Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mufaro...   TS 
 
Posts: 25
Exclamation Tentang mertua (curhat dan butuh solusi)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh
Bunda semua, saya mau curhat nih. Lagi bingung dan butuh banget solusi
Gini bund, 1 bulan yang lalu kan saya melahirkan. Lalu mertua jenguk saya dan cucu di rumah (kebetulan saya & keluarga tinggal dg ortu saya). Saat mertua & kakak ipar jenguk. Mereka tidak membawa buah tangan apa2 buat cucunya. Lalu keluarga saya tanya ke saya, "tadi dikasih apa sama mbah?". Saya jawab, belum dikasih. Dan respon ibu+ kakak saya sudah kurang enak bund. Seminggu setelahnya, mertua jenguk cucu lagi dan ga bawain apa2 lagi bund. Malahan didepan ibu saya, beliau (mertua) minta bumbu dapur buat masak. Respon ibu & kakak diam saja saat itu. Tapi besoknya kakak saya tanya sama saya. " Ibu mertuamu kok jenguk cucu bolak balik ga pernah ngasih apa2 sih. Suamimu gimana? Pelit juga ta kayak keluarganya?"
Saat itu saya jawab "mungkin belum, nanti mungkin ibu & kakak ipar bakal ngasih kado buat dedek. Dan suamiku ga pelit kok." jawab saya berusaha menutupi.
Emang suami saya agak perhitungan kalo ngasih2 sodara gitu bund. Mungkin sudah turunan dari keluarganya. Karena keluarganya juga gitu.
Kalo di keluarga saya, seneng bagi2 ke sodara (sesuai kemampuan) karena kalo butuh apa2, kita minta tolong siapa kalo ga sodara. Gitu bund.
Gimana ya bund cara ngasih pengertian ke suami. Karena kalo suami diajak ngasih2 ke sodara giti bawaannya ogah2an.
Dan gimana jelasin ke suami agar ibu mertua tidak bersikap spt itu?

Maaf bund, curhat masalah keluarga yg ga seharusnya. Tapi saya butuh banget solusinya.
 
Thread lain yang berhubungan:
Ya Allah jadikan anakku jadi keturunan yang sholeh sholehah, sehat sempurna lahir batin fisik mentalnya. Aamiin ya Rabb🙏🙏🙏
  #2  
Old
Pivie...
 
Posts: 407
 
Mungkin mertua bunda sedang kesulitan keuangan bund, bunda bantu memberi pengertian ke keluarga bunda, bahwa silaturahmi juga termasuk rejeki. Kalau minta bumbu dapur mungkin karena mertua bunda udah merasa dekat sama keluarga bunda jadi istilahnya minta gula nggak sungkan. Maaf ya bund cuma mencoba membantu bunda berfikir positif. Kalau bunda ngadu ke suami mungkin radha sensitif ya takutnya ada perang dunia tp kalau bunda bisa mengkomunikasikan ke suami dengan baik ya bagus juga. Jangan dipikir berat2 bund alkhamdulillaah debay sehat, kita sehat, suami sehat, keluarga sehat.
 
  #3  
Old
syahbu...
 
Posts: 46
 
Bunda,maaf ni.mau bantu kasih solusi,kadang pelit itu ada sebabnya,bisa jadi suami orang yg sangat selektif mengatur keuangan,atau bisa jd suami emang cuek. Nah kan sebelumnya bunda pasti sudah tau watak suami saat pacaran jd harus trima sm sikap minusnya itu
dan klo mertua ya sabar aja ngasih barang gak penting,yg penting dia(mertua) bunda tetep sayang sm cucunya. Jgn gara2 oleh2 jd kacau rumah tangga bunda,karna lelaki itu agak sensitif klo kita pihak perempuan mengeluh tentang mertua perempuan,yg ada bukan dibela malah suami jd mikir yg gmn2 ke kita,jd sabar ya bunda
 
  #4  
Old
Martin...
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
Kalo menurutku sebenernya gak masalah bund mertua baw kado apa enggak..
Yg penting kan udah nengokin..
Seenggaknya mertua cukup care dgn mau nengokin
Mungkin mertua bunda blm ada budget buat beliin kado
Kalo bunda sungkan sm ortu bunda blg aja klo mertua udah kasih kado buat si kecil
Jadi ortu bunda gak mandang negatif ke mertua

Soal suami yg perhitungan, mungkin krn suami bunda tipe selektif dlm mengatur keuangan
Jd betul² dipikirin mana yg penting dan kurang penting
 
  #5  
Old
Raisa2...
 
