Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dedech...   TS 
 
Posts: 1
Default sudah dinyatakan positif hamil kenapa harus cek darah lengkap yah ??

Moms,

Mau share aja nih, tadi pagi aku sudah periksa kehamilan aku yang kedua setelah 2 minggu lalu dinyatakan rahimku sudah positif ada kantungnya tapi 2 minggu diminta untuk kembali lagi untuk lebih jelas dan yakin kalau ini positif hamil.

Alhamdulillah tadi janinku sudah tumbuh dan terlihat sudah gerak2 juga dan dinyatakan sehat normal diusia kandungan masuk 6 minggu.
Ini adalah kehamilan anak kedua kami.

Tapi yang aku heran kenapa aku dirujuk oleh dokter untuk cek darah lengkap, awalnya aku ikutin aja tapi setelah aku terima rincian biayanya lebih banyak yang tdk dicover oleh asuransi, dan itu biayanya cukup besar 2.500.000. Akhirnya aku tdk mengikuti test tsb karena aku dan suami berpikir ini belum dibutuhkan.

Apakah salah keputusan kami ini??

Mohon para-para moms berbagi pengalamannya untuk kebimbangan saya ini.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Sunflo...
 
Posts: 298
 
mgkn utk cek torch bund??
tanya gk ama dokternya??
 
  #3  
Old
jesjes...
 
Posts: 927
 
bener kata bunda sunflower
mungkin cek torch rubella n dll....
jd kalo diperiksa lebih awal bisa lgsg ambil tindakan bund.
smoga mmbantu.
 
There's got precious in my womb and he's my everything , my life and my soul.. mummy daddy loves you
  #4  
Old
cf4mir...
 
Location: Surabaya
Posts: 453
 
Salam kenal ya bunda,

cek darah lengkap yg disarankan dokter itu memang sudah kewajiban dari si dokter bun. sifatnya kan merujuk/menyarankan, jadi andai dari pihak pasien karena pertimbangan2 tertentu tidak melakukan ya memang tidak dipaksakan. ini semua nanti kembali ke soal tanggung jawab saja.

cek darah lengkap itu kan menyeluruh,jd bukan hanya cek torch,rubella, dll, tapi juga include kondisi ginjal dan potensi diabetes. mungkin ada faktor2 dari hasil pemeriksaan usg atau kondisi bunda yg membuat dokter menyarankan hal ini.

saya sudah punya 2 anak. waktu anak pertama, pemeriksaan awal dokter jg menyarankan cek darah lengkap ( diberi form tsb ). tapi waktu anak kedua, tidak sama sekali ( padahal saya mendatangi dokter SPOG yg sama untuk kedua anak saya ).
waktu anak pertama saya dan suami memang akhirnya tidak jadi cek darah lengkap ( karena memang faktor biaya ), walau saat itu sy ada memelihara kucing ( terbuka kemungkinan terkena virus tokso yg berbahaya bagi janin ).

Tapi puji Tuhan akhirnya bayi lahir sehat tanpa indikasi tokso. ini bisa jadi karena faktor sy memilih minum produk cellfood d saat terapi hamil maupun selama kehamilan. daripada membayar biaya cek darah d lab yg mahal, lebih baik dana saya alihkan minum produk cellfood yg berguna bagi saya dan janin. cellfood ini memang salah satu fungsinya membunuh virus2 d dalam tubuh.

jadi ini semua kembali k bunda dan suami. jika memang keberatan dengan biaya cek darah lengkap yg mahal, ada baiknya tetap melakukan tindakan2 pencegahan agar janin bisa dipastikan aman dan sehat.
prinsip saya, demi kesehatan janin memang jangan pelit soal biaya, tapi bijaksana dalam memilih yg tepat dan alokasikan dana dengan sesuai.
smoga ini bisa membantu bunda.
 
Get healthy lifestyle with Gluberry 4Jovem
Pin BB : D787 542F - Whatsapp : 083830 634050
website : http://www.4jovems.com/sore4jovem
  #5  
Old
lisyan...
 
Location: Beijing - China
Posts: 666
 
Bun... Cek darah lengkap itu penting sebenarnya untuk melihat rhesus ibu, gol. Darah, virus2 dan kemungkinan2 lain misalnya HIV dan torch juga rubella, hepatitis bahkan diabetes.... Tujuannya supaya bunda bisa tau apakah bunda punya virus yg membahayakan janin atau ngga (contoh : rubella dan torch bisa membuat janin cacat)...

Kebanyakan ibu indonesia menganggap cek darah ini tdk penting, pdhl sebenarnya sangat penting krn qta kan mau bayi qta lahir sempurna tanpa cacat dan kelainan apapun... Saya aja udh tes darah lengkap 2x wktu trisemester pertama dan trisemester ketiga...

Selain itu nanti ada USG screening juga 2x tujuannya untuk melihat apakah ada kelainan di organ2 janin seperti otak dan organ dalam (apakah jantungnya bocor atau ginjalnya... Amit2) ini jg berbeda dari usg biasa, dan pastinya jauh lbh mahal dari usg biasa...

Semua itu bertujuan untuk, jika ada kelainan, bisa langsung dicarikan solusinya... Diberi obat dll, bahkan bisa jg dokter menyarankan untuk tdk melanjutkan kehamilannya apabila sangat beresiko (misal HIV dsb)...

Ini berdasarkan pengalaman pribadi sih... Semoga membantu
 
  #6  
Old
errin2...
 
Posts: 1,976
 
Wiiihhh mahal juga yahh bun,
Saya cek darah lengkap d puskesmas malah gratis hehee maaf kalo kurang membantu
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
telat 1 minggu sudah dinyatakan hamil apa tidak ? -- Diskusi Umum 53
mimpi diperiksa bidan , dan dinyatakan positif hamil trus bayinya laki laki -- Diskusi Umum 7
Dinyatakan hamil tp keluar darah seperti darah haid -- Diskusi Umum 30
haid saat dinyatakan positif hamil -- Diskusi Umum 2
ACA positif (Kekentalan Darah) apakah harus melahirkan Cesar? -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com