Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Posts: 9
Default 6 bulan kurang d kasih mpasi

Bunda boleh g sih ksh mpasi,6 bulan kurang seminggu.anaku udah nangis trus, tidur jg g nyenyak, d kasih asi jg tetep az nangis. Gmn ya bunda??
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
MandaV...
 
Location: Depok
Posts: 1,005
 
Replying to: View Post
Bunda boleh g sih ksh mpasi,6 bulan kurang seminggu.anaku udah nangis trus, tidur jg g nyenyak, d kasih asi jg tetep az nangis. Gmn ya bunda??
Belum boleh Bunda, perhatikan kenapa anak nangis dan kenapa tidurnya tidak nyenyak? Sakit kah? Diapers lembab? Panas? perhatikan pula sirkulasi udara pada kamar. Perlu diketahui, apayg ada dihati ibu dapat juga membuat bayi menjadi resah. Jangan beri MPASI sebelum 6 bulan. umur 6 bulan adalah saat terbaik anak mulai diberikan MPASI, kenapa? Karena pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan ekstra & besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi yang berumur kurang dari 6 bulan belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Kemudian saat bayi berumur 6 bulan ke atas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dll baru akan diproduksi sempurna pada saat bayi berumur 6 bulan. Selain itu pemberian MPASI saat usia 6 bulan juga mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan Saat bayi berumur kurang dari 6 bulan, sel-sel di sekitar usus belum siap untuk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yang masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
 
Under The Protection Of Allah
  #3  
Old
bunda ...   TS 
 
Posts: 9
 
Siip deh bunda, mksh informasinya. Dkra tuh dah bs wlwpun hnya kurg seminggu hehe..
 
  #4  
Old
sandra...
 
Posts: 1
 
haloo bunda newbie nih mau joint hehe ini baby ku 6 bulan kurang 2 minggu menurut dok nya boleh dikasih trial mpasi seperti buah2 an sesendok aja sehari selama 2-3 hari berturut turut dengan menu tunggal maksudnya jgn dicampur supaya ketauan respon debay nya jadi pas 6 bulan kita dah bisa liat perkembangannya dan bisa ketauan makanan mana yg buat dia alergi atau dia suka
 
  #5  
Old
shanty...
 
Posts: 584
 
Gak apa2 kalo seminggu atau 2 minggu kurang mah bund. Bayiku juga 6 bulan kurang 2 minggu sudah dicobain bubur susu yg lembut banget dan agak encer. Alhamdulillah sehat, dan baik2 aja pencernaannya.
 
  #6  
Old
Dewi H...
 
Posts: 9
 
dear bunda,,aku coba bantu jawab ya selain umur sebagai indikator bayi dikatakan siap mpasi jika:bayi sudah mampu menopang kepala saat di dudukkan, sudah bs mengkontrol kepala sampai leher,mampu menghisap sejumlah makanan kecil yang kita letakkan disendok, bayi mempunyai ketertarikan dengan makanan kita, adanya rasa lapar yang terus menerus, mampu menolak jika diberikan dot or payudara (ini penting karna tandanya bayi itu sudah bs mengatur kapan dy kenyang n lapar), berat badan bayi sudah mencapai 2x lipat dari berat badan lahir. Jadi berbijaklah mommies dalam mengambil keputusan. kalo saya sih tidak ngeplek harus 6 bulan, tetapi saya juga melihat faktor pendukung lainnya.Semoga membantu
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil 8 bulan, berat bayi kurang -- Diskusi Umum 24
Hamil 5 bulan berat badan kurang -- Diskusi Umum 5
Hamil 4 bulan air ketuban kurang.. ada yg tau solusinya? -- Ngobrol Apa Saja 6
BAYIKU UMUR 4,5 BULAN TERLANJUR DIBERI MPASI..mohon masukkannya bunda... -- Diskusi Umum 2
bayi 5 bulan d kasih jeruk -- Diskusi Umum 21


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:06.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com