Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
girlfr...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 162
Default Kisah Perjuanganku untuk Melahirkan secara Normal

Hello bunda-bunda semua, apa kabarnya? Alhamdulillah akhirnya lahir juga putra pertama saya yg diberi nama Kenzie Radhika Hudhiarto pada hari Senin, 17 Juni 2013 pukul 22:40 dengan berat 3,5 kg dan panjang 50 cm. Walaupun maju 9 hari dari due date yg mestinya tgl 26 Juni 2013, tapi perjuangan melahirkannya yg 15 jam secara normal itu lho, rasanya ga ada yg bisa ngalahin! Padahal saat itu saya divonis harus sectio alias caesar. Semoga dengan saya sharing kisah saya ini bisa memotivasi bunda-bunda sekalian untuk melahirkan secara normal ya...

Braxton Hicks alias kontraksi palsu memang sudah saya rasakan seminggu sejak sebelum melahirkan. Tapi baru hari Minggu (16 Juni 2013) dini hari saya pergi ke RS karena merasa kontraksinya sudah rutin 15 menit sekali. Sakitnya lumayan pada saat itu: dari pinggang, perut atas, hingga turun ke perut bawah (yg ternyata rasanya ga ada apa2nya dibandingkan lahiran kemaren... )
Jam 4:00 saya tiba di RS dan pas dicek, ternyata masih pembukaan 1... Karena merasa rugi kalo harus nginep di RS (apalagi banyak juga pengalaman teman2 yg pembukaan 1nya untuk anak pertama sampai berhari-hari), maka hari itu saya putuskan untuk pulang ke rumah saja, menunggu bbrp hari lagi sampai pembukaannya bertambah.

Esok harinya (hari Senin, 17 Juni 2013), kontraksi yg saya rasakan semakin kuat dan sering. Saya putuskan untuk ke RS lagi hari itu, paling tidak untuk mengecek pembukaan. Sampai RS jam 7:30 pagi dan dicek, ternyata sudah pembukaan 3. Karena pembukaannya sudah bertambah (dan dari pembukaan 1 ke 3 untuk ukuran anak pertama lumayan cepat yg hanya memakan waktu satu hari), dokter pun memutuskan saya untuk stay di RS dan berharap bisa segera lahir hari itu juga. Saya, suami, dan mertua saya optimis bisa melahirkan normal hanya dalam waktu kira-kira 5 jam saja (yg pada kenyataannya ternyata 3x lipat lamanya... ). Saat itu saya pilih ruang bersalin eksklusif (delivery suite), dimana observasi dan proses bersalin dilakukan di ruangan yg sama. Maklum, anak pertama, jadi masih tegang kalo ruang observasinya jadi satu dengan yg lain.

Pembukaan 3 itu saya msh bisa jalan-jalan ditemani suami saya. Malah sampai sempat keliling RS (walaupun di tengah jalan berhenti beberapa saat karena merasakan kontraksi, tapi tetap saya paksakan supaya bisa mempercepat pembukaan). Sesampainya di ruang bersalin (kira2 jam 10:30), pembukaan saya naik 1 cm, jadi pembukaan 4. Sampai kira2 jam 16:00, pembukaan saya baru sampai pembukaan 6. Saya sempat cemas karena dokter kandungan saya sedang off, seminar full seharian selama satu minggu. Apalagi kondisi Jakarta pada saat itu sedang hujan dan ada demo, pasti memakan waktu juga untuk beliau agar bisa cepat sampai ke RS.

Jam 19:00 saya sudah masuk pembukaan 8. Harusnya sih kalo udah di atas pembukaan 6, ke pembukaan selanjutnya bisa lebih cepat, namun saya stuck di pembukaan itu. Pas dicek, selain ketuban belum pecah, kepala janin juga masih terlalu tinggi untuk ukuran pembukaan 8. Mungkin faktor panggul saya yg terlalu sempit dan kepala janin juga terlalu besar. Ternyata dokter pengganti dan para bidan sudah membahas itu semenjak saya pembukaan 7. Dan apabila sampai jam 21:00 tidak ada kemajuan (kepala janin tidak turun juga), saya terpaksa harus sectio alias caesar. Hati ibu mana yg tidak hancur mendengar hal itu (apalagi udah pembukaan 8 dan perjuangan udah 12 jam). Namun, walaupun demikian, saya tetap optimis bisa melahirkan secara normal.

Jam 20:00 akhirnya dokter kandungan saya pun datang dan melihat pembukaan. Walaupun sudah dipancing dengan pemecahan ketuban dengan kateter, ternyata masih stuck di pembukaan 8 dengan posisi kepala janin yg masih terlalu tinggi. Para bidan sudah mulai pasrah dengan keadaan saya. Tapi mungkin memang sudah petunjuk dari Allah swt, bidan mengabarkan kepada saya bahwa ruangan operasi penuh dan sectio baru bisa dilakukan pada pukul 22:00. Akhirnya muncul secercah harapan bahwa ada tambahan waktu untuk saya bisa melahirkan secara normal. Karena melihat perjuangan saya yg luar biasa untuk bisa melahirkan secara normal, akhirnya dokter memutuskan untuk metode induksi (walaupun kemungkinannya kecil). Setelah diinduksi, kontraksi yg rasakan sungguh luar biasa dan tak ada hentinya. Dorongan untuk mengejan semakin kuat, padahal pembukaan belum lengkap.

