Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Kucing...
 
Posts: 254
 
Duh bund, itu mah udah bnyak, aqu malah dikasih mahar 500rb, n uang blanja 1jt...
alhamdulillah, semuanya berkah...aq tdk mw memberatkan imamqu bun, karna dy nanti yg akan menanggung d0sa2 qita d akhirat...

jodoh bkan dr besar kcilnya mahar, tp bgaimana qita bisa menerima stiap pemberian sang imam
 
  #32  
Old
winnie...
 
Posts: 1,454
 
Replying to: View Post
iya betul..blm tntu nnt klo btl nkh dpt calon bru lg bs menuhi tuntutan uang dr phk perempuan ...ujung2 na ntar kagak nkh dehh ampe tua..... yg rugi siapa??
iya bun ntr kgak nikah" lg klw kluarga nuntut ini itu, harusnya ya trima apa adanya aja.
klau udh kyk gini mlh jd gak enak, kalaupun ntr jd nikah pst udh gak baik hbgnnya.
 
  #33  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
iya bun ntr kgak nikah" lg klw kluarga nuntut ini itu, harusnya ya trima apa adanya aja.
klau udh kyk gini mlh jd gak enak, kalaupun ntr jd nikah pst udh gak baik hbgnnya.
iya bun betul... ntar hub sma mertua jd krg baik blm lg hub antr klwrga.. pdhl jrg2 loh dpt mertua baik yg care ama menantu ..bnyk di forum2 ini mnrma prlakuan tdk baik dr mertuanya..

tp alhamdulillah aku dpt suami,mertua,ipar n saudara ipar baik2 smua klwrga kami pun baik2 aja hubnya..
 
  #34  
Old
nanade...
 
Location: pekan baru
Posts: 1,139
 
Mahar adalah hak istri. Jadi, si istri berhak menentukan mahar apa yang harus diberikan calon suaminya bila ingin memperistrinya. Ketika sudah diberikan maka mahar tersebut menjadi hak prerograif sang istri dan tak siapapun yang boleh mencampurinya.

Bentuk mahar adalah harta atau jasa. Yang dinamakan harta adalah barang berguna yang memiliki nilai harga pada diri si penerima. Sedangkan jasa adalah manfaat abstrak yang berguna bagi kehidupan penerima (dalam hal ini adalah istri) baik di dunia maupun di akhirat.sabda Rasulullah SAW, ”Sesungguhnya pernikahan yang paling besar pahalanya adalah yang paling ringan biayanya.” (HR. Ahmad, no. 23388 dari Aisyah ra). Hadits ini dha’if karena ada rawi bernama Ibnu Sakhbarah, tapi maknanya dikuatkan oleh hadits lain yang juga dari Aisyah yaitu, ”Sesungguhnya wanita yang baik itu adalah yang ringan maharnya, mudah menikahinya, dan baik budi pekertinya.” (HR. Ahmad, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak dan Ibnu Hibban dalam shahihnya). Al-Albani menganggap hadits ini hasan dalam Shahih Al-Jami’, no. 2235.
 
  #35  
Old
Riana ...
 
Posts: 753
 
Ituu bukan mahar bunda..tp jujuran..
Di daerah q..kalimantan selatan mank adatx bgtu, jd klo ngelamar mesti ada jujuran, beda lg sma mahar, jujuran itu uang yg dkasih dr pihak laki2 ke perempuannya..

Aq sendiri dl prnh brmasalah jg krna orgtua mnta lebih tp dr phak ortu laki2 ga mnyanggupi, tp akhrx toh bs d omongin baik2..

Mmg itu sdh adat banjar bunda, tp kembali lg..
Kebahagian rmh tngga ga dpatok dr tinggix hrga jujuran..

Omongin lg dg ortu baik2..bunda, ga prlu standart2an klopun cm 15juta n kluarga bunda ngrasa ga snggup bwt biaya resepsi sgitu bs bunda ajak sang clon utk patungn lg..dluar uang jjuran tsb.

