Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rharha...   TS 
 
Location: Makassar
Posts: 59
Default perubahan-perubahan yg akan terjadi padi ibu hamil secara fisiologis :)

Hamil adalah peristiwa besar yang mempengaruhi tubuh wanita. Banyak perubahan yang terjadi karena adanya pengaruh hormon dan perkembangan janin di dalam rahim. Namun selama tidak terlalu mengganggu, sebagian besar perubahan yang terjadi masih dianggap normal
Berat badan drastis berubah, biasanya naik 12 kg. Mukanya bengkak, kakinya bengkak, kulit perutnya menjadi kehitaman karena hormonal tadi. Rambut rontok biasanya. Kaki bengkak biasanya sampai awal melahirkan, karena masih ada sisa cairannya yang belum terserap tubuh,”

Selain perubahan tersebut, wanita hamil biasanya juga mengeluhkan beberapa perubahan lain, seperti dilansir LiveScience, yakni:

1. Muncul organ baru

Tak hanya bayi yang muncul di dalam rahim, tubuh wanita hamil juga menumbuhkan organ baru, yaitu plasenta. Plasenta adalah organ sementara dalam tubuh yang mulai terbentuk ketika sel telur dibuahi. Tugasnya adalah membentuk penghalang berpori agar darah ibu dengan darah si jabang bayi tidak bercampur.

2. Tulang menjadi longgar

Kepala bayi di dalam rahim terletak tepat di atas tulang panggul yang keras. Posisi ini rentan bagi keselamatan bayi. Untungnya, tubuh ibu hamil menghasilkan hormon relaksin yang dapat melemaskan tulang rawan yang menyatukan tulang keras.

3. Daya ingat berkurang

Penelitian menemukan bahwa daya ingat ibu hamil memburuk ketika trimester kedua dan ketiga kehamilan.

4. Merasa mual (morning sickness)

Mual dan muntah umum dialami wanita hamil setiap saat sepanjang hari. Efek ini biasanya hilang setelah kehamilan memasuki minggu ke-12.

5. Perut sakit

Sakit maag disebabkan oleh tekanan pada uterus yang bertambah besar. Biasanya, asam lambung ditahan oleh sfingter esofagus, otot dalam diafragma yang berfungsi menutup kerongkongan saat tekanan dalam perut meningkat.

6. Kandung kemih mampet

Ibu hamil sering bolak-balik ke kamar kecil. Penyebabnya adalah ukuran bayi yang bertambah besar menekan otot dasar kandung kemih, uretra dan panggul. Tekanan ini tak hanya menyebabkan ibu hamil menjadi sering merasa ingin buang air kecil, tetapi batuk, bersin atau tertawa saja dapat menyebabkan ngompol.

7.Memiliki darah lebih banyak

Kehamilan menguras banyak energi sehingga membutuhkan lebih banyak darah. Ketika kehamilan mencapai usia 20 minggu, tubuh memiliki darah 50 persen lebih banyak

8.Tangan kesemutan

Kehamilan dapat menyebabkan munculnya sindrom carpal tunnel. Sindrom ini ditandai dengan tangan mati rasa atau kesemutan yang disebabkan oleh edema atau pembengkakan cairan di bawah kulit. Pertambahan cairan akan berkumpul di pergelangan kaki dan pergelangan tangan karena pengaruh gravitasi. Pada pergelangan tangan, pembengkakan ini dapat mengganggu saraf dan menyebabkan rasa kesemutan.

9. Keluhan di kulit

Banyak wanita hamil yang mengeluh bahwa kulitnya mengalami perubahan saat hamil, mulai dari kusam, lebih gelap, tidak bercahaya, jerawat dan stretch mark. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon dan fisik, yang biasanya akan hilang setelah melahirkan, meski ada beberapa yang berlangsung lama


Terimakasih semoga bermanfaat Jika ingin konsul dan info lebih lanjut silahkan inbox bu bidan yah atau follow twiter dan ikuti Kuliah twitt seputar masalah kehamilan di @rharha_acch
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
momy r...
 
Location: surabaya
Posts: 162
 
wah bagus bgt isi threadnya..yg kyk gini nih jd tambah wawassan baru buat2 ibu2 yg mulai promil...thx ya bunda rharha...salam kenal
 
  #3  
Old
rharha...   TS 
 
Location: Makassar
Posts: 59
Default ^_^

Iya bunsay,, Jika ada bunda-bunda yang ingin konsul masalah kehamilan atau pasca lahiran,bisa share dgan ibu bidan Insya allah saya bisa bantu
 
  #4  
Old
rinia...
 
Posts: 10
 
wah saya dr TM pertama aja udah mulai pelupa gmn nanti TM dua sama Tiga yah
 
  #5  
Old
theawi...
 
Posts: 31
 
hy bidan rharha lam knal.,.. ini khamilan q yg k 2 UK 8w.,. tp berbeda bgt dengan khamilan q yg pertama.,.. khamilan q yg skarang gk pernh ngerasa in mual/ muntah apa itu wajar.,.?? dn perut q gmpang bgt pnas dn perih seperti orang lapar/magh dn itu g nyaman bgt.,. solusi ny gmana y bund.,..?? coz jdwal kntrol q msh tgal 4 bsok.,.
 
  #6  
Old
Fariha...
 
Location: Makassar
Posts: 831
 
info yg bermanfaat,bund.
Selain melalui twitter, apakah ada cara lain utk konsul??
Salam kenal dari makassar
 
  #7  
Old
rharha...   TS 
 
Location: Makassar
Posts: 59
 
Riniria : heheheh

Bunda theawi : wajar kok bunda kan udah msuk trimster ke 2,lpas dr itu udah nrmal kok

Bunda farihah : bisa add pin BlackBerry bun 2b121e8d
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Share perubahan fisiologis bunda2 saat hamil -- Ngobrol Apa Saja 0
perubahan semasa hamil -- Diskusi Umum 4
perubahan selama hamil -- Diskusi Umum 3
Perubahan kebiasaan saat hamil -- Diskusi Umum 6
perubahan PD saat hamil -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:18.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com