Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
lisyan...   TS 
 
Location: Beijing - China
Posts: 666
Default Berbeda Pola Asuh Baby dengan Mertua bikin Stress!!!!!

Uhuhuhuhuhu...... Bundaaaaaa
Mau curhat niiihhhh..............

Stress bgt saya bun....
Dari mulai saya hamil, saya udh punya feeling kalo nanti saat baby saya lahir, pasti bakal banyak perbedaan2 pola asuh saya dgn mertua.... dan ternyata benar....
Saya hrs ksh tau dulu sdkt latar belakang keluarga saya dan suami saya.
Suami saya WNChina, anak tunggal, ga bs bhs indo, mamer pakmer lagi tinggal disini (jakarta) sama saya dan suami (mamer tinggal sini sejak saya hamil, pakmer baru datang bbrp hari sblm saya melahirkan) mereka ga bs bhs inggris maupun bhs indo, sedangkan saya buta sm sekali bhs mandarin (jadi kami cm pake bahasa isyarat kalo komunikasi tanpa perantara suami, atau pake google translate kalo kepentok dan bnr2 penting)

1. Dokter bilang, tiap hari anak harus dijemur 30 menit, depan belakang, sekitar jam 7-9 pagi... Tanpa baju apapun, cm pake pampers aja. Dan bumer malah bilang, harus pake baju panjang, biar ga kena angin diluar... Terus malah bilang, ga perlu sering2 sijemur, liat aja suami kamu, dulu lahir pas musim gugur mendekati musim dingin, ga ada matahari, ga prnh dijemur, baik2 aja kan?? Huhuhuhu.... Pdhl kan bayi bisa kuning ya kalo kurang dijemur... (Tp tetep saya paksa jemur, bodo amat mertua bibirnya menyon2 ga karuan...)

2. Wktu di RS, saya belajar memandikan bayi bersama suster, suster bilang air mandinya ga boleh terlalu panas, krn kulit bayi msh tipis dan sensitif, bisa merah2 bahkan melepuh, Harus suam2 kuku aja.
Dan pas dirumah mau mandiin, saya udh isi air di bak mandinya dedek, eh ditambahin air panas lagi katanya airnya terlalu dingin... Pas saya celupin tangan saya, astaga, airnya terlalu panas! Tp bumer bilang, bayi hrs mandi pake air agak panas supaya ga kedinginan.. Kalo kedinginan bisa mati mendadak!! Dan pas bayinya saya masukkin ke bak, bener aja, nangis kejer dan pantatnya langsung merah untung ada suami saya, langsung saya semprot suami saya (maaf ya honey...) Saya bilang "ngeyel bgt sih mama kamu, sok tau melebihi suster!"

3. Suster (dan orang2 yg berpengalaman yg menasihati saya) bilang, bayi dikasih minum air putih hangat satu sendok aja setelah minum susu, dan tau ga bun??? Mamer saya kasih minum bayi saya (yg baru berusia beberapa hari itu!!) Air putih di botol dot! Katanya, bayi saya kebanyakan makan! Makanya pup terus! Astaga.. Pdhl bayi itu kan emang tiap 2-3 jam sekali harus nyusu! Dan tau ga bun, tiap baby saya nangis, dikasihnya air duluan sama dia! Jadi waktu saya siap2 bersihin puting buat kasih asi, dia udh kasih air!
Saya langsung telepon suami saya, dan saya suruh dia search di google cara kasih minum newborn baby! Dan lagi2 saya yg benar!! Tapi, bumer dgn Pede-nya bilang kalo suami saya sampe skrg ttp hidup dan sehat2 aja dgn pola asuh dia!(Pdhl dia ga tau kalo suami saya itu punya mslh pencernaan dan maag! Bisa aja krn pola asuh beliau yg seperti itu wktu kecil kan???)

4. Mamer ga bisa gendong baby dgn benar menurut saya! Jadi baby saya selalu agak2 berontak kalo digendong dia... Dan saya pernah lihat leher baby saya seperti 'kecengklak' kebelakang... Saya langsung histeris, tapi mamer saya malah ngatain saya lebay...

