Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default Mulut Rahim Lemah Penyebab Keguguran Berulang

Selama masa kehamilan, banyak proses yang akan berlangsung. Bukan hanya pada janin yang terus tumbuh dan berkembang, tetapi juga pada tubuh si ibu ang hamil. Namun kadangkala tubuh ibu tidak sepenuhnya ‘siap’ mengantisipasi perubahan yang terjadi selama proses kehamilan berlangsung. Adanya beberapa kelainan pada tubuh ibu hamil, seperti lemahnya otot-otot pada mulut rahim bukan tidak mungkin dapat mengancam kehamilan.


Mulut rahim yang lemah, dalam ilmu kebidanan dikenal sebagai inkompetensia serviks. Ini merupakan istilah untuk menyebut kelainan pada otot-otot mulut rahim (serviks) yang terlalu lunak dan lemah, sehingga sedikit membuka di tengah-tengah kehamilan karena tidak mampu menahan desakan janin yang semakin besar. Pada kehamilan yang normal, mulut rahim harus selalu tertutup rapat sampai masa kehamilannya berakhir, yakni setelah mencapai 37-38 minggu.


Biasanya, keadaan ini baru akan terjadi pada saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau ketiga. Terbukanya mulut rahim sebelum waktunya ini akan menyebabkan bayi lahir prematur dan juga mengakibatkan keguguran.


Penyebab Kelainan Mulut Rahim dan Gejalanya

Para ahli belum dapat mengetahui secara pasti faktor-faktor yang menyebabkan kelainan pada mulut rahim ini sampai saat ini. Namun ada beberapa kondisi yang terbukti menjadi faktor penunjang terbukanya mulut rahim sebelum waktunya. Wanita yang memiliki mulut rahim lemah biasanya mempunyai sejumlah riwayat kesehatan tertentu. Misalnya saja pernah mengalami trauma pada mulut rahimnya. Trauma ini misalnya karena pernah mengalami operasi pada membuka mulut rahim (dilatasi), misalnya kuretase.
Selain itu, bila seseorang wanita pernah mengalami kesulitan pada waktu proses persalinan sebelumnya sehingga mengakibatkan ‘kerusakan’ pada rahimnya, atau memiliki kelainan pada rahimnya, pernah hamil kembar, atau memiliki riwayat keluarga dengan kelainan yang sama pada mulut rahimnya, maka kemungkinan besar menderita kelainan pada mulut rahim.
Kemungkinan juga bisa terjadi pada wanita yang pernah megalami keguguran pada trimester ke-2 atau lebih dari 2 kali berturut-turut.


Gejala kelainan mulut rahim

Terbukanya mulut rahim di tengah masa kehamilan umumnya ditandai dengan gejala berupa perdarahan dari vagina, bercak-bercak darah maupun perdarahan cukup banyak. Seringkali, ibu hamil yang mengalami kelainan pada mulut rahimnya juga akan merasakan pada bagian perut bawah, atau adanya beban yang sangat berat terpusat di bagian bawah perut.


Tindakan Medis yang Tepat

Apapun tindakan yang akan dilakukan dokter, tujuannya adalah untuk mempertahankan kehamilan tersebut agar dapat berlangsung hingga mencapai usia 37-38 minggu. Jangan sampai si janin lahir sebelum waktunya. Sebab, paru-paru janin belum cukup matang dalam perkembangannya sehingga tidak akan mampu berfungsi dengan baik untuk menunjang kehidupan bayi setelah lahir. Upaya yang akan dilakukan dokter adalah ‘mengikat’ mulut rahim agar tertutup kembali sampai masa kehamilan berakhir dan janin siap untuk dilahirkan.
Tindakan ini biasanya dilakukan sebelum kehamilan mencapai usia 20 minggu. Yaitu dengan teknik yang disebut Mac Donald dan Shirodkar. ‘Ikatan’ ini umumnya akan dibuka setelah kehamilan mencapai 37 minggu, kehamilan cukup bulan sekitar 7 bulan, atau bila ada tanda-tanda melahirkan.
 
Thread lain yang berhubungan:
born as a woman. reborn as a mother
  #2  
Old
ummiec...
 
Location: cibinong bogor
Posts: 127
 
saia jg punya temen yg seperti ini.. sudah 2x kehamilan. tiap usia kehamilan 5bulan lsg dpasang cincin untuk mengikat serviks..
katanya emg turunan.. dulu ibunya jg seperti dy..
 
  #3  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
ribet juga yah umi, kalo tiap hamil harus diikat mulut rahimnya, n lahirannya prematur terus. calon ortu harus siaga selalu utk kelahiran prematur ya.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #4  
Old
lilama...
 
Posts: 9
 
wah kyny kk ipar aku jg ngalamin ini nih
uda 2 kali hamil 2-2nya keguguran, sedih banget deh pas kejadian
penanganannya cukup ribet yah?
 
Mother and Child Care Philips Avent
  #5  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
up, up, up..^_^
 
born as a woman. reborn as a mother
  #6  
Old
ayuwah...
 
