipar saya bilang saya cereweret. Pdahal ya bener apa kata bunda, biar untuk mreka juga kalo sdh berkeluarga nanti, ya sukur2 klo mreka punya uang untuk sewa pmbantu sih gmasalah.

Bunda zano@ mertua perempuan saya pernah cerita sambil nangis,krena anak2 nya yg perempuan dmarahin tante nya , krena pas tante ny suami main, rumah berantakan. Anak2 ny dmarahin,d ajarin gtu biar bantu2 drumah. Tapi mertua cwe sensitif, malah nangis. Saya pikir klo saya maki2 ade ipar, mertua saya bisa ngomongin saya kmana2.. hahahaa. Makanya saya diem aja dehhhh.... biar mereka sadar sndiri.. tapi kalo lg kesel kdang saya marahnya jadinya aama suami. Kadang klo anak lg rewel, jadi kena marah juga, sambil nangis cape rasanya, kadar stressnya luar biasa dsini.

Bunda lela@ peenah bund saya diemin, malah waktu itu sempet baju dinas mertua laki2 ga d cuci, pdhal hari itu mau dpake, bunda tau ga, beliau marah2 teriak2.. percuma saya punya anak perempuan banyak, punya menantu perempuan juga kalo rumah msih berantakan dan baju saya 1 biji aja ga ada yg nyuciin.pagi2 bund marah2 nya. Dbilangnya saya gabisa ajarin adik2.. aku mah apa atuhhh hanya bisa nangis sambil bershower dan ngadu aama suami, suami belain saya tapi jawaban mertua lebih nyakitin. Makanya saya sama suami milih diem gangelawan, krena omongan mreka bisa ratusan dan gakaruan. Bikin sakit ati doang.... huhuhuuuuu sedih nya
Kok baca jdnya bunsay sm suami lama2 jdterima aja di perlakukan kyk gitu,
Naa Pertanyaannya skrg sampe kpan bunsay mau begitu trus..bunsay kuat dng keadaan bgitu, harus ada perubahan n tindakan, ya bunsay harus kluar Dr rumah itu, bener saran bunsay yg lain, tp ya yg harus cr kerja suami bunsay, bunsay ngurus anak trus cr kontrakan.
 
  #14  
Old
nakhla...   TS 
 
Posts: 19
 
Mama jose: keluarga mama d luar kota bunsay. Lagian kalo aku drumah mama dalam keadaan suami blm dpet kerjaan ya malu kayanya bund. Saya malah geregetan tiap pagi bund liat rumah kaya kapal pecah. Adik ipar paling kecil kan msih klas 2sd, jadi mertua prempuanku,tiap pagi anterin k sekolah. Pulang krumah lagi jam 8 pagi,atau kadanv nunggu d skolah smpe jam pulang. Berantakan dapur bekas sarapan. Sampah cabe bawang ,bungkus mie instan smuanya d meja makan dan tak lupa cucian piringnya. Wahh pokonya meja makan ny indah banget. Belun lagi cucian smpe berember2. Yaiyalah yg tinggal drmah 10kepala. Mantap bingit dahhh... kalo hati lagi seneng,ngerjain ny pin senang walaupun bau ompol.tapi kalo lagi cape banget, sumpah luar biasa rasanya pengen ngacak2 muka suami sambil nangis darah.

Bunda lily@ ya sepertinya untuk sekarang memang jadi kaya terima2 aja. Abis suami belum ada panggilan kerjaan, kalo udh ada panggilan kerjaan, sebulan setelah kerja baru kami cari kontrakan. Saya s berdoa supaya suami dpet kerja dluar kota. Biar jauuuhhhhhh....

---------- Post added at 19:03 ---------- Previous post was at 18:58 ----------

Mama jose: kebutuhan mertua yang ckupin slama 2 bulan ini. Jadi ya positifnya saya mikirnya ya itung2 swlama d biayain lah, tapi yaklo lagi gondok dan ga trima loh ko adik2 nya yg sudah besar ini gapunya otak dan ksadaran untuk bantu2 drumah, pdahal cucian mreka sndiri loh, ompol mreka sndiri. Kerjaan saya. Saya yg kerjain sndiri. Kalo saya liat2 saya pikir memang kluarga ini brantakan bunsay.. rumahny juga jadinya brntakan. Saya juga bukan org yg telaten sih, tapi saya ga seberantakan ini, dan dr smp saya udh cuci baji sndiri. Nyebelin ga sihhh... apa pola asuh apa gmana gt
 
  #15  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Bisa jadi mertua nyuruh suami berhenti kerja supaya dia n anda jd bergantung scr finansial kepada mereka, jd anda berdua tidak punya pilihan selain bertahan di rumah tersebut.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
batasan mertua dan keluarga (ayah mertua, adik ipar perempuan) sampai mana? -- Ngobrol Apa Saja 10
stres tinggal bareng adik ipar perempuan -- Ngobrol Apa Saja 51
Tragisnya tinggal dengan Mertua dan Ipar! -- Ngobrol Apa Saja 51
adik ipar lebih tua -- Kenalan Yuk! 16
Aku menantu baru, Istri Adik Ipar lebih tua, dan Mertua yang Pilih Kasih -- Ngobrol Apa Saja 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:58.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com