5. Saya dikasih list dari RS makanan apa saja yg harus dihindari/dikurangi untuk ibu yg menyusui (asi eksklusif) salah satunya ada brokoli (krn membuat bayi kembung dan sakit perut) dan kurangi bawang putih dan ikan (bawang putih terlalu banyak membuat rasa asi tdk enak, bayi tdk suka, sdngkan ikan laut mengandung merkuri yg bahaya buat otak bayi) dan bunda tau??? Saya dipaksa makan brokoli dan ikan 2kali sehari dengan bawang putih yg seabrek2 (mereka suka bawang putih!) Makmer malah bilang "gimana sih? Brokoli itu sayuran sehat! Ikan bisa buat cerdas! Bawang putih bagus buat antibodi!)
Dan alhasil, baby saya buang gas banyak sekali tiap harinya, dan dia jg selalu rewel saat menyusu (mungkin krn asi saya rasanya seperti bawang putih )

6. Bayi saya selalu diselimutin pake selimut tebal 'all the time', dan tanpa AC! Kebayang gimana panasnya?? Dan bajunya selalu basah keringatan... Udh saya bilang berkali2 kalo bayinya kepanasan! Malah bilangnya "bayi gampang masuk angin!! Hrs selalu diselimutin!" Tapi kan ngga sampe segitunyaaa..... Kasian bayi saya selalu kepanasan... akhirnya saya sering nyalain aja ACnya... Bodo amat dia ngoceh2.. Saya ga ngerti ini!!

7. Dll


Yang kasian suami saya krn selalu kena semprot sama saya.... habis mau gimana lagi... Saya kan ga bisa komplain langsung dan terlalu berlebihan sama mereka... Mau ga mau saya komplainnya ke suami...

segitu aja deh bun curhatnya.... Makasih ya mau baca curhatan saya...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
hadooooh........bundaaaa lisyaaa yang sabar yaaaa.....terus terang aku juga takut mengalami nasib yg dama kaya bunda kalo da lahiran.....mskanya aku kekeh mau tetep tinggal sendifi aja......soalnya mertua bunda kebiasa hidup dinegara dingin sedangkan kita kan tropis.....ya banyak2 komunikasi ama suami aja bun.....kalo bisa bahas sebelom bobo diskusiin baik2 semua permasalahan biar ga kena semprot melulu....ya kaya evaluasi lah......jadi dia bisa jelasin ke mamaannya.....ya budaya mang susah bun kalo berbeda.....tuuu kaya gerhana bulan kemarin keluarga ku mah santai2 aja....tapi keluarga suami langsung ngeluarin segudang peraturan....ngga bayangin kalo anaknya da lahir kaya bunda lisya.......maaf ya bun ga bisa terlalu kasi solusi banyak2
 
  #3  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
sabar ya mak lisya resiko bun resiko apa lg mertua wn china pst beda bgt pola asuhnya. Dari pd slg manyun berdoa aja supaya mertua cpt plg kechina hbs tktnya lama" trjadi perang dingin antara mantu vs mertua. Kasian jg suami diomel"in hehe
Bun bljr bhs mandarin lh, pake bahasa isyarat apa kgak trsiksa pst susah nyambungnya.

---------- Post added at 11:25 ---------- Previous post was at 11:22 ----------

tp klw mertua plg, kasian jg mak lisya gak ada yg bantuin jaga baby sbnrnya si intinya mertua jg pgn yg trbaik buat baby cm ya mmg caranya berbeda.
 
  #4  
Old
AmmaRa...
 
Posts: 11
 
aduhhh bundaaaaa, saya aja bacanya ikutan emosi..

kok begitu ya mertua bunda? memangnya dulu suami bunda dibesarinnya di cina atau di indonesia?
kalau di cina, bunda bisa kasih penjelasan ke ibu mertua bunda bahwa cara asuh di indonesia itu berbeda seperti yang dia selalu lakukan.
kalau memang mertua bunda selalu beralasan dengan bilang bahwa anaknya sampai sekarang masih hidup dan sehat, bunda bilang bahwa kesehatan orang itu berbeda beda, dan semua ada di tangan Tuhan. Tapi bagaimanapun kita tetap harus melakukan perawatan yg terbaik (cara-cara yg sudah diberikan oleh dokter/suster yang berpengalaman di ïndonesia)..