Jam 21:00 bidan datang kembali dan menyuruh saya dan suami untuk bersiap-siap menandatangani berkas-berkas persetujuan sectio. Namun dengan lantang saya katakan tidak! Saya dan suami setuju untuk menandatangani berkas-berkas tersebut nanti pada saat memang jika ruangan operasi sudah kosong (jam 22:00). Jam 22:00, di pembukaan 10, masih tetap tidak ada perubahan: kepala janin masih terlalu tinggi. Melihat semangat saya masih ada untuk melahirkan secara normal, akhirnya dokter berkata, "Sepertinya dorongan mengejan ibu sudah kuat sekali. Coba saya lihat ketika kontraksinya datang dan ibu mengejan, apa bisa kita keluarkan." Bayangkan, pembukaan 10, kepala janin tinggi, kontraksi datang, tangan dokter masuk untuk mengecek. Stress, sakit luar biasa, lelah, pasrah, hingga akhirnya semangat saya timbul lagi ketika dokter mengatakan, "Saya liat, kalo ibu mengejan, kepala janin bisa maju. Tapi ibu harus ekstra tenaga karena mengejannya harus kuat sekali." Akhirnya dengan sisa-sisa tenaga yg ada, saya mengejan sekuat mungkin. Dibantu dengan bidan yg mendorong perut saya agar janin turun dan dokter yg terpaksa harus melakukan episiotomi alias pengguntingan yg cukup lebar, tak lama kemudian, jam 22:40 terdengar tangisan bayi saya yg akhirnya berhasil keluar. Semua yg ada di ruangan bersalin bersorak melihat perjuangan kami untuk melahirkan secara normal berhasil. Saya pun terharu dengan perjuangan saya, suami, mertua, dokter, dan seluruh bidan di ruangan itu. Apalagi ketika bayi saya ditaruh di dada untuk proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini), saya sampai menitikkan air mata (sampe dijait pun udah ga berasa, padahal lebar juga ). Perjuangan saya untuk melahirkan secara normal akhirnya tidak sia-sia.

Bukan cuma saya aja yg berjuang, saya juga salut sama suami. Dia yg takut banget liat darah (bahkan liat darah mimisannya sendiri pun hampir pingsan), memberanikan diri ngasih support di ruang persalinan. Cuma ya tetep, megang tangan sambil ngeliatin muka saya aja, ga berani liat ke bawah... Tapi gatau juga sih, kalo ga ada suami, mungkin saya juga udah nyerah...

Tak lama setelah dijahit, akhirnya jam 01:00 saya bisa istirahat juga. Abis itu langsung sungkem sama ibu dan mertua, ampun deh, begini toh rasanya melahirkan... Jadi untuk para calon bunda di luar sana yg pro normal, kalian pasti bisa, jauh lebih hebat daripada saya. Semoga pengalaman saya ini bisa memotivasi kita semua. Dan untuk para suami, dukungan kalian amat sangat berarti bagi kami. Semangat pro normal!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
eva150...
 
Location: cikarang
Posts: 553
 
Aduh bun,,aku smpe pgn nangis bcanya.
Terharu bgt..
Perjuangan yg gag sia2 ya bun.
Akhirnya normal jga..*

Selamet ya bun ..
Pastii skrg tambah happy dh.
Sii debaynya udah lahir .. Hehe*

Kalo aq msii bln lagi nee bun.
Doakan ya bun,biar lahrnya normal dan lancar.
Debay dan ibu.y sehat danselamat. Amin
 
  #3  
Old
cindym...
 
Location: Semarang
Posts: 221
 
selamet ya bun
hpl ku 25 ini tapi aq masih konpal trs
udah hb sama suami, tapi krg jalan sih
apa hrs bnyk jalan ya bun
 
  #4  
Old
anita ...
 
Location: Pekanbaru
Posts: 208
 
Selamet bunda.. Debaynya besar ya.. Dan klo gede pasti tinggi, soalnya pas lahir debaynya 50cm.. Hmm.. Salut liat perjuangan bunda.. Yg tahan sakit,kadang byk ibu2 yg dah pembukaan 7 keatas klo ga maju2 langsung pilih sc.. Cepat pulih kondisinya bun, mdh2an debay sehat selalu.. Dan asi bunda lancar aminnn
 
  #5  
Old
QyQy F...
 
Location: Tangerang
Posts: 90
 
Selamet ya bund...Barrakallah...
Aq sampe nangis baca thread bunda...terharu bgt...
makasih ya bund untuk threadny aq semakin termotivasi untuk melahirkan normal dengan semangat yg membara seperti api kya bunda...
semoga dede kenzie menjadi anak yg Soleh,bertaqwa kpd Allah, berbakti kpd Orang tua dan berguna bagi agama nusa dan bangsa...Amin...Ya Robbalalamin....
 