Maaf bunda, sya jg org banjar yg mngenal uang jjuran tsb..
Dan sya pun udh pngalaman, kluarga emg mmnta lbh krna saar it kluargaq bkan org kaya jg.. Tp akhrx kmi mnikah, dr uang jjuran..dan kkurangannya kmi ttupi dg tabungan kami brdua

Smga ad jaln trbaik ya bunda
 
♥ Dlm ujian itu ad penghapusan dosa,ad peringatan agr tdk lalai,ada tawaran untuk mendapatkan pahala dgn cara bersabar,ada saat untuk mengingat nikmat ♥
  #36  
Old
Erniwa...
 
Posts: 108
 
mungkin maksud bunda diatas itu mahar uang perlaminan bun buat resepsi dan hidangan nya gitu ,mahar beda sama mas kawin bun ,aku adat bugis begitu beda mahar beda mas kawin nya ,lebih gedeaan maharnya daripada maskawin nya . kalau adat bugis sih yah harus diatas 20an bun soalnya udah tradisi nya harus gede bun .
tapi sih yang penting pernikahan kita harmonis bun percuma juga kalau gede maharnya pernikahan kita berantakan bun yah kan ?
 
  #37  
Old
ndalin...
 
Posts: 258
 
bunda virgo menurut aku si 15jt itu udah alhamdulilah banget camer sama calon mau kasih dan jujur mampunya segitu.
aqmah nikah maharnya cincin emas sama seperangkat alat solat. sengaja supaya ngingetin istri untuk gak ninggalin solat.
gak ada deh bund kayaknya tahun 2014 setandar segini.. segitu..
nikah itu yg penting sakral kedepannya hidup rukun bahagia. sakinah mawadah warohmah..
masa sii bund hanya gara2 mahar jadi masalah..??!!
saran aku si bunda tanya hati bunda ajh cinta gak sama calon ?? kalau cinta terusin .
berapapun maharnya yg terpenting itu kedepannya .
rumah tangga kalian SMAWAH ..
maaf ya bund kalau tidak membantu
 
Alhamdulilah ketika kita Pasrah Allah justru kasih kita hadiah
  #38  
Old
prince...
 
Location: malang
Posts: 979
 
Kyny tu smw trgntung kspktan masing2 dan tdk sling memberatkan...ya diliat dr kemampuan 2 klurga msing2 lah..
Sy dlu mas kawinnya 1 set perhiasan mas putih aja si k swmi.
Tapi berhub q sm misuwa bda kota dan pulau klurga sm2 sling mw resepsi...
Jd dikota swmi rsepsi smw yang ngtur eo mreka.sy dan klurga gk ikt2an ngtur bgtu jg sbaliknya.
Klo yang dikota sy,sy ambl paketan lngs dihotel si.
Tupun dr klurga sy cm ksh gmbran mngenai hbsny byaya resepsi di bpp dan tryt pihak laki nyumbang 50 jt...
Cb deh diksh gmbran aj resepsiny sprt apa...
Mngkn ntr pihak klurga laki bs memprtimbgkan unt maharny km...
Emg km dr kota mana???mahar yang dimksd unt pribdi apa trmsk dgn ug resepsi???
 
  #39  
Old
ZaraDa...
 
Posts: 29
 
Mahar 15jt?
Gede amat bund, aku aja nikah kemarin mahar cuma 3jt.
Berhubung aku sama suami beda adat, jadi kedua orang tua punya kesepakatan kalau acara akad + resepsi di jawa orang tuaku yang biayai, kalau acara malam mapaci + resepsi di sulawesi (adat bugis) itu keluarga suamiku semua yang biayai..
Emang kalau udah masalah uang sampai kayak gitu emang susah sih bund, mending ortu cewek sama ortu cowoknya saling sepakat buat saling gak egois masalah biaya bund, apalagi kalau sampai keluarga ceweknya ngotot minta segitu banyaknya, kalau mertua orang mampu ya gpp, kalau misalnya cukupan ya diterima aja, udah syukur Alhamdulillah dikasih 15jt, uang mahar gak nentuin kebahagiaan kok bund.
 
  #40  
Old
frilia...
 