Sabar ya bundaa,, sebenarnya pasti ibu mertua bunda juga mengingnkan yang terbaik buat cucunya akan tetapi sebagai ibu dari anak kita sendiri kita punya hak lebih untuk menentukan cara-cara asuh ke anak kita.

Saran saya coba bunda jg bicarakan baik-baik dengan suami bunda, dan suami bunda yang menjelaskan segalanya ke ibu mertua bunda.

Maaf ya bunda jika ada kata saya yang kurang berkenan.
 
  #5  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
Sabar ya bunda..
Yang satu bahasa dan satu budaya aja kadang suka selisih paham, ini beda bahasa, beda budaya, dan beda pola asuh, pasti pusing ya bunda..
Ya bunda minta tolong suami pelan2 jelasin ke ibunya ttg apa yang sesuai petunjuk perawat n info lainnya..
Bunda juga mau gak mau harus belajar mandarin..biar ada komunikasi dua arah..
 
Rabbi Habli Minassholihiin..Sehatkan, Kuatkan dan Lindungilah Kami ya Alloh.. Jadikanlah Kami Golongan Orang yang Bersyukur..Aamiin
  #6  
Old
martha...
 
Posts: 466
 
duuuh bund,kasiaan dede Ritz
iy bund,krna mamer saben hari nya udah terbiasa dgn cuaca&lingkungn geografis d luar negeri,jd perlakuan pola asuh ny k dEde Ritz dsamain ma kndisi dluar bund,,d anggep ny jakarta sama dingin ny x ya bund,,
maaf y bund g bs ngasi solusi,
mudh2n mamer cpt mudik y,bunda jd tenaaang,hiihihi
 
  #7  
Old
lutfi ...
 
Location: Pekanbaru
Posts: 1,454
 
Waduuhh bun,, kasiiaan x si dede'ny,, pasti klo dia bisa ngmg lgsung protes di perlakukan gtu... Ckcckkck..
Kalo tdk sekali2 bunda suruh mamer bunda tu buka google trus suruh liat cara asuh bayi kan bisa ngrti kalo pke bahasa mereka..,,

Ya tp smoga si dede gk knpa2 ya bun.

Owya emg'ny ortu bunda dmn bun? Kok gk disitu. Klo ada ibuny bunda kn enk.
 
  #8  
Old
yunita...
 
Location: Surabaya
Posts: 249
 
Hehehe,, sabar bunda,, bunda pke pola asuh bunda sndiri aja,,, karna naluri ibu lbh kuat k anaknya,, dan gak mungkin juga ibu bertindak bodoh yg membuat anak menderita,,
Biar aja mamer marah2 bund,, yg penting debay sehat selamaat,,,
 
  #9  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Ini persis seperti yang aku alami dulu pas br pny baby. Suami jg lah yang kena semprot ujung2nya. Tp bunda berani, msh berani berontak. Klau aku dlu pasrah. Dlm artian, dpn mertua ya aku iya2in aja, tp klau pas penerapannya, aku saring aja yg kr2 masuk akal ikutin, yg gk msk akal y ga ush, pura2 ga tau aj. Kalau mw jelasin soal gnian ke mrtua, itu susah. Karna mrk udh ngerasa "berhasil" membesarkan ank. Mn mw mereka "digurui" sm menantu yg msh bau kencur dlm pkiran mrk. Andalan mrtua tuh "dulu ankku 5, bgni bgtu jg gpp". Coba sabar aj bun. Jgn semprot suami mulu ya. Kasian sbnrnya, posisi dia kejepit. Yg 1 ibunya. Yg 1 istrinya. Nanti stress suaminya. Klau aku dlu dksh nasihat sm mm ku. Ad mslh ap jgn semprot suami, sm suami tetap baik, klau prlu kt lbh akur lg. Nanti suami bs menilai sendiri yg sbnrny ky ap. Smangat y bun. Emg mrtuanya slamanya tgl sm bunda y?
 
