Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Nathan...   TS 
 
Posts: 197
Default :: Bayi ini Terlahir Sehat meski Tumbuh di Luar Rahim ::

:: Bayi ini Terlahir Sehat meski Tumbuh di Luar Rahim ::

Umumnya, semua janin tumbuh dalam rahim ibunya. Janin yang tumbuh di luar rahim biasanya terpaksa harus digugurkan atau mengalami keguguran dengan sendirinya, seperti halnya hamil di luar kandungan atau hamil anggur.

Namun tak selamanya janin yang tumbuh di luar rahim pasti tak bisa lahir. Seorang wanita berusia 22 tahun asal Tanzania membuktikan bahwa bayinya bisa lahir meski tumbuh di luar rahim. Ketika masa kehamilan mencapai usia 32 minggu, wanita itu baru sadar bahwa janinnya tumbuh di bagian abdomen, yaitu rongga antara dada dan pelvis, atau di sekitar perut, bukan di dalam rahim.

Kemungkinan sel telur yang sudah dibuahi dan diimplan pada tuba falopi miliknya secara tak sengaja keluar dan tumbuh pada bagian abdomen. Akhirnya wanita tersebut dilarikan ke rumah sakit Mwanza, Tanzania, setelah mengeluh perutnya sangat sakit dan merasa bayi dalam kandungannya tak bergerak. Dia juga mengeluh kesulitan buang air kecil.

Ketika melakukan pemeriksaan bulanan pun, dokter mengatakan bayinya sehat dan tak ada hal aneh yang terjadi. Dia pernah melakukan USG dan kehamilannya tampak normal. Menurut dokter, keanehan yang dialaminya hanya karena dia memiliki anemia dan infeksi saluran kemih.

Namun ketika USG kedua dilakukan, bayi dalam tubuhnya terlihat mengambang pada rongga abdomennya. Bayi tersebut diketahui bisa tumbuh sehat dalam dirinya meski tak terlindungi oleh lapisan amniotik dan tak dikelilingi cairan amniotik normal, seperti dilansir oleh Daily Mail (12/03).

Meski begitu, bayi tersebut berhasil lahir dengan selamat. Bayi perempuan itu terlahir dengan bobot 1,7 kilogram. Ibunya harus segera menjalani transfusi darah karena mengalami anemia parah, namun keduanya segera sembuh dan sehat kembali.

Kejadian semacam ini memang cukup langka. Namun dengan adanya kasus seperti ini, sebaiknya dokter mulai lebih teliti ketika melakukan pemeriksaan pada ibu hamil. Wanita dalam kasus ini cukup beruntung karena meski tak mengetahui janinnya tumbuh di luar rahim sejak awal, bayinya berhasil selamat dan sehat.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
errin2...
 
Posts: 1,976
 
Subhanallah..
Kebesaran allah emg bener" nyata yaa..
Mudah"an anak'a jd anak yg brbakti pd orangtua amin
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Kantong rahim tidak tumbuh sempurna -- Diskusi Umum 3
ada miom tumbuh disamping janin, ada solusi utk makanan sehat dan saran ? -- Diskusi Umum 6
kandungan di luar rahim -- Diskusi Umum 8
Dedek Bayi bisa kecapekan meski masih di dalam perut -- Diskusi Umum 0
Betul gak sih, air kelapa muda bisa membuat bayi terlahir bersih? -- Ngobrol Apa Saja 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com