Location: Cikarang
Posts: 341
 
Ikut sharing Bun, semoga bisa sedikit membantu...
dulu waktu nikah, mahar aq cm uang 200rb-an seperti tanggal pernikahan kami sm cincin mas, mngkin 25jt itu uang bawaan x y....
klo aq di tahun 2013 kemarin dikasih 15jt diluar mahar Bun....
dan itu aq gunakan untuk bantu acara resepsi pernikahan.
tapi Bun, pernikahan itu ga pnting rame acara resepsi, besarnya uang bawaan, itu semua hnya pelengkap koq, yg pnting niat dan sakral. karena yg jalanin itu qt b2, dan sebisa mngkin untuk resepsi jgn berlebihan sesuai kemampuan qt aj, dan harus di inget jg, acara itu acara qt b2, jadi jgn smpai memberatkan salah satu pihak.
dan skrg, bunda bicara sm calon bunda, kalo memang dy cinta dan benar2 ingin menikah dgn bunda, dy harus bisa meyakinkan orang tuanya, dan bunda juga harus bisa memberi pengertian kepada orang tua Bunda, krn pernikahn itu jgn di jadikan sebagai beban. dulu juga aq sempat ga direstui sama CAMER ku, tapi suamiku yakin untuk menikah dengan ku dan dy memperjuangkan cinta kami, alhmdlh skrg pernikaha kami sudah 16bulan. maaf klo kurang berkenan, semoga bisa sedikit memberi semangat y Bun.... yang pnting niatin dan yakinkan hati Bunda. niatkan semua untuk ibadah,,,
 
  #41  
Old
virgo ...   TS 
 
Posts: 2
 
iya maksud aku itu uang untuk resepsi pernikahan...apa benar 15 juta cukup utuk resepsi yang sedang2 saja di sumatera utara? kok di sekitar rumahku pesta bisa sampai 25-30an itu juga udah biasa aja pestanya...aku cuma minta 20 itu sangat dipermasalahkan..padahal niatku baik agar orang tua ku tidak terbebani terlalu banyak...toh calon suamiku itu mengumpulakn uang nikahnya sendiri tanpa bantuan camer itu...tapi yang aku gak hbis pikir,,beliau ikut campur banget..iya aku juga paham kalo kita gak boleh bebani calon saat mau nikah...tapi yang aku minta sama orang yang punya bukan orang gak punya..dan aku mikirnya ini pernikahan sekali seumur hidup...apa salah nya kalo dia berkorban sedikit. toh aku juga udah buat komitmen sama calon kalo aku bisa hidup sederhana nantinya..aku cuma pengen dia ngerti aja keadaannya..
 
  #42  
Old
Riana ...
 
Posts: 753
 
Smga dpt jalan terbaik ya bun..

Pikirkan lagi..
Apa bunda mau batal nikah hanya karna selisih uang 5juta (ˆ́▿ˆ̀")> maaf bunda..
Kan bs aja bunda kasih pngertian ke ortu dengan uang 15 juta..tp blg aja nnti ad tambahan dr tabungan bunda brdua sma sang calon,
Clon d ajak aja krja sma, biar ortux restuin ttep kasih 15 juta..
Tp 5jutax dia kasih diam2 ke bunda..

Maaf bun skedar saran aja dr aq

Kan syg bun batal nikah gara2 uang
 
♥ Dlm ujian itu ad penghapusan dosa,ad peringatan agr tdk lalai,ada tawaran untuk mendapatkan pahala dgn cara bersabar,ada saat untuk mengingat nikmat ♥
  #43  
Old
Arumi ...
 