  #10  
Old
anna e...
 
Posts: 1,041
 
olaaaaaa bunda lisya....sabar ya bunda...cb jelasin sm swami soy bilang sm mamminya kl di indonesia itu beda cara mengasuh bayi sm di desa china kwkwkwkkwkwk
maklum nda..namanya jg cucu,biasanya mamernya tll sayang mk nya sll ikut ngurusin dd ritz..
ya di jelasin pelan2 aja bun,biar g salah paham....
ikut ngedukung program bunda lisya nih...ASI EXCLUSIF...
Aq jg lhooo bun.......
 
  #11  
Old
lisyan...   TS 
 
Location: Beijing - China
Posts: 666
 
Wah udah banyak yg komen nih...saya jawab dulu satu2...
Replying to: View Post
hadooooh........bundaaaa lisyaaa yang sabar yaaaa.....terus terang aku juga takut mengalami nasib yg dama kaya bunda kalo da lahiran.....mskanya aku kekeh mau tetep tinggal sendifi aja......soalnya mertua bunda kebiasa hidup dinegara dingin sedangkan kita kan tropis.....ya banyak2 komunikasi ama suami aja bun.....kalo bisa bahas sebelom bobo diskusiin baik2 semua permasalahan biar ga kena semprot melulu....ya kaya evaluasi lah......jadi dia bisa jelasin ke mamaannya.....ya budaya mang susah bun kalo berbeda.....tuuu kaya gerhana bulan kemarin keluarga ku mah santai2 aja....tapi keluarga suami langsung ngeluarin segudang peraturan....ngga bayangin kalo anaknya da lahir kaya bunda lisya.......maaf ya bun ga bisa terlalu kasi solusi banyak2
Bun, saran saya sih, jauh sebelum makmer dan pakmer dateng, komunikasiin dulu sm suami bunda ya bun do and don'ts-nya.... Takutnya nasibnya kaya saya ini
Ngeri bgt bun kalo hubungan yg tadinya baik2 aja jadi pecah, apalagi gara2 anak bun...
Btw, kemana aja bun kemarin2?? Saya sampe mention nama bundahappy di thread cerita lahiran saya, tp bundanya ga keluar2 dari gua pertapaan...

Replying to: View Post
sabar ya mak lisya resiko bun resiko apa lg mertua wn china pst beda bgt pola asuhnya. Dari pd slg manyun berdoa aja supaya mertua cpt plg kechina hbs tktnya lama" trjadi perang dingin antara mantu vs mertua. Kasian jg suami diomel"in hehe
Bun bljr bhs mandarin lh, pake bahasa isyarat apa kgak trsiksa pst susah nyambungnya.

---------- Post added at 11:25 ---------- Previous post was at 11:22 ----------

tp klw mertua plg, kasian jg mak lisya gak ada yg bantuin jaga baby sbnrnya si intinya mertua jg pgn yg trbaik buat baby cm ya mmg caranya berbeda.
Mak winnieee..... peluk maaakkk....
Saya sih skrg mulai dikit2 bisa bahasa mandarin, tp yah memang bener2 terbatas... Namanya jg belajar ala tarzan... Saya sih sbnrnya ga masalah sama pakmerbumer disini, mereka jg bantu2 beres2 rumah dll, tapi yah, itu tadi.... Kesannya jadi rebutan siapa yg jagain dedek... Saya takut dedeknya jadi bau tangan jg.... Takut kolokan.... Soalnya tiap si dedek ngulet dikit atau ngerengek bangun dikit langsung buru2 digendong sama makmer... Ngeri nanti malah maunya digendong terus kaann???? Huhuhu

Replying to: View Post
aduhhh bundaaaaa, saya aja bacanya ikutan emosi..

kok begitu ya mertua bunda? memangnya dulu suami bunda dibesarinnya di cina atau di indonesia?
kalau di cina, bunda bisa kasih penjelasan ke ibu mertua bunda bahwa cara asuh di indonesia itu berbeda seperti yang dia selalu lakukan.
kalau memang mertua bunda selalu beralasan dengan bilang bahwa anaknya sampai sekarang masih hidup dan sehat, bunda bilang bahwa kesehatan orang itu berbeda beda, dan semua ada di tangan Tuhan. Tapi bagaimanapun kita tetap harus melakukan perawatan yg terbaik (cara-cara yg sudah diberikan oleh dokter/suster yang berpengalaman di ïndonesia)..