Posts: 184
 
Jenguk cucu harus bawa kado ya? Kalau keuangan lg susah gimana dong? Ga usah ditengokin dong cucunya. Km dan keluargamu emg suka berbagi sm saudara tp bkn berarti semua org hrs seperti keluargamu. Kalau minta bumbu dapur ya mungkin dia pikir sm keluarga,jd ga sungkan lg. Mertuamukan ga tau ternyata yg dimintain ga senang.
Soal suami yg perhitungan bgs juga dong, berarti suami mikir kedepan. Tar kalau suami hobi ngasih2 kesaudara, km sendiri loh yg kalut kecuali suamimu emg kaya raya. Punya keluarga, punya istri apalagi punya anak itu ga gampang buk, harus mikirin masa depan anak,kumpulin biaya pendidikan dll bkn sekedar kawin pnya anak bisa makan ya udah.
Aku rasa si keluargamu yg harus diberi pengertian. Kalau ga tiap jengukin saudara itu harus bawa kado.
 
  #6  
Old
ayyu d...
 
Posts: 277
 
Kalau menurutku kado tuh gk penting dech bun, yg penting tuh silaturahminya lihat mertua negokin cucunya az dah seneng bun, masak narget bun kalau kerumah harus bawa barang", klu gk punya uang buat ngasih apa ada larangan dilarang negokin cucunya.
Ya tp mungkn pendapat keluarga bunda berbeda.
Sabar az dech bun kalau gto.
Suami aq jg perhitungan tp mank karna ada hal yg bikin dya jd perhitungan trus klo aq crhat ttg mertua gto ya entr jd masalah bun krna pst suami bela ortunya apapun yg trjd.
Bagaimanapun mertuA tu ibu qt yg kedua lo..
 
  #7  
Old
Rindi ...
 
Posts: 427
 
Kalo saya sih cuma bs bilang, "husnuzhon" aja bun.
Bersyukur mertua msh perhatian jengukin kita dan cucunya, itu yg paling penting dr segalanya klo saya sih.
Coba jg menanamkan fikiran positif ke keluarga bunda supaya mereka lbh husnuzhon dgn keluarga suami, wlpun pasti akan bnyk celah di sana-sini kita (istri) sebaiknya jd semacam penghubung/perantara buat 2 keluarga besar kita bs tetap slg husnuzhon.
Krn klo udah nikah itu bukan lg "keluarga aku" "keluarga kamu", tapi " keluarga kita".
Aib suami/ keluarga suami jg aib kita.
Gk cm bunda kok, saya jg sedang belajar seperti itu.
Nikah itu belajarnya seumur hidup.

Maaf yaa klo ada kata2 yg kurang berkenan di hati bunda.
 
  #8  
Old
dwi150...
 
Location: somewhere on earth
Posts: 1,216
 
Menurut saya gak ada yang salah dengan sikap mertua yang gak ngasih oleh2. Saya dan keluarga juga suka ngasih2 saudara/temen/tetangga, tapi yaa gitu doang. Ngasih mah ngasih aja. Kita gak masalah klo orang gak ngasih2 kita. Justru klo ada yang ngasih kita sesuatu, kadang kita malah bingung (dan akhirnya kita kasih2 lagi ke orang lain, wkwk).
Jadi ya kembali ke mindset kita sih. Klo kita bisa selalu merasa cukup dengan apa yang kita miliki, sebenernya gak perlu mengharap pemberian orang lain (apalagi klo saudara sendiri).
 

♡ ㅇㅅㅇ ♡
Let's make this world a better place to live
  #9  
Old
soezzi...
 
