Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Airinz...   TS 
 
Posts: 714
Default Maju mundur salah :( makin hari makin depresi, help..

Bunda bagi saran ya, hampir 2 bulan nih bunda2 saya terganggu dengan kehadiran kakak ipar laki saya. Awal mula ceritanya, ipar laki saya tiba2 dipecat kerjaannya 2 bulan lalu, alasan dari bos karena dia banyak mengeluh saat kerja dan memang ipar saya ini pemalas. Begitu dipecat dia tidak berani berkata jujur dengan istrinya karena ipar saya ini begitu lama baru dapat kerja dan gajinya juga cukup tinggi, istri ipar saya sudah kasih peringatan kalo sampe ipar saya pengangguran lagi dia mau minta cerai.
Untuk nutupin itu, maka setiap hari bund ipar laki saya datang ke rumah saya sesuai jam kerja, berangkat pagi2 dan pulang malam2, 2-3 hari saya tidak masalah, tapi kemudian risih juga sampai kapan seperti ini? Saya sendirian dirumah bersama anak pertama saya yang masih kecil dan ipar saya ini laki2, saya jadi merasa risih sekali.
Akhirnya saya curhat dengan suami keberatan dengan kedatangan ipar saya dan posisi bahwa ipar saya laki dan saya perempuan sendirian di rumah, bagaimana juga pandangan tetangga, tapi suami malah merasa kalo saya terlalu perasaan, karena sudah menikah saya juga harus menganggap ipar laki saya saudaranya jadi tidak masalah berdua drumah (Maaf bunda, memang saya terlalu perasa ya?)
Saya terus keberatan,akhirnya suami memanggil bumer saya untuk tinggal bersama sampe saya melahirkan untuk bantu2, karena saya tidak punya ART. Tapi disini muncul lagi masalah, masalah KEUANGAN. Bumer saya jauh menyayangi ipar laki saya daripada suami, begitu tau ipar saya setiap hari datang, bumer saya setiap hari masak yang enak2, bahan yang mahal bahkan sayur pun beli di supermarket. Setengah bulan pertama, uang gaji suami pas sehingga saya tidak bisa menabung untuk biaya kelahiran anak ke2, bulan ke dua ini belum berakhir uang tabungan untuk anak ke2 sudah saya ambil separo.
Sudah sering saya bicara dari yang halus hingga berakhir dengan pertengkaran, saya setiap hari lebih memilih mengunci diri dikamar dengan alasan tidak enak badan karena depresi melihat ipar saya makan tidur gratis tidak niat kerja,dan mertua yang terus menghambur2kan uang bahkan mulai mendesak suami untuk memberi uang untuk ongkos liburan anak ipar saya itu. Suami tidak mau bertengkar dengan bumer jadi selalu mengalah, katanya uang nanti dipikirkan terakhir.
Saya jadi merasa tidak betah dirumah sendiri dan depresi, kurang 3 bulan anak ke2 lahir dan prosesnya SC tapi tabungan malah berkurang hingga tinggal 1/4 dari target. Dulu setiap bulan saya bisa nabung dan belanja olshop sekarang pas2an, sedih juga biasa suami naik mobil ke kantor tapi sekarang naik motor biar hemat padahal musim hujan dan jaraknya 1 jam perjalanan
Bagaimana ya bunda? Adakah yang bisa kasih solusi?
 
Thread lain yang berhubungan:
Love my baby
  #2  
Old
MiMi D...
 
Posts: 318
 
Gampang aja bunda telpon aja istrinya bilang suaminya udh dipecat n sekarang tiap hari dirumah, tp pke drama dikit pura2 aja si istrinya tiba2 main kerumah bunda, bilang aja mampir kbtulan hbs main kerumah temennya yg deket dri rumah bunda
 
  #3  
Old
tatha2...
 