Sabar ya bundaa,, sebenarnya pasti ibu mertua bunda juga mengingnkan yang terbaik buat cucunya akan tetapi sebagai ibu dari anak kita sendiri kita punya hak lebih untuk menentukan cara-cara asuh ke anak kita.

Saran saya coba bunda jg bicarakan baik-baik dengan suami bunda, dan suami bunda yang menjelaskan segalanya ke ibu mertua bunda.

Maaf ya bunda jika ada kata saya yang kurang berkenan.
Ga ada yg kurang berkenan kok bunkata2nya.. Berkenan semua.... Masalahnya gini bun, kadang saya merasa, mentang2 negara mereka lebih maju dari negara kita, mereka jadi sombong dan menganggap bahwa apa yg biasa mereka lakukan lebih benar dibanding yg disini... Salah satunya pola asuh itu... Tp sbnrnya saya rasa pola asuh disana jg sama aja seperti disini.. Malah saya rasa sebenarnya mereka yg kurang berpengalaman krn anak mereka kan cuma satu, suami saya doank.. Sedangkan saya punya kakak2 tiri berjumlah 7 org yg semuanya udh punya anak dan dulu saya sering bantuin jagain anak2 mereka wktu masih bayi...
Ah.. Begitulah.... Mertua selalu benar!

---------- Post added at 15:30 ---------- Previous post was at 15:17 ----------

Replying to: View Post
Sabar ya bunda..
Yang satu bahasa dan satu budaya aja kadang suka selisih paham, ini beda bahasa, beda budaya, dan beda pola asuh, pasti pusing ya bunda..
Ya bunda minta tolong suami pelan2 jelasin ke ibunya ttg apa yang sesuai petunjuk perawat n info lainnya..
Bunda juga mau gak mau harus belajar mandarin..biar ada komunikasi dua arah..
Iya bun, selama ini jg saya kalo apa2 selalu jelasin ke suami dulu, dan biasanya saya jg pake google translate kalo udh mentok bgt..... Tapi kalo lagi keadaan daruat yg butuh respon cepat kan agak susah juga kalo mesti buka2 google dulu... Doain saya ya bun biar Tuhan segera mencairkan sikap kepala batu mertua....

Replying to: View Post
duuuh bund,kasiaan dede Ritz
iy bund,krna mamer saben hari nya udah terbiasa dgn cuaca&lingkungn geografis d luar negeri,jd perlakuan pola asuh ny k dEde Ritz dsamain ma kndisi dluar bund,,d anggep ny jakarta sama dingin ny x ya bund,,
maaf y bund g bs ngasi solusi,
mudh2n mamer cpt mudik y,bunda jd tenaaang,hiihihi
Amiinn buunn..... Saya jg pengen bgt visa mereka segera expired biar saya cpt2 pake pembantu aja, biar saya aja sndiri yg ngasuh dedek ritz...
Btw bundanya udh punya baby jg kah bun??? Atau prnh selisih pandang sm mertua jg kah??

Replying to: View Post
Waduuhh bun,, kasiiaan x si dede'ny,, pasti klo dia bisa ngmg lgsung protes di perlakukan gtu... Ckcckkck..
Kalo tdk sekali2 bunda suruh mamer bunda tu buka google trus suruh liat cara asuh bayi kan bisa ngrti kalo pke bahasa mereka..,,

Ya tp smoga si dede gk knpa2 ya bun.

