Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
DwiHad...   TS 
 
Posts: 797
 
Replying to: View Post
perlengkapan mandi bayi mending beli satu2 aja bund, jgn yg satu set. karena berdasarkan pengalamanku, klo yg satu set itu ada yg ga kepake, kayak hair lotion sama bedak. aq emang ga pernah pakein bedak ke tubuh anak2ku waktu mereka masih bayi, cuma pake minyak telon ma baby lotion aja. klo kulit bayi kering,cukup pake baby oil. bedak kurang disarankan karena partikel2nya yg sangat halus dapat masuk ke paru2 bayi. emang ga langsung kelihatan dampaknya saat bayi, tapi nanti saat udah agak gedean, anak akan gampang kena flek paru.
merk yg bagus tapi harganya juga terjangkau menurutku Zwitsal. anakku sampe sekarang umur 4 th pakenya shampo Zwitzal (ada yg Zwitsal Kids). klo Cusson kurang recommended karena shamponya malah bikin rambut bayi kering. klo aq lebih suka pake sabun batangan bund, soalnya klo yg 2 in 1 gitu rasanya licin di kulit bayi, susah ngebilasnya. klo yg batangan lebih bersih (menurutku loh yaa..!). tapi klo buat travelling aq sedia sabun 2 in 1 cair gitu biar lebih ringkes.
aq dari anak pertama mpe kedua mandiin bayi di bak bayi, alhamdulillah gampang2 aja.. sebelum diceburin ke dalam bak, bayi di taroh di lantai yg udah dialas perlak en kain. trus dilap pake washlap, disabuni en dishampo, lalu dilap washlap lagi, terakhir dimasukin ke dalam air utk membersihkan sisa2 sabun en shampo. cara memegang bayi saat dimandiin dlm bak: tangan kiri bunda memeluk bayi di pundaknya, tangan kanan menahan pantat bayi. ntar klo udah masuk ke dalam bak, pantat bayi diletakkan di dasar bak, tangan kanan bunda membersihkan tubuh bayi. setelah selesai, ambil handuk, letakkan di pangkuan bunda, lalu bayi diangkat en ditaroh di atas handuk.
Wah... siap di praktekkin nih bunda sarannya...
Selama ini yang saya lihat ibu2 kalau mandiin anaknya, anaknya dicemplungin duluan sebelum di sabunin. Eh ternyata di sabunin dulu ya bunda...
Tak catat ya bunda ...
Masalahnya adalah saya tinggal dekat dengan ibu saya... ntar kalo gak punya bedak, pasti dy kasih dah tuh yang punya keponakan saya..
 
“Ya Tuhanku, anugeRahkanlah kepadaku (seORang anak) yang teRmasuk ORang-ORang yang saleh.”
  #17  
Old
Lovedi...
 
Posts: 33
 
Klo aq peralatan mandinya cuma handuk,bak mandi bayi,sabun batangan,shampo,minyak telon,hair lotion,baby oil. Dlu smpet pake bdak,stlah tau bdak ga dsarankan.Brenti deh amel bedakan.
Cara mandiinya, buka baju lgsung cemplung k bak mandi,basahin bdan,shampoin,sabunin,bilas,udh deh.Sminggu skali sblm mandi amel d pijat pake baby oil.
 
  #18  
Old
DwiHad...   TS 
 
Posts: 797
 
Replying to: View Post
Klo aq peralatan mandinya cuma handuk,bak mandi bayi,sabun batangan,shampo,minyak telon,hair lotion,baby oil. Dlu smpet pake bdak,stlah tau bdak ga dsarankan.Brenti deh amel bedakan.
Cara mandiinya, buka baju lgsung cemplung k bak mandi,basahin bdan,shampoin,sabunin,bilas,udh deh.Sminggu skali sblm mandi amel d pijat pake baby oil.
Sip bunda... bermanfaat banget buat saya... Jadi semangat deh, buat cari tahu lagi tentang perawatan bayi...
 
“Ya Tuhanku, anugeRahkanlah kepadaku (seORang anak) yang teRmasuk ORang-ORang yang saleh.”
  #19  
Old
woroar...
 
Posts: 97
 
bun.. sekarang kan ada bedak yang bentuknya lotion.. hehehe,,
 
  #20  
Old
ummusu...
 