Posts: 612
 
Hmm ipar bunda ga tau diri juga ya bun , masak laki laki kayak gtu
Mertua juga anak kayak gtu kok masih aja di manja
Seharusnya mertua kan mengajarin anaknya buat bertanggung jawab
Walaupun udah di pecat , dia kan bisa cari kerja lagi
Hla itu kalo setiap hari di rumah bunda , nanti akhir bulan istrinya nanyain gajinya itu gmana ya bun ?
Kan dia ga kerja , ga ada penghasilan pula
 
  #4  
Old
Rika A...
 
Posts: 229
 
Wahhh hebat bget ipary bunda pande bersandwra sperti pemain sinetron aj hehe
Klo brada dposisi bunda emang sulit si
Tp bnr kta bunda dsni bgus atus strategi biar istri ipary bunda tau klo suamiy ud g krj lg
Tp klo bs jgn dr bunday ksi tau tkty nt jadi bumerang buat bunda
Cri org lain bunda Ɣªήğ knl bunda ipar n istriy tentuy Ɣªήğ bs ϑȋ̝̊ ajk krj sm Ɣªª bunda
Srn aq si bund hehe
 
Tumbuh sehat n jadi anak yg soleh n cerdas syank
Abdul Aly 'Arasy
  #5  
Old
amelia...
 
Location: Jawa tengah
Posts: 1,627
 
kalau sy jadi bunda udah tak bilangin sama istrinya....

saya juga risih kok... kalau dirumh gak ada suami..

tp mlh ada lelaki lain.... bilangin ke istrinya aja bun...

suruh maen ke rumah bunda... biar istrinya liat sendiri
tuh kelakuan suaminya...
 
  #6  
Old
Egy Ef...
 
Location: cileungsi, Bogor
Posts: 2,395
 
Coba bunda yg atur keuangan aja, bunda yg blanja ke pasar kalo da merasa sehat, gantian, bumer momong bayi pekerjaan rumah dan keuangan bunda yg handel jd gk bisa se enaknya mereka, trs kalo istri kka ipar punya bayi suruh maen kerumah bunda alasan ngobrol2 biar dia tau kelakuan suami yg gk tau diri dan memalukan itu disana yg nyusahin RT orang..
 
ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuahPUJIANbahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamubahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka(BJ. Habibie)
  #7  
Old
Airinz...   TS 
 
Posts: 714
 
@bunda mimi inginnya begitu bunda, tapi saya yakin 100% kalo pasti bocor, namanya juga orang emosi, pasti istrinya akan keceplosan juga, dan bumer pasti marah besar, dulu pernah waktu saya pengantin baru dan rumah baru si ipar yang saat itu pengangguran dan menghindari istrinya dan bumer ikutan pindahan.. Saat kami tegur, ipar sukses pulang tapi bumer ikut pulang dan mendiamkan kami hampir setaun. Makanya suami takut kalo ditegur lagi bumer ngambek, jadi mereka sekarang bagai raja di rumah saya.
@bunda tatha saya sampai usaha nyarikan,suami yang membuatkan lamaran kerja, tapi ipar saya itu malah menghancurkan disesi wawancara, gaji kurang lah, kerjanya berat lah,jauh jaraknya, selalu ada alesan. Biasa bunda kalo sifatnya malas selalu ada aja alesan buat nolak. Masalah gaji, bumer saya pasti yang kasih dari uang bulanan bumer.