Owya emg'ny ortu bunda dmn bun? Kok gk disitu. Klo ada ibuny bunda kn enk.
Iya bun, pdhl makmer tuh sblm saya lahiran tiap hari rajin bener baca buku cara mengasuh bayi.. Tapi kok yaaa salah semua yg diterapin....
Ibu saya bun? Yah ibu saya lagi ngalah sama makmer dan pakmer bun.. Lagian apartmen saya kecil cuma 2 kamar, kalo ibu saya disitu jg keramean bun..
Lgpl kan suami saya anak tunggal, otomatis mertua saya seneng bgt punya cucu dari anak tunggalnya... Yah jadi kami berikanlah mereka masa bulan madu bareng cucu tercinta... Tapi akhirnya malah yg ada tiap harbeda pendapat teruuusss.....

Replying to: View Post
Hehehe,, sabar bunda,, bunda pke pola asuh bunda sndiri aja,,, karna naluri ibu lbh kuat k anaknya,, dan gak mungkin juga ibu bertindak bodoh yg membuat anak menderita,,
Biar aja mamer marah2 bund,, yg penting debay sehat selamaat,,,
Iya bun... Saya sih tadinya nurut2 aja... Tp mulai skrg saya udah mulai berani melawan kalau emang saya benar dan udh tanya sana sini + search internet.. Makasih ya bun udh komen.....
 
  #12  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
jgn peluk" mak lisya blm mandi
bljr trs mak biar jago jd kan ada apa" bisa lgsng ngomong sm mertua, kyk gini kan ribet mak lisya gak suka ma pola asuhnya tp gak bisa nyampein alasannya.

sbr ya mak mrk mngkin gak ada mksd apa" cm mngkin krn baru punya cucu dr anak tunggal lg jdnya gitu rada" lebay hehehe jgn berprasangka buruk
 
  #13  
Old
lutfi ...
 
Location: Pekanbaru
Posts: 1,454
 
Waduuhh slah baca buku mungkin tu mamer'ny bun... Ckckck..., disisi lain kalo melawan nti jg ribut.., klo gk di lwan kasian sikecil'ny.. Apalgi smpe diksih mnum air putih,, ASI'ny ibu'ny kan ada.., syang vitamin di ASI'ny,, keburu kenyang mnum air..

Ya mudah2an tu mamer'ny cpet2 plg ke negara'ny ya bun
Biar bisa gntian ibuny bunda yg bntuin.
 
  #14  
Old
lisyan...   TS 
 
Location: Beijing - China
Posts: 666
 
Replying to: View Post
Ini persis seperti yang aku alami dulu pas br pny baby. Suami jg lah yang kena semprot ujung2nya. Tp bunda berani, msh berani berontak. Klau aku dlu pasrah. Dlm artian, dpn mertua ya aku iya2in aja, tp klau pas penerapannya, aku saring aja yg kr2 masuk akal ikutin, yg gk msk akal y ga ush, pura2 ga tau aj. Kalau mw jelasin soal gnian ke mrtua, itu susah. Karna mrk udh ngerasa "berhasil" membesarkan ank. Mn mw mereka "digurui" sm menantu yg msh bau kencur dlm pkiran mrk. Andalan mrtua tuh "dulu ankku 5, bgni bgtu jg gpp". Coba sabar aj bun. Jgn semprot suami mulu ya. Kasian sbnrnya, posisi dia kejepit. Yg 1 ibunya. Yg 1 istrinya. Nanti stress suaminya. Klau aku dlu dksh nasihat sm mm ku. Ad mslh ap jgn semprot suami, sm suami tetap baik, klau prlu kt lbh akur lg. Nanti suami bs menilai sendiri yg sbnrny ky ap. Smangat y bun. Emg mrtuanya slamanya tgl sm bunda y?
Tadinya jg saya pasrah2 aja bun.. Tapi namanya insting ibu, pasti agak berontak jg kalo anaknya diperlakukan secara salah...
Saya setuju bgt sama kata2 bunda, mereka udh merasa berhasil membesarkan anak mereka makanya mereka jadi agak keras kepala....