Posts: 296
 
iya bunda, yang terpenting adalah mertua dan keluarga suami tetap baik dan penuh perhatian kepada bunda dan cucunya. Semoga seiring waktu dengan melihat karakter keluarga bunda yang senang berbagi suami bunda pun senang berbagi kepada saudara..
 
cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
WA: 0856-2322-435
  #10  
Old
gianit...
 
Posts: 15
 
obat dari seretnya rejeki adalah berbagi..
 
  #11  
Old
Perama...
 
Posts: 6
 
Replying to: View Post
obat dari seretnya rejeki adalah berbagi..
Jadi, klo memang lagi ekonomi pas2an, apa yg mo dibagi
udah tau zaman wiwi, zaman suseh, phk dimana2, pedagang pun byk gulung tikar krn daya beli menurun..

TS: wah, maaf ye, keluarga TS yg ktnya seneng memberi, ternyata g iklas..
 
  #12  
Old
Raisa2...
 
Posts: 184
 
Replying to: View Post
obat dari seretnya rejeki adalah berbagi..
Kasih tau dong mba,apa yg mau dibagi kalau rezeki seret?
 
  #13  
Old
prince...
 
Location: malang
Posts: 979
 
sy mlh behrap gk diksh ksh sm klurga swmi soalny nanti jd bngung mw bls gmn ap lg klo sodrany byk n keuangany lbh di ats.klo gk prnh ngsh ntr dipkr pelit k klurga swmi.jd sy bys kan ngblz ala kadarny aj sesuai kemampuan.

ksh pngrtian j klurga bunda dgn alsn yg postf.
 
  #14  
Old
Rianty...
 
Posts: 23
 
Halo bun yang lg galau.
Ngasih kado, pertanda perhatian. Tetangga pun ngasih kado kalo ada yang lahiran, bahkan temen2 pun kalo niat pada patungan 100rb atau 50 ribuan buat beli kado. Bukan isi kadonya yang berharga, tapi itu tanda 'ikut bahagia' dengan kehadiran cucunya. Kalo mertua gak ngasih karena pelit, itu sih KETERLALUAN. Banyak kado bayi yang murah2 gak sampe 100rb kok udah bagus. Popok lah, baju lah, bando2an lah atau baju tidur gak sampe bikin miskin kok. Masa buat cucu sendiri, takut amat diporotin sampe jatuh miskin beliin kado bayi?. Terus minta bumbu dapur? OMG! Oh my God! Bener2 gak jaga gengsi banget deh. Bumbu dapur beli 5000an udh banyak. TS itu memmpermasalhkan 'yang bener aja, masa bumbu dapur pake minta'. Aduh TS, aku ikut sedih yaaa sama mertua dan suami mu. Ada perbedaan loh antara HEMAT dan PELIT. BTW, saya setuju kalo ada yang bilang 'obatnya seret rejeki itu berbagi'. Apa yang mau dibagi kalo jaman susah gini?? Ya, memang ada kebaikan yang harus dipaksakan.
 
  #15  
Old
triwid...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 85
 
Replying to: View Post
Kalo menurutku sebenernya gak masalah bund mertua baw kado apa enggak..
Yg penting kan udah nengokin..
Seenggaknya mertua cukup care dgn mau nengokin
Mungkin mertua bunda blm ada budget buat beliin kado
Kalo bunda sungkan sm ortu bunda blg aja klo mertua udah kasih kado buat si kecil
Jadi ortu bunda gak mandang negatif ke mertua

Soal suami yg perhitungan, mungkin krn suami bunda tipe selektif dlm mengatur keuangan
Jd betul² dipikirin mana yg penting dan kurang penting
sepakat ndaa... sebagai istri memang harus menjaga kehormatan suami sekalipun didepan keluarga sendiri. Sementara kehormatan suami juga terletak pada mertua. sebisa mungkin tetap menjaga kehormatannya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bun curhat tentang mertua yuk bun,,, -- Ngobrol Apa Saja 49
curhat tentang mertua bunda -- Ngobrol Apa Saja 30
butuh solusi pliss -- Ngobrol Apa Saja 2
merapat bun,,butuh solusi ni -- Diskusi Umum 0
Curhat curhat tentang lahiran baby boy ku :D -- Ngobrol Apa Saja 25


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com