---------- Post added at 10:21 ---------- Previous post was at 10:00 ----------

@bunda rika dan bunda amelia itu doa saya tiap hari, berharap si istri tiba2 datang dan melihat tingkah suaminya itu... nyesek bgt sehari2.. Ini namanya penjajahan
@bunda egy keuangan saya yang handle bunda, karena itu uang bulanan kan ada gaji saya dan suami, malah lebih besar gaji saya makanya sejak awal saya yang pegang penuh, mertua kalo belanja langsung ngehubungi penjualnya karena dia maunya bahan2 pake ayam kampung dan telur kampung murni jadi harus penjual khusus, tahu juga khusus, kalo sayur organik, beras juga organik, nanti kalo kurang bahan pake uang bumer dulu yang beli ipar saya itu, lalu tinggal bilang ke suami, dan suami pasti suruh saya ganti uang bumer. Jadi uang terus mengalir susah direm...
Rencana akhir taun liburan pun kacau, mertua minta ipar sekeluarga diajak pergi liburan dan tentu biaya saya harus tanggung full, katanya dengan saudara kandung ga boleh perhitungan. Waktu saya batalkan, bumer langsung lapor ke suami kalo saya ga suka dengan ipar, kan sejak awal saya sudah tau kondisi ipar begitu harusnya saya menerima apa adanya. Trs suami bilang di cancel karena hamil tua jadi saya capek, bukan masalah keberatan dengan ipar.
Duh, saya kan nikahnya sama suami bukan sama ipar,kok ya harus ikutan menerima kondisi ipar yang begitu. Jujur saya awalnya ikhlas memberi bulanan bumer, makan diluar menyenangkan bumer dan ipar.
Tapi kalo begini terus saya jadi tidak ikhlas. Saya jadi susah tidur karena banyak pikiran, jam 12 baru tidur dan jam 3 pagi sudah bangun. Bahkan ipar saya yang lain juga kaget liat saya sekarang pucat. (Ipar yang lain sudah tau soal dipecat tapi mereka diluar kota semua jadi yang ditumpangi hanya rumah saya, dan tidak ada yang berani membocorkan karena saya dengar kalo sampe ipar saya cerai bumer mau bunuh diri)
 
Love my baby
  #8  
Old
Egy Ef...
 
Location: cileungsi, Bogor
Posts: 2,395
 
Wah ternyata masalahnya runyam jg ya bun, sekarang intinya ada disuami bunda yg harus tegas, masa istri iparnya bisa tegas ke suaminya, suami bunda gk tegas sama kkanya sndiri, kalo dimanja trs kapan berfikirnya, apalagi punya anak bini emang selamanya hidupnya ditanggung sodaranya dgn sifat malasnya itu
jgn sampe deh rumah tangga bunda jd terancam bertengkar trs gara2 makan hati ama kelakuan keluarganya
 
ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuahPUJIANbahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamubahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka(BJ. Habibie)
  #9  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
Ya cm bisa minta suami tegas sm kk nya, enak aja dtg2 bikin runyam kehidupan org.
Gimanapun jg harus minta ketegasan suami.
Lagian emg kk ipar bunda gak ada usaha nyari kerjaan baru, apa cm enak2an doank dirumah.
Kalau cm enak2an doank dirmh tnpa usaha mah keterlaluan bgt.
Bilang bun sm suami bunda gak baik bantuin tukang bhong gt apa lg pemalas, tar kalau ketahuan jg bakalan tmbh berabe.

Tp jgn skli2 bun, bilang keistrinya. Nanti mrk ribut bakalan jd mslh buat bunda. Apalg kalau mrk smpe cerai bnrn, bakalan tamat riwayat bunda. Psti bakalan disalahin semua keluarga.
 
  #10  
Old
Narist...
 
Posts: 7
 
Keterbukaan itu penting bunda...antara bunda dengan suami..dan Ipar bunda dengan istrinya..
Jadi..coba diskusikan dengan suami...bicarakan tentang dampak jangka panjangnya juga ya bunda...

Semangaaaat !
 
  #11  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
mertuanya drama banget yaaa . pake ancam bunuh diri kalo sampe adik ipar cerai
anak bungsu ya? pantes kalo dimanja meski udh tua
kuncinya ada di suami . masa baru "gerak" kalo tabungan udh habis ?
lah selama ini dia kerja buat ngidupin adeknya? sodara sih sodara tp kan ini udh sama2 berkeluarga . udh pnya tanggungan masing2
ga bs kasih saran banyak . saran ini itu kalo dr suami bunda sendiri ga ada kemauan utk tegas ya percuma . ya kan ?
trus bunda jgn ngurung diri . hrs kontrol rumah juga . kan itu rumah bunda sm suami
jgn sampe adik ipar seenaknya dsana . apalagi manja2an sm mamanya
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #12  
Old
mama s...
 