Replying to: View Post
olaaaaaa bunda lisya....sabar ya bunda...cb jelasin sm swami soy bilang sm mamminya kl di indonesia itu beda cara mengasuh bayi sm di desa china kwkwkwkkwkwk
maklum nda..namanya jg cucu,biasanya mamernya tll sayang mk nya sll ikut ngurusin dd ritz..
ya di jelasin pelan2 aja bun,biar g salah paham....
ikut ngedukung program bunda lisya nih...ASI EXCLUSIF...
Aq jg lhooo bun.......
Yah begitulah bun.....
Sbnrnya sih mereka tinggal di kota besar.. Tapi mungkin krn mereka udh sama2 tuir ya bun, makanya cara asuhnya jg masih kolot2 gimana gitu... Yg saya sebelnya tuh, mereka kaya hampir ga mau denger kata2 saya sm sekali.. Merasa diri paling benar...

Btw, hidup asi eksklusif!!!!!! (acungkan tinju keatas sambil nahan perih di puting yg lecet2 dan retak2....)

---------- Post added at 16:14 ---------- Previous post was at 16:04 ----------

Replying to: View Post
jgn peluk" mak lisya blm mandi
bljr trs mak biar jago jd kan ada apa" bisa lgsng ngomong sm mertua, kyk gini kan ribet mak lisya gak suka ma pola asuhnya tp gak bisa nyampein alasannya.

sbr ya mak mrk mngkin gak ada mksd apa" cm mngkin krn baru punya cucu dr anak tunggal lg jdnya gitu rada" lebay hehehe jgn berprasangka buruk
Gpp bun saya jg blm mandi nih.... Masih bau ASI pula yg ngerembes2 di baju.. Hahahaha... Mantap mak
Yah, saya sih bun percaya sekali kalo mereka pasti mau yg terbaik.. Secara cucu pertama dari anak tunggal mereka gitu loohh.... Apalagi laki2 kan bawa marga bapaknya kalo di cina..... Tp yah bgitulah, jadinya agak lebay!
Mudah2an nanti pas mak winniee punya baby, ga ada insiden malapetaka perbedaan pendapat sama mertua ya mak....

Replying to: View Post
Waduuhh slah baca buku mungkin tu mamer'ny bun... Ckckck..., disisi lain kalo melawan nti jg ribut.., klo gk di lwan kasian sikecil'ny.. Apalgi smpe diksih mnum air putih,, ASI'ny ibu'ny kan ada.., syang vitamin di ASI'ny,, keburu kenyang mnum air..

Ya mudah2an tu mamer'ny cpet2 plg ke negara'ny ya bun
Biar bisa gntian ibuny bunda yg bntuin.
He eh bun.... Saya ngebayangin, qta aja yg dewasa kalo lg laper dikasih minum banyak air malah jadi kembung + ga nyaman ya bun.... (Malah bisa memicu maag) apalagi baby newborn ya bun..... Kasian...... Huhuhu
He iya bun, makasih doanya ya bun..... Bukannya ga menghargai sih, tp kalo cara asuhnya salah kan bisa membahayakan baby qta jg ya bun....

Maaf ya pakmer, bukmer.......
 
  #15  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Hi bunda lisya....bunda happy da comment!!!!!!!!!! and da liat foto dede ritz.....lucu en guanteng bangetzzzzzzz........sampe sirik.com...........pengin cepet2 juga nih.....lahiran.....5 bulan ja da mau ko....kaki bengkak, badan panas, sakit kepala....ma jadi sensitip.......jadi curhat......selamat ya bunda lisya.....and thanks sarannya ya....ntar taun depan siap2 denger curhatanku!!!!!!! Wkwkwkwkwk..........
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Adopsi/Asuh/Angkat Baby Boy -- Diskusi Umum 2
Adopsi/Asuh/Angkat Baby Boy -- Ngobrol Apa Saja 9
tradisi mertua berbeda dengan keluarga ku.. -- Diskusi Umum 9
pendapat mertua dan aku selalu berbeda -- Ngobrol Apa Saja 2
baby sitter bikin stress!!!! -- Ngobrol Apa Saja 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:55.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com