Location: jakarta
Posts: 302
 
thanks infonya bunda kucik....rada parno krn aku pernah kuret...tp mudah2an kehamilanku selanjutnya baik2 aja...amiinn
 
  #7  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
aamiin! semoga hamil berikutnya sehat ya bunda..
 
born as a woman. reborn as a mother
  #8  
Old
ayuwah...
 
Location: jakarta
Posts: 302
 
Replying to: View Post
aamiin! semoga hamil berikutnya sehat ya bunda..
amiiinnn Yaa Robbal alamin
 
  #9  
Old
swanla...
 
Posts: 2
 
halo bunda, kalo di 29w, disuruh ikat rahim bagaimana menurut bunda2,karena sudah 29w baru ketahuan leher rahim pendek dan disaranin ikat rahim
 
  #10  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
Bunda Swanlady, klo memang dokter mendiagnosa mulut rahim bunda lemah, sebaiknya memang dilakukan pengikatan. supaya lebih aman. semoga sehat sampai persalinan ya bund..aamiin..!
 
born as a woman. reborn as a mother
  #11  
Old
rosali...
 
Posts: 1
 
aq jg pernah alamin itu waktu usia kandungan 26w,,wktu itu aq flek+sedikit darah segar,,
aq langsung kontrol ke dkter kandungan ku hasilnya kontraksi berlebih n pelebaran jalan lahir..
lalu dkter kasih tindakan masukin alat gitu lwt bawah n didosrong,rasanya sedikit nyeriii katanya si untuk bnerin jalan lahirnya,,aq kurang faham alat apa itu..n disuruh bedrest slama 1 minggu..
skrg usia kehamilan ku 30w,,mdh2han baby ku bisa kuat smpe umur 9 bulan nti n ga da keluhan2 lagi..amiin..
 
  #12  
Old
mphiiw...
 
Posts: 3
 
Salam kenal Bunda... saya sekarang di UK 31 weeks pada saat UK 25 weeks saya pernah melakukan operasi shirodkar atau penguncian mulut rahim, memang menurut Obgyn jangan terlalu capek sementara hari2 saya kerja. setelah operasi kemarin dan konsul ternyata 5 minggu pasca operasi benang2 operasi akan di serap oleh tubuh jadi ketika kita melahirkan tidak perlu di buka. setelah saya baca artikel diatas saya jadi bingung bu, apakah harus d buka atau tidak ya bun operasinya? terima kasih
 
  #13  
Old
Radity...
 
Posts: 7
 
Assalamu'alaikum..
Salam kenal bunda 😊

Saya puput, 24 th, sudah 1th lebih menikah namun saat ini belum dipercaya Allah untuk mendapat momongan. Saya sudah 2x hamil namun 2x juga saya mengalami keguguran.
Kehamilan pertama uk 7w5d, keguguran spontan bun.. Diawali dengan flek 2 hari lalu pendarahan yang diikuti dengan keluarnya janin. Rasanya sakit sekali seperti nywri haid, namun rasanya lebih sakit sepertinya.
Kehamilan kedua uk 6w3d, flek juga.. Dan langsung ke dokter saat hati itu juga, saat USG, dokter tidak melihat kantung rahim ataupun janin, beliau mencoba periksa disetiap rongga, takut terjadi hamil anggur dkk, namun alhamdulillah bukan juga. Dokter mengatakan apabila terjadi hal seperti ini kemungkinan janin tidak berkembang, bisa dilakukan kuret atau menunggu spontan saja. Saya saat itu memilih agar spontan saja, membayangkan kata kuret saja saya sudah ngeri 😣. Dan benar saja, besok paginya saya temukan gumpalan darah dan jaringannya ada di celana saya.
Saya sudah cek lab, darah dan urine.. Namun hasilnya alhandulillah baik-baik saja, tidak ada hal yang mengganggu.. Lalu bagaimana cara mendeteksi bahwa ada gangguan pada keadaan mulut rahim saya bun?

Maaf curhatnya kepanjangan ya bun 😂
Salam kenal lagi...
Wassalamu'alaikum wr wb
 
  #14  
Old
Funqq...
 
Location: Bandung
Posts: 7
 
bun sy baru ikat rahim di uk 19 minggu, tapi baby ga tertolong keluar prematur uk 20 minggu.

Saat ini sy masih nifas, dokter bilang kalau sy hamil lagi nanti sy akan diikat rahimnya di uk 2 bulan.

Apakah kasus inkompetensi serviks ini harus selalu ikat rahim setiap kali hamil bun?

Sy minta sm Allah semoga kehamilan nanti diberikan kelancaran sm lahiran di waktunya. Aamiin yra
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Seminar Online "KEGUGURAN BERULANG" pada 11 May 2010! -- Area Promosi 0
keputihan penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 27
apakah kegemukan penyebab blm hamil -- Diskusi Umum 4
Solusi Permanen Ejakulasi Dini Lemah Syahwat -- Area Promosi 0
penyebab sulitnya kehamilan dari faktor suami -- Diskusi Umum 30


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:40.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com