Posts: 23
 
maaf ya bunda,sebenernya kalo dipikir2,posisi bunda n suami serba sulit,serba salah.menurut q,sebenarnya,dalam hati suami bunda,mungkin jg risih atau ga sreg sma kakaknya n sama mamanya.tp dia ga mau semuanya jd tmbh runyam.jd dia mmilih diam,ga negur kakaknya n mamanya.mau kasih saran jg jd bngng sndiri,soalnya namanya pemalas itu watak.mau diapain jg susah.q cm bs bntu doa aja ya bund,moga bunda sabar,moga kk ipar bunda n mertua cpt sadar n ga nggrecokin rmh tngga bunda,moga suami bisa lbh tegas,moga persalinannya lancar ya bunda amin.
 
  #13  
Old
Airinz...   TS 
 
Posts: 714
 
@bunda egy rencananya Aku mau pulang ke rumah ortuku alesan liburan, daripada uang minus dan beban pikiran... Negesin si kakak, bumer maju pasang badan. Mau kabur dulu isi energi..
@bunda winnie halo bunda gimana kabarnya? Iya bunda ni ipar kok bawa badai, saya dan suami yang pusing2 bikin surat lamaran kerja dan kirim2, ipar cuma dateng pas panggilan wawancara, eh sampe di sesi wawancara malah ipar yg mundur, alesannya tempat kerja jauhlah,kerjaannya capek lah, jadi sales naik motor ga mau, maunya bawa mobil, duh ribet. Jadi cuma makan tidur doank. Malah saya mau buka usaha dirumah karena kok butuh tambahan uang banget, ipar ga mau bantu2 kalo ga dibayar, minta bayaran sesuai UMR lgi. Usaha saya bisa bangkrut donk belum buka sudah ditodong uang. Soal istrinya ipar iya saya tau kalo saya yg bocorin pasti fatal banget pasti skak mat juga buat saya.

@bunda naristi sudah hampir tiap hari bicara, tapi pasti buntu di kata demi bumer.
@bunda derick kebalik bunda, justru suami saya anak paling kecil, sedangkan ipar saya anak paling tua. Mungkin karena anak pertama jadi lagi seneng2nya terus dimanja banget kali ya. Kasih alesan biaya sesar belum cukup, diajukan ganti dokter dan rumah sakit yang cukup dengan biaya yang ada, kasih alesan ga nyaman cuma sama ipar laki sudah ada bumer, bilang uang ga cukup jawabannya apa saya ga ada uang tabungan pribadi, kalo dijawab ga ada, dijawabnya ya ntar dia usaha jual apa gt. mau sampai kapan? Jawabnnya gimana lagi, sabar sampe kakak ipar dpt kerja. Kalo sudah gitu saya cuma ngelus dada, ngeharepin ipar yang begitu dapet kerja? Kalo belum di gugat istrinya mana mau kerja dia.
Sekarang bingung banget mau kasih alesan apa, bagaimana caranya biar suami mau bicara teges. Bagaimana juga ngomongnya biar bumer mau ngerti kalo caranya itu salah.
 
Love my baby
  #14  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
Replying to: View Post
@bunda egy rencananya Aku mau pulang ke rumah ortuku alesan liburan, daripada uang minus dan beban pikiran... Negesin si kakak, bumer maju pasang badan. Mau kabur dulu isi energi..
@bunda winnie halo bunda gimana kabarnya? Iya bunda ni ipar kok bawa badai, saya dan suami yang pusing2 bikin surat lamaran kerja dan kirim2, ipar cuma dateng pas panggilan wawancara, eh sampe di sesi wawancara malah ipar yg mundur, alesannya tempat kerja jauhlah,kerjaannya capek lah, jadi sales naik motor ga mau, maunya bawa mobil, duh ribet. Jadi cuma makan tidur doank. Malah saya mau buka usaha dirumah karena kok butuh tambahan uang banget, ipar ga mau bantu2 kalo ga dibayar, minta bayaran sesuai UMR lgi. Usaha saya bisa bangkrut donk belum buka sudah ditodong uang. Soal istrinya ipar iya saya tau kalo saya yg bocorin pasti fatal banget pasti skak mat juga buat saya.