Location: nganjuk jawa timur
Posts: 81
 
minyak telon ajah bunda....kalo minyak kayu putih sich terlalu panas

---------- Post added at 09:38 ---------- Previous post was at 09:36 ----------

lebih amannya,dedek jangan langsung di cemplungin ke bak mandi, tapi taruh di meja mandi,pake waslap basahin badannya,di sabun,,,,rata,baru di bilas di bak mandi babynya
 
  #21  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Wastafel dapur bisa menjadi tempat yang bagus untuk memandikan bayi Anda (dengan keran yang telah ditutup, dan handuk atau busa lembut di bawahnya), atau Anda bisa menggunakan tempat mandi bayi kecil dan terbuat dari plastik, yang ditempatkan di dalam bak rendam ukuran dewasa, untuk membantu Anda lebih mudah untuk memegang bayi
  1. Mulailah dengan mengisi bak mandinya dengan beberapa cm air hangat. Pastikan suhu air mandi bayi Anda antara 32,2-37,8 derajat Celcius. Setelah bak mandi terisi air, aduk air dengan tangan sehingga panas air dapat merata dan tidak berkumpul di satu tempat.
  2. Sebelum memasukkan bayi Anda di air, uji suhu air menggunakan bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan air tidak terlalu panas. CATATAN: Pastikan alat pemanas air di rumah Anda diatur tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk mencegah perubahan suhu air yang mendadak.
  3. Gunakan satu tangan ibu untuk menopang punggung, kepala, dan leher bayi dengan lembut. Lalu, pelan-pelan masukkan bayi ke air. Terus topang bayi dengan satu tangan saat ibu membersihkan tubuh bayi dengan tangan yang lain.
  4. Bersihkan area sekitar mata bayi dengan lembut menggunakan cotton pad yang telah dilembapkan dengan air hangat yang bersih. Gunakan cotton pad baru untuk masing-masing mata dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Kemudian, usap area sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi menggunakan handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher dan jangan lupa bagian belakang telinganya!
  5. Untuk bayi yang lebih muda, basahkan waslap bayi dengan air hangat dan gunakan pembersih lembut yang diformulasikan untuk bayi, seperti JOHNSON'S® TOP-TO-TOE® baby wash. Jika rambut bayi Anda lebat, Anda dapat mencoba sampo yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby shampoo. Jangan takut untuk mencuci bagian kepala bayi yang lunak (disebut fontanel) dengan lembut.
  6. Area popok adalah bagian tubuh yang terakhir dicuci. Untuk bayi perempuan, bersihkan area kelamin dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, cuci penis dan area kelamin, juga bersihkan dari depan ke belakang, lalu keringkan sepenuhnya. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) ke belakang.
  7. Biarkan bayi Anda meluangkan waktu sebentar di kamar mandi untuk menikmati air hangat. Tuang semangkuk air ke tubuhnya agar tetap hangat. Hati-hati mengucurkan air langsung dari keran, karena suhu air bisa berubah secara mendadak.
  8. Selimuti bayi dengan kedua tangan Anda, melewati daerah sekitar dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lalu topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, dan angkat dia keluar dari bak mandi, kemudian segera balut si kecil dengan handuk.
  9. Keringkan bayi Anda dengan baik hingga ke bagian lipatan tubuhnya, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi kulit. Keringkan dengan perlahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk hingga kering untuk menghindari kerusakan kulit.
  10. Sebelum memakaikan baju pada bayi, oleskan pelembap bayi yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby lotiondengan kandungan antialergi yang secara klinis terbukti lembut dan ringan untuk bayi. Itulah tips merawat bayi dan memandikan bayi yang dapat ibu terapkan.
Semoga bermanfaat ya bun
 
  #22  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
bener banget dan ini ada info untuk cara memandikan bayi yang benar
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perlengkapan bayi dan baju bayi murah-promo gratis ongkos kirim -- Area Promosi 0
baju bayi|selimut bayi|tas bayi|perlengkapan bayi aneka harga -- Area Promosi 1
perlengkapan bayi -- Diskusi Umum 23
Termometer Air Mandi Bayi -- Area Promosi 0
Perlengkapan Bayi -- Area Promosi 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com