Location: Mojokerto, Jawa Timur
Posts: 1,565
 
Replying to: View Post
iya maksud aku itu uang untuk resepsi pernikahan...apa benar 15 juta cukup utuk resepsi yang sedang2 saja di sumatera utara? kok di sekitar rumahku pesta bisa sampai 25-30an itu juga udah biasa aja pestanya...aku cuma minta 20 itu sangat dipermasalahkan..padahal niatku baik agar orang tua ku tidak terbebani terlalu banyak...toh calon suamiku itu mengumpulakn uang nikahnya sendiri tanpa bantuan camer itu...tapi yang aku gak hbis pikir,,beliau ikut campur banget..iya aku juga paham kalo kita gak boleh bebani calon saat mau nikah...tapi yang aku minta sama orang yang punya bukan orang gak punya..dan aku mikirnya ini pernikahan sekali seumur hidup...apa salah nya kalo dia berkorban sedikit. toh aku juga udah buat komitmen sama calon kalo aku bisa hidup sederhana nantinya..aku cuma pengen dia ngerti aja keadaannya..
Bund.. berkorban itu bukan soal materi. Istighfar bund.. yakin bisa hdp sederhana nanti..???? Mau nikah aja uda dbuat mumet calonnya.. yg ada belum2 si calon uda ragu itu. Yaiyaa ortunya ikut.. kan anaknya. Yg barokah itu doa orang tua. Kalopun calon orang punya trus harus nurutin maunya gt ??
Duh bund.. trnyata ceritanya krna EGOIS dan GENGSI toh.. kalo bunda pgen dimengerti keadaannya, knpa bunda gak cb mengerti dulu keadaannya calon???????

Maaf nih.. esmoni. Thanks.
 
  #44  
Old
Latish...
 
Location: Malang Jawa Timur
Posts: 218
 
Replying to: View Post
Bund.. berkorban itu bukan soal materi. Istighfar bund.. yakin bisa hdp sederhana nanti..???? Mau nikah aja uda dbuat mumet calonnya.. yg ada belum2 si calon uda ragu itu. Yaiyaa ortunya ikut.. kan anaknya. Yg barokah itu doa orang tua. Kalopun calon orang punya trus harus nurutin maunya gt ??
Duh bund.. trnyata ceritanya krna EGOIS dan GENGSI toh.. kalo bunda pgen dimengerti keadaannya, knpa bunda gak cb mengerti dulu keadaannya calon???????

Maaf nih.. esmoni. Thanks.
Setuju dengan bunda arumi...

Klo bunda tetep EGOIS dan GENGSI.. jangan ragu klo suami nanti juga EGOIS dan GENGSI.. blm2 bunda udah gitu.... bukan materi yang terpenting bund... klo bunda msh nggak bisa di ajak kompromi... ya nggak ada salahnya klo calon suami bunda mundur.. saya setuju itu... mending bunda cari calon suami yang sesuai dengan apa yang bunda pengenin...
Soal ortu dia.. wajar bgtlah ikut2.. klian kan nikah g cuma berdua...
 
  #45  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
Setuju dengan bunda arumi...

Klo bunda tetep EGOIS dan GENGSI.. jangan ragu klo suami nanti juga EGOIS dan GENGSI.. blm2 bunda udah gitu.... bukan materi yang terpenting bund... klo bunda msh nggak bisa di ajak kompromi... ya nggak ada salahnya klo calon suami bunda mundur.. saya setuju itu... mending bunda cari calon suami yang sesuai dengan apa yang bunda pengenin...
Soal ortu dia.. wajar bgtlah ikut2.. klian kan nikah g cuma berdua...
iya bun betul..nkh it bkn cm brsatunya kedua cln suami istri tp jga 2 klwrga besar... wjr klo ortu ikut cmpur krna kan anknya brg x dy msh ad tanggung jawab kbthn lain yg sista blm tau.. menikah tnpa restu org tua aplgi dr seorg ibu it bkl gk berkah..
dan kalo mempertahankan egois serta gengsi susah deh..
kalo aku mlh malu loh mau nkh dipatok2 jdi kesannya kta di beli n hrga diri kita cm sgtu aplgi smpe gak jdi aduhh malunya itu lohh..blm nnt smua org tau...klo mau nkh sma si A hrs sedia uang skian ..klo gk prcma,tar yg ad laki2 pada kabur wkwkwk
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Dapat pencerahan setelah kemarin vbac ditolak -- Diskusi Umum 13
Beda Usia Janin ternyata Beda Stimulasinya loh bunda... -- Ngobrol Apa Saja 3
pilih mana? jauh dari suami tapi ada uang vs dket ma suami tapi g ada uang? -- Ngobrol Apa Saja 53
KECEWA dan SAKIT HATI ditolak mentah2 sama SPOG & recepsionist RSIA... -- Diskusi Umum 27
Beda dokter spesialis kandungan beda diagnosis, makin bikin bingung -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com