@bunda naristi sudah hampir tiap hari bicara, tapi pasti buntu di kata demi bumer.
@bunda derick kebalik bunda, justru suami saya anak paling kecil, sedangkan ipar saya anak paling tua. Mungkin karena anak pertama jadi lagi seneng2nya terus dimanja banget kali ya. Kasih alesan biaya sesar belum cukup, diajukan ganti dokter dan rumah sakit yang cukup dengan biaya yang ada, kasih alesan ga nyaman cuma sama ipar laki sudah ada bumer, bilang uang ga cukup jawabannya apa saya ga ada uang tabungan pribadi, kalo dijawab ga ada, dijawabnya ya ntar dia usaha jual apa gt. mau sampai kapan? Jawabnnya gimana lagi, sabar sampe kakak ipar dpt kerja. Kalo sudah gitu saya cuma ngelus dada, ngeharepin ipar yang begitu dapet kerja? Kalo belum di gugat istrinya mana mau kerja dia.
Sekarang bingung banget mau kasih alesan apa, bagaimana caranya biar suami mau bicara teges. Bagaimana juga ngomongnya biar bumer mau ngerti kalo caranya itu salah.
oh saya salah fokus wkwk
parah yaaa mertuaaa . trus kalo udh jual ini itu barang habis mau jual apa lagi ? jual rumah mertua boleh ga ? wkwkwkw . maaf bun abis kesel bgt sm mertua + ipar bunda
yaudah gini aja coba . bunda blg ke suami kalo sementara ngungsi dirumah orgtua bunda dulu . pgn lahiran disana aja . udh 7bln kan ya ?
blg jg kalo stress bs ngaruh ke janin . jelasin bahayanya ini itu . pokoknya kalo mertua + ipar ga keluar dr sana , bunda aja yg ngungsi dulu drpd stress terus dirumah
bukannya jahat . tp kalo gitu ga bs direm pengeluaran yg ga penting
jd kalo bunda dirumah ortu kan mgkn mereka ga bs otak atik uang tabungan bunda . dan terus berdoa supaya mertua + ipar dikembalikan ke jalan yg benar..
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #15  
Old
Airinz...   TS 
 
Posts: 714
 
@mama sybill iya bunda saya juga cuma bisa ngingetin suami dan berdoa terus supaya bisa segera keluar dari masalah ini dengan damai, dulu pernah dan berakhir dgn marahnya bumer hampir selama setaun dan kalau dihubungi saudara yang lain bilang sakit ga bisa bangun kepikiran ipar saya itu, dibilang kami keterlaluan ga mau bantu dll..
Saya berharap kali ini ada solusi yang baik.. Cuma setiap hari menghitung hari menuju persalinan juga makin depresi, baru 2 bulan keuangan sudah kacau, belum beli keperluan newborn yang baru, belum biaya sesar, belum biaya kalo sudah lahiran anak ke2.. Kalo sudah mikirin itu saya pasti depresi dan sulit tidur..

---------- Post added at 13:01 ---------- Previous post was at 12:52 ----------

@bunda derick jangan sampe rumah mertua dijual ntar penderitaan saya ga kelar2 soalnya dimana ada bumer disitu ada ipar ini jauh lebih horor dan bikin jantungan daripada film hantu...
Kalo saya dirumah ortuku suami ga mau ikutan, maklum ortuku orangnya rumah selalu berantakan dan suka bicara keras2 jadi kondisi rumah rame, suami ga betah karena jadi cuma dikamar terus. Suami cinta kerapian dan kebersihan kalo liat rumah berantakan dia yang depresi
 
Love my baby
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
test peck makin hari makin samar -- Kenalan Yuk! 16
Pasrah aja sama Yang Kuasa... makin dipikirin makin galau... -- Diskusi Umum 10
duch....dah cape rasa"y...makin kepengen makin meyiksa persaan -- Diskusi Umum 12
Makin hari Makin galau bund.... Help.... :( :( -- Diskusi Umum 13
uk 34 mnggu makin serba salah -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com