Semoga selalu dalam Lindungan Allah yaa Nafas Hidupnya Yayah dan Bunda, dan kelak menjadi hamba yg sllu bertaqwa kpd Allah...
  #6  
Old
Nayaka...
 
Posts: 455
 
Bunda... aku bener2 terharu bund... pe nangis bacanya...
ikut bahagia bunda....


senangnya bisa berjuang untuk buah hati & normal lagi.
debaynya cukup besar bund tapi bunda tetep kokoh & kuat berjuang...
salut aku bunda...


sangat memotivasi ceritanya bund..
aku juga akan berjuang untuk buah hatiku bund...
mohon doanya ya bunda...

selamat ya bund sudah menjadi perempuan yang sempurna
 
  #7  
Old
Mamaow...
 
Location: Dirumah
Posts: 159
 
Selamat ya bunda... Terharu bacanya.. Jd ga Sbr pengen
 
  #8  
Old
shifa9...
 
Posts: 443
 
Aduhy slamatt ya bunm sampe nangis denger nya ......tapi knpa ys bun nyali ku bgitu ciut untuk normal ...padahal lm hti nnti klu lhiram mau normal aj ...tapi ya it bunn nyali ku ciutt bnget rasa nya ....ketir,, ak sih berfikir aj mau normal atau secar yg pnting sehat bunn ibu anakk...hehe
 
  #9  
Old
Jyotha...
 
Location: Bali
Posts: 309
 
Selamat bunda .. Aku melahirkan sehari sebelum bunda .. Ini lahiran kedua .. Hplku sebulan lebih awal .. Harusnya 12juli tp debay sepertinya udah ga sabar keluar ..
Aku melahirkan dirumah dengan bantuan tanteku yg berprofesi sebagai bidan .. Peralatannya sederhana .. Tp seneng dan lega yah bun .. Bisa meluk dan nyium debay .. Peluk cium buat Kenzie ..
 
  #10  
Old
michiy...
 
Posts: 372
 
bunda,.. sy terharu membaca nya
semoga sy bisa spt bunda nanti saat melahirkan ,..
amien,... amien,... ya allah
 
  #11  
Old
ibupej...
 
Location: Indonesia
Posts: 389
 
Sampe nitik air mataku bacanya bund.. :'(

Selamat ya bundsay... Semoga Kenzie jadi anak sholeh dan membanggakan, berguna bagi agama, keluarga, dan negara. Aamiiin..
 
"Maka nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kau dustakan?" (QS Ar-rahman : 13)

Selimut Bayi Lucu
  #12  
Old
dewy s...
 
Posts: 16
 
terharuuuuu bacax bund, krna prjuanganx sangat dahsyat bnget bund ga sia2 bun perjuanganx utk mlahirkan normal, sya jga ngerasain jadi superhero mom bund stelah melahirkan normal ya wlwpun hanya bisa merasakan mengandung n mlahirkan tnpa memelihara debay, sya sdah bersyukur alm debay sudah tenang disisiNYA
 
  #13  
Old
yenti...
 
Posts: 1,012
 
Selamat ya bunda..
Sampe nangis sy bacanya, terharu banget dgn perjuangan bunda utk bs melahirkan normal.
Makasih ya bunda ud share dan memotivasi kita2 agar pro normal..
Doain sy ya bund, smoga sy jg bs melahirkan normal..tp apa mungkin..plasenta sy letaknya di bawah nutup jalan lahir (-???-???-???__-???-???-???) hiksss..
 
  #14  
Old
wuland...
 
Location: Ciamis
Posts: 298
 
wah aku terharu bgt bund.... sampe nangis aku bacanya hehee....
selamat ya bund....
 
Kalau Kau ingin hidup seratus tahun, maka Aku ingin hidup seratus tahun kurang satu hari. Sehingga Aku tidak harus hidup tanpamu
  #15  
Old
Azrye...
 
Posts: 181
 
pengen nangis bunda baca thread bunda... Wlaupun HPLq nanti bulan november tapi aq udah agak sedih bunda trnyata peran suami sangat penting ya... Aq skrng di kaltim bunda & bulan agustus tgl 16 aq rencana pulang sulawesi krn udah tanya wkt booking ticket pesawat msh di izinkan 6 bulan untuk terbang sdngkn 7 bulan katanya udah g boleh... Suami cuma antar sampai sulawesi truz tgl 18 agustus balik lagi ke kaltim krn hrus kerja. Kami mrencanakan lahiran di sana krn ortuku di sana jdi ada yg rawat soalnya suami harus kerja 3 hari pagi 3 hari mlm & 3 hari off day... Suamiku kerja 12 jam bunda...
Sedih bngt bunda nanti aq lahiran g ada suami di sampingku...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
apakah ada yang tau standar berat bayi untuk melahirkan normal -- Diskusi Umum 4
melahirkan normal anak ke-2 setelah anak pertama lahir secara sectio -- Kenalan Yuk! 16
Usia kehamilan untuk melahirkan normal -- Diskusi Umum 33
Berbagi Kisah tentang Melahirkan -- Diskusi Umum 0
Perjuanganku untuk mendapatkan Debay... -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com